5 Alasan Kenapa Menguasai Bahasa Inggris adalah Keputusan Terbaik

Mungkin kita sering mendengar komentar atau pendapat beberapa orang di sekitar kita yang menyarankan kita untuk mempunyai kemampuan berbahasa Inggris. Sementara, sebagian lainnnya bahkan memberi saran agar kita tidak perlu mempelajari bahasa Inggris.

Pada gilirannya, hati kita menjadi bimbang dan ragu apakah kita perlu menguasai bahasa Inggris ataukah tidak?

Catatan berikut ini mungkin dapat memberikan pertimbangan dalam memutuskan apakah perlu atau tidaknya memiliki kemampuan berbahasa Inggris.

Kita mungkin masih mengingat apa yang terjadi di masa lalu. Dan, kita tahu apa yang sedang kita alami saat ini, tapi kita takkan pernah dapat menduga apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang.

Terlepas dari kebimbangan dan keraguan kita, mempelajari bahasa Inggris bisa jadi sebuah keputusan terbaik yang kamu lakukan. Berikut beberapa alasannya.

Ada lima alasan dari berbagai area dan sudut pandang kenapa kita sebaiknya mempelajari bahasa Inggris yang mencakup mulai dari alasan profesional hingga alasan pribadi.

Bahasa Inggris merupakan salah satu dari enam bahasa resmi di organisasi dunia, United Nations atau PBB. Di samping itu, bahasa Inggris adalah bahasa resmi yang digunakan lebih dari 67 negara dibandingkan dengan bahasa lainnya di dunia.

Kenapa Sebaiknya Menguasai Bahasa Inggris
Kenapa Sebaiknya Menguasai Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Berikut 5 alasan kenapa menguasai bahasa Inggris merupakan keputusan terbaik yang kamu ambil:

1. Profesional

Menguasai bahasa Inggris dapat membantu kamu dalam hal karir dan menambah nilai tambah pada CV kamu. Beberapa riset menunjukkan bahwa  rata-rata, orang-orang menggunakan bahasa Inggris dalam pekerjaan mereka berpenghasilan 8 persen lebih besar dari pada yang tidak. Lebih dari sepertiga dunia bisnis mensyaratkan para pekerja mereka  memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Komunitas bisnis internasional sering menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.


2. Komunikasi

Membangun hubungan dengan banyak orang baik itu secara profesional atau secara personal merupakan keterampilan yang sangat bernilai. Meskipun sulit untuk memperkirakan jumlah pasti penutur bahasa Inggris di dunia.

Secara kasar, diperkirakan bahwa sekitar satu milyar orang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama atau bahasa kedua. Sekitar 55% situs di internet menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Di samping itu sejumlah besar komunikasi elektronik, di antaranya surat elektronik atau email, forum, diskusi berbagai bidang disiplin menggunakan bahasa Inggris baik itu secara tertulis maupun lisan.



3. Pendidikan

Jika kamu ingin belajar atau melanjutkan pendidikan di luar negeri seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia dan negara berbahasa Inggris lainnya, atau bahkan negara tidak berbahaya Inggris seperti Belanda, memiliki kemampuan yang memadai dalam  bahasa Inggris merupakan sebuah persyaratan yang harus kita penuhi.

Jumlah orang yang mempelajari bahasa Inggris diperkirakan mencapai lebih dari dua milyar lebih pada dasawarsa berikutnya. Terdapat beberapa tes yang diakui secara internasional yang diperuntukkan bagi para siswa atau mahasiswa internasional yang bertujuan untuk menakar tingkat kemampuan berbahasa Inggris seperti TOEFL, TOEIC, IELS dan lainnya.


4. Personal

Mempelajari bahasa Inggris dapat memberikan suatu nilai lebih akan pencapaian personal dan kepuasan pribadi.

Dalam dunia hiburan, kita kerap kali mendapati banyak lagu, film dan acara TV atau video di dunia maya seperti Youtube atau informasi diberbagai situ yang tersaji bahasa Inggris. Tentunya, dengan menguasai bahasa Inggris, kita dapat menikmati berbagai media hiburan dengan porsi dan sudut pandang berbeda dibandingkan bila kita tidak menguasai bahasa Inggris.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu akan melihat dan mendengar dunia belahan lain yang hadir dalam beragam ras, kebiasaan, budaya sehingga pada gilirannya pemahaman dan perhargaan kita akan berbeda.


5. Bepergian

Apabila kamu berkesempatan untuk melancong dan bepergian menjelajah negara lainnya, menguasai bahasa Inggris bisa jadi akan menjadi 'sahabat setia' yang membantu kamu ketika kamu memesan kamar di hotel, ketika kamu harus membeli tiket untuk mengunjungi ke tempat-tempat wisata, ketika kamu menanyakan harga saat berbelanja, ketika kamu memesan makanan di restoran, atau ketika memesan kamar hotel untuk menginap.

Setelah membaca beberapa alasan, apakah menurut sobat perlu menguasai bahasa Inggris? Silakan memberikan pendapat atau komentar di kolom komentar di bawah.


Demikianlah catatan ringkas mengenai perlu atau tidaknya kita mempelajari bahasa Inggris. Kiranya rasa ingin tahu sobat dapat terjawab.

Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktu untuk sekedar membaca artikel ini.  Sampai bertemu kembali dengan artikel lainnya.


Referensi

http://www.stgeorges.co.uk/blog/learn-english/why-should-i-learn-english (accessed 2017-07-26)
https://www.oxford-royale.co.uk/articles/reasons-learn-english.html (accessed 2017-07-26)



Dapatkan Artikel Terbaru dengan
Mendaftarkan Email Kamu Secara Gratis

Segera Konfirmasi Tautan Aktivasi yang
Kami Kirimkan Via Email Kamu

Belum ada komentar "5 Alasan Kenapa Menguasai Bahasa Inggris adalah Keputusan Terbaik"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Adblock Detected

Like langitbirukata.com?

Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelist this blog in your ad blocker.

Thank you for your concern

×