6 Hal Penting yang Patut Diingat agar Kamu Bisa Mengenal TOEFL Lebih Dekat


Apakah sobat tahu TOEFL? Mungkin kamu sudah tahu dan mengenal TOEFL baik itu dari lowongan kerja di koran, majalah dinding di kampus, atau dari perbincangan orang-orang di sekitar mu.


Bagi sebagian orang mungkin beranggapan TOEFL sebagai persyaratan untuk melengkapi lembar daftar riwayat hidup dalam surat lamaran pekerjaan, ataupun prasyarat untuk kelulusan dari suatu lembaga pendidikan formal dan keperluan lainnya.

Tapi apakah kamu sudah “mengenal” TOEFL lebih jauh?
Apakah kamu tahu asalnya dari mana?
Apakah kamu pernah melihat “penampilan fisik”nya?
Apakah kamu sudah mengenal “kepribadiaannya”nya?
Kenapa “dia” begitu penting dan “berarti”?
Bagaimana cara kita “bertemu” dengan”nya”?


6 hal berikut yang patut diketahui agar sobat bisa mengenal TOEFL. Apa sajakah ke 5 hal tersebut? Silakan simak beberapa catatan saya di bawah ini.

Mengenal TOEFL lebih dekat
Mengenal TOEFL lebih dekat - langitbirukata.com

 

1. Mari Kita Berkenalan

Toefl yang merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Bagi negara-negara di dunia yang bukan berbahasa Inggris, khususnya Indonesia, bahasa inggris adalah bahasa asing - bahasa yang tidak digunakan oleh orang yang tinggal di sebuah tempat yang tertentu.

Berbeda dengan negara seperti Swedia, Belanda, Denmak dan lainnya, dimana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa kedua. Mereka tidak mengalami kendala yan berarti ketika berbicara bahasa Inggris.

Sama halnya Di Indonesia, bahasa daerah adalah bahasa kedua. Kita tidak mengalami kesulitan ketika kita harus berbicara dengan bahasa daerah.



2. Dari Mana Asalnya?

Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia. Jadi bisa dikatakan TOEFL berasal dari Amerika Serikat.

Sedangkan untuk perwakilan ETS di Indonesia adalah The Indonesian International Education Foundation (IIEF) atau Yayasan Pendidikan Internasional Indonesia yang mengelola ITP (Institutional Testing Program) bagi lebih dari 100 institusi di Indonesia atau dengan kata lain memiliki daftar sekitar 130 penyelenggara ITP resmi untuk Indonesia.

Jadi Hasil TOEFL dari Penyelenggara ITP yang dikelola IIEF nilainya setara dengan TOEFL Internasional (yang mendapat pengakuan ETS), merupakan tes TOEFL yang resmi dikeluarkan oleh ETS melalui IIEF.



3. Dilihat dari Kepribadiannya

Dilihat dari Institusi atau lembaga mana yang menyeleggarakan, TOEFL terbagi atas:

International TOEFL test
Institutional TOEFL test
• dan TOEFL Like-Test. (Sejenis TOEFL)

Perbedaannya adalah bahwa soal-soal pada International TOEFL, yang diterbitkan langsung oleh ETS di Amerika Serikat, selalu terbarukan (update) dalam setiap pelaksanaan tes.

Sedangkan soal institutional test, yang dikelola oleh IIEF, dan TOEFL Like-test, diselenggarkan oleh penyelenggara ITP resmi di Indonesia, mengambil soal-soal dari International TOEFL test beberapa tahun sebelumnya.



4. Dari Penampilan Luarnya

Paper Based Test (PBT)

Tampilan TOEFL yang terlawas adalah PBT (Paper based Test). PBT adalah, terjemahan harfiahnya “tes berbasis kertas”, suatu bentuk tes TOEFL yang paling sederhana dan konvensional.

Media tesnya menggunakan lembaran kertas soal dan jawaban yang harus diisi dengan pensil 2B. Materi yang diujikan meliputi listening, structure, dan reading.

Computer Based Test (CBT)

Penampilan TOEFL berikutnya adalah CBT (Computer Based Test). Secara harfiah artinya “Tes berbasis computer”. Berbeda dengan PBT, CBT adalah bentuk tes yang lebih elegan di bandingkan dengan pendahulunya.

Dalam mengerjakan soal tes TOEFL CBT kita tidak lagi menggunakan kertas, tapi dengan media komputer. Semua soal ditampilkan di layar menggunakan software interaktif.

Materi yang diujikan mencakup listening, structure, reading, dan writing.

Internet Based Test (iBT)

Penampilan TOEFL yang teranyar dan paling keren adalah TOEFL

iBT (Internet Based Test). Diterjemahkan secara harfiah adalah 'Tes berbasis Internet'. TOEFL iBT menggunakan komputer dan internet akses sebagai medianya.

Materi tes yang diujikan antara lain reading, listening, writing, dan speaking. Materi structure tidak dihilangkan, tapi menyatu ke dalam empat materi lainnya.


5. Seberapa Pentingkah?

Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun post graduate (S-2 atau S-3).

Hasil tes TOEFL ini juga digunakan sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke berbagai universitas di luar negeri, termasuk universitas di Eropa dan Australia.

Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada bahasa Inggrisnya Amerika, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada bahasa Inggrisnya negara Inggris.

Selain itu TOEFL pada saat ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme perekrutan karyawan atau jenjang kenaikan pangkat.



6. Bagaimana Cara Bertemu?

Karena IBT yang teranyar maka pembahasannya hanya bagaimana cara melakukan pendaftaran tes TOEFL IBT secara online, hal-hal penting yang perlu diketahui berikut ini:


Persiapan

• Siapkan kartu pengenal atau identitas misalnya KTP, Kartu Pelajar, SIM dan dokumen lainnya
• Serta persiakan alat pembayaran kartu kredit atau kartu debit, rekening tabungan dan jenis pembayaran lainnya.


Kapan

Sobat dapat kapan saja mendaftarkan diri untuk mengikuti tes TOEFL IBT sepanjang hari selama 24 jam, 7 hari seminggu.


Bagaimanakah caranya? 


Ada 3 tahapan yang perlu sobat lakukan untuk mendaftar ujian TOEFL secara daring (online)


Tahap 1

Kunjungi situs ETS TOEFL pada tautan berikut: Register TOEFL iBT Online.
Kemudian klik 'Register Online'
Setelah itu, login sebagai new user dengan mengklik 'Sign Up'

Tahap 2

• Membuat profil
• Isilah semua informasi tentang kamu, pastikan nama yang di tulis sama persis dengan yang tertera  di kartu identitasmu (KTP, Kartu Pelajar, atau kartu identitas  lainnya)
• Tuliskan username dan password
• Isikan challenge question
• Lalu klik confirm untuk mengakhiri langkah membuat profil


Tahap 3

• Login dengan username dan password yang kamu buat
• Lalu pada laman utama cari dan klik “Register for a test order”
• Kemudian pada bagian select your product, klik “TOEFL Test” lalu kilk “Continue
• Baca dengan seksama informasi mengenai hal penting yang meliputi pemilihan lokasi tes, tanggal tes, cara pembayaran dan Ketentuan
• Terakhir klik confirm untuk mengakhiri.


Sekarang, sobat sudah mengenal TOEFL, langkah selanjutnya terserah kamu, deh.


0 Response to "6 Hal Penting yang Patut Diingat agar Kamu Bisa Mengenal TOEFL Lebih Dekat"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel