11 Situasi Penggunaan Kata Sandang The yang Sayang Kalau Kamu Lewatkan


Kata the merupakan kata yang paling sering kita temukan ketika kita membaca kalimat-kalimat bahasa Inggris ataupun mendengarkan ujaran-ujaran bahasa Inggris. Sebenarnya, kalau sobat sedikit penasaran, apakah ada padanan kata bahasa Indonesia untuk mewakili kata the? Jawabannya ada. Hanya saja memang tidak benar-benar mewakili kata the. Untuk penjelasan yang satu ini, sobat bersabar barang sebentar, ya! Penjelasan mengenai padanan bahasa Indonesia ini  dapat sobat baca setelah beberapa catatan berikut ini.


Memang harus diakui bahwa untuk memahami dan mengerti cara menggunakan kata the dalam sebuah konteks kalimat bukanlah perkara mudah, tapi juga bisa kita katakan tidak sesukar yang kita duga. Agar mengerti bagaimana cara menggunakan kata sandang the dalam bahasa Inggris, kita perlu mengetahui fungsinya secara umum serta membutuhkan sedikit kecermatan dan sedikit menghafal.

Sekedar menyegar ingatan kita kembali seperti yang pernah saya jelaskan dalam Perbedaan a, an dan the, ketiga kata ini merupakan salah satu dari jenis-jenis kata bahasa Inggris (part of speech) yang biasanya sering disebut guru bahasa Inggris kita dengan sebutan article atau dalam bahasa Indonesia disebut kata sandang.

Di dalam artikel tersebut disebutkan pula kata sandang dalam bahasa Inggris terbagi atas dua yaitu:

definite article (the)
indefinite article (a dan an)

Dan masih dalam artikel yang sama seperti yang sudah dijelaskan, perbedaan mendasar antara a, an dan the adalah:

Secara ringkas, a dan an digunakan untuk mendeskripsikan kata yang diikutinya dan mempunyai makna yang bersifat umum, sedangkan kata the digunakan untuk menjelaskan bahwa kata setelah the memiliki makna spesifik.

Penggunaan Kata Sandang
Penggunaan Kata Sandang The - langitbirukata.com

Lantaran ini kali, kita hanya mengupas, dan menguliti, kata sandang the, maka kita lupakan sejenak kenangan kita tentang a dan an agar kita bisa lebih berkonsentrasi membicarakan hal seputar the.


Pergertian

Seperti yang saya janjikan pada paragraf awal tentang apakah ada padanan kata sandang the dalam bahasa Indonesia berikut ini.

Sebuah kata sandang the dalam bahasa Indonesia dapat kita ungkapkan dengan berbagai kata diantaranya, ini, -nya, atau tersebut atau juga bisa di artikan si...atau sang ..., atau bisa saja tidak diartikan sama sekali.

misalnya,

I need the book.
Aku membutuhkan bukunya.

The buku belongs to Andrew.
Buku itu milik Andrew.

He is the hero.
Dia sang pahlawan.

Meteorites often burns up in the atmosphere when they reach the earth.
Meteor pada umumnya terbakar habis di atmosfir sebelum meteor tersebut mencapai bumi.


Fungsi

Seperti yang terlihat pada beberapa contoh kalimat di atas, the berfungsi sama seperti kata sifat, yaitu untuk mendeskripsikan atau memodifikasi kata yang diikutinya, misalnya dari contoh kalimat di atas yaitu the book.

Sebagai ilustrasi, saya berikan penggambaran seperti berikut.

Misalnya diatas sebuah meja terdapat sepuluh buku dengn ukuran sama, warna yang sama, merek yang sama, sampul yang sama dan ketebalan yang sama juga. Tapi ada buku yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Buku itu tertulis nama kamu pada sampulnya.

Ketika kamu mengatakan I have a book. Orang yang mendengarnya belum bisa membayangkan buku yang mana. Yang dia lihat adalah sepuluh buku di atas meja.

Tapi ketika kamu mengatakan There is my name written on the book. Orang yang mendengarnya langsung tahu dan matanya akan melirik buku yang sampulnya tertulis namamu.


Meski sudah memahami pengertian kata sandang the,  jenis-jenis kata sandang dan fungsi dari kata the akan menjadi percuma dan tidak berguna jika kita tidak tahu bagaimana cara menggunakannya dalam sebuah kalimat dan ujaran kita. Oleh karena itu, kita melangkah pada bagian penggunaan kata the dalam konteks kalimat bahasa Inggris.


Penggunaan

Pada umumnya, kita menggunakan kata sandang the karena merujuk pada makna yang bersifat spesifik, tertentu atau hanya ada satu. Berikut penggunaan the dalam kalimat bahasa Inggris.


1. Telah mengerti oleh lawan bicara

Kata the pada umumnya digunakan sebelum kata benda  (nomina) ketika kita meyakini bahwa pendengar, lawan bicara, atau pembaca mengerti benar dengan apa yang kita maksudkan.

Misalnya, tadi pagi kamu meminjam buku teman kamu. Kemudian malam ini teman kamu datang ke rumahmu. Setibanya dirumah kamu dia lalu menanyakan :

Bisakah aku meminta kembali bukunya?

Apa maksud  kata bukunya dari pertanyaan di atas? Pastinya, sobat mengerti kata bukunya merujuk buku yang mana. Bukunya merujuk pada buku yang dipinjam tadi pagi.

Maka untuk penggunaan akhiran -nya pada pertanyaan di atas, kita dapat menggunakan the untuk mengungkapkannya dalam bahasa Inggris. Apabila pertanyaan di atas kita tuliskan dalam bahasa Inggris, maka pertanyaannya akan menjadi seperti berikut.

Can I have the book back, please?

Contoh penggunaan lainnya sebagaimana berikut ini.

She doesn't want to talk to the man.
Dia tidak ingin berbicara dengan pria tersebut.

Your wallet is on the table.
Dompet kamu ada di atas meja.

The toilet is over there in the corner.
Toiletnya ada di pojok sebelah sana.


2. Telah disebutkan Sebelumnya
Masih senada denga penggunaan kata the sebelumnya, kita menggunakan kata sandang ini ketika kata benda tersebut telah kita sebutkan sebelumnya, kemudian kita menyebutkannya lagi sehingga pembaca ataupun pendengar mengerti apa yang kita maksudkan.

I just bought a new shirt. The shirt is similar to the one you are wearing now.
Aku baru saja membeli sebuah kemeja. Kemejanya mirip dengan yang kamu kenakan sekarang.

This morning, my brother helped a dog. The dog got serious injury on one of its legs. 
Pagi ini, adikku menolong seekor anjing. Anjing tersebut luka parah pada salah satu kakinya.

A woman who fell 10 meters from High Peak was lifted to safety by a helicopter.The woman fell while climbing.
Seorang wanita yang jatuh dari puncak tertinggi  dengan ketinggian 10 meter diselamatkan dengan sebuah helikopter. Wanita itu terjatuh saat sedang mendaki.


3. Hanya satu-satunya
Selain digunakan karena memang kata benda tersebut di ketahui atau dimengerti oleh lawan bicara, kita juga dapat menggunakan kata sandang the ketika kata benda tersebut hanya ada satu-satunya.

Sobat dan saya tahu bahwa kata-kata seperti bulan, matahari, langit, bumi dan lainnya hanya ada satu. Ketika ada yang bertanya bulan, matahari, langit, bumi yang mana yang dimaksud. Tentunya, kita semua tahu bulan yang di langit, matahari yang di langit, langit yang di atas, dan bumi yang kita pijak.

Misalnya,

The sky is not always blue.
Langit tidak selalu berwarna biru.

The moon is very bright tonight.
Bulan bersinar sangat terang malam ini.

The sun rises in the east and sets in the west.
Matahari terbit disebelah timur dan terbenam disebelah barat.


4. Bentuk superlatif
Kita mungkin sudah sering mendengar ungkapan seperti It's the best, tapi tidak penah mendengar ungkapan it's best. Jadi bisa kita katakan bahwa kata best selalu didahului oleh kata sandang the.

Berikutnya setelah dua penggunaan the sebelumnya, bentuk superlatif dari kata sifat (adjektiva ) pada umumnya menggunakan kata sandang the. Dalam bahasa Indonesia, bentuk superlatif menunjukkan sesuatu yang ter- atau paling, misalnya terpandai atau paling pandai, tertinggi atau paling tinggi.

Alasan kenapa kita menggunakan kata the sebelum bentuk superlatif  kata sifat (adjektiva ) adalah lantaran hanya ada satu di tempat itu dan disekitarnya.

Agar lebih jelas, mari kita lihat contohnya dalam beberapa kalimat berikut.

Misalnya,

He is the smartest  student in the class.
Dia murid yang paling pandai di kelas.

My sister is the tallest of all.
Kakakku adalah yang paling tinggi dari semuanya.

It is the oldest building in the town.
Ini adalah gedung tertua di kota (ini).


5. Sebelum nama-nama tertentu
Pada umumnya, kata sandang the tidak melekat pada nama-nama negara, tempat georafis, hotel, restoran dan nama-nama lainnya. Namun, ternyata terdapat nama-nama tertentu, artinya tidak semuanya, yang mengandung kata the. Untuk menggunakan the sebelum nama-nama tersebut, kita dapat mencermati ciri-cirinya, tapi memang ada yang memang dihafalkan. Kita tidak perlu menghafalkan semuanya, saya sendiri tidak hafal semuanya, cukup menghafalkan nama-nama yang terkenal saja.


Nama-nama negara tertentu
Nama-nama negara di dunia pada umumnya tidak di awali kata the di depan nama negara tersebut misalnya, Australia,  Canada, Germany, France, Italy, termasuk negara tercinta kita Indonesia dan beberapa nama negara lainnya. Akan tetapi ada beberapa nama negara tertentu yang di awali kata the.

Nama-nama negara yang mengandung kata seperti kingdom, states atau republic, biasanya kata the mengawali nama-nama negara tersebut.

Misalnya,

the United Kingdom,
the Kingdom of Nepal,
the United States,
the People’s Republic of China.
the Dominican Republic.


Nama-nama negara yang memiliki bentuk jamak atau berakhiran s. Biasanya kata the mengawali nama-nama negara tersebut.

Misalnya

the Bahamas
the Netherlands
the Philippines


Nama-nama tempat geografis 

Nama-nama tertentu seperti pegunungan, kepulauan, sungai, danau, laut, lautan, teluk, kanal, gurun, Biasanya kata the mengawali nama-nama tempat  geografis tersebut.

Misalnya

the Rocky Mountains
the Himalayas
the Canaries
the Atlantic
the Atlantic Ocean
the Great Lakes
the Finger Lakes
the Amazon
the Missippi
the Gulf of Mexico
the Persian Gulf
the Panama Canal
the Suez Canal
the Sahara


Nama-nama media cetak

Beberapa nama koran biasanya tidak menggunakan kata the pada namanya, tapi ada sebagian yang menggunakan the di awal nama media cetak tersebut, Biasanya kata the mengawali nama-nama tmedia cetak tersebut.

Misalnya

The Times
The Washington Post


Nama-nama gedung terkenal
Beberapa nama gedung pada umumnya tidak menggunakan kata sandang the namanya, tapi ada sebagian gedung terkenal yang menggunakan the di awal nama gedung tersebut, Biasanya kata the mengawali nama-nama gedung tersebut diantaranya:

Misalnya,

the Empire State Building; 
the Taj Mahal


Nama-nama keluarga
Apabila kata the mengawali nama dan berbentuk jamak atau berrakhiran s. ini menandakan sebuah nama keluarga. tersebut diantaranya:

the Obamas
the Jacksons
the Birus (nama keluarga saya, hanya untuk contoh)


6. Sebelum kata-kata tertentu
Namanya juga sebelum kata tertentu artinya tidak semuanya. Selain yang telah disebutkan di atas, kata the biasanya digunakan sebelum kata-kata seperti most, last, same and only, serta kata yang menunjukkan bilangan bertingkat. Untuk mengerti penggunaannya, mari kita lihat contohnya dalam kalimat.

Gunakan the apabila kata only bermakna satu-satunya

Lisa is the only child in her family.
Lisa adalah anak semata wayang di keluarganya.

The only reason I stay here is because I wan to look after my father.
Satu-satunya alasan aku tinggal di sini karena aku ingin merawat ayahku.


Jangan gunakan the sebelum kata only apabila berarti hanya seperti berikut.

I have the only one pencil
Aku punya hanya satu pencil.


Jangan lupa menggunakan kata sandang the sebelum kata same seperti berikut.

My brother dan I share the same bedroom.
Adikku dan aku berbagi  kamar tidur yang sama.

I have the same idea as yours.
Aku mempunyai gagasan yang sama dengan kamu.

Jangan lupa menggunakan kata sandang the sebelum kata next seperti berikut.

The next thing to do is simply press enter.
Berikutnya yang perlu dilakukan adalah tekan tombol enter.

The next turn is you.
Giliran berikutnya adalah kamu.


Gunakan the apabila kata last bermakna terakhir.

Today is the last day we can see each other.
Hari ini adalah hari terakhir kita dapat bertatap muka.

Jangan gunakan the sebelum kata last apabila berarti tadi, lalu seperti berikut.

My family went out. So, I was home alone the last night.
Keluargaku pergi keluar. Jadi aku di rumah sendirian tadi malam.

Gunakan the sebelum kata-kata yang menunjukkan bilangan bertingkat.

This page is the first chapter of my novel.
Halaman ini adalah bab pertama dari novel saya.


Sebelum kita melanjutkan pada pembahasan sebelumnya, disebutkan bahwa kita menggunakan kata sandang the karena merujuk pada makna yang bersifat spesifik, tertentu atau hanya ada satu, tapi pembahasan berikut menunjukkan bahwa kata sandang the bisa pula menunjukan yang bersifat umum atau kebanyakan dengan kondisi tertentu.


7. Menunjuk pada kebanyakan
Sebuah kata benda tunggal apabila didahului oleh kata sandang the memiliki makna kebanyakan atau pada umumnya. Dalam hal ini, kata benda tunggal tersebut menyiratkan makna jamak, artinya sekumpulan dari, misalnya,

The wolf sama seperti wolves
The kangaroo sama seperti kangaroos
The heart sama seperti hearts

Contoh penggunaannya dalam kalimat.

The wolf is not really a dangerous animal.
(Pada umumnya) serigala bukan binatang yang berbahaya.

The kangaroo is found only in Australia.
(Kebanyakan) kangguru ditemukan hanya dinegara  Australia.

The heart pumps blood around the body.
(Pada umumnya) jantung memompa darah ke seluruh tubuh.


8. Sebelum alat musik
Apabila kata sandang the mengawali sebuah kata yang menunjukkan instrumen musik, maka maknanya termodifikasi menjadi bersifat umum.

Misalnya

Joe plays the piano really well.
Joe sangat mahir bermain (semua) piano.

She is learning the guitar.
Dia sedang belajar memainkan (apapun) gitar (nya)


9. Merujuk sebuah system atau layanan
Apabila kata sandang the mengawali sebuah kata yang menunjukkan alat transportasi, alat komunikasi, dan sejenis, maka maknanya termodifikasi dan merujuk pada sistemnya atau layanannya.

Misalnya,

How long does it take on the train?
Berapa lama waktu yang dibutuhkan bila naik kereta?

I heard it on the radio.
Aku mendengarnya dari radio.

You should tell the police.
Kamu sebaiknya melaporkannya ke polisi.


10. Sebelum Kata Sifat
Seperti yang kita ketahui, pada umumnya kata the biasanya dituliskan sebelum kata benda, tapi kadangkala the dapat digunakan sebelum kata sifat. Apabila sebuah kata sandang the melekat pada sebuah kata sifat, maka kedua kata tersebut, the dan kata sifat tersebut, merujuk pada sekumpulan orang. Kata-kata sifat yang digunakan misalnya, rich, poor, elderly, unemployed, dear dan lainnya.

Contoh penggunaan dalam kalimat berikut ini.

Life can be very hard for the poor.
Hidup bisa sangat berat untuk kaum miskin.

I think the rich should pay more taxes.
Ku pikir orang kaya seharusnya membayar pajak lebih.

She works for a group to help the elderly.
Dia bekerja untuk membantu para lansia.


11. Merujuk nama orang atau warga negara
Kita sering menemukan satu kata bahasa Inggris tapi memiliki arti lebih dari satu, misalnya kata Indonesian dapat berarti warga negara Indonesia dan dapat pula memilki arti bahasa Indonesia. Untuk membedakan di antara keduanya, kita menggunakan kata the untuk menyiratkan arti orang atau warga negara

Misalnya,

The Javanese know that Javanese could be not easy to learn for foreigners.
Orang Jawa tahu bahwa bahasa Jawa mungkin tidak mudah dipelajari bagi pendatang.

The English speak English. So do the American.
Orang Inggris berbicara dalam bahasa Inggris. Demikian pula orang Amerika.


Sebenarnya masih ada lagi yang lainnya kondisi penggunaan kata sandang the. Mungkin kesempatan lain saya akan memperbaharuinya. Atau kalau sobat ingin menambahkan, silakan menuliskannya dalam komentar di bawah ini.

Demikian Catatan langit biru kali ini mengenai seputar kata sandang atau article the. Semoga dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Terima kasih sudah mampir dan berkunjung dan juga telah meluang waktu sobat untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa dengan artikel lainnya.


0 Response to "11 Situasi Penggunaan Kata Sandang The yang Sayang Kalau Kamu Lewatkan"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel