Seputar Kata Sifat dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui


Tahukah sobat suatu kalimat bahasa Inggris akan menjadi lebih spesifik, lebih menarik dan lebih berwarna apabila kita menyematkan jenis kata ini baik itu dalam tulisan ataupun ujaran kita? Jenis kata apakah itu? Ya, benar sekali. Seperti yang sobat tebak jawabannya adalah kata sifat.


Yang jelas judul artikel ini mengupas seputar kata sifat. Jadi, kita akan mengitari hal yang berhubungan dengan kata sifat.

Apa itu kata sifat dalam bahasa Inggris? Apakah yang termasuk jenis kata sifat dalam bahasa Inggris? Bagaimanakah cara kita mencermati sebuah kata sifat? Dan bagaimanakah cara menggunakannya dalam konteks kalimat bahasa Inggris?

Apakah sobat juga memiliki pertanyaan yang serupa? Atau pertanyaan lainnya seputar kata sifat?

Catatan berikut yang saya harapkan dapat menjawab beberapa pertanyaan di atas dan pertanyaan dari sobat. Silakan membaca catatan berikut ini.

Kita awali dengan catatan mengenai pengertian kata sifat.


Pengertian

Kata sifat, atau adjektiva atau dalam bahasa Inggris disebut adjective, adalah suatu kata yang mendeskripsikan atau memodifikasi kata lainnya. Dalam hal ini kata benda (noun), atau kata lain yang berfungsi layaknya kata benda, atau kata sejenisnya yang membuat sebuah tulisan atau ujaran terlihat lebih spesifik dan lebih menarik.

Mendeskripsikan disini berarti memberi penjelasan atau gambaran yang lebih spesifik pada kata lainnya, semisal kita memiliki sebuah kata benda girl (gadis). Kemudian kita jelaskan lebih detil mengenai gadis tersebut seperti apa, penggambaran gadis tersebut seperti apa, dengan menggunakan kata sifat misalnya beautiful (cantik). Jadi, apabila kita menuliskan sebuah frasa seperti:

A beautiful girl.

Maka, kita dapat dengan mudah untuk mengidentifikasi seorang gadis (a girl) yang memiliki ciri cantik (beautiful). Dibandingkan jika kita hanya menuliskan sebuah frasa seperti:

A girl.

Ringkasnya, dengan merekatkan kata sifat, beautiful, kita telah memberikan gambaran yang lebih spesifik pada sebuah kata benda, dalam hal ini kata girl.

Kata Sifat bahasa Inggris
Kata Sifat bahasa Inggris - langitbirukata.com

Mungkin, apabila sobat menyukai membaca banyak artikel yang mengupas mengenai kata sifat bahasa Inggris, kamu tentunya mendapati banyak jenis-jenis kata sifat seperti contoh di bawah ini:

A child
The child
Your child
Our children
This child
That child
These children
Those children
Ten children
Every child
Many children
Several children
Indonesian children

Kata-kata yang bercetak biru di atas sering dikatakan termasuk jenis-jenis kata sifat. Kata-kata tersebut sebenarnya telah dijelaskan dalam ragam kata-kata lainnya.

Di satu sisi, kata seperti this, that, these dan those dinamakan kata penunjuk atau dalam bahasa Inggris demonstrative determiner, tapi dalam kaitannya dengan kata sifat, kata-kata ini termasuk kata sifat, yang sering dinamakan demonstrative adjective.

Di sisi lainnya, kata this, that, these dan those ini juga termasuk jenis kata ganti atau dalam bahasa Inggris disebut demonstrative pronoun. Demikian pula dengan beberapa kata-kata bercetak biru lainnya di atas memiliki pengelompokan kata yang lebih dari satu.

Banyaknya pengelompokan jenis-jenis kata sifat seringkali menambahkan ruang kebingungan, terutama bagi para pemula pembelajar bahasa Inggris.

Sobat mungkin merasakan hal yang sama, bingung dengan banyaknya jenis-jenis kata sifat dalam bahasa Inggris. Apalagi ketika mendapati jenis kata sifat antara artikel satu dengan artikel yang lainnya terkadang pengelompokan dan penjelasannya berbeda.

Sobat tidak perlu memusingkan dengan banyaknya dan beraneka ragamnya kata sifat, kecuali sobat ingin menjadi seorang pengajar, dosen, atau ahli tata bahasa Inggris.

Yang perlu sobat lakukan dan ketahui adalah membedakan apakah sebuah kata termasuk kata sifat atau kata-kata lainnya yang berfungsi sama seperti kata sifat. Dengan kata lain, bisa jadi kata tersebut termasuk jenis kata lainnya, tapi fungsinya sama seperti kata sifat.

Bagaimana caranya agar kita tahu apakah suatu kata termasuk kata sifat atau kata yang berfungsi sama seperti kata sifat?


Caranya yaitu dengan kita memperhatikan ciri-cirinya sebagaimana yang dijelaskan dalam catatan berikut ini.

Ciri-ciri yang dijelaskan di bawah ini akan menunjukkan bahwa kalau sebuah kata tersebut merupakan sebuah kata sifat atau kata yang berfungsi seperti kata sifat. Dan yang terpenting, sobat akan dapat menggunakan kata-kata ini dengan lebih mudah.


Bentuk

Bentuk yang dimaksud disini adalah bentuk penulisan kata sifat atau kata-kata yang berfungsi sama seperti kata sifat. Kata-kata tersebut memiliki akhiran tertentu yang menunjukkan bahwa kata-kata tersebut merupakan ciri-ciri kata sifat. Berikut beberapa akhiran yang merupakan ciri-ciri kata sifat yang dapat kamu cermati:


Akhiran Tertentu

Akhiran -ful

Apabila kita menemukan sebuah kata yang memiliki akhiran -ful, huruf l nya hanya satu bukan ganda, biasanya kata tersebut merupakan kata sifat, misalnya,

colorful, beautiful, wonderful, careful, cheerful, successful


Akhiran -ent

Jika kita mendapati sebuah kata yang memiliki akhiran -ent, biasanya kata tersebut merupakan kata sifat, misalnya,

different, confident, coincident, urgent, dependent, excellent


Akhiran -ous

Sebuah kata yang memiliki akhiran -ous, pada umumnya kata tersebut merupakan kata sifat, misalnya,

dangerous,  delicious, nervous, mysterious, poisonous, obvious


Akhiran -ical

Apabila terdapat sebuah kata yang memiliki akhiran -ical, biasanya kata tersebut merupakan kata sifat, misalnya,

magical, classical, economical, historical, medical, logical


Akhiran -ive

Jika sebuah kata yang memiliki akhiran -ive, biasanya kata tersebut merupakan kata sifat, misalnya,

creative, active, selective, attractive, attentive, destructive


Akhiran -ish

Apabila kita menemukan sebuah kata yang memiliki akhiran -ish, biasanya kata tersebut merupakan kata sifat,  misalnya,

childish, reddish, selfish, foolish, outlandish, brownish

Masih banyak akhiran tertentu lainnya yang menunjukkan bahwa suatu kata termasuk jenis kata sifat yang belum saya tuliskan di sini.

Kata-kata yang berakhiran seperti tersebut di atas sering dinamakan kata sifat deskriptif atau dalam bahasa Inggris disebut descriptive adjective.


Selain kata sifat yang berakhiran tertentu seperti tersebut di atas, ada beberapa kata sifat atau atau kata-kata yang berfungsi sama seperti kata sifat lainnya. Kata-kata ini terbentuk dari jenis kata selain kata sifat yang memiliki akhiran tertentu atau bahkan jenis kata lainnya yang tidak berakhiran apapun.


Akhiran -ed dan akhiran -ing

Kata sifat jenis ini terbentuk dari sebuah kata kerja yang mendapat akhiran -ed atau akhiran -ing. Jenis kata sifat ini sering kita temukan di beberapa kalimat bahasa Inggris, baik itu lisan maupun tulisan.

Akhiran -ed pada kata sifat ini kerap kali dianggap banyak pemula pembelajar bahasa Inggris sebagai kata-kata dari past tense. Padahal, beberapa kata sifat juga memiliki akhiran -ed. Jadi, meskipun penulisannya sama seperti past tense, tidak semua kata yang berakhiran -ed itu adalah kata past tense.

Demikian pula kata sifat yang berakhiran -ing. Akhiran -ing ini sering disalah mengerti sebagai bentuk present atau past continuous. Padahal kata-kata tersebut yang berakhiran -ing juga termasuk jenis kata sifat.


Berikut contoh kata sifaf berakhiran -ed yang disandingkan dengan kata sifat berakhiran -ing karena arti kata yang satu dengan lainnya berhubungan meski sebenarnya berbeda.

bored, boring
bosan, membosankan

interested, interesting
tertarik,  menarik

amazed, amazing
kagum, mengagumkan

terrified, terrifying
takut, menakutkan

tired, tiring
lelah, melelahkan

Misalnya penggunaannya dalam beberapa kalimat seperti berikut ini.

Lisa feels bored because she has nothing to do at home.
Lisa merasa bosan karena dia tidak mengerjakan apapun di rumah.

The movies was so boring that the children fell asleep on the couch.
Filmnya sangat membosankan sehingga anak-anak tertidur di atas sofa.

A friend of mine is really interested in anything to do with computer programming.
Teman ku sangat tertarik dengan segala yang berkaitan dengan pemrograman komputer.

It is always interesting to hear what other people are saying about.
Selalu menarik mendengar apa yang dicerikan orang-orang.

Akhiran -ed yang dituliskan di atas dinamakan past participle, atau sering disebut guru bahasa Inggris kita verb ke 3. Jadi meskipun saya menuliskan di atas kata sifat yang berakhiran -ed tidak semuanya kata sifat jenis ini berakhiran seperti ini. Ada beberapa kata yang tidak berakhiran -ed merujuk pada kata kerja bentuk ke tiga, misalnya,

written test (ujian tertulis)
broken arm (lengan patah)
drunken man (pria pemabuk)
spoken language (bahasa lisan)

Sama halnya kata-kata sifat yang berakhiran -ed, kata-kata berakhiran -ing ini dinamakan present participle. Oleh karena itu kata sifat yang berakhiran -ed dan yang berakhiran -ing sering pula dinamakan participle adjective.


Kata lainnya berfungsi sebagai kata sifat

Apabila sebuah kata benda bersanding dengan kata benda lainnya, kata benda yang satu berfungsi menjelaskan, memodifikasi atau mendeskripsikan kata benda lainnya. Kata benda ini dinamakan noun adjunct atau attribute noun. Kata ini berfungsi layaknya seperti kata sifat meskipun kata ini sebenarnya bukanlah kata sifat, misalnya,

school bag (tas sekolah)

Kedua kata di atas, school dan bag, merupakan kata benda. Kata school menjelaskan kata bag. Dengan demikian, kita dapat mengatakan kata school berfungsi seperti kata sifat.

Contoh lainnya,

safety belt (sabuk pengaman)
cellular phone (telepon selular)
bus stop (perhentian bis)
book store (toko buku)
leather purse (tas kulit)
office worker (pegawai kantor)
Ice age (zaman es)

Pada beberapa frasa di atas, beberapa sumber lainnya menyebutnya compound noun. Kita jadi tambah bingung hanya lantaran beraneka ragamnya penyebutan nama. Semoga sobat tidak bingung.


Selain yang telah saya utarakan di atas, sebuah kata benda itu sendiri dapat menjelaskan, memodifikasi atau mendeskripsikan kata benda lainnya. Suatu kata benda dapat pula mendapat akhiran -ed yang berfungsi layak seperti kata sifat, misalnya,

normal-sized animal (binatang yang berukuran normal)

kata normal, kata sifat, menjelaskan kata sized, juga kata sifat, sedangkan kata sized memodifikasi atau mendesripsikan kata animal.

Contoh lainnya,

four-legged chair (kursi berkaki empat)
dark-skinned man (pria berkulit gelap)
two-headed creature (makhluk berkepala dua)
blue-eyed girl (gadis bermata biru)
high-tempered boy (bocah bertemperamen tinggi)
cold-blooded murderer (pembunuh berdarah dingin)
left-handed man (pria bertangan kidal)
open-minded people (orang-orang yang berpikiran terbuka)


Berikutnya, kita beranjak mengupas fungsi dari kata sifat.


Fungsi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya di atas, sebuah kata dapat dikatakan sebagai kata sifat atau kata yang berfungsi layaknya seperti kata sifat apabila kata tersebut memiliki fungsi yang menjelaskan atau mendeskripsikan atau memodifikasi sebuah kata benda.

Misalnya,
Beautiful child  (anak yang cantik)
Beautiful menjelaskan kata child

Dengan mengetahui dan memahami fungsi dari kata sifat, kita akan mengerti sebuah kalimat yang mengandung kata sifat dengan lebih baik.

Hal yang paling penting ketika mempelajari bahasa Inggris adalah kita dapat menggunakannya baik itu dalam bentuk tulisan maupun bentuk lisan, tidak terkecuali kata sifat. Bagaimana cara menggunakan kata sifat dalam konteks bahasa Inggris? Berikut catatan yang dapat kamu baca.


Penggunaan

Suatu kata dapat dikatakan sebagai kata sifat atau kata yang berfungsi layaknya seperti kata sifat apabila kata tersebut dalam penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris dituliskan atau dituturkan sebagaimana kondisi berikut.

Kata tersebut dituliskan atau dituturkan mendahului sebuah kata benda.

Misalnya,

Beautiful child  (anak yang cantik)
Beautiful letaknya sebelum kata child


Kata tersebut berfungsi sebagai pelengkap predikat.
Dengan kata lain, kata tersebut terletak setelah is, am, are atau was, were.

Misalnya,

She is beautiful. (Dia cantik)
Kata beautiful terletak setelah kata is.


Kata tersebut dituliskan atau dituturkan sesudah kata kerja tertentu.
Kata kerja tersebut dalam bahasa Inggris disebut sensing verb, kata kerja yang maknanya bertalian dengan panca indera, misalnya,

Seem (tampak, nampak) di mata.
look (terlihat) di mata
appear (kelihatannya, nampak ) di mata
sound (terdengar,  kedengarannya) di telinga
smell (baunya, terendus)di hidung.
taste (rasanya ) di lidah
feel (terasa, merasa) di jari dan pada  perasaan

Misalnya penggunaan kata sifat sesudah kata kerja tertentu, yang bercetak tebal dalam beberapa contoh kalimat seperti berikut ini.

She looks beautiful.
Dia terlihat cantik.

That trumpet sounds loud.
Terompet itu terdengar nyaring.

This paint smells strong.
Cat ini baunya tajam.

The sandwich tastes delicious.
Roti lapisnya rasanya lezat.

The carpet feels rough.
Karpetnya terasa kasar.

She feels happy.
Dia merasa bahagia.


Sebagai kesimpulan, sobat tidak perlu terlalu memusingkan beraneka ragamnya kata sifat atau pun suatu kata termasuk jenis kata sifat ataupun bukan atau juga penyebutan nama dari jenis kata sifat. Yang terpenting, kamu dapat menggunakan kata sifat tersebut atau atau kata yang berfungsi layaknya seperti kata sifat dalam konteks kalimat bahasa Inggris.

Demikian catatan singkat seputar kata sifat dalam bahasa Inggris. Terima kasih atas waktu sobat untuk membaca artikel ini. Saya berharap dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Sampai berjumpa dengan artikel lainnya.


0 Response to "Seputar Kata Sifat dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel