Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Memutuskan Belajar Grammar?


Belajar bahasa Inggris acapkali dikaitkan dengan tata bahasa, atau dalam bahasa Inggrisnya di sebut grammar. Oleh karena itu, banyak pembelajar bahasa Inggris ingin menguasai tata bahasa agar nantinya tujuan mereka untuk mahir berbahasa Inggris segera dapat tercapai.

Nah, ketika kita berniat mempelajari tata bahasa suatu bahasa, kita terkadang bingung harus memulai dari mana, apakah belajar yang ini dulu ataukah yang itu dulu? Lantas, bagaimana cara menyikapinya kalau kita ingin belajar grammar?

Agar kita tidak bertambah bingung, kita sebaiknya mengerti dan mengenal sedikit tentang apa itu grammar?

Menurut beberapa buku referensi, kamus, media digital, dan media lainnya yang saya telah telusuri kurang lebih kata-katanya menyebutkan grammar yaitu:

The systematic study and description of a language.
Kajian sistemik dan deskripsi bahasa.

The whole system and structure of a language or of languages in general, usually taken as consisting of syntax and morphology (includinginflections) and sometimes also phonology and semantics.
Seluruh sistem dan struktur dari sebuah bahasa ataupun bahasa secara umum, biasanya dianggap terdiri dari sintaks dan morfologi (termasuk infleksi) dan terkadang juga fonologi dan semantiks.

The structural foundation of our ability to express ourselves.
Fondasi terstruktur dari kemampuan diri untuk mengungkapkan diri.

The system of a language.
Sistem dari suatu Bahasa.

Tata bahasa Inggris
Tata bahasa Inggris - langitbirukata.com

Sejalan dengan definisi yang di atas, kita bisa melihat bahwa istilah grammar dapat merujuk baik itu struktur dalam pembentukan kata-kata atau kalimat dalam suatu bahasa atau istilahnya dikenal morfologi dan syntax maupun kajian dan deskripsi mengenai struktur bahasa yang diterbitkan sebagai kaidah bahasa dalam berbagai buku-buku.

Ada pula pendekatan lainnya yang melibatkan topik dibawah tingkatan kata atau kalimat yaitu: orthografi (ejaan, tanda baca dan huruf kapital), semantiks (makna kata), phonetiks dan fonologi (bunyi) dan pragmatik (penggunaan bahasa dalam konteks.

Ringkasnya, grammar dapat dikatakan mencakup:

Pembentukan kata, kalimat disebut morfologi dan sintaks.
Ejaan, tanda baca, huruf kapital disebut orthografi.
Makna kata disebut semantiks.
Bunyi dan pengucapan disebut phonetiks dan fonologi.
Penggunaan bahasa dalam konteks disebut pragmatik.

Dari catatan di atas, cakupan tata bahasa bisa sangat luas. Dengan mengetahui bagaian-bagian dalam tata bahasa, sobat bisa tahu area mana yang ingin kamu kuasai. Misalnya, kamu ingin lancar berbicara bahasa Inggris, maka sobat bisa mempelajari pembentukan kata atau kalimat lewat jenis-jenis kata (part of speech), bunyi dan pengucapan, makna dan penggunaannya.


Sebelum sobat memutuskan untuk mempelajari grammar, kamu sebaiknya mempertimbangkan catatan berikut.

Kebanyakan orang umumnya menggambarkan tata bahasa sebagai sekumpulan aturan bahasa, tetapi sebenarnya tidak satu bahasa pun memiliki aturan. Jika kita menggunakan istilah aturan, kita seperti mengatakan bahwa seseorang telah menciptakan aturan lebih dahulu kemudian mengujarkannya dalam bentuk bahasa.

Tapi bahasa tidaklah berlaku seperti itu. Bahasa diawali oleh orang-orang yang membuat suara kemudian membentuk kata-kata, frasa-frasa dan kalimat. Tak satupun struktur bahasa lisan secara umum tetap. Semua bahasa, termasuk bahasa Inggris, berubah mengikuti waktu. Pernahkah sobat mendengar atau membaca kalimat bahasa Inggris seperti berikut ini.

Wherefore art thou?

Apa yang disebut tata bahasa atau grammar hanyalah sebuah cerminan dari sebuah bahasa pada periode waktu tertentu.

Apakah kita perlu mempelajari tata bahasa untuk menguasai sebuah bahasa? Jawaban singkatnya adalah tidak. Banyak sekali orang-orang di dunia dapat berbicara bahasa ibu tanpa harus mempelajari tata bahasa nya. Anak-anak balita dapat berbicara bahkan sebelum mengenal kata tata bahasa. Kita sendiri bisa berbahasa Indonesia sebelum kita mempelajarinya di sekolah.

Tetapi apabila sobat serius ingin menguasai bahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris, maka jawabannya adalah ya, tata bahasa dapat membantu kamu menguasai sebuah bahasa dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Penting untuk kita mengganggap tata bahasa seperti seorang sahabat, seseorang yang membantu kita ketika kita memiliki kendala dalam menguasai suatu bahasa. Tatkala kamu mengerti tata bahasa atau sistem bahasa, kamu bisa memahami banyak hal yang berkenaan dengan bahasa secara mandiri, tanpa harus bertanya pada guru atau membaca buku sepanjang waktu.

Mengerti dan memahami tata bahasa ibarat kamu memiliki sebuah peta. Dan tujuan perjalanan kamu adalah menguasai bahasa. Dengan memiliki sebuah peta di tangan mu, kamu akan lebih mudah mencari jalan dan menentukan jalan mana yang akan ditempuh untuk menuju tujuan akhir perjalanan kamu, yaitu menguasai bahasa Inggris.

Akhir kata dari saya, apakah sobat berkeinginan mempelajari tata bahasa Inggris? Semuanya kembali bergantung dari kebutuhan sobat. Apakah hanya sekedar ingin piawai berbicara bahasa Inggris dan menulis dalam bahasa Inggris? Atau ingin terjun dan mendalami seluk beluk bahasa Inggris? Tentunya, hanya sobat yang dapat menjawabnya karena hanya kamu yang mengerti kebutuhan kamu.

Demikianlah, sekilas pandang berkenaan dengan seputar tata bahasa Inggris. Semoga menjawab rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa dengan artikel lainnya.


Referensi

What is grammar? https://www.englishclub.com/grammar/what.htm (Accessed 2017-02-23)
English grammar Introduction. http://www.whitesmoke.com/english-grammar (Accessed 2017-02-23)


0 Response to "Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Memutuskan Belajar Grammar?"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel