Deretan Kata Depan Penunjuk Letak dalam Bahasa Inggris yang Perlu Diketahui

Apabila seseorang bertanya, dimana bolanya kamu letakkan? Maka, untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menggunakan beberapa kata seperti di dalam, di atas, di bawah, di depan, di belakang, disamping atau diantara. Kata-kata ini digunakan untuk menunjukkan letak, atau posisi benda, tempat atau orang.

Bagaimana kalau pertanyaannya dalam bahasa Inggrisnya, where do you put the ball? Tentunya, kita seyogyanya tahu kata-kata yang menunjukkan letak seperti in, on, under, in front of, behind, beside dan lainnya.

Kata-kata bahasa Inggris yang disebutkan sebelumnya dinamakan kata depan atau dalam bahasa Inggris disebut preposition.  Kata depan merupakan salah satu jenis kata yang biasanya dituliskan atau dituturkan sebelum kata benda.

Apa arti dari beberpa
Lalu, bagaimana cara menggunakannya?


basketball ring and sky
Kata Depan Letak dan Posisi - langitbirukata.com
Berikut beberapa kata depan yang menunjukkan letak atau posisi:

In

In the box

In mempunyai arti di dalam. Sebagai kata depan penunjuk letak kata in digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu, benda atau berada di dalam sesuatu atau benda lainnya, contohnya, di dalam tas (In the bag), di dalam rumah (In the house), di dalam mobil (In the car) dan lainnya.

Contoh penggunaan in dalam kalimat:

Your key is in the drawer.
Kunci kamu ada di dalam laci.

My sister studies in her room.
Kakakku belajar di dalam kamarnya.


In Front Of

In front of the box

In front of memiliki arti di depan. Frasa yang terdiri dari tiga kata ini merupakan satu kesatuan yang membentuk sebuah arti di depan. Jadi, ketiga kata ini digunakan berdampingan apabila kita ingin berkata di depan. Frasa ini berperan untuk menunjukkan bahwa sesuatu atau orang berada di depan sesuatu atau orang lainnya, contohnya, di depan pintu (in front of door), di depan komputer (in front of computer), di depan banyak orang  (in front of people) dan lainnya.

Contoh penggunaan in fron of dalam kalimat:

Her car is parked in front of her house.
Mobilnya diparkir di depan rumahnya.

Jack is standing in front of the class.
Jack sedang berdiri di depan kelas.


Behind

Behind the box

Behind dalam bahasa Indonesia berarti di belakang. Kata ini berfungsi menunjukkan bahwa sesuatu atau orang berada di belakang sesuatu atau orang lainnya, contohnya, di belakang lemari (behind wardrobe), di belakang layar (behind screen), di belakang toko (behind the store) dan lainnya.

Contoh penggunaan behind dalam kalimat,

Your coat is hung behind the door.
Mantel kamu digantung di belakang pintu.

That boy is hiding behind his mother.
Anak itu sedang bersembunyi di belakang ibunya.


On

On the box
Kata depan on mempunyai arti di atas. Makna dari 'di atas' adalah menempel atau bersentuhan dengan sesuatu atau benda lainnya. Kata on berfungsi untuk menunjukkan sesuatu atau benda berada di atas sesuatu atau benda lainnya yang bersifat menempel atau bersentuhan dengan sesuatu atau benda yang ada dibawahnya, contohnya di atas lantai (on the floor), di atas dinding (on the wall), diatas langit-langit (on the ceiling).

Selain kata on, kata over dan above juga memilki arti yang sama. Karena itu, sobat perlu mencermati Perbedaan On, Over dan Above, agar tepat dalam menggunakan ketiga kata ini.

Contoh penggunaan on dalam kalimat:

Lisa's pen is on the table.
Penanya Lisa ada di atas meja.

They put the whiteboard on the wall.
Mereka meletakkan papa tulis di (atas) dinding.


Beside


Beside the box

Beside, tanpa huruf s, mempunyai arti di samping. Berhati-hatilah dengan Perbedaan Beside dan Besides, kerena meskipun perbedaan ejaan hanya satu huruf s, hal ini cukup membedakan arti.

Makna dari 'di samping' adalah berdekatan dengan sesuatu atau benda lainnya. Kata beside berfungsi untuk menunjukkan sesuatu atau benda berada di atas sesuatu atau benda lainnya yang bersifat menempel atau bersentuhan dengan sesuatu atau benda yang ada dibawahnya, contohnya di samping meja tulis (beside the desk), di samping buku (beside the book), di samping kamar tidur (beside the bedroom).

Selain kata beside, kata atau frasa seperti next to, near, close to dan by juga memilki arti yang sama. Oleh karena itu, sobat perlu mencermati Perbedaan Beside, Next to, Near, Close to, dan By, agar tepat dalam menggunakan keempat kata ini.

Contoh penggunaan beside dalam kalimat:

The pencil is beside the book.
Pensilnya ada di samping buku.

Lisa usually sits beside Nita.
Lisa biasanya duduk di samping Nita.


Under


Under the box

Under mempunyai arti di bawah. Makna dari 'di bawah' adalah tertutupi oleh bagian atas dari sesuatu atau benda lainnya. Kata under berfungsi untuk menunjukkan sesuatu atau benda berada di bawah sesuatu atau benda lainnya, contohnya di bawah lantai (under the floor), di bawah dinding (under the wall), di bawah langit-langit (under the ceiling).

Selain kata Under, kata below, underneath dan beneath juga memilki arti yang sama. Oleh karena itu, sobat perlu mencermati dan memahami Perbedaan Under, Below, Underneath dan Beneath, agar tepat dan tidak keliru dalam menggunakan keempat kata ini.

Contoh penggunaan beside dalam kalimat:

Your shoes are under the bed.
Sepatu kamu berada di bawah tempat tidur.

Because we were tired we all rested under a tree.
Karena kami lelah, kami semua beristirahat di bawah pohon.


Between


Between the box

Between memiliki arti di antara. Kata depan ini berperan untuk menunjukkan bahwa sesuatu atau orang berada di antara dua benda atau dua orang lainnya, contohnya, di antara dua mobil (between two cars), di antara komputer (between computers), di antara dua rumah  (between two houses) dan lainnya.

Contoh penggunaan between dalam kalimat:

My house lies between two hills.
Rumahku terletak di antara dua bukit.

That little girl is sitting between two adults.
Gadis kecil itu duduk di antara dua orang dewasa.


Among


Among the boxes
Tidak berbeda dengan between, Among juga memiliki arti di antara. Kata depan yang satu ini berfungsi untuk menunjukkan bahwa sesuatu atau orang berada di antara benda atau orang lainnya yang jumlahnya lebih dari dua, contohnya, di antara buku-buku (among books), di antara anak-anak (among children), di antara kerumunan orang  (among crowd) dan lainnya.

Contoh penggunaan Among dalam kalimat:

I have to find my book among other books.
Aku harus menemukan bukuku di antara buku-buku lainnya.

Jack looks nervous among beautiful girls. 
Jack terlihat gugup di antara gadis-gadis cantik.


Demikianlah sekelumit catatan mengenai beberapa kata depan yang menunjukkan letak atau posisi sesuatu, benda atau orang. Semoga kiranya menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa lagi dengan artikel lainnya.



Dapatkan Artikel Terbaru dengan
Mendaftarkan Email Kamu Secara Gratis

Segera Konfirmasi Tautan Aktivasi yang
Kami Kirimkan Via Email Kamu

Belum ada komentar "Deretan Kata Depan Penunjuk Letak dalam Bahasa Inggris yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar