Perbedaan Mendasar antara A, An dan The yang Patut Kamu Ketahui


Apakah menggunakan atau tidak menggunakan kata a, an atau the pada sebuah kata merupakan pertanyaan yang seringkali memenuhi kepala para pembelajar bahasa Inggris, terutama yang baru mempelajari bahasa Inggris.

Kebanyakan pembelajar bahasa Inggris masih mengalami kebingungan kapan dan bagaimana menggunakan article a, an atau the dalam kalimat bahasa Inggris.

Kebingungan itu tampak ketika mereka menggunakan ketiga kata tersebut secara acak tanpa memandang arti, fungsi, makna dan penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris.

a, an atau the adalah kata yang biasanya melekat pada kata benda. Ketiga kata tersebut sering disebut kata sandang atau determiner atau juga dinamakan article.

Pada prinsipnya,

Kata sandang (article) terbagi atas:

Indefinite article
Definite article

Indefinite article adalah kata sandang yang melekat pada kata benda. Kata sandang ini menunjukkan bahwa kata benda tersebut tidak spesifik atau bersifat umum.  a dan an termasuk Indefinite article. Untuk memahami dan bagaimana menggunakan kedua kata sandang ini dalam konteks kalimat, kita perlu mengenal lebih dalam Perbedaan antara a dan an.

Sedangkan,

Definite article merupakan kata sandang yang melekat pada benda. Kata sandang ini menunjukkan bahwa kata benda tersebut bersifat specifik atau merujuk pada sesuatu atau seseorang tertentu. The termasuk definite article. Agar mengerti dan bagaimana menggunakan kata sandang ini dalam konteks kalimat, kita perlu mengenal lebih dalam Penggunaan kata sandang the.

Perbedaan an, a dan the
Perbedaan an, a dan the - langitbirukata.com

Pengertian

Pada umumnya, a, dan an seringkali dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebuah, atau seorang.

Misalnya,

He is a student.
Dia seorang pelajar

My mother bought an umbrella.
Ibuku membeli sebuah payung


Sedangkan, dalam bahasa Indonesia, the seringnya di artikan tersebut, -nya, itu dan kata lain yang menunjukkan sesuatu atau seseorang tertentu.

Misalnya,

The student skips the class.Murid tersebut membolos sekolah.

She lost the umbrella on the way home.
Dia kehilangan payungnya dalam perjalanan pulang.


Fungsi

Fungsi a, an atau the dalam sebuah kalimat, terutama bagian yang lebih kecil yaitu frasa, adalah memberi cakupan atau ruang lingkup pada suatu kata benda - hampir mirip seperti fungsi kata sifat.

Fungsi a, an atau the ialah sebagai kata sandang yang melekat pada sebuah kata benda.

Letak a, an atau the pada umumnya sebelum kata benda meskipun ada beberapa syarat dan kondisi kapan kita bisa atau tidak meletakkan kata sandang sebelum kata benda tersebut.

Misalnya,

a book,

a sebelum kata book berfungsi memberi lingkup bahwa yang dibicarakan adalah sebuah buku pada umumnya.


the book.

the sebelum kata book berfungsi memberi lingkup bahwa yang dibicarakan adalah suatu buku tertentu atau yang  buku sudah dibicarakan sebelumnya.


the books.

the sebelum kata books berfungsi memberi lingkup bahwa yang dibicarakan adalah beberapa buku tertentu atau beberapa buku yang sudah dibicarakan sebelumnya.


Makna

Seperti yang dijelaskan pada fungsinya, makna a, an atau the
terlihat dari cakupan atau ruang lingkup kata benda tersebut.

Misalnya,

a book

bermakna suatu buku pada umumnya. Dengan kata lain, buku apapun atau sebuah buku yang tidak merujuk suatu buku tertentu.

the book

bermakna suatu buku spesifik. Dengan kata lain, buku yang mengacu pada buku tertentu.

the books

bermakna beberapa buku spesifik. Dengan kata lain, buku-buku itu mengacu dan merujuk pada beberapa buku tertentu.


Penggunaan

Meskipun banyak penggunaan yang bisa kita temukan pada a, an atau the, pada artikel ini kita hanya akan menyoroti perbedaan mendasar penggunaan a, an atau the.

Simak penjelasan berikut mengenai penggunaannya sebagai berikut :

a dan an

dan an pada umumnya digunakan hanya sebelum kata benda yang dapat di hitung dan tunggal baik itu dalam bentuk kata maupun frasa.


Kata benda tunggal biasanya membutuhkan kata sandang atau kata sejenis lainnya. Kita tidak bisa mengatakan atau menuliskan kata benda tunggal tanpa menyandingkannya dengan kata sandang, a, an atau the.

Kalimat berikut adalah contoh yang salah:

I see house.
He is student.   
We are talking to man.


Singkatnya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gunakan dan an sebelum kata benda tunggal.

Misalnya,

a house
sebuah rumah

an umbrella
sebuah payung

a man
seorang pria.

a very old house.
sebuah rumah yang sangat tua.

a very big umbrella.
sebuah payung yang sangat besar.

a strong man.
seorang pria yang kuat.

Sedangkan,

the

the pada umumnya digunakan pada semua jenis kata benda baik itu kata benda yang dapat dihitung ataupun kata benda yang tidak dapat dihitung.

the house
rumah tersebut

the umbrella
Payung tersebut

the houses
rumah-rumah tersebut

the money
uangnya

the information.
Informasinya


Tanpa kata sandang

Semua jenis kata benda biasanya didahului kata sandang (article) a, an atau the.  baik kata benda tunggal, jamak, ataupun kata benda yang tidak dapat dihitung,

Tapi adakalanya suatu kata benda tidak didahului kata sandang. Dengan kata lain,  kata benda tersebut dapat digunakan tanpa embel-embel kata sandang, a, an atau the  seperti pada kata benda jamak.

Misalnya,

Houses
Rumah-rumah

Umbrellas
Payung-payung

Men
Para Pria

Flowers
Bunga-bunga

Sebagai penutup, agar mudah melihat perbedaan penggunaan a, an atau the, cerita berikut ini mungkin bisa memberikan pencerahan mengenai perbedaan penggunaan antara a, an atau the.

A man and a woman were walking along on Pandanaran Street. The woman saw a book that she liked in a bookstore. She asked the man if he could buy the book for her. He said: "Do you think the bookstore will accept credit card? I don't have cash.

Seorang pria dan seorang wanita sedang berjalan di sepanjang jalan Pandanaran. Wanita tersebut melihat sebuah buku yang dia sukai di sebuah toko buku. Dia (wanita) meminta (teman) prianya apakah dia (pria) mau membelikan buku tersebut untuknya (wanita). Dia(pria) bertanya "Menurut kamu apakah toko buku tersebut menerima pembayaran dengan sebuah kartu kredit? " Aku tidak membawa uang tunai.

Demikian perbedaan mendasar antara a, an dan the dalam konteks kalimat. Terimakasih sobat sudah meluangkan waktu berkunjung untuk membaca artikel ini. Semoga dapat memenuhi rasa ingin tahu sobat.


0 Response to "Perbedaan Mendasar antara A, An dan The yang Patut Kamu Ketahui "

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel