3 Hal Seputar Do Bahasa Inggris yang Baiknya Kamu Tahu


Selain dari to be dan have, kata do juga merupakan kata yang sering membingungkan bagi pemula pembelajar bahasa Inggris ketika mempelajarinya. Sesuatu yang terlihat mirip sering kali membuat bingung. Dan hal itu sangat wajar. Jangan sampai hal ini menyurutkan niat kita untuk menguasai bahasa Inggris.

Sebelumnya mengupas lebih rinci, kita lihat beberapa kalimat berikut.

How do you do?
What do you do?
I don't do that.
If you do that, I won't do this.

Seperti yang sobat amati, masing-masing baris terdapat dua kata do. Kenapa terdapat dua kata do? Apakah kata do yang pertama dan kedua berbeda ataukah sama? Kenapa harus dituliskan kata do meskipun sudah ada kata do lainnya? 

Oleh karena itulah, catatan ini saya tuliskan untuk sobat.

Untuk mengenali dan memahami secara menyeluruh mengenai do dalam bahasa Inggris, seyogyanya sobat mencermati beberapa hal yang saya tuliskan di bawah ini:

Bentuk
Fungsi dan Penggunaan
Arti dan Makna

Kita akan menelusuri satu persatu dari ketiga sisi ini mengenai do secara runut dan lebih terperinci pada catatan berikut ini.

Kata Do dalam bahasa Inggris
Kata Do dalam bahasa Inggris - langitbirukata.com

Kita awali catatan ini dengan memandang sisi bentuk dari kata do.

Selama ini, kita diperkenalkan bahwa kata kerja memiliki tiga bentuk yang mencakup; kata kerja pertama, kata kerja kedua dan kata kerja ketiga. Hal ini biasanya kita dapati ketika kita disuguhkan daftar kata kerja, terutama kata kerja tak beraturan.

Namun, pada prakteknya, kita tidak hanya menggunakan ketiga bentuk ini.

Bentuk

Tatkala kita menggunakan kata do, kita akan mendapati beragam bentuk dan ukuran dari kata do. Bentuk yang saya maksudkan di sini hanya merujuk pada ejaan atau penulisan kata do.

Sebelum kita mengupas kata do lebih terperinci, kita akan melihat bagaimanakah aneka bentuk do apabila kita menuliskannya atau menuturkannya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Secara umum, bentuk penulisan kata do terbagi atas:

Bentuk Dasar
Bentuk Present
Bentuk Past
Bentuk Past Particle
Bentuk -Ing

Kelima bentuk kata do tersebut juga memiliki ragam bentuk lainnya berdasarkan subjek atau jenisnya.

Lebih jelasnya, kita dapat melihatnya pada tabel di bawah ini.
Bentuk Dasar
Bentuk Present
Bentuk Past
Bentuk
Bentuk
dengan kata to
tanpa kata to
I, she, he, It
You, they, we
I, she, he, It
You, they, we
Past Participle
-Ing

to do

do

does

do

did

did

done

doing

Bentuk Dasar

Setiap kata, terutama kata kerja dalam bahasa Inggris, pada umumnya, memiliki bentuk kata dasar.

Kata dasar merupakan satuan bahasa terkecil yang mempunyai makna. Kata tersebut belum mengalami penambahan baik itu awalan atau akhiran atau perubahan bentuk yang mengakibatkan perubahan makna.

Berbeda dengan kata-kata bahasa Indonesia yang umumnya memiliki hanya satu bentuk penulisan, kata dasar dalam bahasa Inggris mempunyai bentuk lebih dari satu. Apa saja bentuk dasar do dalam kata bahasa Inggris?

Bentuk dasar kata do terbagi atas dua bentuk penulisan meliputi:

1. do
2. to do

Kata do adalah 'kata dasar tanpa to(atau dalam bahasa Inggrisnya disebut infinitive without to), sedangkan to do disebut dengan 'kata dasar dengan to(atau dalam bahasa Inggrisnya disebut to infinitive)

Ringkasnya, bentuk dasar do terdiri dari dua bentuk. Bentuk pertamanya adalah do dan bentuk kedua adalah to do.

Setelah ini, kita akan beranjak menelusuri bentuk present dari do.


Bentuk Present

Selain memiliki bentuk dasar, setiap kata kerja dalam bahasa Inggris umumnya memiliki bentuk present tidak terkecuali kata do. Bentuk present disini jangan disalahartikan dengan arti dari kata present itu sendiri.

Kata present ini digunakan berguna agar kita dapat mengenali atau mengidentifikasi apakah suatu kata itu berbentuk present atau bukan.

Kata do yang berbentuk present memiliki beberapa aneka bentuk ketika kita menerapkannya. Bentuk penulisan do dituliskan atau dituturkan dengan menyesuaikan subjek dari sebuah kalimat.

Dalam bentuk present, seperti terlihat pada tabel di atas, kata do memiliki dua bentuk penulisan yaitu:

1. do
2. does

Singkatnya, bentuk present dari kata do terdiri dari dua bentuk. Bentuk pertamanya adalah do, sementara bentuk yang kedua adalah does.

Selanjutnya, kita akan beranjak mengupas bentuk past dari kata do.

Bentuk Past

Selain memiliki bentuk present, setiap kata, terutama kata kerja, juga memiliki bentuk past. Demikian pula kata do mempunyai bentuk past. Seperti yang telah saya utarakan sebelumnya, jangan mengaitkan bentuk past ini dengan arti dari kata past yang berarti masa lampau.

Seperti bentuk-bentuk do sebelumnya, bentuk past hanya dapat diwujudkan dalam bentuk penulisan kata ini saja. Bentuk past lebih dikenal banyak orang dengan sebutan kata kerja kedua.

kata do dalam bentuk past memiliki hanya satu bentuk penulisan seperti yang tertulis pada tabel di atas yaitu:

1. did

Pendeknya, bentuk past dari do terdiri satu yaitu did.

Berikutnya, kita akan beranjak mengupas bentuk past dari do.


Bentuk Past Participle

Bentuk berikutnya dari do adalah bentuk past participle. Bentuk do yang satu ini lebih dikenal banyak orang dengan sebutan kata kerja ketiga. Seperti yang terlihat pada tabel di atas, bentuk past participle yaitu:

1. done

Singkatnya, bentuk past participle dari do terdiri hanya satu bentuk yaitu: done.

Bagian terakhir dari catatan mengenai bentuk do, kita akan beralih menyoroti bentuk -ing dari do.


Bentuk -Ing

Bentuk yang terakhir ini bisa dikatakan memiliki nama lainnya yang lebih beragam dibandingkan bentuk-bentuk do sebelumnya. Bentuk -Ing ini juga disebut present participle. Bentuk ini juga kerap dinamakan gerund. Perbedaan penyebutan bentuk -ing terjadi lantaran penyebutan bentuk ini dikaitkan dengan fungsinya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Menurut saya, yang lebih mudah untuk mengingatnya, dari beragamnya penyebutan bentuk -ing ini, saya lebih condong menyebutnya bentuk -ing karena selain memang lebih sederhana dan juga mewakili semua nama-nama lain dari bentuk -ing. Seperti halnya do dalam bentuk past participle, bentuk -ing dari do hanya memiliki satu bentuk penulisannya yaitu:

1. doing

Secara singkat, bentuk -ing dari do terdiri hanya terdiri dari satu bentuk penulisan yaitu: doing.


Kesimpulannya, do dari sudut pandang bentuk, memiliki lima bentuk penulisan yaitu bentuk dasar, bentuk present, bentuk past, bentuk past participle dan bentuk -ing.


Setalah bagian catatan terakhir mengenai bentuk do ini, kita akan beralih menyoroti sisi dari arti kata do dari kacamata fungsi dan penggunaannya dalam konteks kalimat bahasa Inggris.


Fungsi dan Penggunaan

Secara umum dalam penggunaannya, do memiliki dua fungsi utama tatkala kita menuturkan atau menuliskan sebuah kalimat bahasa Inggris. Do dalam sebuah kalimat bahasa Inggris dapat berfungsi sebagai:

Kata Kerja
Kata Kerja Bantu

Do Sebagai Kata Kerja

Pada umumnya para pemula pembelajar bahasa Inggris sudah cukup mengenal kata do yang memiliki arti 'melakukan' atau'mengerjakan'.

Kata do yang satu ini berfungsi sebagai kata kerja atau dalam bahasa Inggris disebut verb, atau lebih tepatnya dinamakan kata kerja aksi atau dalam bahasa Inggris disebut action verb.

Sebagai kata kerja, do berperan sebagai predikat dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Dengan kata lain, do yang bertindak sebagai predikat tidak memerlukan to be, seperti is, am, are beserta teman-temannya, seperti yang telah saya tuliskan dalam catatan sebelumnya 3 Hal Seputar To Be Bahasa Inggris.

Berikut kita akan menelusuri bagaimanakah fungsi dan penggunaan do dari sudut pandang sebagai kata kerja dan apa saja arti dari kata do sebagai kata kerja.

Do dan Does

Do bentuk present, do dan does, yang berfungsi sebagai kata kerja biasanya kita temukan pada kalimat present tense.

Kata do digunakan apabila subjek dalam sebuah kalimat adalah  I, you, they dan we. Banyak pembelajar bahasa Inggris, terutama orang Jawa, memplesetkan I, you, they dan we. menjadi 'ayu dewe' agar mudah mengingatnya.

sedangkan apabila subjek dalam sebuah kalimat adalah she, it dan he, sering pula tiga subyek ini diplesetkan menjadi 'siti', kita menggunakan kata does.

Selain memilki arti 'melakukan' atau 'mengerjakan', baik kata do maupun does yang berperan sebagai kata kerja memiliki beragam arti sesuai dengan konteks kalimatnya.

Berikut contoh kata do sebagai kata kerja pada kalimat present tense yang memiliki variasi arti.


Mengerjakan

Kata do sebagai kerja pada umumnya 'memiliki' arti 'mengerjakan' apabila diikuti kata-kata seperti task, assignment, work, homework, job dan lainnnya.

Misalnya,

I do my homework after school.
Aku mengerjakan pekerjaan rumah ku seusai pulang sekolah .

They do their task together weekly
Mereka mengerjakan tugas mereka setiap minggunya.

Bandingkan penggunaan kata do pada kalimat di atas dengan penggunaan kata does pada beberapa kalimat berikut ini.

She does my homework after school.
Dia mengerjakan pekerjaan rumahnya seusai pulang sekolah .

My big brother does his task together with his classmates weekly
Kakakku mengerjakan tugasnya bersama dengan teman-teman sekelasnya setiap minggunya.

Melakukan

Selain itu, kata do sebagai kata kerja dapat pula berarti 'melakukan' sesuatu.

Misalnya,

I believe I do the right thing.
Aku percaya aku melakukan hal yang benar.

The children do what their parent tell.
Anak-anak itu melakukan apa yang disuruh orang tua mereka.

Bandingkan penggunaan kata do pada kalimat di atas dengan penggunaan kata does pada beberapa kalimat berikut ini.

He believes he does the right thing.
Dia percaya dia melakukan hal yang benar.

The child does what their parent tell.
Anak itu melakukan apa yang disuruh orang tua nya.


Mencapai, Menempuh

Berikutnya, kata do sebagai kata kerja juga mempunyai arti 'menempuh' atau 'mencapai kecepatan' tertentu apabila kita berbicara tentang alat transportasi.

Misalnya,

I do 60 kms an hour to reach my office on time.
Aku menempuh kecepatan 60 km perjam agar tiba di kantor tepat waktu.

We do only 45 kms per hour because our car is too old to run.
Kami hanya dapat mencapai kecepatan 45 km perjam ka rena mobil kami terlalu usang untuk dikendarai.

Bandingkan penggunaan kata do pada kalimat di atas dengan penggunaan kata does pada beberapa kalimat berikut ini.

My car does 60 kms an hour to reach my office on time.
Mobilku menempuh kecepatan 60 km perjam agar tiba di kantor tepat waktu.

She does only 45 kms per hour because her motorcycle is too old to run.
Dia hanya dapat mencapai kecepatan 45 km perjam karena sepeda motornya terlalu usang untuk dikendarai.


Belajar atau Mempelajari

Selanjutnya, kata do dapat pula berarti 'belajar' atau 'mempelajari' suatu bidang studi.

Misalnya,

I do English literature at Diponegoro University.
Aku belajar sastra Inggris di Universitas Diponegoro

All children do math in primary school.
Semua anak belajar matematika di sekolah dasar.

Bandingkan penggunaan kata do pada kalimat di atas dengan penggunaan kata does pada beberapa kalimat berikut ini.

My friend does English literature at Diponegoro University.
Temanku belajar sastra Inggris di Universitas Diponegoro

That child does math in primary school.
Semua anak belajar matematika di sekolah dasar.



Membuat, Memasak atau Menyiapkan

Apabila diikuti kata-kata yang berhubungan dengan makanan atau minuman, kata do sebagai kata kerja memiliki arti 'membuat', 'memasak' atau 'menyiapkan'.

Misalnya,

They  do the food for this party by themselves.
Mereka membuat makanan ini sendiri untuk pesta ini.

I do the dinner and you do the dishes.
Aku menyiapkan santap malam dan kamu mencuci piring.

Bandingkan penggunaan kata do pada kalimat di atas dengan penggunaan kata does pada beberapa kalimat berikut ini.

She does the food for this party by herself.
Dia membuat makanan ini seorang diri untuk pesta ini.

Lisa does the dinner and you do the dishes.
Lisa menyiapkan santap malam dan kamu mencuci piring.


Menampilkan atau Mementaskan

Apabila diikuti kata-kata seperti play, drama, show, opera, concert dan lainnya, kata do sebagai kata kerja memiliki arti 'menampilkan' atau 'mementaskan'.

Misalnya,

The students usually do a play every semester.
Para murid mementaskan drama setiap semester.

My friends and I do a puppet show to raise money.
Aku dan temanku mementaskan sebuah pertunjukan boneka untuk menggalang dana.

Bandingkan penggunaan kata do pada kalimat di atas dengan penggunaan kata does pada beberapa kalimat berikut ini.

The student usually does a play by himself.
Murid mementaskan drama seorang diri.

My friend does a puppet show to raise money.
Temanku mementaskan sebuah pertunjukan boneka untuk menggalang dana.


Memecahkan, Menjawab

Kata do sebagai kata kerja memiliki arti  'memecahkan' atau 'menjawab' apabila diikuti kata-kata seperti math, puzzle, crossword, jigsaw dan lainnya.

Misalnya,

I do the crossword every morning.
Aku menyelesaikan teka teki silang setiap pagi.

We all do a 1000-piece jigsaw.
Kami semua memecahkan bongkar pasang 1000 bagian.

Bandingkan penggunaan kata do pada kalimat di atas dengan penggunaan kata does pada beberapa kalimat berikut ini.

Diana does the crossword every morning.
Aku menyelesaikan teka teki silang setiap pagi.

Jack himself does a 1000-piece jigsaw.
Jack sendiri memecahkan bongkar pasang 1000 bagian.


Memerankan atau Menirukan

Berikutnya, kata do sebagai kata kerja memiliki arti 'memerankan' atau 'menirukan' orang lain.

Misalnya,

They two do Romeo and Juliet very well.
Mreka berdua memerankan Romeo dan Juliet dengan sangat baik.

They do British accents extremely well.
Mereka menirukan aksen british sangat mirip.

Bandingkan penggunaan kata do pada kalimat di atas dengan penggunaan kata does pada beberapa kalimat berikut ini.

Jean does Juliet very well.
Jean memerankanJuliet dengan sangat baik

My uncle does British accents extremely well.
Pamanku menirukan aksen british sangat mirip.


Mengunjungi atau Berkunjung

Dalam situasi tidak formal misalnya berbicara dengan teman sebaya, kata do sebagai kata kerja dapat berarti 'mengunjungi' atau 'berkunjung'.

Misalnya,

We do Malaysia in five days.
Kami (biasanya) berkunjung ke Malaysia selama lima hari.

My colleagues usually do Singapore every year.
Para kolega biasanya mengunjungi Singapura setiap tahun.

Bandingkan penggunaan kata do pada kalimat di atas dengan penggunaan kata does pada beberapa kalimat berikut ini.

My sister does Malaysia in five days.
Kakakku (biasanya) berkunjung ke Malaysia selama lima hari.

My colleague usually does Singapore every year.
Polega biasanya mengunjungi Singapura setiap tahun.


Mengkonsumsi Obat-Obatan Terlarang

Apabila diikuti kata-kata seperti drugs, estasy, dan obat terlarang lainnya, kata do sebagai kata kerja memiliki arti mengkonsumsi atau mengunakan.

They do drugs secretly.
Mereka mengonsumsi narkoba diam-diam.

Those criminals do ecstasy in the toilets.
Penjahat itu menggunakan ekstasi di toilet.

Bandingkan penggunaan kata do pada kalimat di atas dengan penggunaan kata does pada beberapa kalimat berikut ini.

That man does drugs secretly.
Pria itu mengonsumsi narkoba diam-diam.

That criminal does ecstasy in the toilets.
Penjahat itu menggunakan ekstasi di toilet.


Membersihkan atau Merapikan

Kata do sebagai kata kerja memiliki arti 'membersihkan' atau 'merapikan'.

Misalnya,

We do our room before we play outside.
Kami membersihkan kamar sebelum kami bermain diluar.

I do my hair first and then I’ll be ready to go.
Aku merapikan rambut ku dulu setelah itu aku akan siap berangkat.

Bandingkan penggunaan kata do pada kalimat di atas dengan penggunaan kata does pada beberapa kalimat berikut ini.

He does his room before he played outside.
Dia membersihkan kamarnya sebelum dia bermain diluar.

She does her hair first and then She’ll be ready to go.
Dia merapikan rambutnya dulu setelah itu dia akan siap berangkat.


Did

Kata do bentuk past, did, yang berfungsi sebagai kata kerja dapat kita temukan pada kalimat past tense 

Dipandang dari sisi artinya do atau does pada kalimat present tense dan arti kata did pada kalimat past tense, bentuk present dan bentuk past dari kata do tidak memiliki perbedaan arti dalam konteks kalimat. Namun, perbedaannya dapat terlihat pada sisi makna, terutama rujukan waktu.

Berikutnya contoh kata did yang merupakan bentuk past dari kata do sebagai kata kerja pada kalimat past tense yang mempunyai beragam arti.

Mengerjakan

Kata did sebagai kerja pada umumnya 'memiliki' arti 'mengerjakan' apabila diikuti kata-kata seperti task, assignment, work, homework, job dan lainnnya.

Misalnya,

I did my homework after school.
Aku mengerjakan pekerjaan rumah ku seusai pulang sekolah .

They did their task together weekly
Mereka mengerjakan tugas mereka setiap minggunya.


Melakukan

Selain itu, kata did sebagai kata kerja dapat pula berarti 'melakukan' sesuatu.

Misalnya,

He believes he did the right thing.
Dia percaya dia melakukan hal yang benar.

The child did what his parent told.
Anak itu melakukan apa yang disuruh orang tua nya.


Mencapai, Menempuh

Berikutnya, kata did sebagai kata kerja juga mempunyai arti 'menempuh' atau 'mencapai kecepatan' tertentu apabila kita berbicara tentang alat transportasi.

Misalnya,

I did 60 kms an hour to reach my office on time.
Aku menempuh kecepatan 60 km perjam agar tiba di kantor tepat waktu.

My car did 60 kms an hour to reach my office on time.
Mobilku menempuh kecepatan 60 km perjam agar tiba di kantor tepat waktu.


Belajar atau Mempelajari

Selanjutnya, kata did dapat pula berarti 'belajar' atau 'mempelajari' suatu bidang studi.

Misalnya,

I did English literature at Diponegoro University.
Aku belajar sastra Inggris di Universitas Diponegoro

All children did math in primary school.
Semua anak belajar matematika di sekolah dasar.


Membuat, Memasak atau Menyiapkan

Apabila diikuti kata-kata yang berhubungan dengan makanan atau minuman, kata did sebagai kata kerja memiliki arti 'membuat', 'memasak' atau 'menyiapkan'.

Misalnya,

They did the food for this party by themselves.
Mereka membuat makanan ini sendiri untuk pesta ini.

I did the dinner and you do the dishes.
Aku menyiapkan santap malam dan kamu mencuci piring


Menampilkan atau Mementaskan

Apabila diikuti kata-kata seperti play, drama, show, opera, concert dan lainnya, kata did sebagai kata kerja memiliki arti 'menampilkan' atau 'mementaskan'.

Misalnya,

The students usually did a play last semester.
Para murid mementaskan drama semester lalu.

My friends and I did a puppet show to raise money.
Aku dan temanku mementaskan sebuah pertunjukan boneka untuk menggalang dana.


Memecahkan, Menjawab

Kata did sebagai kata kerja memiliki arti  'memecahkan' atau 'menjawab' apabila diikuti kata-kata seperti math, puzzle, crossword, jigsaw dan lainnya.

Misalnya,

did the crossword this morning.
Aku menyelesaikan teka teki silang pagi ini.

We all did a 1000-piece jigsaw.
Kami semua memecahkan bongkar pasang 1000 bagian.


Memerankan atau Menirukan

Berikutnya, kata did sebagai kata kerja memiliki arti 'memerankan' atau 'menirukan' orang lain.

Misalnya,

They two did Romeo and Juliet very well.
Mreka berdua memerankan Romeo dan Juliet dengan sangat baik.

They did British accents extremely well.
Mereka menirukan aksen british sangat mirip.


Mengunjungi atau Berkunjung

Dalam situasi tidak formal misalnya berbicara dengan teman sebaya, kata did sebagai kata kerja dapat berarti 'mengunjungi' atau 'berkunjung'.

Misalnya,

We did Malaysia in five days.
Kami (biasanya) berkunjung ke Malaysia selama lima hari.

My colleagues did Singapore last year.
Para kolega mengunjungi Singapura tahun lalu.


Mengkonsumsi Obat-Obatan Terlarang

Apabila diikuti kata-kata seperti drugs, estasy, dan obat terlarang lainnya, kata did sebagai kata kerja memiliki arti mengkonsumsi atau mengunakan.

They did drugs secretly.
Mereka mengonsumsi narkoba diam-diam.

That criminals did ecstasy in the toilets.
Penjahat itu menggunakan ekstasi di toilet.


Membersihkan atau Merapikan

Kata did sebagai kata kerja memiliki arti membersihkan atau merapikan.

Misalnya,

We did our room before we played outside.
Kami membersihkan kamar sebelum kami bermain diluar.

did my hair first and then I’ll be ready to go.
Aku merapikan rambut ku dulu setelah itu aku akan siap berangkat



Kesimpulannya, do dari sudut pandang fungsi dan penggunaan sebagai kata kerja pada umumnya, do dan does, digunakan pada kalimat present tense, sedangkan did biasanya digunakan pada kalimat past tense.


Setelah mengupas kata do sebagai kata kerja, kita akan menuju pada pembahasan mengenai kata do sebagai kata kerja bantu berikut.


Do Sebagai Kata Kerja Bantu

Do dalam bahasa Inggris, selain yang telah disebutkan sebelum ini, dapat pula berfungsi sebagai kata kerja bantu, atau dalam bahasa Inggris disebut helping verb.

Sesuai dengan namanya, kata kerja bantu adalah suatu kata kerja yang berfungsi membantu kata kerja utama untuk membentuk sebuah konstruksi kalimat bahasa Inggris yang selaras dengan gagasan atau maksud dari kalimat tersebut.

Dengan kata lain, kata do tidak selalu berarti 'melakukan' atau 'mengerjakan'.  Sebagai kata kerja bantu, kata do tidak selalu mempunyai arti atau seringnya tidak diartikan, tapi lebih tepatnya memiliki fungsi dalam kalimat bahasa Inggris. Apa saja kegunaan dan fungsinya? Berikut catatannya.

Do dan Does

Do bentuk present, do dan does, yang selain berfungsi sebagai kata kerja dapat pula berfungsi sebagai kata kerja bantu ketika kita membuat konstruksi kalimat bahasa Inggris.

Baik kata do maupun does memiliki beragam arti sesuai dengan konteks kalimatnya.

Berikut contoh fungsi do bentuk present sebagai kata kerja bantu pada kalimat present tense yang memiliki arti yang bervariasi.


Sebagai Penegasan

Salah satu cara untuk  mempertegas maksud dari suatu kata kerja dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Kata do sebagai kata kerja bantu berperan memberi penegasan pada sebuah kata kerja yang didampingi nya. Dalam hal ini, kata do dapat berarti sungguh atau benar-benar.

Misalnya,

I do owe you.
Aku sungguh berhutang (budi) pada kamu.

They do need your help.
Mereka benar-benar membutuhkan bantuan kamu.


Sebagai Pengganti Kata Kerja Sebelumnya

Dalam bahasa Indonesia, kita sering menggunakan kata ganti seperti mereka, kita, dia untuk menggantikan suatu kata benda agar tidak terjadi pengulangan. Demikian pula dengan bahasa Inggris, kita menggunakan pronoun, kata ganti.

tapi dalam bahasa Indonesia, kita tidak mendapati suatu kata yang berperan menggantikan suatu kata kerja, sedangkan dalam bahasa Inggris, kita dapat menggunakan kata do untuk menggantikan suatu kata kerja agar tidak terjadi pengulangan kata kerja tersebut.

Misalnya,

My little sister runs faster than I do.
Adikuk berlari lebih cepat dari pada aku (lari)

Kata do digunakan untuk mengantikan kata kerja run.


She doesn’t travel around as much as I do.
Dia tidak berpergian sebanyak aku (berpergian).

Kata do digunakan untuk menggantikan kata kerja travel.


Sebagai Bantuan untuk Pertanyaan dan Negatif

Sesuai dengan namanya kata kerja bantu, kata do sebagai kata kerja bantu berperan penting untuk membantu terbentuknya sebuah konstruksi kalimat negatif ataupun pertanyaan.

Misalnya,

Do you like spicy food?
Apakah kamu menyukai makanan pedas?

Kata do membantu terbentuknya sebuah konstruksi pertanyaan interogatif.


We don't want to leave this house.
Kami tidak ingin meninggalkan rumah ini.

Kata do berdampingan dengan not membantu kata kerja want untuk membentuk konstruksi kalimat negatif.


Did

Tidak jauh berbeda dengan bentuk present dari kata do, do dan does, kata did sebagai kata kerja bantu yang membantu kata kerja utama berperan membentuk sebuah konstruksi kalimat past tense, terutama dalam kalimat negatif atau pertanyaan. 

Sama halnya dengan kata do dan does, kata did memiliki beragam arti sesuai dengan konteks kalimatnya.

Berikut contoh fungsi did bentuk past sebagai kata kerja bantu pada kalimat past tense yang memiliki arti yang bervariasi.


Sebagai Penegasan

Salah satu cara untuk  mempertegas maksud dari suatu kata kerja dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Kata do sebagai kata kerja bantu berperan memberi penegasan pada sebuah kata kerja yang didampingi nya. Dalam hal ini, kata do dapat berarti sungguh atau benar-benar.

Misalnya,

did owe you.
Aku sungguh berhutang (budi) pada kamu.

They did need your help.
Mereka benar-benar membutuhkan bantuan kamu.


Sebagai Pengganti Kata Kerja Sebelumnya

Dalam bahasa Indonesia, kita sering menggunakan kata ganti seperti mereka, kita, dia untuk menggantikan suatu kata benda agar tidak terjadi pengulangan. Demikian pula dengan bahasa Inggris, kita menggunakan pronoun, kata ganti.

tapi dalam bahasa Indonesia, kita tidak mendapati suatu kata yang berperan menggantikan suatu kata kerja, sedangkan dalam bahasa Inggris, kita dapat menggunakan kata do untuk menggantikan suatu kata kerja agar tidak terjadi pengulangan kata kerja tersebut.

Misalnya,

My little sister runs faster than I did.
Adikuk berlari lebih cepat dari pada aku (lari)

Kata do digunakan untuk mengantikan kata kerja run.


She doesn’t travel around as much as I did.
Dia tidak berpergian sebanyak aku (berpergian).

Kata do digunakan untuk menggantikan kata kerja travel.


Sebagai Bantuan untuk Pertanyaan dan Negatif

Sesuai dengan namanya kata kerja bantu, kata do sebagai kata kerja bantu berperan penting untuk membantu terbentuknya sebuah konstruksi kalimat negatif ataupun pertanyaan.

Misalnya,

Did you like spicy food?
Apakah kamu menyukai makanan pedas?

Kata do membantu terbentuknya sebuah konstruksi pertanyaan interogatif.


We didn't want to leave this house.
Kami tidak ingin meninggalkan rumah ini.

Kata do berdampingan dengan not membantu kata kerja want untuk membentuk konstruksi kalimat negatif.


Kesimpulannya, do dari sudut pandang fungsi dan penggunaan sebagai kata kerja bantu pada umumnya, baik kata do, does atau did berperan penting terbentuknya sebuah konstruksi kalimat bahasa Inggris yang senada dengan yang maksudkan penutur atau penulis.

Setelah mengupas fungsi do sebagai kata kerja dan sebagai kata kerja bantu, kita akan beranjak menyoroti satu fungsi lagi dari do.

Do Sebagai Kata Dasar Tanpa To

Apabila kita mendapati sebuah kalimat bahasa Inggris mengandung kata kerja bantu modal atau modal verb seperti will, would, must, have to, had to, may, might, can, could, shall, should atau kata kerja bantu modal lainnya, maka kita memerlukan do bentuk kata dasar tanpa toatau infinitive without to, untuk melengkapi kalimat tersebut sehingga kalimat tersebut utuh.

Masih ingatkah, sobat? Kalau kata kerja bantu, tidak hanya auxilliary verbs dan lainnya tapi juga modal verbs, berperan membantu kata kerja utama. Hal ini menandakan kata kerja bantu hanya membantu saja. Oleh karena itu, kata kerja bantu tidak dapat berdiri sendiri dalam sebuah kalimat. 

Dengan kata lain, kata kerja bantu tidak bisa menggantikan posisi kata kerja utama untuk membentuk sebuah kalimat. Dalam konteks ini, kata dasar do tanpa to berperan sebagai kata kerja utama.

Misalnya dua kalimat seperti di bawah ini tidak tepat meskipun kalau diterjemahan kata perkata dalam bahasa Indonesia benar.

I can English.

I will to school.

Do bentuk dasar tanpa to, do, sebagai kata kerja utama berdampingan dengan kata kerja bantu modal, atau modal verbs, biasanya sering digunakan pada kalimat present tense, kalimat past tense, kalimat present future tense dan kalimat past future tense.


Do

Present Tense

Berikut contoh fungsi kata do bentuk dasar tanpa to sebagai kata kerja utama pada kalimat present tense.

My little brother can do chores by himself.
Adikku bisa mengerjakan pekerjaan rumah seorang diri.

She may do medical in the reputable university.
Dia boleh belajar kedokteran di universitas ternama.


You must do the homework witout your parents' help.
Kamu harus mengerjakan PR mu tanpa bantuan orang tuamu.

Every student shall do a play after semester.
Setiap murid harus menampilkan drama akhir semester.


Past Tense
Berikut contoh fungsi kata do bentuk dasar tanpa to sebagai kata kerja utama pada kalimat past tense. 

My little brother could do chores by himself yesterday.
Adikku bisa mengerjakan pekerjaan rumah seorang diri kemarin.

She might do medical in the reputable university.
Dia mungkin belajar kedokteran di universitas ternama.


You had to do the homework witout your parents' help.
Kamu harus mengerjakan PR mu tanpa bantuan orang tuamu.

Every student should do a play after semester.
Setiap murid sebaiknya menampilkan drama akhir semester.


Present Future Tense
Berikut contoh fungsi kata do bentuk dasar tanpa to sebagai kata kerja utama pada kalimat past tense.  

This kind of behaviour just won't do.
Perilaku seperti itu tidak dapat diterima.

This medicine will do you good.
Obat ini akan sangat berkhasiat untuk mu.


A driving licence or ID card will do.
SIM atau KTP dapat digunakan.

Some say fast food will do more harm than good.
Banyak mengatakan makanan cepat saji lebih berdampak buruk dari pada bermanfaat.

Past Future Tense

Berikut contoh fungsi kata do bentuk dasar tanpa to sebagai kata kerja utama pada kalimat past tense.  

This kind of behaviour just wouldn't do.
Perilaku seperti itu tidak dapat diterima.

This medicine would do you good.
Obat ini akan sangat berkhasiat untuk mu.


A driving licence or ID card would do.SIM atau KTP dapat digunakan.

Some say fast food would do more harm than good.
Banyak mengatakan makanan cepat saji lebih berdampak buruk dari pada bermanfaat..

Kesimpulannya, do dari sudut pandang fungsi dan penggunaan sebagai kata dasar tanpa to pada umumnya, do , digunakan pada kalimat yang mengandung kata kerja bantu modal.

Setelah cukup membahas kata do sebagai kata kerja, kata kerja bantu, dan kata dasar tanpa to, kita akan menengok beberapa fungsi lainnya berikut ini.


Fungsi Lainnya

Sebelumnya telah diutarakan bahwa fungsi umum dari do adalah sebagai kata kerja dan kata kerja bantu. Selain itu, kita dapat menemukan fungsi-fungsi lainnya pada kalimat bahasa Inggris yang akan dikupas berikut ini.

To do

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bentuk dasar do terbagi atas dua bentuk, yaitu do dan to do. Tidak seperti bentuk do lainnya, do yang satu ini tidak berfungsi sebagai kata kerja ataupun sebagai kata kerja bantu. Namun, kata do ini juga memiliki fungsi-fungsi lainnya.

Do yang berbentuk dasar dengan to, yaitu to do, memiliki beberapa fungsi dalam sebuah kalimat bahasa Inggris yang meliputi:

Subjek
Objek Langsung
Pelengkap Subjek
Kata Keterangan

Selanjutnya, kita akan mengupas masing-masing dari kesemua fungsi ini sebagai berikut.


Subjek

Pada umumnya, subjek dari sebuah kalimat bahasa Inggris merupakan kata benda, tapi to do pun dapat pula berperan sebagai subjek. Dalam hal ini, to do tidak hanya berdiri sendiri, tapi terkadang bergandengan dengan kata-kata lainnya membentuk sebuah frasa.

Misalnya,

To do my best is my personal goal.
Melakukan yang terbaik adalah tujuan pribadi saya.

Subjek dari kalimat di atas adalah to do my best.


To do this job with you makes everything easy.
Mengerjakan pekerjaan ini bersama mu terasa ringan.

Subjek dari kalimat di atas adalah to do this job with you.


Objek Langsung

Sama seperti halnya dengan subjek, objek sering pula berbentuk kata benda dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, tapi to do pun dapat pula berfungsi sebagai objek.

Misalnya,

I want to do it by myself.
Aku ingin melakukannya sendiri.

To do it myself merupakan objek dari kata kerja want.


He just needs to do the right thing.
Dia hanya perlu melakukan hal yang benar. 

To do the right thing merupakan objek dari kata kerja need.


Pelengkap Subjek

To do yang berfungsi sebagai pelengkap subjek biasanya didahului oleh kata kerja penghubung atau linking verb seperti kata is, am, are, was, were, look, sound, seem, appear dan lainnya.

Misalnya,


He seems to do all of this.

Dia nampaknya yang melakukan semua ini.

Pelengkap subjek kalimat di atas adalah to do all of this.


All I want is to do the best for my family .

Yang ku inginkan yaitu melakukan yang terbaik untuk keluargaku.

Pelengkap subjek kalimat di atas adalah to do the best for my family.


Kata Keterangan

Sebuah kata keterangan dalam kalimat bahasa Inggris berfungsi menjelaskan kata lainnya selain kata benda. Bahkan kata keterangan dapat menjelaskan sebuah kalimat. To do di sini bukanlah berperan sebagai jenis kata keterangan, tapi berfungsi sebagai layaknya seperti kata keterangan.

Misalnya,

To do the great things, you can start with the simplest things.

Untuk melakukan hal yang besar, kamu bisa memulainya dari hal yang sederhana.

To do the great things. berfungsi menjelaskan atau memodifikasi seluruh kalimat.


To do crossword, you need to read alot.

Untuk memecahkan teka teki silang, kamu perlu banyak membaca.

To do crossword berfungsi menjelaskan atau memodifikasi seluruh kalimat.


Doing

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bentuk do yang terakhir adalah doing. Tidak berbeda jauh dengan to do, kata doing memiliki beberapa fungsi dalam kalimat bahasa Inggris.

Do yang berbentuk ing ini, yaitu doing, memiliki lima fungsi dalam sebuah kalimat bahasa Inggris meliputi:

Subjek
Objek Langsung
Objek Kata depan
Predikat
Kata Keterangan

Selanjutnya, kita akan mengupas masing-masing dari kelima fungsi ini sebagai berikut.


Subjek

Pada umumnya, subjek dari sebuah kalimat bahasa Inggris merupakan kata benda, tapi doing pun dapat pula berfungsi sebagai subjek. Dalam hal ini, doing tidak hanya berdiri sendiri, tapi terkadang bergandengan dengan kata-kata lainnya membentuk sebuah frasa. Kata doing yang berfungsi sebagai subjek biasanya dikenal dengan sebutan gerund.

Misalnya,

Doing my best is my personal goal.
Melakukan yang terbaik adalah tujuan pribadi saya.

Subjek dari kalimat di atas adalah doing my best.


Doing this job with you makes everything easy.
Mengerjakan pekerjaan ini bersama mu terasa ringan.

Subjek dari kalimat di atas adalah to do this job with you.


Objek Langsung

Sama seperti halnya dengan subjek, objek sering pula berbentuk kata benda dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Demikian pula doing dapat berfungsi sebagai objek. Kata doing yang berfungsi sebagai objek juga dikenal dengan sebutan gerund.

Misalnya,

I can't stand doing workout.   
Aku membenci melakukan olahraga.
Doing workout merupakan objek dari kata kerja stand.


She quits doing drugs.
Dia berhenti mengkomsumsi narkoba.

Doing drugs merupakan objek dari kata kerja quit.


Objek Kata Depan  

Doing yang berfungsi sebagai objek dari kata depan ketika didahului sebuah kata depan. Doing yang berfungsi sebagai objek dari kata depan biasanya disebut dengan gerund.

Misalnya,

Lisa is interested in doing yoga.
Lisa tertarik mengikuti yoga.

Doing yoga pada kalimat di atas merupakan objek dari kata depan in.


He is tired of doing the same things every day.
Dia bosan melakukan hal yang sama setiap harinya.

Doing the same things pada kalimat di atas merupakan objek dari kata depan of.


Predikat 

Karena fungsinya sebagai predikat ketika berdampingan dengan kata-kata lainnya membentuk konstruksi kalimat. Doing yang berfungsi sebagai predikat biasanya kita temukan pada kalimat aktif yang mengandung continuous tense. Doing yang berfungsi sebagai predikat biasanya dikenal dengan sebutan present participle.

Misalnya,

They are doing dinner together.

Kami sedang menyiapkan santap malam bersama.

Doing berdampingan dengan kata are berfungsi sebagai predikat.


The students were doing the exam when we came.
Anak-anak sedang mengerjakan ujian ketika kami tiba.


Doing berdampingan dengan kata were berfungsi sebagai predikat.


Kata Keterangan

Sebuah kata keterangan dalam kalimat bahasa Inggris berfungsi menjelaskan kata lainnya selain kata benda. Bahkan kata keterangan dapat menjelaskan sebuah kalimat. Doing yang bergandengan dengam kata-kata lainnya di sini bukanlah berperan sebagai jenis kata keterangan, tapi berfungsi sebagai layaknya seperti kata keterangan.

Misalnya,

Doing drugs, the criminal is captured.
Karena mengkomsumsi narkoba, penjahat itu ditangkap.

Doing drugs berfungsi menjelaskan atau memodifikasi seluruh kalimat.


Doing almost 200 kms per haur, that driver was given ticket.
Karena mencapat kecepatan 200 km perjam, pengemudi itu ditilang.

Doing almost 200 kms per hour berfungsi menjelaskan atau memodifikasi seluruh kalimat.


Kesimpulannya, do secara umum memiliki dua fungsi utama dalam kalimat yaitu sebagai kata kerja dan kata kerja bantu. Di samping itu pula, do mempunyai fungsi-fungsi lainnya serta penggunaannya berdasarkan konteks.

Setelah mengetahui fungsi dan penggunaan dari do dengan lima bentuknya, bagian terakhir dari catatan ini, kita akan melihat dari sisi arti dan makna dari do berikut ini.


Makna

Do dalam sebuah kalimat bahasa Inggris tidak hanya memiliki arti, tapi juga makna. Do dengan kelima bentuknya secara umum sering diartikan dengan kata melakukan, atau mengerjakan. Namun, pada beberapa konteks kalimat, kata do juga memiliki beberapa arti lainnya.


Selain dari pada itu, do juga mempunyai makna yang selaras dengan situasi dan tenses pada kalimat tersebut.

Misalnya pada beberapa contoh kalimat berikut.

I do my homework after school.
Aku (secara rutin) mengerjakan pekerjaan rumah ku seusai pulang sekolah.

I did my homework after school.
Aku (baru kali ini) mengerjakan pekerjaan rumah ku seusai pulang sekolah.


Meskipun pada dua kalimat diatas, kata do dan kata did memiliki arti yang sama, yaitu 'mengerjakan', makna kedua kalimat tersebut, terutama rujukan waktunya, tidak sama, yaitu kebiasaan dan hanya kali ini saja.


They do their task together weekly
Mereka (biasanya) mengerjakan tugas mereka setiap minggunya.

They did their task together last week.
Mereka (waktu itu) mengerjakan tugas merek.

Meskipun pada dua kalimat diatas, kata do dan kata did memiliki arti yang sama, yaitu 'mengerjakan', makna kedua kalimat tersebut, terutama rujukan waktunya, tidak sama, yaitu saat ini dan tadinya.



Kesimpulannya, do dari sudut pandang arti, do acap kali diartikan dengan 'melakukan'. Namun, sebenarnya kata do juga memiliki arti dan makna lainnya yang bergantung dari fungsi dan tenses dalam kalimat tersebut.


Demikialah sobat, catatan saya mengenai seputar do dalam bahasa Inggris yang diamati dari tiga sudut pandang. Terima kasih banyak atas waktu yang sobat luangkan untuk membaca artikel ini.

Sekiranya catatan ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Sekali lagi, saya haturkan terima kasih banyak dan sampai berjumpa kembali dengan artikel-artikel lainnya.



0 Response to "3 Hal Seputar Do Bahasa Inggris yang Baiknya Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel