Tahukah Kamu Kalau Sebenarnya Vacant dan Empty Tidak Sama?


Pernahkah sobat menemukan kata vacant ataupun empty ketika kamu sedang berada di suatu tempat atau sobat pernah melihatnya di sebuah benda? Pastinya pernah, kan? Itu sebabnya sobat terdampar di laman ini dan membaca artikel ini.


Kenapa sih kita perlu mengerti perbedaan antara vacant dan empty? Karena apabila salah menempatkannya, maka kesalahan tersebut akan menyebabkan terjadi pergeseran makna. Pada gilirannya, lawan bicara akan bingung dan tidak mengerti apa yang kita maksudkan.

Dimanakah biasanya kita temukan dua kata tersebut?

Biasanya kata vacant bisa sobat temukan pada hampir semua pintu toilet umum, memang tidak semuanya sih tapi kebanyakan, sedangkan kata empty bisa sobat temukan pada indikator bahan bakar di sepeda motor ataupun mobil dengan huruf inisialnya saja, yaitu E.-inisial dari kata empty.


Mari kita mencoba mencari tahu apa arti kedua kata ini. Apakah artinya sama? Ataukah artinya berbeda? Kalau kedua kata tersebut memiliki arti yang sama, berarti mungkin penggunaan kedua kata tersebut juga sama. Bagaimana dengan makna kedua kata ini? Berbedakah? atau samakah?

Kita langsung saja membuka kamusnya untuk menelusuri perbedaan antara kedua kata ini.
Perbdeaan Vacant dan Empty
Perbdeaan Vacant dan Empty - langitbirukata.com

Kamus Inggris-Indonesia

Pada dasarnya, jika sobat membuka kamus dua bahasa, Inggris-Indonesia, kedua kata ini baik itu vacant maupun empty memiliki padanan bahasa Indonesia yang sama. Dengan kata lain, vacant dapat berarti kosong. Demikian pula empty bisa diartikan kosong. Jadi kedua kata tersebut memiliki arti yang sama.

Eit, tapi tunggu dulu sobat! Meskipun kedua kata tersebut sama-sama mempunyai arti kosong, arti kosong yang dimaksud disini sebenarnya berbeda antara vacant ataupun empty. Di kamus dua bahasa, kita tidak melihat perbedaan antara kedua kata tersebut.

Lantas, apa sih sebenarnya yang membedakan antara kedua kata ini? Mari kita bandingkan dengan membuka kamus satu bahasa berikut ini.


Kamus Inggris -Inggris

Mungkin sobat masih bingung dengan perbedaan antara dua kata ini. Kenapa kedua kata ini berbeda penggunaannya?

Mari, kita lihat definisi kedua kata tersebut dengan kamus Inggris -Inggris,

Vacant
not filled or occupied; available to be used:
Tidak terisi atau tidak dipakai (orang); siap digunakan.


Empty
not containing any things or people:
Tidak berisi benda atau tidak digunakan (dihuni) orang.


Perbedaan

Dari definisi berdasarkan kamus Inggris-Inggris, kita dapat menarik kesimpulan bahwa:

Vacant artinya kosong (tidak sedang digunakan orang).

Empty artinya kosong (tidak diisi benda, barang atau sesuatu lainnya dan tidak pula ada orangnya).

Semisal, kita bisa melihat perbedaan makna kedua kata tersebut pada dua kalimat berikut.

The room is vacant.
Ruangannya kosong.

Kalimat di atas bermakna tak seorangpun ada di ruangan tersebut.

The room is empty.
Ruangannya kosong.

Kalimat di atas bermakna tak seorangpun ada di ruangan tersebut dan atau tak ada benda, barang atau sesuatu lainnya di ruangan tersebut.

Meskipun kata vacant  dan empty berbeda dalam maknanya, terkadang kata empty dapat digunakan untuk menggantikan kata vacant dengan arti yang sama untuk konteks tertentu.

Misalnya A seat can be empty atau bisa juga kita tuliskan A seat can be vacant. Akan tetapi biasanya terdengar aneh apabila kita menggunakan kata vacant untuk menggantikan kata empty karena seperti yang diutarakan sebelumnya. Vacant merujuk hanya pada tidak adanya orang, sedangkan empty merujuk tidak hanya tidak adanya orang, tapi juga tidak adanya benda, barang atau sesuatu lainnya.

Masih bingung sobat?

Kadang untuk memudahkah memahami perbedaan keduanya dengan melihat pasangan dari kedua kata tersebut. Sobat bisa sering membaca artikel atau menonton film di mana biasanya kedua kata tersebut berpasangan dengan kata benda apa saja.

Misalnya.

Kata empty biasanya berpasangan dengan wadah (container) .

The bag is empty .
Tasnya kosong.

The glass is empty .
gelasnya kosong.

The bottle is empty.
botolnya kosong.

The suitcase is empty.
Kopernya kosong.

The jar is empty.
Toplesnya kosong.

Kata empty diatas memiliki makna tidak ada apapun di dalam wadah tersebut dan sedang tidak digunakan.

Kata vacant biasanya berpasangan dengan bangunan (building).

The hotel rooms are vacant.
Kamar hotelnya kosong.

The apartment is vacant.
Apartemennya kosong

The house is vacant.
Rumahnya kosong.

The motel is vacant.
Motelnya kosong.

The theater is vacant.
Teaternya kosong.

Kata vacant di atas mempunyai makna bahwa ruangan atau bangunan kosong dan siap digunakan.

Meskipun ruangan atau bangunan biasanya berpasangan dengan kata vacant, terkadang kata empty bisa juga digunakan berpasangan dengan ruangan atau bangunan tersebut di atas. Dan tentu saja maknanya berbeda.

Pendeknya, perbedaan mendasar antara vacant dan empty yaitu ada tidaknya benda atau barang di dalamnya. Jika kosong sedang tidak digunakan, maka empty adalah kata yang tepat. Sedangkan, apabila kosong dan siap untuk digunakan, maka kata yang tepat adalah vacant.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca artikel ini. Semoga bisa menjawab rasa ingin tahu sobat. Sampai berjumpa kembali di artikel lainnya.


0 Response to "Tahukah Kamu Kalau Sebenarnya Vacant dan Empty Tidak Sama?"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel