Perbedaan Mendasar antara Wear dan Put on yang Perlu Diketahui


Sebelumnya saya pernah mengupas Perbedaan Mendasar Use dan Wear, pada kali kesempatan ini, saya akan mengupas apa perbedaan mendasar antara wear dan put on. Apakah sobat langit biru pernah menggunakan kata wear atau frasa put on dalam kalimat bahasa Inggris?


Meskipun baik itu kata wear maupun frasa put on memiliki arti lebih dari satu arti, saya hanya akan menyoroti perbedaan mendasar antara wear dan put on, terutama yang berkaitan dengan perbedaan penggunaan keduanya dalam konteks kalimat bahasa Inggris.

Sebagai permulaan, mari kita lihat dua kalimat bahasa Inggris di bawah ini!

He is wearing his shoes.
He is putting on his shoes.

Dua kalimat tersebut di atas apabila kita menerjemahkan menggunakan kamus Inggris -Indonesia, maka kita akan mendapati;


Pengertian

He is wearing his shoes bila dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia akan berbunyi Dia sedang mengenakan sepatunya. Sedangkan He is putting on his shoes bila diterjemahkan dalam bahasa juga berarti Dia sedang mengenakan sepatunya.

Beda Wear dan Put on
Beda Wear dan Put on - langitbirukata.com

Seperti yang sobat lihat, kedua kalimat tersebut sama-sama memiliki arti yang sama. Kata wear dan frasa put on memiliki padanan bahasa Indonesia yang kurang lebih sama, yaitu mengenakan.

Nah, jadi bingung, kan? Hal tersebut di atas wajar terjadi karena ketika kita mencoba menerjemahkan kata-kata bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya, kita lebih sering mengandalkan kamus dua bahasa, yakni kamus Inggris-Indonesia ataupun kamus Indonesia-Inggris. Oleh sebab itu, hal tersebut di atas sering terjadi.

Sekarang,  kita mencoba membandingkannya dengan menggunakan kamus satu bahasa, yakni kamus Inggris-Inggris. Berikut definisi wear dan put on.

Wear

To have clothing, jewellery, shoes, make up etc. on our body
Mengenakan pakaian, perhiasan, sepatu, riasan wajah dan lainnya pada badan kita

Kata wear disini termasuk kata kerja, jadi kita menggunakan wear sebagai predikat dalam kalimat kita.

Put on

To cover part of the body with clothes, shoes, make-up, or something similar
Menutupi bagian badan dengan pakaian,  perhiasan, sepatu, riasan wajah dan hal serupa lainnya.

Frasa put on bisa juga dikatakan Frasa verbal sama halnya seperti kata kerja, kita menggunakan frasa ini sebagai predikat dalam kalimat kita.


Kesimpulan

Dari keterangan di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa:

Kata wear memiliki makna suatu kegiatan mengenakan pakaian, perhiasan, sepatu,  riasan wajah dan hal serupa lainnya pada badan kita, dimana pakaian, perhiasan dan lainya sudah melekat pada badan.

Sedangkan,

Frasa put on mempunyai makna suatu kegiatan mengenakan pakaian perhiasan, sepatu, riasan wajah dan hal serupa lainnya. Dari belum dikenakan, kemudian mengenakannya hingga pakaian tersebut seluruh bagian melekat di badan kita.


Secara singkat, frasa put on adalah sebuah kegiatan dari mulai mengenakan sesuatu hingga selasai dikenakan, sedangkan wear adalah kegiatan setelah sesuatu itu dikenakan dibadan kita.

Atau lebih ringkas lagi, kita menggunakan put on saat sedang mengenakan sesuatu. Setelah selesai dikenakan kita menggunakan kata wear untuk mengungkapkan apa yang telah dikenakan.

Misalnya,

He is in his room putting on his suit once he is done we can see he is wearing suit.
Dia ada di kamarnya sedang mengenakan setelan begitu dia selesai kita bisa melihatnya sudah mengenakan setelan.

Lebih rinci, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Merujuk pada kalimat di atas, makna dari put on his suit adalah kegiatan dari mulai mengenakan celana panjang, selang itu, mengenakan kemeja kemudian mengancingkannya, kemudian mengenakan jas dan terakhir mengenakan dasi dan merapikannya di depan cermin.

Setelah seluruh perangkat setelan melekat sepenuhnya di badan, ini yang kita sebut wear suit. Kegiatan wear berlangsung sejak pakaian tersebut melekat di badan hingga akhirnya kita melepaskannya.

Sudah jelas, kan? Mungkin masih ada keraguan dibenak sobat? Hampir tiba di penghujung catatan ini, saya ucapkan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Eh, belum selasai! Nah, untuk melengkapi catatan ini dan juga menjawab rasa ingin tahu sobat, saya akhiri dengan beberapa contoh penggunaan wear dan put on dalam kalimat bahasa Inggris. Silakan di simak dan bandingkan penggunaan keduanya!

"Put on your shoes, we are going to visit your uncle," told his father.
"Kenakan sepatu mu, kita akan mengujungi paman mu," kata ayahnya

It’s starting to rain outside, I’m going to put on my rain coat.
Diluar tampaknya mulai turun hujan, aku akan mengenakan jas hujan ku.

After they put on their jerseys and then went to the football field.
Setelah mereka mengenakan kaus jersi mereka dan lalu pergi ke lapangan sepakbola.

Do you wear jeans when hanging out with your friends?
Apakah kamu mengenakan jins ketika nongkrong bareng teman-teman mu?

Every student has to wear their uniform to school.
Setiap murid wajib mengenakan seragam di sekolah.

Most brides wear a white dress on their wedding day and most grooms wear a tuxedo.
Kebanyakan pengantin wanita mengenakan gaun putih dan pengantin pria mengenakan tuksedo.

Contoh penggunaan wear dan put on pada kalimat mengakhiri catatan kita kali ini. Sampai di sini dulu sobat. Sampai berjumpa kembali dengan artikel lainnya.


Referensi:

Wear, Put on. http://dictionary.cambridge.org/dictionary/ (accessed 2017-03-08)


0 Response to "Perbedaan Mendasar antara Wear dan Put on yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel