Pelbagai Sapaan dalam Bahasa Inggris yang Sepatutnya Kamu Ketahui


"Mba, mau kemana?", tanya seorang pria, tetangganya Lina. "Mau ke depan sebentar, mas.", sahut Lina.

Kata-kata 'Mba, mau kemana?' yang diajukan pria tersebut sebenarnya meskipun ujarannya terlihat berbentuk sebuah pertanyaan, tapi kata-kata tersebut bukanlah sebuah pertanyaan.

Apa maksudnya dengan 'bentuknya pertanyaan, tapi bukan pertanyaan'?

Mungkin terlintas di pikiran sobat dengan ungkapan yang saya tuliskan di atas. Sebelum saya menjawabnya, saya akan memberikan sebuah catatan pembuka berikut ini.

Ketika kita bertemu dengan seseorang baik itu orang yang sudah kenal maupun orang baru yang temui, kita mungkin biasanya akan menyapanya. Apakah kita hanya sekedar menyapa sebagai bentuk keakraban atau bentuk sopan santun atau rasa hormat kita terhadap orang lain? Atau mungkin apakah kita bermaksud ingin membicarakan sesuatu lebih lanjut?


Sebuah sapaan, atau dalam bahasa Inggris disebut greeting, adalah kata-kata, frasa atau ungkapan yang kita tuturkan pada orang untuk mengawali sebuah perjumpaan. Pada umumnya kita menggunakan bentuk kalimat penyataan atau bentuk kalimat positif. Tetapi terkadang sebuah pertanyaan dapat berfungsi sebagai sapaan apabila maksud si penutur hanya sekedar bentuk keakraban atau sopan santun ketika bertemu dengan orang lain.

Seperti contoh yang saya tuliskan di atas, pertanyaan dari tetangga Lina yang menanyakan "Mba, mau kemana? Sebenarnya si penanya tidak benar-benar ingin tahu kemana Lina pergi, tapi lebih sekedar bagian dari kebiasaan dan sopan santun atau rasa hormat yang sering dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Apa saja sapaan dalam bahasa Inggris? dan bagaimanakah cara menggunakannya? Simak catatan saya berikut ini.

Ungkapan sapaan dan salam bahasa Inggris
Ungkapan sapaan dan salam bahasa Inggris - langitbirukata.com


Untuk menuturkan sebuah sapaan dalam bahasa Inggris agar tepat dalam penggunaannya,  sobat sebaiknya mengerti dan memahami beberapa kondisi seperti yang saya tuliskan di bawah ini

Lawan bicara
Tempat dan Situasi
Jenis Bahasa

Berikut catatan ringkat mengenai ketiga kondisi tersebut.


Lawan bicara
Ketika kita ingin menyapa seseorang, kita perlu mengetahui dengan siapa kita akan menuturkannya, apakah orang tersebut belum kita kenal sebelumnya?, apakah orang tersebut sudah kita kenal?, apakah orang tersebut sebaya dengan kita atau tidak?, atau apakah orang cukup dekat dengan kita?

Tentunya, cara kita menyapa orang yang lebih tua, lebih berpengalaman, lebih dalam status sosial akan berbeda dengan cara kita menyapa orang yang sebaya, teman atau keluarga kita sendiri.

Dengan mengetahui dengan siapa kita berbicara, kita akan dapat memilih dan menggunakan sapaan yang tepat.


Tempat dan Situasi
Pada umumnya bahasa formal dapat digunakan di hampir semua tempat atau negara berbahasa Inggris, tapi beberapa situasi kita perlu memilah dan memilih sapaan yang akan kita tuturkan misalnya sapaan good day umum digunakan di negara Australia, tapi terdengar agak asing apabila kita ucapkan di negara Amerika. Atau sapaan howdy sangat akrab di telinga orang Kanada dan Amerika, tapi tidak terdengar asing di telinga orang yang bukan dari kedua negara tersebut.

Mengetahui tempat dan situasi membantu kita menggunakan sapaan yang tepat dimana sebaiknya dituturkan.


Jenis Bahasa
Seperti yang telah saya jelaskan dalam Tiga Rasa Berbahasa Inggris, ketika kita berbicara Inggris, kita akan menggunakan tiga jenis bahasa ini, yaitu bahasa akrab, bahasa santai dan bahasa serius. Seperti halnya dalam bahasa Indonesia, kita memiliki bahasa berbeda misalnya,

Gimana kabar lo?
Bagaimana keadaan mu?
Bagaimana kabar anda?

Ketiga sapaan bahasa Indonesia ini tentunya penggunaannya akan berbeda antara satu dan yang lainnya.


Catatan berikut ini, kita akan menelusuri beragam salam atau sapaan dalam bahasa Inggris dipandang dari tiga rasa bahasa Inggris.

Kita mulai dari yang paling akrab di telinga kita yaitu bahasa formal.


Sapaan dalam Bahasa Serius

Dalam situasi bisnis atau situasi resmi lainnya, kita sebaiknya menggunakan sapaan dalam bahasa formal. Jika tidak, mungkin kita akan dianggap tidak mengerti adab etika dalam berbisnis. Untuk menuturkan sapaan dalam ragam bahasa ini, seyogyanya kita mendengarkan bagaimana rekan kerja atau bisnis kita menyapa kita.

Terkadang kita dapat menggunakan bahasa yang sedikit lebih santai apabila mereka memintanya. Kamu mungkin mendapati beberapa orang tertentu yang lebih menyukai menggunakan bahasa santai sepanjang waktu seiring mereka mulai mengenal kamu lebih dekat.

Demikian pula kita menggunakan sapaan bahasa formal ketika bertemu dengan orang yang lebih tua atau ketika kita dalam situasi akademi serta beberapa situasi yang menuntut kamu menggunakan sapaan dalam bahasa formal.

Berikut beberapa sapaan dalam bahasa formal yang dapat kamu gunakan untuk menyapa seseorang.

Good morning, Good afternoon, atau Good evening
Dalam bahasa santai atau semi formal, kita menggunakan kata hello untuk menyapa seseorang. Sebagai pengganti kata hello dalam situasi formal kita dapat menuturkan sapaan good morning, good afternoon, atau good evening bergantung dari situasinya.

Untuk menggunakan ketiga sapaan ini secara tepat, kamu sebaiknya mengerti Penggunaan Good Morning dan Good Afternoon, dan memahami Perbedaan Good Evening dan Good Night, agar dalam menuturkan sapaan ini sesuai dengan maksud kita.

It’s nice to meet you atau Pleased to meet you
Kedua sapaan di atas dalam bahasa Indonesia berarti 'senang bertemu dengan anda'. Keduanya merupakan sapaan yang sopan dan formal. Kita menggunakan sapaan ini tatkala kita berjumpa seseorang untuk kali pertama.

Selanjutnya, apabila kita bertemu lagi dengan orang yang sama, kita tidak lagi menggunakan It’s nice to meet you atau pleased to meet you, tapi kita menggunakan sapaan it’s nice to see you again untuk menunjukkan padanya kalau kita masih mengingat dia.

How have you been?
How have you been? adalah sebuah sapaan yang digunakan untuk menanyakan apakah kondisi seseorang baik-baik saja sejak kali terakhir kedua orang tersebut bertemu.

Dengan kata lain, apabila seseorang menyapa mu dengan how have you been berarti dia ingin tahu apakah keadaan mu baik-baik saja sejak terakhir dia bertemu dengan kamu. Tentunya seperti yang dikatakan sebelumnya,  kita menggunakan sapaan ini dengan orang yang sudah pernah kita jumpai.

How do you do?
Sapaan ini termasuk bentuk yang sangat formal dan mungkin sedikit kurang umum digunakan bagi kalangan umum pada akhir-akhir ini. Namun, masih digunakan oleh sebagian kalangan, terutama kalangan manula.

Respon yang tepat untuk sapaan ini adalah I am doing well (saya baik-baik saja). Namun, beberapa orang mungkin meresponnya dengan pertanyaan yang sama, how do you do?
Sapaan yang satu ini juga digunakan situasi formal dalam perkenalan dengan orang lain kali pertama sebagai ganti dari nice to meet you, yang mana bahasanya sedikit lebih santai dan akrab.

Selanjutnya, satu lapis dibawah bahasa formal, yaitu bahasa santai atau lebih dikenal bahasa semi formal.


Sapaan dalam Bahasa Santai

Penutur asli bahasa Inggris seringkali saling menyapa dengan menggunakan sapaan yang tidak terlalu formal atau bahkan tidak formal. Sehingga kita dapat menggunakannya dalam situasi akrab seperti kita berbicara dengan teman, keluarga atau pun sesorang dalam situasi akrab.

Hey, Hey man, atau Hi
Selain menggunakan sapaan hello, sobat dapat menuturkan hey (dibaca hei) atau hi (dibaca hai) untuk menyapa seseorang. Kedua sapaan ini dikenal terutama di kalangan para anak muda. Sedangkan, sapaan hi dapat digunakan dalam situasi santai apapun.

Sapaan hey digunakan untuk menyapa seseorang yang sudah kamu kenal. Jika kamu menyapa seorang asing dan belum kamu kenal, orang itu mungkin akan merasa bingung lantaran dia akan berusaha untuk mengingat kamu apakah dia pernah bertemu dengan kamu sebelumnya.

Sobat juga dapat menambahkan kata man setelah kata hey ketika menyapa seorang pria. Sebagian orang juga menyapa dengan sapaan hey man pada gadis yang lebih muda dengan syarat kamu susah cukup mengenal gadis tersebut. Perlu diketahui bahwa kata hey tidak selalu berarti helo, tapi juga dapat digunakan untuk menarik perhatian seseorang.

How’s it going? atau How are you doing?
Tentunya, sobat pernah mendengar ungkapan how are you?. Dalam bahasa Indonesia, kita menggunakan pertanyaan ini untuk menanyakan kabar seseorang, tapi dalam bahasa Inggris biasanya digunakan lebih sebagai sebuah sapaan dibandingkan sebuah pertanyaan.

Apabila sobat berkeinginan memberi kesan sopan, maka gunakanlah sapaan how are you?, tapi jika tidak ingin terlalu terkesan formal, maka kamu dapat menggunakan ungkapan-ungkapan seperti How’s it going? atau how are you doing?, dalam bahasa Indonesia berarti Bagaimana kabarmu?

Kedua ungkapan ini merupakan sebuah sapaan yang lebih akrab dan santai daripada how are you? Kata going pada how is it going? biasanya dipersingkat sehingga terdengar goin.  Untuk menjawabnya, kita dapat menggunakan ungkapan it’s going well atau I’m doing well, bergantung dengan jenis pertanyaannya, tentu saja.

What’s up?, What’s new?, atau What’s going on?
Selain yang disebutkan sebelumnya, ungkapan seperti What’s up?, What’s new?, atau What’s going on? biasanya  dituturkan pada seseorang yang sudah kamu kenal sebelumnya. Kebanyakan orang merespon sapaan ini dengan kata nothing (biasa saja) atau dengan ungkapan not much (ya begitulah) atau bisa juga jika ingin sedikit berbasa basi, kamu dapat secara singkat menceritakan sesuatu yang baru terjadi atau hal-hal yang terjadi baru-baru ini tentang keadaan kamu sebelum kamu menanyakan hal serupa how about you? (bagaimana dengan kamu?) dan melanjutkan percakapan berikutnya.

How’s everything ?, How are things?, atau How’s life?
Berikutnya,  ketiga sapaan yang berbentuk pertanyaan ini merupakan cara lainnya untuk menuturkan how are you? Sapaan ini dapat digunakan dalam situasi akrab untuk menyapa setiap orang termasuk orang yang baru dikenal. Namun, pada umumnya, sapaan ini digunakan untuk menyapa orang yang sudah dikenal.

Untuk meresponnya, sobat dapat menjawabnya dengan good (baik) atau not bad (lumayan). Seperti halnya pada sapaan sebelumnya,  jika kamu ingin sedikit berbasa basi, kamu dapat secara ringkas menjelaskan sesuatu yang baru atau hal terjadi baru-baru ini tentang keadaan kamu sebelum kamu menanyakan hal serupa  dengan how about you? dan beralih pada percakapan berikutnya.

How’s your day? atau How’s your day going?
Pertanyaan how's your day? tidak hanya merujuk pada waktu saat ini saja tapi juga merujuk pada kegiatan atau keadaan kamu sepanjang hari. Demikian pula dengan How’s your day going?

Kamu mungkin akan menggunakan sapaan ini lagi ketika kamu bertemu dengan orang-orang yang sehari-hari kamu jumpai. Misalnya kamu menggunakan sapaan ini di pagi hari tatkala kamu bertemu dengan tetangga kamu. Di kampus, kamu menggunakannya lagi ketika bertemu dengan teman-teman mu. Kemudian di waktu petang hari, kamu mungkin akan menggunakan sapaan yang sama ketika kamu bertemu dengan orang-orang ditempat yang biasanya kamu nongkrong. Untuk merespon sapaan ini,  kamu bisa menggunakan ungkapan  it's going well atau banyak orang sering menggunakan jawaban singkat seperti, good, fine atau not bad.

Good to see you atau Nice to see you
Good to see you atau Nice to see you dalam bahasa Indonesia dapat diartikan dengan 'senang rasanya bertemu kamu lagi'. Kedua sapaan ini digunakan pada teman-teman, teman sekerja atau anggota keluarga yang untuk beberapa waktu tidak berjumpa. Hal yang biasa dilakukan apabila kita memeluk atau berjabat tangan dibarengi dengan menuturkan sapaan ini ketika sekian waktu tidak bertemu orang-orang dekat kita, teman, teman kerja atau anggota keluarga. Tentu saja, hal ini bergantung dari kedekatan kita dengan orang tersebut.

Long time no see atau It’s been a while
Kedua sapaan santai ini biasanya digunakan tatkala kamu berjumpa dengan seseorang yang biasanya secara rutin bertemu, tapi sekian waktu, lama tidak bertemu, terutama ketika kamu berjumpa dengannya secara tak terduga. Biasanya sapaan ini akan diikuti dengan pertanyaan seperti how are you?, how have you been? atau what's new?.

Terakhir dan penghujung catatan ini, kita akan mengupas bahasa akrab atau dikenal bahasa tidak formal.


Sapaan dalam Bahasa Akrab

Sapaan dalam bahasa akrab biasanya menggunakan bahasa slang, sesuai namanya, sangat tidak formal. Kita dapat menuturkannya apabila sudah sangat mengenal dekat dengan orang tersebut. Perlu sobat ketahui bahasa slang bersifat regional,  hanya berlaku di bagian daerah tertentu. Misalnya,  apabila kita menggunakan sapaan slang ala Amerika di negara Inggris, maka sapaan ini terdengar aneh di telinga orang-orang Inggris. Oleh karena itu,  kita perlu mempelajari sapaan bahasa slang berdasarkan asal tempat dimana sapaan itu biasanya digunakan.

Berikut beberapa sapaan slang bahasa Inggris yang dapat kamu koleksi.

Yo!
Sapaan slang ini merupakan sapaan sangat tidak formal dan umumnya digunakan di negara Amerika. Sapaan yo! bermula dari musik hip-hop tahun 1990 dan awalnya dikenal dan digunakan oleh para penggemar musik hip-hop, terutama orang Amerika berkulit hitam. Namun, lambat laun dikenal oleh masyarakat umum Amerika. Karena sapaan ini menggunakan bahasa slang, maka kamu sebaiknya menggunakannya hanya dengan orang yang sudah sangat dekat dengan kamu. Dan tentu saja jangan menuturkan sapaan ini dalam situasi bisnis atau akademis.

Are you OK?, You alright?, atau Alright mate?
Sapaan ini merupakan bentuk akrab dari sapaan hello dan how are you?. Sapaan are you OK?, you're alright?, atau alright mate? ini umum dituturkan oleh orang berkebangsaan Inggris. Untuk meresponnya, sobat dapat menjawabnya dengan yeah, fine atau cukup dengan kata alright.

Howdy!
Howdy! merupakan kependekan dari how do you do?  Bentuk sapaan slang yang satu ini jauh dari kesan formal. Meskipun demikian sapaan ini sangat umum digunakan di beberapa bagian tertentu dari Kanada dan Amerika. Perlu diketahui bahwa jika kita menuturkan sapaan di luar dari kawasan yang disebutkan sebelumnya. Kamu akan dianggap seperti seorang koboi dan mungkin saja orang lain yang mendengarnya  akan tertawa.

Sup? atau Whazzup?
Berikutnya,  sapaan slang ini merupakan  kependekan dari what's up?. Para kaum muda pada umumnya menggunakan sapaan ini untuk suasana akrab untuk mempererat hubungan pertemanan diantara mereka. Untuk meresponnya, Seperti halnya sapaan what's up?, kamu dapat menjawabnya dengan nothing atau not much.

G’day mate!
Sapaan slang yang satu ini merupakan kependekan dari good day. Dalam situasi tidak formal,  sapaan g'day pada umumnya digunakan oleh orang-orang Australia ketika menyapa orang lain. Padanan sapaan yang satu ini serupa dengan how are you? Orang Australia seringnya menggunakan kata ya dibandingkan kata you  sehingga kita akan mendengar sapaan ini dengan how are ya?

Hiya!
Sapaan slang ini bentuk kependekan dari how are you? Penggunaan sapaan ini umum digunakan di belahan bagian tertentu dari negara Inggris. Meskipun bentuknya pertanyaan, kamu tidak perlu menjawabnya misalnya, fine. Sobat cukup meresponnya dengan hey.

Kesimpulannya,  untuk menuturkan sebuah sapaan, kita perlu mencermati beberapa hal seperti dengan siapa kita berbicara, di mana kita berbicara dan situasinya seperti apa. Jadi untuk mempelajari sebuah ungkapan bahasa Inggris, kita tidak hanya sekedar mengetahui artinya, tapi juga beberapa kondisi lainnya.

Demikianlah sobat, catatan ringkas mengenai  beraneka ragamnya sapaan bahasa Inggris berdasarkan lawan bicara, tempat, dan situasi penggunaannya.

Semoga dapat menjawab rasa ingin tahu sobat.  Terima kasih telah meluangkan waktu untuk sekedar membaca catatan ini. Sampai bertemu kembali dengan artikel lainnya.


0 Response to "Pelbagai Sapaan dalam Bahasa Inggris yang Sepatutnya Kamu Ketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel