Lakukan 7 Kiat ini agar Kamu Bisa Menulis Kalimat Topik yang Benar

Bagi sebagian besar murid, menulis di anggap sebagai tugas yang memerlukan waktu lama dan melelahkan karena terdapat banyak bagian yang harus dimengerti dan dikuasai.

Bahkan dalam menuliskan sebuah kalimat topik membuat mereka frustrasi-tidak tahu apa dan bagaimana, sehingga mereka meresponnya dengan "Menulis itu sangat sulit".

Suatu ketika saya pernah menanyakan kepada para murid apa yang mereka ketahui tentang kalimat topik. Kemudian mereka menjawabnya sebagaiman di bawah ini:

"Kalimat topik adalah gagasan utama"
"Kalimat topik adalah nama atau judul dari suatu bacaan."

Apakah kamu setuju dengan jawaban mereka? Ataukah kamu punya pendapat lainnya? Mari kita bahas apa sih kalimaat topik itu.

Kalimat topik adalah sebuah kalimat yang pada umumnya ditemukan pada awal dari sebuah paragraf untuk memberitahukan kepada pembaca apa yang ingin penulis sampaikan.

Letak kalimat topik tidak melulu terdapat pada awal paragraf saja, tapi juga bisa ditemukan pada akhir ataupun ditengah dari sebuah paragraf.

Kata kuncinya adalah kalimat topik itu adalah sebuah kalimat-jadi bentuknya bukan paragraf, dan bukan pula frasa,

Sebuah kalimat topik mengambarkan gagasan utama dari sebuah paragraf.  Kalimat topik ibaratnya seorang bos yang mengendalikan para pegawainya.

Cara Menulis kalimat topik bahasa Inggris
Cara Menulis kalimat topik bahasa Inggris - langitbirukata.com


Dengan membaca kalimat topik, kita bisa melihat ataupun memahami sebuah paragraf dengan mudah. Lihat sebuah contah kalimat topik pada paragraf berikut ini:


Friendship, generally, grows between people of the same age and dispositions. They have similar passions, emotions and sentiments. When a student meets another student in a classroom, he finds that they both have the same vision and objective for life. This shared vision towards the same goal help them to come closer and help each each-other. This is why, generally, people of the same age turn into friends.


Kalimat yang tercetak biru pada paragraf di atas merupakan kalimat topik; "Persahabatan pada umumnya tumbuh di antara orang-orang yang seusia dan memiliki kesamaan karakteristik"

Dengan menbaca kalimat tersebut kita bisa mengerti dan mendapatkan gambaran apakah gagasan utama dari paragraf tersebut.

Disamping itu, kita bisa menebak kalimat-kalimat berikutnya akan menjelaskan bagaimana persahabatan dapat tercipta karena mereka berusia sebaya dan memiliki kesamaan kepribadian..

Latihan berikut mengukur seberapa jauh kamu memahami dan menulis sebuah kalimat topik.


Ketika menulis sebuah kalimat topik, kita harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

4 Hal yang perlu diperhatikan dalam Kalimat Topik. 

 

1. Ringkas dan padat


Sebuah kalimat yang panjang bisa jadi membingungkan para pembaca. Para pembaca akan berjuang keras untuk mengerti apa maksud dari si penulis.

Terlebih lagi, sebuah kalimat yang terperinci dan detil yang pada kelanjutannya kita akan bingung apa yang akan kita jabarkan di kalimat berikutnya.

Tulis sebuah kalimat sederhana - bisa terdiri dari hanya satu klausa atau dua klausa.


2. Jelas dan tidak bertele-tele


Jangan terlalu banyak mengunakan banyak kata yang tidak diperlukan ibarat seseorang yang berbicara berputar-putar dan tidak jelas juntrungannya.

Tulislah poin apa yang ingin kamu sampaikan. Pertimbangkan poin mana yang lebih penting, kemudian poin yang tidak terlalu penting.


3. Tepat


Jangan pula menulis sebuah kalimat topik yang  terlalu umum. Kalimat yang terlalu umum lingkup pembahasan pada kalimat berikutnya terlalu lebar untuk di kupas.

Tidak hanya penbaca tapi juga kamu sebagai penulis akan mengalami kesulitan untuk memahami dan bagaimana cara menjabarkan poin yang dimaksud.

Tentukan tujuan dan apa saja yang ingin di sampaikan pada pembaca. .


4. Lengkap


Sebuah kalimat topik sudah seharusnya adalah kalimat. Namanya juga kalimat bukan kata, bukan pula frasa. Kalimat topik haruslah sebuah kalimat penuh yang terdiri dari subyek dan predikat.

Sebuah kalimat sekurang-kurangnya terdiri dari satu klausa - yaitu klausa induk (saya menyebutnya klausa ibut, tapi mungkin pengajar kamu di sekolah menyebutnya induk kalimat.


3 Hal yang harus dihindari dalam Kalimat Topik


Sebaliknya, disamping beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam penulisan sebuah kalimat topik, kamu juga harus mengetahui ada beberapa hal yang harus kamu hindari ketika menulis sebuah kalimat topik. Simak apa saja yang harus dihindari:


5. Hindari penggunaan fakta sebagai kalimat topik.

Kalimat topik biasanya mengutarakan pendapat seorang penulis.

Argumen atau pendapat penulis dapat saja mengundang pembaca untuk setuju ataupun tidak setuju, sedangkan fakta tidak dapat dibantah.


6. Jangan hanya mengupas "apa", tapi juga "kenapa"


Kalimat topik tidak hanya berisi apa yang ingin dikupas, tapi juga mengungkap alasan kenapa ide atau gagasan tersebut ditulis dan layak dibaca.

Dengan kata lain, tidak hanya membahas mengenai dampak atau akibat, tapi juga membahas penyebabnya. Pendeknya, topiknya tentang apa and sekaligus bagaimana itu bisa terjadi.

7. Tidak memulai dengan menuliskan hal ini

Jangan menuliskan frasa seperti berikut:

I am going to tell you about...
My paper is about…
I am telling you about....

Sebagai kesimpulan, dari penjelasan singkat di atas beberapa hal mengenai Kalimat Topik.

"Kalimat topik adalah sebuah kalimat yang "memimpin dan mengatur" kalimat-kalimat lainnya dalam sebuah paragraf"

Semua kalimat dalam sebuah paragraf harus saling "bergandengan tangan" untuk mengutarakan pendapat si penulis sehingga maksud si penulis dengan mudah dipahami dengan baik oleh pembaca.

       
Referensi:

Writing paragraphs https://arts.uottawa.ca/writingcentre/en/hypergrammar/writing-paragraphs (accessed 2016-11-05)
Short paragraphs http://www.preservearticles.com/ (accessed 2016-11-05)



Dapatkan Artikel Terbaru dengan
Mendaftarkan Email Kamu Secara Gratis

Segera Konfirmasi Tautan Aktivasi yang
Kami Kirimkan Via Email Kamu

Belum ada komentar "Lakukan 7 Kiat ini agar Kamu Bisa Menulis Kalimat Topik yang Benar"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar