Kata-Kata Bijak Mahatma Gandhi Sebuah Makna Kelembutan Hati

Mohandas Karamchand Gandhi atau dikenal banyak orang Mahatma Gandhi lahir pada tanggal 2 Oktober 1869 di negara bagian Gujarat di India. Beliau adalah salah satu dari pemimpin India yang memimpin rakyatnya untuk melawan diskriminasi dan melepaskan belenggu dari penjajahan bangsa Inggris.

Dunia mengenal bahwa kekerasan harus dibalas dengan kekerasan pula. Namun, seorang Mahatma Gandhi berpikiran sebaliknya. Beliau dikenal sebagai seorang tokoh yang sangat mencintai kedamaian dan membenci kekerasan. Hal ini dapat kita lihat dari salah satu dari petikan kata-kata bijaknya.

In a gentle way, you can shake the world.
Dengan kelembutan (hatimu), kamu mampu menguncang dunia.

Mungkin banyak orang, termasuk saya sendiri, berpikiran bahwa rasanya tidak mungkin dan tidak masuk akal melawan kekerasan dengan kelembutan, tapi demikianlah suatu kepercayaan yang dipegang teguh oleh seorang Mahatma Gandhi.

Prinsip Gandhi inilah juga telah mengispirasi begitu banyak tokoh-tokoh dunia lainnya di antaranya seperti Martin Luther King, Nelson Mandela, Dalai Lama hingga Aung San Suu Kyi


Filosofi Gandhi tidaklah sepenuhnya berdasarkan teori; lebih daripada itu, beliau menjalani hidup atas dasar aturan-aturan pragmatis. Beliau menerapkan dan melakukan apa yang beliau tuturkan sepanjang hidupnya.

Berikut kata - kata bijak Mahatma Gandhi bahasa Inggris yang saya koleksi untuk sobat setia langit biru beserta terjemahannya:



"Without action, you aren’t going anywhere."

Tanpa tindakan, kamu (sebenarnya) tidak bergerak kemanapun.



"The best way to  find yourself is to lose yourself in the service of others."

Jalan terbaik menemukan dirimu adalah dengan menenggelamkan dirimu dengan melayani orang lain.



"A man is but a product of his thoughts. What he thinks he becomes."

Seseorang tidak lain adalah buah dari apa yang dipikirkannya. Apa yang dia pikirkan, maka demikianlah, jadilah dia (seperti yang dipikirkannya).



"Satisfaction lies in the effort, not in the attainment, full effort is full victory."

Kepuasan terletak pada upayanya, bukan pada pencapaiannya, berupaya sepenuhnya adalah kemenangan sesungguhnya.



"First they ignore you, then they laugh at you, then they fight you, then you win."

Pertama, mereka mengindahkan kamu, lalu, mereka menertawakan kamu, kemudian, mereka menentang kamu, pada akhirnya, kamulah pemenangnya.



"You may never know what results come of your actions, but if you do nothing, there will be no results"

Kau takkan pernah tahu apa jerih dari upaya kamu, tapi jika kamu hanya berpangku tangan, maka kamu takkan memetik hasilnya.



"An error does not become truth by reason of multiplied propagation, nor does truth become error because nobody sees it. Truth stands, even if there be no public support. It is self sustained"

Kesalahan takkan menjadi kebenaran walau berulang kali digaungkan. Sebaliknya, kebenaran takkan menjadi kesalahan walau tak seorang pun melihatnya. Kebenaran (kan tetap) ada, meski tak seorangpun di belakangnya.



"Hatred ever kills, love never dies. Such is the vast difference between the two. What is obtained by love is retained for all time. What is obtained by hatred proves a burden in reality for it increases hatred"

Kebencian kan senantiasa membinasakan, (Namun) cinta takkan pernah binasa. itulah perbedaan besar antara keduanya. Apa yang diperoleh karena cinta takkan lekang oleh waktu. Apa yang diperoleh karena benci, akan selalu melahirkan banyak kebencian baru.



"Happiness is when what you think, what you say, and what you do are in harmony"

Kebahagiaan adalah tatkala apa yang dipikirkan, apa yang terucap, dan apa yang diperbuat selaras dalam satu harmoni.



"The weak can never forgive. Forgiveness is an attribute of the strong."

Orang lemah takkan bisa memaafkan. Memaafkan hanya dimiliki oleh orang kuat.



"If we could change ourselves, the tendencies in the world would also change. As a man changes his own nature, so does the attitude of the world change towards him... We need not wait to see what others do"

Jika kita bisa mengubah diri kita sendiri, maka dunia juga akan berubah. Tatkala seseorang mengubah kelakuannya, maka perlakuan dunia terhadapnya juga berubah... Kita tidak perlu menantikan hingga orang lain berubah.


Demikianlah kumpulan kata-kata bijak Mahatma Gandhi dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya yang telah saya kumpulkan untuk sobat langit biru.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Semoga kiranya kata-kata bijak dari Mahatma Gandhi bukan sekedar menjadi pemanis status kita di media sosial, tapi lebih dari itu, kita bisa menerjemahkannya dalam keseharian kita. 

Sampai bersua kembali dengan artikel lainnya.


Dapatkan Artikel Terbaru dengan
Mendaftarkan Email Kamu Secara Gratis

Segera Konfirmasi Tautan Aktivasi yang
Kami Kirimkan Via Email Kamu

Belum ada komentar "Kata-Kata Bijak Mahatma Gandhi Sebuah Makna Kelembutan Hati"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar