10 Kesalahan Pengucapan Kata-Kata Bahasa Inggris yang Sebaiknya Kamu Hindari


Teman saya, Eko, yang sedang bekerja di sebuah hotel terkejut bukan kepalang ketika seorang pria bule yang kebetulan bisa sedikit bicara bahasa Indonesia berseru “Tolong saya! Ada lumba-lumba di kamar saya”. Sejenak teman saya tertegun sejak kapan hotel tempat dia bekerja ada seekor lumba-lumba dan apa mungkin managernya memelihara lumba-lumba. Meskipun banyak pertanyaan memenuhi pikirannya, teman saya akhirnya menyanggupi untuk menolong si bule tersebut. Mereka berdua kemudian menuju ke kamar si bule untuk memeriksa. Setibanya di kamar, teman saya mencoba mencari di seluruh sudut kamar, tapi dia tak menemukan binatang yang dimaksud oleh si bule tersebut. Kemudian si bule menunjuk seekor binatang besar yang bergelantungan di pojok kamar. Ternyata si “lumba-lumba” adalah seekor laba-laba.

Dari cerita diatas mengambarkan apa yang dapat terjadi pada seorang pendengar atau lawan bicara bila kita salah mengucapkan kata-kata. Hal ini tidak hanya terjadi pada bahasa Indonesia semata, tapi juga pada kata-kata bahasa Inggris.

Apabila terjadi kesalahan pengucapan kata-kata bahasa Inggris, pendengar atau lawan bicara biasanya akan mereka-reka arti dari kata-kata tersebut serta mencoba menebaknya akibatnya mereka mengalami kesulitan memahami maksud si pengucap kata-kata tersebut.

Lebih buruk lagi,

"Pengucapan yang kurang tepat akan memicu kesalahpahaman antara si pengucap dan lawan bicara."

Alhasil, komunikasi yang seyogyanya terjalin dua arah baik itu dari si penutur dan lawan bicara tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Maka, mengetahui dan menguasai pengucapan kata-kata bahasa Inggris yang benar merupakan sebuah keharusan.

Sebelum membahas kesalahan pengucapan kata-kata bahasa Inggris, ada baiknya kita mengetahui beberapa penyebab kenapa ketidak tepatan pengucapan kata-kata bahasa Inggris sering terjadi.

Apa saja penyebabnya? Simak catatan berikut ini.

Kesalahan Umum Pengucapan Bahasa Inggris
Kesalahan Umum Pengucapan Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Penyebab umum Kesalahan Pengucapan

Beberapa penyebab kenapa para pembelajar bahasa Inggris sering kali tidak tepat mengucapkan kata-kata bahasa Inggris sebagaimana berikut ini:

  • Mengucapkan kata bahasa Inggris seperti ejaan katanya, padahal hampir semua kata bahasa Inggris tidak sama pengucapannya dengan cara baca ataupun ejaan kata tersebut, misalnya Monday dibaca /mondei/, yang seharusnya dibaca /mAndei/; Friday dibaca /fridei/, yanng seharusnya dibaca /fraidei/
  • Mengeneralisasi atau menganggap semua kata punya cara pengucapan yang sama, misal huruf u pada kata “but”,”gun”,”sun” sering diucapkan seperti huruf a, maka banyak pembelajar bahasa Inggris acapkali mengeneralisasi semua huruf u dibaca /a/.  Padahal tidak semua kata bahasa Inggris diucapkan demikian. Alhasil, kata seperti “purple”,”busy”, malah di baca /parpl/ dan /basi/. Sebenarnya pengucapan yang tepat adalah  /ˈpɜː.pəl/ dan  /ˈbɪzi/ 
  • Mengucapkan kata-kata bahasa Inggris yang tanpa disadari terpengaruh aksen ataupun logat pengucap, hingga membentuk bunyi berbeda dari pengucapan yang seharusnya, misalnya apabila kita berasal dari Banjarmasin atau Bandung biasanya huruf f dibaca seperti bunyi huruf p sehingga kata film seringnya dilafalkan /pilm/


Sebelum sobat membaca catatan saya, perhatikan keterangan dibawah ini:

Tanda baca / (garis miring berwarna merah) menandakan simbol bunyi yang salah.
Tanda baca / (garis miring berwarna hijau) menandakan simbol bunyi yang benar.
Tanda baca “ (petik dua) menandakan sebuah kata.

 

10 Kesalahan umum pengucapan 

Berikut adalah catatan saya yang saya tulis dan kumpulkan dari pengalaman saya selama mengajar bahasa Inggris mengenai beberapa kesalahan umum pengucapan kata dalam bahasa Inggris yang disajikan dalam 10 peringkat kesalahan pengucapan bahasa Inggris sebagai berikut:

Kita mulai dari peringkat terakhir dari kesalahan pengucapan kata-kata bahasa Inggris. Kata apa yang menduduki peringkat paling buntut?


10. Develop

Kata "develop" menduduki posisi paling buntut dalam daftar catatan saya. Kata ini kerapkali diucapkan persis seperti ejaannya yaitu /defelop/.  

Kebanyakan orang Indonesia, khususnya orang jawa, sering kali mengucapkan bunyi /v/ sama seperti bunyi /f/, padahal kedua bunyi tersebut berbeda.

Caranya mengucapkan bunyi /v/ dengan cara membentuk mulut seperti mengucapkan setengah huruf b dan pastikan pita suara kamu bergetar dengan memegang bagian leher tapi suara yang keluar /v/.

Cara pengucapan kata "develop" yang benar adalah /dɪˈvel.əp/. Secara rinci simak penjelasan berikut.

Huruf e pertama pada suku kata pertama (de) diucapkan I sama bunyinya seperti huruf pertama pada kata "Indonesia".

Huruf e kedua pada suku kata kedua (ve) diucapkan e sama bunyinya seperti huruf e pada kata "besar"

Huruf o pada suku kata ketiga (lop) diucapkan e sama bunyinya seperti huruf e pada kata "mental" yang berarti terpental.

Kesimpulannya ucapkan /v/ bukan /f/ ketika mengucapkan "develop" dan ucap huruf e dan o sesuai keterangan diatas.


9. Movie

Berikutnya adalah kata “movie” menempati posisi ke sembilan. Kata ini seringkali diucapkan seperti ejaannya yaitu /movi/.
Sebenarnya, pengucapan yang benar dan tepat adalah /ˈmuː.vi/

Kesimpulannya cara mengucapkan kata "movie", pada huruf o dibaca seperti bunyi huruf u


8. Since

Peringkat berikutnya posisi ke delapan adalah kata “since”. Kebanyakan pembelajar bahasa Inggris seringkali mengeneralisasi atau mengganggap semua pengucapan sama cara pengucapan satu atau dua huruf, misalnya huruf I sering kali diucapkan /ai/.

Padahal tidak semuanya dibaca demikian. Itu sebabnya kata “since” kerap diucapkan /sains/.

Sebenarnya cara mengucapkanyang benar adalah /sɪns/. Disini huruf I tetap dibaca /i/

Kesimpulannya adalah ucapan huruf I tetap dibaca /i/


7. Month

Posisi ketujuh dipegang oleh kata “month” (nama-nama bulan). Kebanyakan kata ini dibaca dengan sesuai ejaannya, sehingga terdengar /month/.

Seharusnya huruf o dibaca a, sehingga kata “month” dibaca /mʌnθ/. Bedakan pengucapan "month" dan "moon". Tidak seperti kata month, kata “moon” (merujuk pada bulan di langit) dibaca /mu:n/.

Kesimpulannya cara mengucapkan “month”, huruf o diucapkan /a/.


6. Busy/ Business

Possisi berikutnya yang sering salah pengucapannya adalah kata seperti “busy” dan “business”. “Busy” sering diucapkan para pembelajar bahasa Inggris dengan ucapan /basi/ seperti kata (makanan) basi  atapun /busi/ seperti busi pada sepeda motor atau mobil.

Seharusnya kata “busy” diucapkan /ˈbɪzi/. Jadi ucapkan /ˈbɪzi/ bila kamu merujuk pada kata “busy”.

Sedangkan kata “business” sering diucapkan seperti ejaannya. Kata ini kerapkali diucapkan /busines/.

Padahal cara mengucapkan yang benar sama seperti kita mengucapkan bahasa Indonesianya dari kata "business" yaitu /bisnis/

Hanya saja perbedaannya huruf s nya menjadi huruf z. Jadi pengucapan yang tepat adalah /ˈbɪz.nɪs/.

Kesimpulannya cara mengucapkan kata "busy" adalah /ˈbɪzi/, sedangkan "business" adalah /ˈbɪz.nɪs/.


5. Could/ Should/ Would

Posisi berikutnya dipegang oleh ketiga kata seperti “could”, “should”, “would”.

Ketiga kata tersebut sering diucapkan seperti ejaannya.

Kata “could” sering diucapkan /kould/. Kata “should” sering diucapkan /ʃould/. Kata “would” sering diucapkan /would/.

Kesalahan pengucapan ketiga kata tersebut adalah dua huruf ou sering kali dibaca /ou/ sama seperti ejaannya. Demikian pula huruf l juga di baca /l/ yang seharusnya huruf l tidak dibunyikan atau dibaca.

Pengucapan dua huruf ou pada ketiga kata tersebut harusnya dibaca /u/ sama halnya seperti kata pengucapan “you” dibaca /yu:/ dua huruf ou dibaca u.

Maka cara mengucapkan yang benar adalah kata “could” seharusnya dibaca /kʊd/ ,“should” seharusnya dibaca /ʃʊd/, “would” seharusnya dibaca /wʊd/.

Kesimpulannya, bacalah dua huruf ou dengan bunyi  /u/ dan huruf l jangan dibaca.


4. Down/ House/ Now/ Sound/ Mouse/ Out

Posisi ke empat diduduki oleh  kata-kata seperti “down”, “house”, “now”, “sound”, "mouse" dan "out"

Kebanyakan pembelajar bahasa Inggris dan kalangan umum yang pekerjaannya berkaitan erat dengan bahasa Inggris sering tidak tepat mengucapkan ke enam kata tersebut.

Biasanya kata “down” dibaca /dou:n/, kata “house” dibaca /hou:s/, kata “now” dibaca /nou:/, kata “sound” kerapkali dibaca /sou:nd/, kata “mouse” seringkali dibaca /mou:s/. dan kata "out" seringkali dibaca /ou:t/

Melihat pola cara baca pembelajar bahasa Inggris memliki kesamaan yaitu keenam kata diatas terutama ejaan dua huruf ou sering kali diucapkan /ou/.

Simak penjelasan masing-masing dari keenam kata di atas ditinjau dari kesalahan dan bagaimana cara mengucapkan yang benar berikut ini:


“down”.

Kata “down” sering dtemukan dalam frasa “sit down”, “shut down”, “download”, ataupun “go down”. Kata “down” sering diucapkan /doun/.

Seharusnya pengucapan yang benar dari kata “down” adalah /daʊn/ (Ucapannya sama dengan cara mengucapkan kata “daun” dalam bahasa Indonesia).

Bedanya adalah kata daun dalam bahasa Indonesia di ucapkan dengan dua suku kata /da-un/ , sedangkan kata “down” /daʊn/ diucapkan hanya  dengan satu suku kata /daʊn/.


"house"

Kata “house” sering kali diucapkan /hous/ seperti pengucapan kata “hose” yang artinya selang.

Cara mengucapkan kata “house” yang benar adalah /haʊs/. Pengucapanya sama dengan cara mengucapkan kata “haus” (dahaga) dalam bahasa Indonesia.

Bedanya adalah kata haus dalam bahasa Indonesia di ucapkan dengan dua suku kata /ha-us /, sedangkan kata “house” /haʊs/ diucapkan hanya dengan satu suku kata /haʊs/ .


now

Kata “now” seringkali diucapkan /nou/ seperti pengucapan kata “no”.

Sebenarnya cara mengucapkan kata “now” yang benar adalah /naʊ/.


sound

Kata “sound” seringkali diucapkan /sou:nd/.

Sebenarnya cara mengucapkan kata “sound” yang tepat adalah /saʊnd/.


“mouse”

Kata “mouse” seringkali diucapkan /mous/ seperti pengucapan kata “most”.

Sebenarnya cara mengucapkan kata “mouse” yang benar adalah /maʊs/.


“out”

Kata “out” seringkali diucapkan seperti ejaannya yaitu /out/

Sebenarnya cara mengucapkan kata “out” yang tepat adalah /aʊt/.

Kesimpulannya bacalah dua huruf "ou" dengan bunyi //.


3. Wrong/ Write/ Who/ Answer

Posisi ketiga yaitu kata seperti “wrong”,”write”,"who", dan "answer". Keempat kata ini sering sekali diucapkan dengan menyertakan bunyi /w/, sehingga terdengar seperti berikut:

Wrong di baca /werong/
Write di baca  /wrait/
Who di baca /whu:/
Answer di baca /enswer/

Pengucapan keempat kata tersebut di atas dengan menyelipkan bunyi /w/ salah dan tidak tepat.

Cara yang benar dalam mengucapkan keempat kata tersebut adalah dengan tidak membaca huruf w. Bunyi huruf w pada ke empat kata ini adalah silent (hening atau tidak dibaca)

Simak penjelasan saya berikut:
Seharusnya kata-kata tersebut di atas dibaca.

Wrong dibaca /rɒŋ/ (bunyi /ŋ/ dibaca seperti bunyi /ng/)
Write dibaca /raɪt/
Who dibaca /huː/
Answer dibaca /ˈæn.sɚ/ atau /ˈɑːn.sər/

Kesimpulannya, ketika membaca kata seperti “wrong”,” write”, “who”, dan "answer" jangan membaca huruf w.


2. Listening/ Listen

Posisi kedua jatuh pada kata “listening. Kebanyakan orang, tidak hanya pembelajar pemula bahasa Inggris tapi juga pembelajar yang sudah lama, sering kali mengucapkan kata “listening” sama seperti ejaannya yaitu /listeniŋ/.

Padahal pengucapan yang benar adalah dengan menghilangkan bunyi /t/ pada “listening”, sehingga pengucapan yang benar adalah /ˈlɪs.əniŋ/.

Kunci pengucapannya adalah hapus huruf t ketika kamu membaca “listening” maka ber bunyi seperti /lisening/ bukan berbunyi /listening/. Demikian pula pada kata “listen” diucapkan /ˈlɪs.ən/ bukan diucapkan /listen/

Kesimpulannya, jangan dibaca huruf t ketika membaca kata "listening"/ "listen".


Sekarang tiba saatnya, saya mengumumkan siapakah pemenang pertama dan berhak mendapatkan penghargaan dengan predikat sebagai "Peringkat pertama kesalahan pengucapan kata bahasa Inggris."
 

Peringkat Pertama jatuh pada kata.......


1. High

Kata “high” menduduki urutan pertama dalam daftar kesalahan umum yang kerap dan sudah sangat sering sekali tidak tepat diucapkan para pembelajar bahasa Inggris pemula maupun kalangan umum yang bersinggungan dengan bahasa Inggris.

Kata “high” kerap kali diucapkan /haig/. Pengucapan /haig/ pada kata “high” tidak tepat.

Seharusnya kata “high” diucapkan /haɪ/ sama seperti ketika menyapa seseorang ‘hai”. Termasuk kata “higher” yang sering diucapkan /haiger/.

Pengucapan yang tepat adalah /ˈhaɪ.ər/ atau /ˈhaɪ.ɚ/.

Kesimpulannya, ucapkan /haɪ/ jika kamu merujuk pada kata “high” bukan diucapkan /haig/


Serupa kesalahan pengucapan dengan kata "high", beberapa kata seperti; "light", "night", "bright", "eight", dan "through" acapkali dua huruf gh pada kelima kata tersebut dibaca g.

Bunyi huruf gh adalah silent (hening atau tidak dibaca)

Simak penjelasan masing-masing dari kelima kata di atas ditinjau dari kesalahan dan bagaimana cara mengucapkan yang benar berikut ini:


'light'

Kata “light” sering kali diucapkan /laig/.

Cara mengucapkan kata “light” yang benar adalah /lait/.


'night'

Kata “night” sering kali diucapkan /naig/.

Cara mengucapkan kata “night” yang benar adalah /nait/.


'bright'

Kata “bright” sering kali diucapkan /braig/.

Cara mengucapkan kata “bright” yang benar adalah /brait/.


'eight'

Kata “eight” sering kali diucapkan /eig/.

Cara mengucapkan kata “eight” yang benar adalah /eit/.


'through'

Kata “through” sering kali diucapkan /throg/.

Ingat! dua huruf ou dibaca u.
Cara mengucapkan kata “through” yang benar adalah /thru/.

Kesimpulannya, jangan baca dua huruf gh agar pengucapan kata-kata tersebut diatas tepat.


Saya ucapkan selamat untuk kata "High" yang memenangkan juara pertama dalam 10 Peringkat kesalahan pengucapan kata bahasa Inggris.


Akhir kata, berlatihlah mengucapkan kata bahasa Inggris dengan benar dengan mengucapkannya berulang-ulang serta gunakan kata-kata tersebut dalam ujaranmu. Sehingga kata yang kita ucapkan sesuai dengan kata yang kita maksud.

Untuk lebih jelas mendengarkan cara pengucapannya, silakan kunjungi situs kamus bahasa Inggris online di tautan berikut: Cambridge Dictionary online.

Kamu cukup ketikan kata yang diinginkan pada kotak pencarian, lalu klik search. Untuk mendengar suaranya, klik ikon pengeras suaranya.

Apabila sobat mempunyai pertanyaan? Silakan ajukan pertanyaan lewat kolom komentar di bawah ini. Selamat berlatih! Sampai berjumpa dengan artikel lainnya.

 


Dapatkan Artikel Terbaru dengan
Mendaftarkan Email Kamu Secara Gratis

Segera Konfirmasi Tautan Aktivasi yang
Kami Kirimkan Via Email Kamu

4 Responses to "10 Kesalahan Pengucapan Kata-Kata Bahasa Inggris yang Sebaiknya Kamu Hindari"

  1. Terima kasih ilmunya :) sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're welcome. Thanks for dropping by.

      Delete
  2. Terimakasih saya akhirnya bisa tenang ke ke london (joke)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Adblock Detected

Like langitbirukata.com?

Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelist this blog in your ad blocker.

Thank you for your concern

×