10 Langkah Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris agar Mendapat Pekerjaan Idaman


Menulis sebuah surat lamaran kerja mungkin hal yang biasa dilakukan oleh banyak pencari kerja. Namun, tahukah sobat banyak pencari kerja gagal mendapatkan pekerjaan impiannya bukan karena kualitas mereka tidak layak dipekerjakan.


Tetapi karena mereka belum tahu bagaimana cara menulis sebuah surat lamaran kerja yang berkualitas terutama dalam bahasa Inggris.

Ibarat sebuah komoditas,

Sebuah surat lamaran kerja merupakan upaya diri kita untuk mempromosikan diri.

Tak peduli betapa hebat dan berkualitasnya seorang calon pekerja, tapi apabila tak ada seorangpun mengenal dia, itu sama artinya dia bukan siapa-siapa. Oleh sebab itu, perkenalkan diri kamu, promosikan pesona kamu agar orang-orang mengenal kamu. Salah satu bentuk dari mempromosi diri kamu adalah melalui tulisan dalam surat lamaran kerja kamu.

Seberapa layak dan hebat serta bagusnya kualitas diri kamu, dapat dilihat dari isi sebuah surat lamaran kerja yang kamu tuliskan.

Oleh karena itu, penting bagi sobat, mengetahui apa saja yang sepatutnya kamu tuangkan dalam surat lamaran kerja kamu. Sehingga kamu layak diperhitungkan sebagai calon pekerja yang potensial di mata seorang pimpinan personalia.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menulis sebuah surat lamaran kerja yang berkualitas?

Berikut tahapan-tahapan yang perlu dilakukan untuk menulis sebuah surat lamaran kerja yang berkualitas:

1. Awali dengan Informasi Diri.

Awali surat lamaran kerja kamu dengan menambahkan informasi diri kita pada pojok atas surat.

Pastikan mudah bagi pembaca surat lamaran kamu, pimpinan personalia, untuk menghubungi kamu dan mengetahui identitas kamu.

Pastikan pula surat lamaran yang kamu tulis rata kiri. Tuliskan tanggal sekarang, dan informasi kontak kamu yang berisi: 

Nama, 
Alamat, 
Nomor telpon, 
Email dan 
Alamat blog pribadi (jika ada)

Misalnya, 

January 10 , 2017

Langit Biru
Number 5 Pemuda Street
Semarang,  50246
Cellphone: 081356560400
Email: langitbiru.word@gmail.com
Website: langitbirukata.com


2. Tulislah Paragraf Pertama yang Memikat

Kebanyakan manajer personalia seringkali membaca hanya bagian paragraf pertama dari surat lamaran kerja dan mereka hanya membaca sepintas. Kemudian secepat jentikkan jari, dia memutuskan apakah surat lamaran kita layak diperhitungkan dan masuk tumpukan antrian calon pekerja, atau berakhir di tong sampah.

Apa yang harus dilakukan?

Awali paragraf pertama dengan pernyataan yang meyakinkan. Beritahukan pada pembaca, dalam hal ini pimpinan personalia, bahwa kamu sangat senang dan tertarik melamar posisi pekerjaan yang ditawarkan. 

Ungkapkan dengan singkat dan terperinci apa minat dan ketertarikan kamu dengan pekerjaan yang ditawarkan tersebut. 

Apa yang membuat kamu tertarik dengan perusahaan tersebut. Berikan contoh konkretnya seperti apa.

Tunjukkan pada pimpinan perusahaan tersebut bahwa kamu tidak hanya mengetahui betul dengan pekerjaannya, tapi juga sejalan dengan misi dan tujuan dari perusahaan tersebut. 

Misalnya, 

Dear Mr. Jackson,

I am writing to you to express my interest in the bank teller position currently available at your renowned Asia bank.


Yang terhormat Pak Jackson,

Saya menulis lamaran ini karena ketertarikan saya pada lowongan pekerjaan sebagai bank teller di bank Asia.


3. Sebutkan Sumber Lowongan Kerja.

Sebutkan dari sumber mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Sumber informasi mengenai lowongan sangat penting bagi perusahaan sebagai salah satu bahan pertimbangan. 

Apa yang harus dilakukan?

Sebelum menuliskan surat lamaran kerja, ada baiknya, kamu melakukan riset kecil dengan mencari tahu apakah kamu mengenal salah seorang yang bekerja di perusahaan tersebut. Memiliki referensi dari orang yang bekerja di perusahaan tersebut merupakan pertimbangan tersendiri bagi pengambil keputusan.

Misalnya,

I was apprised about this opening by Mr. Watt, Operations Manager at your firm. 

Saya direkomendasikan mengenai lowongan ini oleh Pak Watt, Pimpinan pelaksana di perusahaan anda.

Meskipun kamu tidak mempunyai orang yang dapat memberikan rekomendasi di perusahaan tersebut. Pastikan kamu tetap menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi tentang lowongan tersebut, misalnya dari informasi lowongan, dari situs perusahaan, dari koran atau dari sumber lainnya.

Misalnya,

Your advertisement for Bank Teller position piqued my interest since your job description complements my qualifications and skills.

Saya sangat tertarik dengan Iklan lowongan sebagai Bank Teller karena persyaratan pekerjaan sangat sesuai dengan kualifikasi dan keterampilan saya.


4. Jelaskan Kenapa Mempekerjakan Kamu

Berikan alasan yang kuat kenapa mempekerjakan kamu sangat menguntungkan bagi perusahaan. Kenapa sebuah lowongan pekerjaan ditawarkan? karena ada sebuah masalah yang memerlukan jalan keluar. Dan kamu datang sebagai jalan keluarnya.

Apa yang harus dilakukan?

Lihat kembali daftar riwayat kamu yang berisi tentang prestasi dan pengalaman kamu. Pilihlah satu atau dua contoh yang bisa kamu tuliskan dan ceritakan di surat lamaran kerja kamu. Dengan contoh prestasi dan pengalaman kamu, kamu bisa meyakinkan manajer personalia bahwa kamu adalah calon pegawai yang tepat untuk mengisi posisi lowongan pekerjaan yang ditawarkan. 

Misalnya, 

My experience aligns well with the qualifications you are seeking at Asia Bank, in particular my role as a Bank Teller at Capital Bank, and I am certain I would make a valuable addition to your organization.

Pengalaman saya sangat sejalan dengan persyaratan yang anda cari di Bank Asia, terutama pengalaman saya sebelumnya sebagai Bank teller di Bank Capital. Saya berkeyakinan saya akan memberikan nilai lebih pada perusahaan anda.


5. Tunjukan Kelebihan, Kualitas dan Pengalaman

Pada paragraf kedua, tuliskan ringkasan yang menceritakan prestasi yang sudah kamu capai, keterampilan yang kamu miliki dan pengalaman kamu dalam mengatasi masalah pekerjaan merujuk pada persyaratan pada lowongan kerja.

Apa yang harus dilakukan?

Ceritakan dan tunjukan kalau dengan dengan ringkasan prestasi, keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki, kamu adalah calon pegawai yang potensial bagi kemajuan perusahaan. 

Misalnya, 

As my resume will show you, I possess an MBA degree from The University of Indonesia and work experience of 3 years as a bank teller. During my career, I have successfully and repeatedly demonstrated the ability to record all transactions effectively and handle large sums of cash.

My key duties include:

Assisting clients with opening of new accounts
Accepting loan payments
Depositing or cashing checks for clients
Making withdrawals for clients
Briefing customers about new banking products


Seperti yang tercantum pada Daftar Riwayat saya, saya memiliki gelar MBA dari universitas Indonesia dan pengalaman kerja selama 3 tahun sebagai Bank Teller. Selama karir saya, saya telah berhasil menunjukkan kemampuan mencatat semua transaksi dengan efektif dan mampu menangani sejumlah besar uang tunai.

Tugas utama saya mencakup :

Membantu nasabah membuka rekening baru
Menerima pembayaran pinjaman 
Menyimpan dan mencairkan cek nasabah.
Menarik uang tunai nasabah.
Menjelaskan pada nasabah mengenai produk baru perbankan


6. Deskripsikan Pesona Diri Kamu

Seorang manajer personalia terkadang ingin mengetahui pengalaman apa yang  kamu peroleh dari pekerjaan sebelumnya. Mungkin kamu bisa tunjukkan siapa orang di balik keberhasilan kamu.

Apa yang harus dilakukan?

Dalam satu atau dua kalimat, ungkapkan bagaimana perusahaan tersebut telah memberikan pengaruh dalam dirimu, kalau kesempatan untuk bekerja di perusahaan tersebut akan membawa pengaruh besar dalam kehidupan kamu. Tampilkan sisi manusiawi kamu, tunjukkan kamu bukan sekedar fakta di atas secarik kertas.

Misalnya,

In addition to my experience and personal qualities, I have a solid educational foundation and a passion for customer service. I am extremely enthusiastic about Asia Bank's focus on modernizing customer relationship strategies and would welcome the opportunity to contribute to your ongoing improvements and continued success.

Sabagai tambahan, pengalaman dan kualifikasi saya, saya memiliki latar belakang pendidikan dan keinginan kuat akan pelayanan nasabah. Saya sangat antusias akan fokus Bank Asia dalam modernisasi strategi pelayanan nasabah dan saya akan berperan aktif untuk berkontribusi pada peningkatan dan keberhasilan perusahaan anda yang berkelanjutan.  


7. Tunjukan Kamulah Calon yang Paling Tepat.

Ketika kamu menjelaskan bagaimana kontribusi kamu bagi kemajuan perusahaan, posisikan diri kamu seolah-olah kamu adalah pimpinan personalia.

Utarakan mengenai bagaimana kontribusi kamu bagi perusahaan, bukan bagaimana perusahaan memberi kontribusi buat kamu.

Apa yang harus dilakukan?

Tanyakan pada dirimu sendiri seandainya kamu adalah pimpinan personalia, kualitas apa yang kamu cari dari seorang calon pekerja. Temukan kualitas yang dicari oleh seorang pimpinan perusahaan pada diri kamu dan tuliskan dalam dua atau tiga kalimat.

Misalnya,

At this point in my career, I am keen to become a part of a nationalized bank as yours, so that I can further fine-tune my skills as a bank teller while contributing positively to the establishment.

Pada taraf karir saya, saya sangat berkeinginan menjadi bagian dari bank nasional anda, sehingga saya bisa selaras dengan keterampilan saya sebagai bank teller sekaligus berkontribusi positif bagi perusaan anda.


8. Undang untuk Menghubungi Kamu.

Informasikan pada pimpinan personalia bahwa kamu akan senang hati berkesempatan untuk berbicara lebih lanjut mengenai posisi pekerjaan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Kamu akhiri surat lamaran kerja kamu dengan mengucapkan terimakasih dan akhiri dengan pernyataan, misalnya "Besar harapan saya dalam waktu dekat ini saya bisa mendapat kabar baik dari Bapak".

Tunjukkan rasa percaya diri kamu (tanpa terkesan sombong) dengan mengatakan kamu berharap besar untuk dapat berbicara lebih lanjut.

Misalnya,

I am excited about the prospect of becoming a part of your team and look forward to an opportunity to discuss my application further in a personal interview.

Saya akan senang sekali mengenai kemungkinan menjadi bagian dari tim anda dan berharap berkesempatan untuk membicarakan pengajuaan lamaran kerja saya lebih lanjut dalam wawancara kerja.


9. Akhiri  dengan Salam Penutup

Menutup surat lamaran kerja mungkin terkesan mudah atau bahkan menjadi hal yang membuat frustrasi jika kamu tidak tahu bagaimana cara yang benar.

Apa yang harus dituliskan sebagai salam penutup?
Tentukan apakah sobat ingin membuat salam penutup ala bahasa Inggris British atau Amerika.


Bahasa Inggris British

Apabila kamu mencantumkan nama penerima surat pada salam pembuka maka salam penutupnya cukup tulislah “Yours sincerely” atau “Sincerely yours” (Hormat kami)

Sedangkan bila sobat tanpa menggunakan nama penerima pada salam pembuka, maka tuliskan “Yours faithfully” atau “Faithfully yours” (Hormat kami) sebagai salam penutup.


Bahasa Inggris Amerika

Tulis “sincerely” atau “sincerely yours” sebagai salam penutup kamu cantumkan nama penerima surat atau tidak. Selain “Sincerely” Anda juga bisa menggunakan salam penutup “Regards”, “Best Wishes” atau “Kind Regards”. Ketiganya sama-sama memiliki arti dengan hormat.


10. Tuliskan Nama Lengkap Kamu

Menuliskan nama terkesan sepele, tapi hal ini penting itu menunjukkan nilai lebih kamu. Nama mencerminkan karakter sobat, jadi percaya dirilah dengan nama kamu. Setelah salam penutup, tuliskan dengan jelas nama lengkap mu bukan nama panggilan, Pastikan menuliskan nama mu selengkap-lengkapnya, jangan menyingkat nama kamu.

Misalnya,

Sincerely yours



Langit Biru


Selengkapnya, sobat dapat melihat beberapa contoh penulisan surat lamaran kerja seperti dibawah ini:


Contoh 1: Surat Lamaran kerja

January 10 , 2017

Langit Biru
Number 5 Pemuda Street
Semarang,  50246
Cellphone: 081356560400
Email: langitbiru.word@gmail.com
Website: langitbirukata.com

Dear Mr Jackson,

As a highly skilled Bank Teller, I read your posting for a new Bank Teller with interest. My experience aligns well with the qualifications you are seeking at Asia Bank, in particular my role as a Bank Teller at Capital  Bank, and I am certain I would make a valuable addition to your organization.

With more than 10 years' experience as a Bank Teller, I am adept in money management, customer service, and upsells. Moreover, while my on-the-job experience has afforded me a well-rounded skill set, including first-rate interpersonal and communication skills, I excel at:

Opening new customer accounts and resolving account issues.Building relationships with branch customers and increasing sales.Overseeing and mentoring junior tellers and new employees.Preparing closing reports on daily, weekly, monthly, and quarterly basis.

In addition to my experience and personal qualities, I have a solid educational foundation and a passion for customer service. I am extremely enthusiastic about Asia Bank's focus on modernizing customer relationship strategies and would welcome the opportunity to contribute to your ongoing improvements and continued success.


Please review my attached resume for additional details regarding my expertise and career achievements. I will follow up to request an appointment to discuss how my experience and background meet your needs.


Thank you for your time and consideration.

Sincerely yours



Langit Biru


Contoh 2: Surat Lamaran kerja

January 10 , 2017

Langit Biru
Number 5 Pemuda Street
Semarang,  50246
Cellphone: 081356560400
Email: langitbiru.word@gmail.com
Website: langitbirukata.com

Dear Mr. Jackson:

Your advertisement for Bank Teller position piqued my interest since your job description complements my qualifications and skills. Described by my previous employers as a mindful, alert and accurate professional gifted with courteous public dealing and strong interpersonal skills, I strongly believe I am the right candidate for this position.

Performing all kinds of banking transactions including account withdrawals and deposits while maintaining positive customer relations is my expertise. For the past 4 years, I have consistently proven my ability to conduct proper trial balancing of the allotted cash drawer with utmost precision and accuracy.

Some highlights of my professional qualifications:

● Extensive experience in cash handling, record keeping and cash drawer balancing
● Known for providing detailed information to customers regarding bank services
● Adept at balancing Auto Teller Machines, Teller Cash Dispensers and Teller Cash Recyclers
● Special talent for guiding the clients efficiently based on their financial needs

An opportunity of meeting to discuss your requirements and my talents in detail will be highly appreciated.

Thank you for your time and consideration. I look forward to speaking with you soon.

Sincerely yours



Langit Biru


Contoh 3: Surat Lamaran kerja

January 10 , 2017

Langit Biru
Number 5 Pemuda Street
Semarang,  50246
Cellphone: 081356560400
Email: langitbiru.word@gmail.com
Website: langitbirukata.com

Dear Mr. Jackson

I would like to present my job application for your consideration for the post of bank teller at your renowned banking firm. I was apprised about this opening by Mr. Watt, Operations Manager at your firm. I believe, given my experience and skills, that I will be able perform beyond your expectations as a bank teller if given a chance.

As my resume will show you, I possess an MBA degree from The University of Indonesia and work experience of 3 years as a bank teller. During my career, I have successfully and repeatedly demonstrated the ability to record all transactions effectively and handle large sums of cash.

My key duties include:

Assisting clients with opening of new accounts
Accepting loan paymentsDepositing or cashing checks for clients
Making withdrawals for clientsBriefing customers about new banking products
Answering queries of customers or directing them to appropriate supervisory staff
Processing night deposits

Apart from being adept at traditional bank teller duties, I have consistently focused on providing exceptional customer service to clients. Job related skills aside, I possess key skills such as:

Ability to multitask efficiently
Ability to work in high-paced environment
Ability to work in a team
Ability to successfully diffuse tense situations

My experience and skills match well with your requirements. At this point in my career, I am keen to become a part of a nationalized bank as yours, so that I can further fine-tune my skills as a bank teller while contributing positively to the establishment.

My resume, attached with this application, provides you greater details about my education, experience, skills, and professional achievements.

I am excited about the prospect of becoming a part of your team and look forward to an opportunity to discuss my application further in a personal interview.

Sincerely yours



Langit Biru


Demikian bagaimana cara menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Semoga menginpirasi sobat dalam menulis surat lamaran kerja.

Akhir kata, semoga sobat berhasil mempeoleh pekerjaan yang kamu idamkan. Sampai bersua kembali dengan catatan lainnya.


Referensi

https://www.livecareer.com/letter-samples/cover-letters-misc/bank-teller (accessed 2017-02-01)
http://coverlettersandresume.com/bank/bank-teller-cover-letter-sample/ (accessed 2017-02-01)


0 Response to "10 Langkah Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris agar Mendapat Pekerjaan Idaman"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel