Masih Sulit Menghafal Kosakata? Mungkin 5 Kiat Berikut adalah Jawabannya.


Salah satu cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yaitu dengan menambah koleksi kosakata. Dengan koleksi kata yang banyak, kita akan memperkaya kemampuan kita dalam berbahasa Inggris.


Kita mempunyai banyak cadangan kosakata yang siap digunakan dalam berbagai keterampilan berbahasa Inggris baik itu berbicara, menulis, membaca maupun mendengarkan bahasa Inggris.

Tapi terus terang, saya lebih suka menambah frasa atau ungkapan bahasa Inggris dibandingkan menghafalkan kota kata bahasa Inggris.

Lantaran, menambah kosakata hanya menambah akan kebingungan baru, bagaimana menyusun kalimatnya berdasarkan tata bahasa yang benar dan berterima.

Mungkin sobat selama ini sudah melakukan berbagai cara untuk menghafal kosakata bahasa Inggris dari menempelkan sejumlah kata di dinding, di cermin, atau di langit-langit kamar hingga membuat catatan kecil yang bisa dibawa kemana-mana, tapi kenyataannya kata-kata datang dan sirna bersama hembusan angin. Dan lagi-lagi, hasilnya masih belum memenuhi harapan.

Bagaimana sih cara menghafalkan seabrek kosakata ataupun ungkapan dalam bahasa Inggris?

Sebenar, saya sendiri orangnya pelupa. Bagaimana kok beraninya saya memberikan kiat cara menghafalkan kosakata ataupun ungkapan bahasa Inggris.

Pertanyaan adalah...

Bagaimana kita, sobat atau saya sendiri, bisa lupa?

Cara Menghafalkan Kosa kata Bahasa Inggris
Cara Menghafalkan Kosa kata Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Karena sistem kerja otak menyimpan setiap informasi baru yang kita peroleh atau kita dengar baru disimpan di dalam penyimpanan sementara, alhasil kita sering lupa.

Maka tugas kita berikutnya agar kita tidak lupa yang terus berkelanjutan adalah memindahkan informasi yang ada di penyimpanan sementara dan menyimpan informasi tersebut di bagian penyimpanan jangka panjang.

Kalau selama ini sobat sudah melakukan berbagai cara dan kiat untuk menghafalkan sejumlah kata-kata atau ungkapan bahasa Inggris, tapi masih lupa juga.

Coba saja beberapa kiat-kiat dari saya sebagai berikut:


5 Kiat Menghafalkan Perbendaharaan kata bahasa Inggris.



1. Read out loud

(Bacalah dengan bersuara)

Membaca artikel, majalah, koran berbahasa Inggris dengan suara keras dan lantang. Dengan melakukan hal ini, suara kita akan memerintah otak kita untuk menyimpan kosakata ataupun ungkapan bahasa Inggris ke bagian otak penyimpanan jangka panjang sehingga akan lengket lebih lama dan betah disana.


Bagaimana caranya?

Pilihlah dan bacalah bacaan berbahasa Inggris yang sesuai dengan minat kamu agar kamu tidak bosan dengan isi bacaan.

Saran saya dalam cara membaca; bacalah isi bacaan dengan membacanya frasa demi frasa bukan kata perkata sehingga kita bisa mengerti maksud dari rangkaian kata-kata dalam bacaan tersebut. Lakukan secara normal dan rutin sehingga otak kamu akan terbiasa menerima informasi baru.

Pastikan membacanya ditempat yang tenang dan nyaman dan tidak banyak orang supaya tidak mengganggu sekitar. Jangan membaca dengan suara keras diperpustakaan. Bukannya hafal, yang pasti kamu malah diusir.


2. Listen and sing it along.

(Dengarkan dan nyanyikanlah)

Mendengarkan lagu tentu hal yang menyenangkan. Siapa sih yang tidak suka mendengarkan lagu? Selain kita bisa menikmati alunan musiknya dan menghilangkan penat serta membuat pikiran lebih rileks. Dan yang terutama, kita bisa menghafalkan perbendaharaan kata melalui lirik lagunya l


Bagaimana caranya?

Pilihlah lagu bahasa Inggris kesukaan mu. Kemudian dengarkan lagu nya dan ikut menyanyikannya. Tak peduli suara kita merdu atau cempreng, yang terpenting kita ikut menyanyikannya

Dengan ikut menyanyikan lagu yang kamu dengarkan, maka telinga kamu akan terbiasa mendengar dan otak akan memerintahkan informasi tersebut disimpan ke tempat yang lebih permanen. Dengarkan secara rutin. Lambat laun, seiring berjalannya waktu, kamu akan hafal sendiri.



3. Record our voice

(Rekamlah suara sendiri)

Saat ini bisa dikatakan semua orang memiliki smartphone. Selain untuk berkomunikasi, berkirim pesan singkat dan ber Internet ria, kamu juga bisa memanfaatkan fitur perekam suara dalam smartphone kamu.

Sobat bisa menggunakan aplikasi perekam suara baik itu yang sudah terpasang di henpon kamu ataupun mengunduhnya dari aplikasi store untuk merekam suara yang gunanya untuk menghafalkan perbendaharaan kata, frasa ataupun ungkapan bahasa Inggris.


Bagaimana caranya?

Gunakan smartphone kamu untuk merekam suara kamu yang sedang bicara bahasa Inggris entah itu lirik lagu, percakapan, pidato, dialog dalam  film, ataupun bahkan dialog dalam game online atau apapun bentuk medianya asalkan berisi bahasa Inggris.

Berbicaralah dengan normal. Jangan terlalu cepat dan jangan pula terlalu lambat atau malah terlalu lebay. Rekam dan simpan hasil rekaman suara kamu.

Dengarkan suara merdumu dan kagumi, kalau bukan kita sendiri yang mengagumi, siapa lagi? Putar rekaman suara kamu berulang-ulang dan dengarkan. Lakukan secara berkala. Saya jamin hafal.


4. Use your English

(Gunakanlah bahasa Inggris kamu)

Mungkin banyak sobat suka ngobrol bareng teman. Kenapa tidak menyalurkan kebiasaan yang satu ini untuk menghafalkan kosakata bahasa Inggris. Ngobrol bareng dengan teman tidak hanya menyenangkan, juga mempererat hubungan persahabatan.


 Bagaimana caranya?

Gunakan bahasa Inggris sesering mungkin. Kamu bisa ngobrol dengan seseorang yang bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Kalau tidak ada, gabung aja komunitas bahasa Inggris online maupun offline.  Atau kamu bisa janjian dengan teman-teman kamu membuat grup obrolan bahasa Inggris di Instants messanging seperti BBM, Whatsaps, Line atau lainnya.

Sering-seringlah aktif, bertanya, ngobrol, berdiskusi ataupun curhat sekalipun. Tidak masalah asalkan menggunakan bahasa Inggris. Tidak harus melakukannya setiap hari tapi lakukan secara rutin. Jangan diam membisu karena sobat bisa terserang lupa kalau bahasa Inggris tidak digunakan.

Dengan mengulang-ulang kosakata yang barusan didapat dalam sebuah obrolan tidak hanya menyenangkan, tapi sekaligus menghafal kata-kata baru bahasa Inggris.



5. Teach others

( Ajarkanlah kosakata pada orang lain)

Banyak orang beranggapan mengajar bukanlah perkara mudah, apalagi kalau kita bukan seorang guru.. Tapi percayalah, setiap orang adalah pengajar atau guru,

Seorang atasan mengajari bawahannya, orang tua mengajari anak-anaknya, dan seorang kakak mengajari adik-adiknya.

"Tiap orang adalah pengajar hanya saja kita belum menyadarinya. Setidaknya kita pengajar bagi diri kita sendiri"

Percaya atau tidak mengajarkan orang lain bisa membuat kamu ingat dengan kosakata ataupun ungkapan bahasa Inggris.

Mengajarkan orang lain bahasa Inggris sebenarnya kita sedang mengajari diri kita sendiri. Kita sebenarnya belajar dan bertanggung jawab dengan apa yang kita ajarkan pada orang lain.

Ajarilah orang lain kosakata bahasa Inggris yang kamu tahu dan lihat sendiri hasilnya.

Kelima kiat yang saya utarakan di atas tidak akan berhasil apabila hanya dibaca dan dipahami atau bahkan dikagumi, tapi tidak dilakukan, dan tidak dialami sendiri.

Lakukan salah satu atau dua kiat yang menurut sobat sesuai dengan minat kamu secara rutin dan berkelanjutan.

Lakukan kiat-kiat ini dan rasakan perbedaannya.

Terima kasih sobat telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga dapat memuaskan rasa ingin tahu sobat. Sampai berjumpa kembali dengan artikel yang berbeda.


0 Response to "Masih Sulit Menghafal Kosakata? Mungkin 5 Kiat Berikut adalah Jawabannya. "

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel