Bagaimanakah Sebaiknya Menuliskan Daftar Pustaka dalam Bahasa Inggris?


Menurut definisinya. menulis adalah sebuah kegiatan menuangkan pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang yang diungkapkan dalam bahasa tulisan.

Tapi bagi saya pribadi,

Menulis adalah salah satu pencapaian terindah yang akan mengukir sejarah hidup kita.  

Dengan menulis, kita sebenarnya sedang berbicara tentang bagaimana memaknai arti diri kita, seberapa dalam kita mengakui keterbatasan diri kita, dan yang terpenting apa yang kita miliki bisa memberi manfaat bagi orang lain.


Berbicara merupakan satu hal yang umum dilakukan bagi banyak orang, tapi menulis adalah sesuatu yang berbeda. 

Menulis bukan sekedar menyusun kata-kata hingga menjadi sebuah kalimat kemudian menjadi sebuah paragraf, hingga jadilah sebuah artike, karanganl atau sebuah karya tulis.

Lebih dari itu, menulis adalah mengutarakan suatu pesan dari diri kita sehingga pesan tersebut tersampaikan dengan baik pada pembaca. Menulis sebenarnya adalah 80 % membaca dan sisanya adalah kegiatan menulis itu sendiri.

Dengan kata lain, tanpa membaca kita akan kesulitan menuliskan sebuah artikel yang berkualitas. Ibarat sebuah teko kosong yang tidak dapat menuangkan isi di dalamnya. Kita perlu mengisi teko tersebut sehingga bisa menuangkan ke dalam sebuah cangkir.

Oleh sebab itu, membaca dari berbagai sumber akan memperkaya wawasan dan pandangan kita dalam menulis.

Cara Menuliskan Daftar Pustaka Bahasa Inggris
Cara Menuliskan Daftar Pustaka Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Sebagai bentuk perhargaan yang bisa kita berikan kepada penulis yang telah memberi inspirasi, wawasan serta dukungan ilmiah dari apa yang sudah kita tulis.

Maka kita sudah sepantasnya memberikan penghargaan dengan menuliskan daftar pustaka atau referensi. Tidak hanya itu, referensi memberikan kesempatan kepada para pembaca jika ingin mengetahui lebih dalam dari apa yang telah kita tulis. 

Lantas, bagaimanakah cara menuliskan daftar pustaka?

Daftar pustaka biasanya disusun berdasarkan urutan abjad, berturut-turut dari atas ke bawah, tanpa menggunakan urutan angka (1,2,3, dan seterusnya).

Secara umum, format penulisan daftar pustaka bahasa Inggris meliputi:

Nama Pengarang (Nama belakang, Nama depan)
Tahun Terbit
Judul buku
Kota penerbit
Nama penerbit.

Misalnya,

Biru, Langit. 2016. Sepenggal Kisah Pengalaman Belajar Bahasa Inggris. Semarang. Langitbirukata Corporate. 

Berikut  secara rinci bagaimana menuliskan format referensi atau daftar pustaka dalam bahasa Inggris berdasarkan berbagai jenis media baik itu berupa media fisik maunpun media dari dunia maya  menurut sistem Harvard.

Buku ditulis oleh satu pengarang

Apabila sebuah buku ditulis oleh hanya satu pengarang, maka sobat bisa menuliskannya seperti penjelasan berikut.

Cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, Nama depan pengarang. Tahun Terbit. Judul Buku. Edisi (jika tidak ada bisa ditulis 1st); Kota Terbit: Penerbit.

Contoh penulisan referensi Buku dengan Satu pengarang

Bryman, Alan. 2008. Social research methods. 3rd ed. Oxford: Oxford University Press.


Buku ditulis oleh dua pengarang atau lebih

Meskipun pada umumnya sebuah buku ditulis hanya oleh satu orang tapi terkadang bisa saja ditulis oleh dua atau lebih dari satu pengarang,  maka sobat bisa menuliskannya seperti penjelasan berikut.

Cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, Nama depan pengarang pertama.Nama belakang, Nama depan pengarang kedua. dan seterusnya. Tahun Terbit. Judul Buku. Edisi (jika tidak ditulis 1st); Kota Terbit: Penerbit.


Contoh penulisan referensi Buku dengan Dua pengarang :

Fabozzi, Frank J., Modigliani, Franco and Jones, Frank J. 2010. Foundations of financial markets and institutions. 4th ed. Boston: Prentice Hall.


Buku yang Mencantumkan Penyunting

Apabila sebuah buku mencantumkan nama penyunting, sobat juga sebaiknya menuliskan nama penyunting sebagai rujukan, termasuk (ed.) atau (eds.)

Cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, Nama depan Penyunting (eds). Tahun Terbit. Judul Buku. Edisi (jika tidak ditulis 1st); Kota Terbit: Penerbit.


Contoh penulisan referensi Buku dengan Penyunting

Allen, Jeffner and Young, Iris Marion (eds.). 1989. The thinking muse: feminism and modern French philosophy. Bloomington: Indiana University Press.


Buku Elektronik (E-books)

Seperti halnya buku cetak, format penulisan referensi serupa juga berlaku pada buku elektronik.

Buku-buku yang dibaca dan yang diunduh dari tautan sebuah situs perpustakaan atau toko buku online tetap harus mencantumkan keterangan bahwa referensi tersebut adalah buku elektronik (e-book). Cantumkan tulisan (e-book) pada bagian akhir.

Cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, Nama depan pengarang. Tahun Terbit. Judul Buku. Edisi (jika ada); Kota Terbit: Penerbit. E-book.

Misalnya,

Bowen, Natasha K. and Guo, Shenyang. 2012. Structural equation modeling. New York: Oxford University Press. E-book.


Beberapa buku yang tersedia gratis di internet terkadang hak cipta nya sudah kadaluarsa. Dalam hal ini, kamu harus mencantumkan alamat lengkap dari tautan tersebut atau tautan yang disediakan penerbit dan tanggal akses, tanggal unduh/baca buku tersebut (accessed tahun-bulan-tanggal).

Cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, Nama depan pengarang. Tahun Terbit. Judul Buku. Edisi (jika tidak ditulis 1st); Kota Terbit: Penerbit. Alamat tautan lengkap (Di akses Tahun-Bulan-Tanggal)

Misalnya,

Smith, Daniel. 1902. Memory of a tree festival. Hamburg: Sommer Publishing. http://www.treesandplantsmemoriesinsummer (Accessed 2012-05-21).

Strindberg, August. 1912. Three plays: countess Julie; the Outlaw; the Stronger. Boston: International pocket library. http://books.google.se/ (Accessed 2012-05-21).


Kadangkala diperbolehkan untuk mencantumkan hanya  tautan situs laman utama apabila alamat tautannya terlalu panjang. Dibandingkan tautan lengkap yang menunjuk langsung pada buku tersebut.


misalnya,

http://books.google.se/,



Bab Buku

Tidak hanya buku, bahkan bagian dari buku, dalam hal ini, ialah bab buku, maka sobat dapat menuliskan referensinya sebagai berikut:

Cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, Nama depan pengarang. Tahun Terbit. Judul Bab. Nama depan, Nama belakang atau keluarga penyunting (eds.). Judul Buku. Edisi (jika ada). Kota Terbit: Penerbit, Nomor halaman Bab.

Contoh penulisan referensi Bab Buku:

Malmberg, Anders. 2003. Beyond the cluster: local milieus and global connections. In Jamie Peck and Henry Wai-chung Yeung (eds.). Remaking the Global Economy. London: Sage Publications, 145-162.


Artikel Jurnal

Apabila sobat menggunakan Artikel Jurnal, kamu tetap perlu menuliskannya sebagai referensi.

Cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, dan nama depan dari pengarang . Tahun terbit. Judul artikel. Nama Jurnal Volume (terbit): nomor halaman artikel.


Contoh penulisan referensi Artikel Jurnal:

Lundmark, Linda. 2005. Economic restructuring into tourism in the Swedish mountain range. Scandinavian Journal of Hospitality and Tourism 5 (1): 23–45.

Graham, Elspeth and Boyle, Paul. 2001. Editorial introduction:(re)theorising population geography: mapping the unfamiliar. International Journal of Population Geography 7 (6): 389-394.


Artikel Jurnal Elektronik.

Format penulisan sama seperti artikel jurnal ditambah dengan nomor DOI.

DOI (Digital Object Identifier) digunakan secara unik untuk mengidentifikasi  sebuah objek seperti artikel elektronik.

DOI bersifat permanen sehingga memudahkan mencari artikel tersebut andaikan alamat tautannya telah berubah. Sebuah artikel diberi nomor DOI oleh penerbit akademis.


Cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, dan nama depan dari pengarang . Tahun terbit. Judul artikel. Nama Jurnal Volume (terbit): nomor halaman artikel. Nomor DOI.


Contoh penulisan referensi Jurnal

Lundmark, Linda. 2005. Economic restructuring into tourism in the Swedish mountain range. Scandinavian Journal of Hospitality and Tourism 5 (1): 23–45. doi: 10.1080/15022250510014273.


Jikalau tidak terdapat nomor DOI, kamu harus mencantumkan alamat tautan serta tangga akses.

Maka, cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, dan nama depan dari pengarang . Tahun terbit. Judul artikel. Nama Jurnal Volume (terbit): nomor halaman artikel.  Alamat lengkap tautan. (Diakses tahun-bulan-tanggal)


Contoh penulisan referensi Jurnal tanpa DOI

Larsen, James E. and Blair, John P. 2009. The importance of police performance as a determinant of satisfaction with police. American Journal of Economics and Business Administration 1 (1): 1-10. http://www.scipub.org/fulltext/ajeba/ajeba111-10.pdf (Accessed 2010-09-29).


Artikel Koran

Meskipun koran terkesan kurang resmi untuk dijadikan referensi, tapi apabila diperlukan, sobat sebaiknya menuliskan referensinya.

Cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, nama depan dari pengarang artikel . Tahun terbit. Nama koran atau majalah. tanggal dan bulan artikel tersebut.


Contoh penulisan referensi Artikel Koran:

Jowit, Juliette. 2010. Corporate lobbying is blocking food reforms, senior UN official warns. Guardian. 22 September.


Artikel Koran atau Majalah daring  (online)

Format penulisan sama seperti artikel koran dan alamat tautan dari artikel tersebut serta tanggal akses ditulis dalam tanda kurung. Jika alamat tautan artikel tersebut terlalu panjang maka kamu cukup menuliskan alamat tautan dari koran tersebut.
contonya http://www.time.com/time/.

Cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, nama depan dari pengarang artikel . Tahun terbit. Nama koran atau majalah. tanggal dan bulan artikel tersebut. Alamat tautan artikel  (diakses tahun-bulan-tanggal).

Contoh penulisan referensi Koran:

Jowit, Juliette. 2010. Corporate lobbying is blocking food reforms, senior UN official warns. Guardian. 22 September. http://www.guardian.co.uk/environment/2010/sep/22/food-firms-lobbying-samuel-jutzi (Accessed 2010-09-30).


Laman Situs, Blog dan Twitter. 

Serupa dengan koran atau majalah daring, format penulisan laman situs, blog dan twitter tidak jauh berbeda hanya pada jenis media nya.

Lebih rinci dijelaskan sebagai berikut :

Laman

Cara menuliskannya yaitu:

Nama pengarang (jika ada). Organisasi, otoritas atau perusahaan. Tahun update terbaru. Judul dokumen atau laman. Nama pemilik situs.. Alamat tautan lengkap  laman  (diakses tahun-bulan-tanggal)

Contoh penulisan referensi Laman Situs:

Organisation for Economic Co-operation and Development. 2010. Health: OECD says governments must fight fat. http://www.oecd.org/document/35/0,3343,en_21571361_44315115_46064099_1_1_1_1,00.html (Accessed 2010-10-10).


Blog dan Twitter

Untuk artikel blog dan pesan twitter, kita sebaiknya mencantumkan tanggal dan bulan terbitnya.

Cara menuliskannya yaitu:

Nama pengarang (jika ada). Tahun terbit. Judul artikel atau pesan. Nama Blog [blog]. Alamat tautan lengkap laman  (diakses tahun-bulan-tanggal)


Contoh penulisan referensi blog:

Enever, Janet. 2015. A tentative view on primary language education policy in India. Forskarbloggen [Blog]. 7 March. http://blogg.umu.se/forskarbloggen/2015/03/a-tentative-view-on-primary-language-education-policy-in-india/ (Accessed 2015-08-14).


Contoh penulisan referensi twitter:

Fällström, Anders. 2015. Fewer topics in greater depth. #mathematics #Math Singapore math skills add up in the West http://cnb.cx/1M3BgPX. [Twitter]. 15 July. https://twitter.com/hyperconvex/status/621212215006392320 (Accessed 2015-08-14).


Ensiklopedia/ Kamus

Apabila sobat menggunakan ensiklopedia ataupun kamus sebagai rujukan,  kamu sebaiknya tetap menuliskannya.

Cara menuliskannya yaitu:

Nama pengarang (jika ada). Tahun terbit. Judul artikel. Nama Ensiklopedia. Alamat tautan lengkap laman  (diakses tahun-bulan-tanggal)

Contoh penulisan referensi Ensiklopedia

Creutzfeldt-Jakob disease. 2010. Encyclopedia Britannica. http://www.britannica.com/EBchecked/topic/142824/Creutzfeldt-Jakob-disease (Accessed 2010-10-30).

Jika tidak ada pengarang, tuliskan nama artikel lebih dahulu


Disertasi

Hal yang sama jika sobat menggunakan disertasi sebagai rujukan, maka kita juga sebaiknya menuliskannya sebagai referensi.

Cara menuliskannya yaitu:

Nama belakang, nama depan dari pengarang. Tahun terbit. Judul Disertasi. Gelar. diss, Nama Universitas.


Contoh penulisan referensi Disertasi

Eckerberg, Katarina. 1987. Environmental protection in Swedish forestry: a study of the implementation process. Ph.D. diss., Umeå University.

Landström, Mats. 2009. Two essays on Central Bank independence reforms. Lic. diss., Umeå University.



Contoh penulisan referensi Disertasi yang dipublikasikan

Abramowicz, Konrad. 2011. Numerical analysis for random processes and fields and related design problems. Diss. (Comprehensive summary), Umeå University. http://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:se:umu:diva-46156 (Accessed 12-01-30).



Referensi:

Writing References - Harvard System. http://www.ub.umu.se/en/write/references/writing-references-harvard (Accessed 2017-2-2)


0 Response to "Bagaimanakah Sebaiknya Menuliskan Daftar Pustaka dalam Bahasa Inggris?"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel