Apa Sih Sebenarnya yang Membedakan antara House dan Home?

Banyak pembelajar bahasa Inggris sepertinya dibuat bingung dengan ke dua kata ini, house dan home. Dalam prakteknya, mereka mengunakan kedua kata tersebut seolah-olah keduanya tidak mempunyai perbedaan. Atau memang keduanya mungkin tidak ada perbedaannya.

Mungkin terbersit di benak sobat, beberapa pertanyaan seperti di bawah ini:

Apakah sebenarnya perbedaan house dan home?
Apakah arti kata home sama dengan house, ataukah berbeda?
Apakah yang membedakan penggunaan house dan home sebenarnya?
Bagaimana cara membedakan house dengan home?

Jawabannya adalah catatan yang saya tulis di bawah ini.

Kata house dan home sebenarnya mempunyai makna lebih dari satu, tapi lantaran kita kali ini hanya akan mengupas hal yang mendasar di antara kedua kata tersebut, maka kita hanya menyoroti perbedaan mendasar antara house dan home.
Penggunaan dan bedanya home dan house
Penggunaan dan bedanya home dan house - langitbirukata.com

Saya awali catatan saya kali ini dengan mengupas pengertian dari kedua kata ini.


Pergertian

Menurut kamus Inggris-Indonesia, home dan house memiliki arti “rumah”. Artinya keduanya tidak berbeda karena memiliki arti yang sama. Jadi tambah bingung, kan?

Sebenarnya, kedua kata tersebut memang tidak jauh berbeda, kedua kata ini merujuk pada sebuah tempat di mana kita tinggal tapi, kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Pada gilirannya, penggunaan dua kata tersebut dalam konteks kalimat akan berbeda.

Sebagai jenis kata, baik itu kata house ataupun home berfungsi sebagai kata benda. Dengan kata lain, kedua kata ini dapat berperan sebagai subjek atau objek dari sebuah kalimat bahasa Inggris.

Sebelum kita membahas kedua kata ini lebih lanjut, perhatikan kedua gambar berikut! Kemudian tentukan, gambar manakah menurut sobat yang mewakili arti house dan home?

Apakah gambar A ataukah gambar B?

Manakah gambar home atau house?
Manakah gambar home atau house? - langitbirukata.com

Silakan sobat tebak apakah gambar A mewakili makna house ataukah gambar B yang mewakili makna house? atau kebalikannya, apakah gambar A mewakili makna home ataukah gambar B yang mewakili makna home? Apakah kamu sudah menentukan jawabannya? Asal tebak juga tidak apa-apa. Siapa tahu jawabannya benar. Kalau sudah, tahan dulu jawabanmu sampai penjelasan saya selesai.

Sekarang, kita beranjak ke catatan mengenai makna dari kata house dan home  berikut ini.

Makna 

Makna house adalah sebuah bangunan fisik berbentuk rumah atau bangunan sejenisnya yang berfungsi sebagai tempat tinggal di mana biasanya terdapat ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, dapur dan kamar mandi.

Dengan kata lain, pengertiaanya adalah sebuah bangunan fisik yang berfungsi sebagai tempat tinggal, misalnya bangunan rumah, bangunan apartemen, bangunan bertingkat, bangunan rusun, atau bangunan lainnya yang berfungsi sebagai tempat tinggal.

Sedangkan home artinya adalah suatu keadaan ataupun perasaan aman, senang, nyaman, damai dan tentram yang menggambarkan suatu tempat tinggal.

Dengan kata lain, kata home menyiratkan perasaan kita akan suasana rumah dimana kita dapat tidur dengan pulas, menyantap makanan, belajar, bermain, bisa berkumpul, bercanda, bercengkrama bersama ayah, ibu, kakak, dan adik. Sebuah perasaan yang mengambarkan betapa bahagianya tinggal di rumah meskipun secara fisik rumahnya tidak besar dan mewah atau mungkin hanya sebuah bangunan gubuk.

Bagian terakhir dari catatan ini, kita akan melihat apa saja yang membedakan antara kedua kata ini.


Perbedaan

Jadi, perbedaan mendasar antara kedua tersebut adalah kalau house kita bisa melihatnya secara fisik, sedangkan home kita tak bisa melihatnya secara kasat mata kita hanya bisa merasakannya.

Penjelasan sederhananya, ibarat melihat seseorang, kita dapat melihat bentuk fisiknya, rambutnya, wajahnya, badannya, kaki dan tangannya. Inilah yang disebut house.

Sedangkan home, ibaratnya pribadi seseorang yang tidak bisa kita lihat tapi bisa kita nilai dari tingkah lakunya, tutur katanya, sikapnya, dan sebagainya. Kondisi ini yang kita sebut home.

Perhatikan contoh perbedaan penggunaan antara house dan home dalam beberapa kalimat dibawah ini.

Although my uncle has many houses, he still wants to get another house.
Meskipun pamanku mempunyai banyak (bangunan) rumah, dia masih ingin membeli satu (bangunan) rumah lagi.

Her house is across from mine.
(Bangunan) rumahnya diseberang jalan dari rumah ku.

You can buy a house,
Kamu bisa membeli sebuah (bangunan) rumah,

but you cannot buy home
tapi kamu tidak bisa membeli (perasaaan nyaman tinggal di) rumah.

When we are away, we feel homesick. 
Ketika kita jauh dari (bangunan) rumah, kita merasa rindu (perasaan nyaman) rumah.

Eventhough we have been living for so long, we don't think this is our home.
Walaupun kami sudah tinggal untuk waktu yang lama. kami pikir ini bukan (perasaan nyaman tinggal seperti) rumah kami.


Jadi, untuk sekedar menyegarkan ingatan kita, gunakan house apabila kita merujuk pada makna bangunan rumah, dan gunakan home apabila kita merujuk pada makna perasaan kita akan suasana tinggal di rumah.

Berikutnya, silakan sobat mencoba mengartikan kata home dan house pada dua kalimat dibawah ini:

If you like, you can come over my house. 

Although my friend has a very big house, he doesn't feel like home.


Akhir kata, jawaban sobat, apakah kamu memilih gambar A atau gambar B yang saya tanyakan di atas menutup catatan saya kali ini. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk menbaca artikel ini. Saya berharap dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Sampai berjumpa dengan artikel lainnya.



Dapatkan Artikel Terbaru dengan
Mendaftarkan Email Kamu Secara Gratis

Segera Konfirmasi Tautan Aktivasi yang
Kami Kirimkan Via Email Kamu

Belum ada komentar "Apa Sih Sebenarnya yang Membedakan antara House dan Home?"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar