Penggunaan Good Morning dan Good Afternoon yang Kerap Kali Keliru Penempatannya


Ketika kita memutuskan untuk mempelajari suatu bahasa, itu artinya kita juga mempelajari kebiasaan atau budaya negara tersebut. Akan tetapi, tanpa disadari budaya dan kebiasaan kita mempengaruhi pola pikir kita tatkala kita belajar bahasa yang bukan bahasa kita.

Seyogyanya, apabila kita ingin mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, kita bisa dikatakan sama dengan mempelajari budaya di mana bahasa Inggris tersebut biasanya diucapkan.


Seperti yang dikatakan para ahli budaya atau budayawan bahwa bahasa adalah salah satu bagian dari budaya itu sendiri. Hal ini menyiratkan apabila kita belajar suatu bahasa, kita sebenarnya mempelajari budaya ataupun kebiasaan bagaimana bahasa tersebut digunakan.

Kali ini, kita akan mengupas apa yang membedakan sapaan good morning dan good afternoon.

Apakah sapaan keduanya baik itu dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris memiliki kesamaan dalam situasi penggunaannya dalam konteks kebiasaan penutur asli bahasa Inggris? Apakah kedua sapaan tersebut memiliki arti serta penggunaan yang berbeda?

Perbedaan good mornig dan good afternoon
Perbedaan good mornig dan good afternoon - langitbirukata.com

Sebelum masuk ke penjelasan terperinci, simak cerita berikut:

Suatu ketika sekitar jam 10:30 dan sinar matahari menyapu halaman kantor tempat saya bekerja, seperti biasanya saya bertemu seorang petugas penjaga keamanan (security guard). 

Seraya tersenyum saya menyapanya dengan ucapan "Good morning". Sejenak bapak penjaga mengeryitkan dahinya, lalu pandangannya melirik ke arah jam tangannya. "Lho pak, ini sudah siang? Kok menyapanya pake "Good morning"?
Cerita diatas merupakan sebuah gambaran bagaimana pandangan orang kebanyakan mengenai sapaan Good morning dan Good afternoon. Apakah sobat juga mempunyai pengalaman yang sama?

Kita awali dengan melihat persamaan dari kedua sapaan ini, berikut catatannya.

Persamaan

Berikutnya, persamaan good morning dan good afternoon merupakan salah dua dari Pelbagai Sapaan dalam Bahasa Inggris. Keduanya pada umumnya digunakan dalam situasi formal. Dengan kata lain, kita mengujarkan kedua sapaan ini untuk menunjukkan rasa hormat kita pada lawan bicara. Yang kemungkinan saja, lawan bicara kita memiliki wewenang lebih, pendidikan lebih tinggi, atau kedudukan lebih, atau lebih dewasa dibandingkan kita ataupun kita bermaksud untuk memberikan kesan santun dalan tulisan atau ujaran kita.

Dengan kata lain, kita tidak mengucapkan sapaan ini pada teman dekat kita. Hal ini jarang pula diujarkan oleh para penutur asli pada teman sejawat mereka. Sebagai gantinya biasanya, mereka menuturkan sapan hi atau hello untuk mengawali sebuah pertemuan.

Selanjutnya, kita akan beranjak menilik pengertian kedua sapaan ini dengan membandingkan kedua sapaan ini berdasarkan kamus dua bahasa: bahasa Indonesia-bahasa Inggris dan kamus satu bahasa: bahasa Inggris. 

Pengertian bahasa Indonesia

Mari kita lihat apa pengertian pagi dan siang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai berikut:

Pagi-pagi artinya waktu pagi sekali sebelum matahari terbit.

Pagi artinya waktu setelah matahari terbit hingga menjelang siang hari.

Siang artinya bagian hari yang terang dimulai kira-kira pukul 11:00 hingga pukul 14:00

Petang artinya waktu sesudah tengah hari di mulai kira-kira pukul 15:00 hingga pukul 18:00 (waktu terbenamnya matahari)

Sedangkan menurut kebudayaan Indonesia, Pagi adalah waktu yang dimulai dari tengah malam atau pukul 00:00 hingga pukul 10:00 - Wikipedia

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, bisa saya simpulkan bahwa:

Pagi adalah waktu mulai dari tengah malam (pukul 00:00) hingga pukul 9:59,

Siang adalah waktu mulai dari pukul 10:00 hingga pukul 14:00.

Petang adalah waktu sesudah pukul 14:00 hingga 18:00.


Dari tiga definisi di atas, kita mengetahui kapan orang Indonesia biasanya mengucapkan ketiga sapaan berikut:

Selamat pagi diucapkan waktu mulai dari tengah malam (pukul 00:00) hingga pukul 9:59,

Selamat Siang diucapkan waktu mulai dari pukul 10:00 hingga pukul 14:00.

Selamat petang diucapkan waktu sesudah pukul 14:00 hingga 18:00 (atau saat matahari terbenam).

Apakah waktu orang di negara berbahasa Inggris seperti Amerika dan Inggris sama dengan waktu kita mengucapkan ketiga sapaan tersebut diatas?


Bandingkan dengan catatan saya berdasarkan pergertiannya dalam bahasa Inggris bawah ini:

Pengertian bahasa Inggris

Simak catatan berikut mengenai pergertian "morning", "noon", dan "afternoon" berdasarkan kamus bahasa Inggris - bahasa Inggris, Cambridge online,

Morning adalah waktu mulai dari tengah malam (00:00) hingga pukul 11:59

Noon adalah waktu tengah hari (atau pukul 12:00)

After artinya setelah

Afternoonberarti setelah waktu tengah hari. Dengan kata lain, waktu dimulai setelah tengah hari (12:01) hingga pukul 18:00 (atau saat matahari terbenam).

Dari tiga definisi di atas, kita tahu kapan menurut kebiasaan penutur asli mengucapkan ketiga sapaan sebagaimana yang saya tuliskan pada kesimpulan berikut:

Good Morning diucapkan pada waktu mulai dari tengah malam (00:00) hingga pukul 11:59
Good Afternoon diucapkan pada waktu dimulai setelah tengah hari (12:01) hingga pukul 17:00 atau pukul 18:00 (atau saat menjelang matahari terbenam).

Karena perbedaan yang cukup mendasar kapan kedua sapaan tersebut dituturkan menurut kebiasaan kita orang Indonesia dan penutur asli, maka penggunaan sapaan "good morning" dan "good afternoon" sering kali tidak tepat.



Penggunaan

Dari uraian mengenai perbedaan kebiasaan orang dari negara berbahasa Inggris dan kebiasaan orang Indonesia yang menggunakan sapaan keduanya secara berbeda.

Kita bisa menarik kesimpulan yaitu kapan waktu yang tepat kita seharusnya mengunakan kedua sapaan atau salam tersebut. Maka gunakan;

Good Morning ketika waktu mulai dari tengah malam (00:00) hingga pukul 11:59 ( atau menjelang waktu tengah hari).

Good Afternoon ketika waktu dimulai setelah tengah hari (12:01) hingga pukul 17:00 atau pukul 18:00 (atau saat menjelang matahari terbenam).
Pendek kata, kita tidak bisa serta merta menerjemahkan setiap sapaan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris tanpa mengetahui kebiasaan penutur asli bahasa Inggris.

Demikian catatan singkat mengenai dua sapaan bahasa Inggris, kapan mengucapkan good morning dan kapan mengucapkan good afternoon.

Terimakasih sudah meluangkan waktu sobat untuk membaca artikel. Saya berharap dapat menjawab rasa ingin tahu sobat.

Silakan ajukan pertanyaan apabila ada penjelasan yang kurang jelas ataupun sekedar memberi komentar pada kolom komentar dibawah. Sampai berjumpa dengan artikel lainnya.


Referensi:

Morning, noon, afternoon http://dictionary.cambridge.org/(accessed 2016-08-24)
Pagi http://kbbi.web.id/pagi (accessed 2016-08-24)
Petang http://kbbi.web.id/petang (accessed 2016-08-24)
Pagi, https://id.wikipedia.org/wiki/Pagi (accessed 2016-08-24)
Siang, https://id.wikipedia.org/wiki/Siang (accessed 2016-08-24)


2 Responses to "Penggunaan Good Morning dan Good Afternoon yang Kerap Kali Keliru Penempatannya "

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel