Penggunaan Tanggal, Bulan, Tahun dalam Bahasa Inggris yang Perlu Dicermati


Ketika kita berbicara hari-hari besar nasional seperti hari kemerdekaan, hari raya keagamaan, hari peringatan dan hari besar lainnya, atau hari kegiatan terjadwal seperti jadwal kegiatan kerja, jadwal kalender sekolah, jadwal kuliah, dan lain sebagainya atau hari-hari yang bersejarah dalam hidup kita seperti hari ulang tahun, hari wisuda, hari pernikahan dan hari-hari penting yang mengukir indah sejarah hidup kita, kita tentu saja tidak akan luput dari yang namanya tanggal, bulan dan tahun.


Pastinya, kita sudah mengetahui tanggal, nama-nama 12 bulan dalam bahasa Indonesia. Bagaimanakah cara menuliskan, mengucapkan, ataupun menuturkan tanggal, bulan dan tahun dalam bahasa Inggris?

Kita tahu bahwa bahasa Inggrisnya tanggal adalah date. Sekedar tambahan inforamasi, tahukah sobat bahwa kata datetidak hanya berarti tanggal, tapi juga memiliki arti lainnya yaitu:

Date berarti kencan, sebuah pertemuan yang direncanakan antara seorang pria dan seorang wanita di suatu tempat, entah itu di kafe, di bioskop, di restoran, di taman atau di tempat lainnya.

Selain itu, date juga berarti buah kurma, buah yang bercita rasa manis yang pada umumnya tumbuh di daerah negara timur tengah, biasanya menjadi kosumsi umat islam dalam bulan puasa.

Selanjutnya, kita akan membicarakan bagaimanakah pengucapan kata bulan dan tahun dalam bahasa Inggris. Bulan kalender dalam bahasa Inggris adalah month. Pengucapan kata moon yaitu /mʌnθ/. Simbol bunyi ini saya sederhana kan menjadi /manth/. Jadi huruf o pada kata month dibaca seperti huruf a. Bedakan pengucapannya dengan kata bulan di langit, yang bahasa Inggrisnya yaitu moon. Kata moon dilafalkan /mu:n/. Jadi dua huruf oo pada kata moon dibaca seperti huruf u.

Sedangkan tahun dalam bahasa Inggris yaitu year. Orang Inggris melafalkan kata year adalah /jɪər/, lebih sederhananya saya tuliskan /yier/. Sedangkan, orang Amerika membacanya /jɪr/, lebih mudahnya dibaca /yir/.

Berikut ini, kita akan mengupas bagaimana cara penulisan dan pengucapan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris.

Penggunaan Hari, Bulan, Tahun Bahasa Inggris
Penggunaan Hari, Bulan, Tahun Bahasa Inggris  - langitbirukata.com

Simak tabel berikut nama-nama Bulan Bahasa Inggris. Bandingkan penulisan antara bulan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan bagaimana pengucapannya.

Nama-Nama Bulan

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Pengucapan



Januari
January
/ˈdʒæn.ju.er.i/
Februari
February
/ˈfeb.ruː.er.i/
Maret
March
/mɑːrtʃ/
April
April
/ˈeɪ.prəl/
Mei
May
/meɪ/
Juni
June
/dʒuːn/
Juli
July
dʒʊˈlaɪ
Agustus
August
/ˈɑː.ɡəst/
September
September
/sepˈtem.bɚ/
Oktober
October
/ɑːkˈtoʊ.bɚ/
Nopember
November
/nəʊˈvem.bər/
Desember
December
/dɪˈsem.bɚ/

Seperti yang sobat lihat pada tabel di atas, semua nama bulan dalam bahasa Inggris dituliskan dengan huruf besar pada huruf awal nama bulan tersebut. Penjelasan terperinci, dapat sobat baca dalam catatan di bawah ini.

Agar lebih mengerti penggunaan nama-nama bulan, sobat dapat amati dari beberapa contoh kalimat berikut.

Her father died in January.
Ayahnya meninggal pada bulan Januari.

Construction is expected to start in February.
Pembangunan diharapkan mulai pada bulan Februari.

The next meeting will be in March.
Pertemuan berikutnya akan diadakan pada bulan Maret.

We came back in April.
Kami kembali pada bulan April.

They got married on 12 May.
Mereka menikah pada tanggal 12 Mei.

His birthday is in June.
Ulang tahunnya pada tanggal 21 Juni.

The film festival is in July.
Festival film diselenggarakan pada bulan Juli.

They usually go to their holiday home in August.
Mereka bisanya pulang kampung pada bulan Agustus.


School starts in September.
Sekolah dimulai pada bulan September.

Hallowe'en is in October.
Halloween dirayakan pada bulan Oktober.

The next meeting is in November.
Pertemuan berikutnya diadakan pada bulanNopember.

The factory opened last November.
Pabriknya telah buka bulan Nopember lalu.

We went to Mexico in December.
Kami bepergian ke Meksiko pada bulan Desember.


Seperti yang terlihat pada contoh penggunaan nama bulan dalam kalimat, kata depan yang mengikuti nama-nama bulan adalah in bukan at dan bukan pula on. Perbedaan cara mengucapkan antara ala orang Inggris dan ala orang Amerika terutama pada bulan berakhiran -ber seperti October, November dan December adalah orang Inggris cenderung mengucapkan /r/ sedangkan orang Amerika tidak melafalkannya.

Sekarang, kita beralih pada pembahasan bagaimanakah cara menuliskan,  mengujarkan, menanyakan tanggal dalam bahasa Inggris.

Tanggal

Penulisan tanggal di berbagai negara, termasuk Indonesia, mempunyai cara berbeda antara satu dengan lainnya. Oleh karena itu, kita perlu mencermati dan mengetahui dengan siapa kita menulis atau menuturkan tanggal tersebut.

Di negara berbahasa Inggris seperti di negara Inggris dan negara Amerika, penulisan Tanggal Bahasa Inggris menurut kedua negara tersebut pada dasarnya sama, tapi terdapat sedikit perbedaan dengan urutan penulisan tanggal.


Penulisan tanggal ala Inggris
Penulisan yang paling umum dalam bahasa Inggris ala negara Inggris, sama seperti penulisan tanggal di Indonesia yaitu pertama menuliskan tanggal lebih dahulu, kemudian bulan (ditulis huruf besar pada inisial nama bulan), lalu diikuti tahun. Ringkasnya, tuliskan tanggal, bulan kemudian tahun.

Misalnya,

21 January 1995
14 November 2017


Penulisan tanggal ala Amerika
Dalam penulisan tanggal menurut bahasa Inggrisnya Amerika, penulisan tanggal diawali dengan menuliskan bulan lebih dahulu (ditulis huruf besar pada huruf awal nama bulan), kemudian tanggal dan diakhiri dengan menuliskan tahun.

Misalnya

January 21, 1995
November 14, 2017


La;u, bagaimanakah cara menanyakan tanggal dalam bahasa Inggris?

What's the date (today)?
Tanggal berapa hari ini?

What date is it?
Tanggal berapa  (sekarang)?

What's today's date?
Tanggal berapakah hari ini?

Dalam menuliskan tanggal dalam bahasa Inggris, Kita dapat menuliskannya dengan baik itu angka biasa atau bilangan bertingkat, tapi biasanya para penutur mengatakan tanggal cenderung dengan bilangan bertingkat dibandingkan bilangan biasa.

Misalnya,

Penulisan tanggalnya dengan bilangan bertingkat.
It’s 21st July.

Maka kita mengujarkannya seperti berikut.
It's the twenty first of July.

Atau penulisan tanggalnya dengan bilangan bertingkat, tapi ala Amerika seperti berikut.
Today is July 21st

Maka kita mengujarkannya
Today is July the twenty first.


Tahun

Setelah mengupas nama-nama bulan, dan tanggal, kita sudah hampir di penghujung artikel ini. pada bagian terakhir, kita akan mengupas tahun.

Untuk penulisan Tahun Bahasa Inggris  tidak ada perbedaan yang mendasar antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.  penulisan keduanya tidak jauh berbeda. Kemudian, bagaimanakah cara mengucapkan tahun dalam bahasa Inggris?

Apabila tahunnya sebelum tahun 2000, maka cara menuturkannya dua digit awal diikuti dua digit akhir

Misalnya,

1801 diucapkan eighteen hundred and one atau eighteen oh one.

1908 diucapkan  nineteen oh eight.


Apabila tahunnya sesudah tahun 2000, maka cara menuturkannya pada umumnya semua digit atau keempat digitnya, misalnya kalau kita ibaratkan tahun dalam bahasa Indonesia,

Misalnya,

2003 diucapkan two thousand and three.

2018 diucapkan  two thousand and eighteen.

Meskipun tahun setelah 2000 sering dituturkan dengan membaca semua digit nya, tapi ada beberapa yang mengucapkannya dua digit dan dua digit.

2003 diucapkan three or twenty oh three.

2018 diucapkan  twenty, eighteen.


Demikian catatan saya mengenai tanggal, bulan dan tahun dalam bahasa Inggris. Semoga menjawab semua rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.


0 Response to "Penggunaan Tanggal, Bulan, Tahun dalam Bahasa Inggris yang Perlu Dicermati"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel