Bagaimana Peran Orang Tua Agar si Kecil Mahir Berbahasa Inggris?


Terlepas dari adanya perbedaan diantara para orang tua maupun para ahli mengenai dengan Kapan Waktu yang Tepat buat si Kecil Untuk Belajar Bahasa Inggris.

Menguasai bahasa Inggris merupakan suatu kebutuhan di masa sekarang ketika hampir semua aspek dalam kehidupan bisa dikatakan segalanya berkaitan dengan bahasa Inggris, dari pekerjaan rumah, sekolah, berbelanja, pekerjaan kantor, transaksi keuangan, hingga permainan anak-anak berkaitan erat dengan bahasa Inggris.

Hal tersebut nampak dari informasi yang bertebaran di mana-mana, baik itu berupa; broaur, buku petunjuk, panduan, tayangan hiburan, ilmu pengetahuan, yang kebanyakan dikemas dalam bahasa Inggris.

Sehingga para orang tua, khususnya pasangan muda yang baru saja mempunyai anak, memiliki segudang harapan buat buah hati mereka.

Seorang anak yang bisa bicara bahasa Inggris merupakan dambaan banyak orang tua jaman sekarang.

Semua ini mendorong orang tua untuk mempersiapkan putra-putri mereka untuk menjawab tantangan dan tuntutan jaman yang serba digital ini.

Peran Orang Tua Mengajari Anak Bahasa Inggris
Peran Orang Tua Mengajari Anak Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Lantas, bagaimanakah peran orang tua dalam hal memotivasi putra-putri mereka agar bisa belajar bahasa Inggris mulai dini?

Ada beberapa pendekatan yang bisa anda lakukan dan pertimbangkan untuk si kecil agar lancar berbahasa Inggris seperti dibawah ini:


Bagaimana cara mengajarkan putra-putri anda bahasa Inggris di rumah?

Tidak sedikit sejumlah orang tua ingin sekali mengajarkan putra-putri  mereka bahasa Inggris di rumah,  tapi tidak tahu bagaimana cara memulainya.

Jangan terlalu merisaukan kemampuan bahasa Inggris anda. Mungkin anda merasa bahasa Inggris anda tidak sempurna.

Hal yang penting dan terutama adalah antusias dan semangat anda yang memberi dorongan semangat serta pujian pada anak-anak anda.

Pada gilirannya, anak-anak anda melihat semua yang anda tunjukkan, dan dampaknya mereka akan termotivasi oleh antusias dan semangat anda dalam berbahasa Inggris.

Jangan khawatir apabila setelah sekian waktu, putra putri anda belum mulai bicara bahasa Inggris ataupun terdengar lancar.

Mereka sebenarnya memerlukan proses - menyerap dari apa yang mereka lihat dan dengar, dan proses tersebut membutuhkan cukup waktu bagi mereka agar dapat mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Bersabarlah dan tunggu karena pada saatnya mereka akan mampu berbicara dalam bahasa Inggris.


Membangun Kebiasaan

Bangunlah sebuah rutinitas bagi anda dan putra-putri anda untuk membiasakan berbahasa Inggris. Durasi waktunya sebaiknya pendek dan tidak terlalu lama, tapi dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

Lima belas menit adalah waktu yang cukup buat si kecil untuk membiasakan dengan suasana dan atmosfir bahasa Inggris.

Anda kemudian dapat secara perlahan menambah durasi waktu untuk berbahasa Inggris seriring dengan bertambahnya usia  dan rentang konsentrasi anak-anak anda.

Lakukan kegiatan berbahasa Inggris dengan waktu yang pendek dan bervariasi agar perhatian mereka serta konsentrasi mereka tetap terjaga.

Berusahalah untuk melakukan kegiatan tersebut di waktu yang sama. Anak-anak pada umumnya akan merasa nyaman dan percaya diri tatkala mereka tahu apa yang akan mereka kerjakan atau dapatkan setelah mereka melakukan kegiatan tersebut.

Sebagai contoh, anda bisa memainkan permainan bahasa Inggris seusai mereka pulang sekolah, saat keluarga anda sedang bersantai bersama, atau membacakan cerita berbahasa Inggris sebelum mereka beranjak tidur.

Jika anda memiliki cukup ruang, anda dapat menciptakan "ruang khusus untuk belajar bahasa Inggris" di mana anda bisa menyimpan segala sesuatu yang berkenaan dengan bahasa Inggris seperti buku, permainan, keping DVD ataupun hasil kreasi putra putri anda yang telah mereka buat.

Dengan melakukan hal tersebut diatas diharapkan anak-anak anda terpapar dan terbiasa mendengar bahasa Inggris sebelum akhirnya mereka mulai mengucapkan kata-kata bahasa Inggris.


Bermain

Anak-anak belajar secara alami ketika mereka melakukan hal yang menyenangkan. Ketika mereka bermain mereka tidak merasa bahwa sebenarnya mereka sedang belajar bahasa Inggris.

Misalnya, dengan menggunakan kartu. Bermain kartu adalah cara yang menyenangkan bagi anak-anak. Kita sebagai orang tua bisa mengajar dan memperkenalkan kosakata bahasa Inggris.

Ada terdapat banyak permainan kata dengan kartu contohnya kartu mengingat, kartu menebak, kartu mencocokkan dan lainnya.

Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko buku di kota anda.

Dan permainan lainnya, anda bisa memperkenalkan permainan papan seperti ular tangga, manusia lidi, tebak kata, tebak gambar dan lainnya.

Di sini putra -putri sebenarnya belajar dan menghafalkan kosakata tanpa mereka sadari.


Menggunakan Situasi Sehari-hari

Keuntungan dari mengajari putra-putri anda di rumah adalah anda dapat menggunakan situasi keseharian keluarga anda serta menggunakan benda nyata yang ada di dalam rumah untuk berlatih bahasa Inggris secara konteks dan alami.

Misalnya,

Anda bisa bicara tentang pakaian ketika anak anda sedang mengenakan pakaian atau ketika anda sedang menyortir pakaian.

Anda bisa bicara tentang makanan ketika keluarga anda sedang menyantap makanan dengan memperkenalkan kosakata yang berkaitan makanan.

Anda bisa bicara tentang perabotan ketika anak anda sedang membereskan tempat tidur.

Dengan melakukan hal ini, anda tidak hanya mengajari putra-putri anda bahasa Inggris, tapi juga mempererat hubungan hubungan orangtua dan anak.


Bercerita

Anak-anak menyukai buku-buku yang berwarna cerah dan gambar-gambar yang menarik. Lihatlah gambar-gambar dibuku bersama anak anda, katakan kata-kata bahasa Inggris sembari anda menunjuk pada gambar.

Lain waktu anda bisa menanyakan pada anak anda untuk menunjuk kan sesuatu misalnya, "Where is the cat?" Setelah itu mintalah pada dia untuk mengucapkannya "What's that?"

Dengan mendengarkan cerita, anda sebenarnya sedang membiasakan putra-putri anda dengan suara dan pengucapan kata-kata bahasa Inggris.

Sehingga telinga mereka terbiasa dan tidak merasa asing mendengarkan kata-kata bahasa Inggris.


Mendengarkan Lagu

Mendengarkan lagu adalah cara efektif untuk mempelajari kata-kata baru dan meningkatkan pengucapan kata-kata bahasa Inggris.

Lagu dengan kegiatan fisik sangat bagus untuk anak-anak meskipun mereka belum mengerti ataupun belum bisa menyanyikan lagu tersebut. Kegiatan fisik membantu untuk menunjukkan arti dari kata tersebut,

Misalnya,

kata "sad" kita bisa memperagakan wajah kita yang sedang sedih.
kata "run" kita bisa memperagakan kita sedang berlari.
kata "speak" kita bisa memperagakan kita sedang berbicara.

Seperti halnya mendengarkan cerita, mendengarkan lagu akan mempertajamkan kemampuan mendengarkan dan tingkat kefahaman mereka akan kalimat-kalimat berbahasa Inggris.


Mengajarkan Tata Bahasa

Kita tidak perlu mengajarkan si kecil dengan tata bahasa yang kompleks dengan memperkenalkan rumus tenses dan pola kalimat yang sulit,

tapi anda cukup membiasakan mereka mendengarkan dan menggunakan susunan kata dalam kalimat yang benar.

Mendengarkan tata bahasa di dalam konteks sedari usia dini akan sangat membantu putra-putri anda sehingga dapat menggunakannya secara alami dan benar. Pengalaman ini akan sangat membantu ketika mereka beranjak besar.

Secara perlahan tapi pasti, putra-putri anda akan terbiasa dengan susunan kalimat yang benar. Dan kemudian menggunakannya dalam setiap ujaran mereka. Dan akhirnya mereka mampu menguasai bahasa Inggris dengan lebih mudah dibandingkan dengan yang tidak.

Anda tidak perlu menerapkan semuanya. Cukup pilih salah satu atau dua atau tiga yang menurut anda sesuai dengan kondisi dan minat anda.

Akhir kata, apapun pendekatan yang anda pilih. hal yang patut menjadi perhatian utama adalah mencoba untuk santai, bersenang-senang, dan membuat pengalaman belajar bahasa Inggris menyenangkan tidak hanya bagi putra-putri anda tapi juga bagi anda sendiri.


0 Response to "Bagaimana Peran Orang Tua Agar si Kecil Mahir Berbahasa Inggris?"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel