3 Hal Seputar Have Bahasa Inggris yang Patut Kamu Ketahui


Bagi sebagian besar pemula pembelajar bahasa Inggris, have mungkin sudah sangat tidak asing lagi di telinga mereka. Have seringkali kita temukan dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris baik itu dalam bahasa lisan maupun bahasa tulisan.

Beberapa hal yang sering membingungkan dari kata have adalah apakah kata have hanya berarti mempunyai? ataukah kata have memiliki arti lainnya? Apakah kata have itu termasuk kata kerja, kata sifat atau jenis kata lainnya?

Selama ini sewaktu kita mempelajari bahasa Inggris, kita diperkenalkan bahwa kata kerja memiliki tiga bentuk yang mencakup; kata kerja pertama, kata kerja kedua dan kata kerja ketiga. Hal ini biasanya kita dapati ketika kita disuguhkan daftar kata kerja, terutama kata kerja tak beraturan. Namun, pada prakteknya, kita tidak hanya menggunakan ketiga bentuk ini.

Catatan saya berikut ini mungkin dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan memenuhi rasa ingin tahu sobat.

Untuk mengenali dan memahami secara menyeluruh mengenai have dalam bahasa Inggris, seyogyanya sobat mencermati beberapa hal yang saya tuliskan di bawah ini:

Bentuk
Fungsi dan Penggunaan
Arti dan Makna

Kita akan menelusuri satu persatu dari ketiga sisi ini mengenai seputar kata have secara runut dan lebih terperinci pada catatan berikut ini.

Have dalam bahasa Inggris
Have dalam bahasa Inggris - langitbirukata.com

Kita awali catatan ini dengan memandang sisi bentuk penulisan dari kata have.


Bentuk

Tatkala kita menggunakan have, kita akan mendapati beragam bentuk dan ukuran dari kata have. Bentuk yang saya maksudkan di sini hanya merujuk pada ejaan atau penulisan kata have.

Sebelum kita mengupas have lebih terperinci, kita akan melihat bagaimanakah aneka bentuk have apabila kita menuliskannya atau menuturkannya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Secara umum, bentuk penulisan have terbagi atas:

Bentuk Dasar
Bentuk Present
Bentuk Past
Bentuk Past Particle
Bentuk -Ing

Kelima bentuk kata have tersebut juga memiliki ragam bentuk lainnya berdasarkan subjek atau jenisnya.

Lebih jelasnya, kita dapat melihatnya pada tabel di bawah ini.
Bentuk Dasar
Bentuk Present
Bentuk Past
Bentuk
Bentuk
dengan kata to
tanpa kata to
I, she, he, It
You, they, we
I, she, he, It
You, they, we
Past Participle
-Ing

to have

have

has

have

had

had

had

having

Bentuk Dasar

Setiap kata, terutama kata kerja dalam bahasa Inggris, pada umumnya, memiliki bentuk kata dasar.

Kata dasar merupakan satuan bahasa terkecil yang mempunyai makna. Kata tersebut belum mengalami penambahan baik itu awalan atau akhiran atau perubahan bentuk yang mengakibatkan perubahan makna.

Berbeda dengan kata-kata bahasa Indonesia yang umumnya memiliki hanya satu bentuk penulisan, kata dasar dalam bahasa Inggris mempunyai bentuk lebih dari satu. Apa saja bentuk dasar have dalam kata bahasa Inggris?

Bentuk dasar have terbagi atas dua bentuk penulisan meliputi:

1. have
2. to have

Kata have adalah 'kata dasar tanpa to(atau dalam bahasa Inggrisnya disebut infinitive without to), sedangkan to have disebut dengan 'kata dasar dengan to(atau dalam bahasa Inggrisnya disebut to infinitive)

Ringkasnya, bentuk dasar have terdiri dari dua bentuk penulisan. Bentuk pertamanya adalah have dan bentuk kedua adalah to have.

Setelah ini, kita akan beranjak menelusuri bentuk present dari have.


Bentuk Present

Selain memiliki bentuk dasar, setiap kata kerja dalam bahasa Inggris umumnya memiliki bentuk present tidak terkecuali kata have. Bentuk present disini jangan disalahartikan dengan arti dari kata present itu sendiri.

Kata present ini digunakan berguna agar kita dapat mengenali atau mengidentifikasi apakah suatu kata itu berbentuk present atau bukan.

Have yang berbentuk present memiliki beberapa aneka bentuk ketika kita menerapkannya. Bentuk penulisan have dituliskan atau dituturkan dengan menyesuaikan subjek dari sebuah kalimat.

Dalam bentuk present, seperti terlihat pada tabel di atas, have memiliki dua bentuk penulisan yaitu:

1. have
2. has

Singkatnya, bentuk present have terdiri dari dua bentuk. Bentuk pertamanya adalah have, sementara bentuk yang kedua adalah has.

Kata have digunakan apabila subjek dalam sebuah kalimat adalah  I, you, they dan we, sedangkan apabila subjek dalam sebuah kalimat adalah she, he dan it, kita menggunakan kata has.

Selanjutnya, kita akan beranjak mengupas bentuk past dari have.

Bentuk Past

Selain memiliki bentuk present, setiap kata, terutama kata kerja, juga memiliki bentuk past. Demikian pula have mempunyai bentuk past. Seperti yang telah saya utarakan sebelumnya, jangan mengaitkan bentuk past ini dengan arti dari kata past yang berarti masa lampau.

Seperti bentuk-bentuk have sebelumnya, bentuk past hanya dapat diwujudkan dalam bentuk penulisan kata ini saja. Bentuk past lebih dikenal banyak orang dengan sebutan kata kerja kedua.

Have dalam bentuk past memiliki hanya satu bentuk penulisan seperti yang tertulis pada tabel di atas yaitu:

1. had

Pendeknya, bentuk past dari have terdiri satu yaitu had.

Berikutnya, kita akan beranjak mengupas bentuk past participle dari have.


Bentuk Past Participle

Bentuk berikutnya dari have adalah bentuk past participle. Bentuk have yang satu ini lebih dikenal banyak orang dengan sebutan kata kerja ketiga. Bentuk have yang berbentuk past participle ini memiliki bentuk yang sama dengan bentuk pastnya. Seperti yang terlihat pada tabel di atas, bentuk past participle dari kata have yaitu:

1. had

Singkatnya, bentuk past participle dari have terdiri hanya satu bentuk yaitu: had.

Bagian terakhir dari catatan mengenai bentuk have, kita akan beralih menyoroti bentuk -ing dari have.


Bentuk -Ing

Bentuk yang terakhir ini bisa dikatakan memiliki nama lainnya yang lebih beragam dibandingkan bentuk-bentuk have sebelumnya. Bentuk -Ing ini juga disebut present participle. Ada pula yang menyebutnya verb-ing. Selain itu, bentuk ini juga kerap dinamakan gerund. Perbedaan penyebutan bentuk -ing terjadi lantaran penyebutan bentuk ini dikaitkan dengan fungsinya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Menurut saya, yang lebih mudah untuk mengingatnya, dari beragamnya penyebutan bentuk -ing ini, saya lebih condong menyebutnya bentuk -ing karena selain memang lebih sederhana dan juga mewakili semua nama-nama lain dari bentuk -ing. Seperti halnya have dalam bentuk past participle, bentuk -ing dari have hanya memiliki satu bentuk penulisannya yaitu:

1. having

Secara singkat, bentuk -ing dari have terdiri hanya terdiri dari satu bentuk penulisan yaitu: having.


Kesimpulannya, have dari sudut pandang bentuk, memiliki lima bentuk penulisan yaitu bentuk dasar, bentuk present, bentuk past, bentuk past participle dan bentuk -ing.


Setalah bagian catatan terakhir mengenai bentuk have ini, kita akan beralih menyoroti sisi dari arti kata have dari kacamata fungsi dan penggunaannya dalam konteks kalimat bahasa Inggris.


Fungsi dan Penggunaan

Secara umum dalam penggunaannya, have memiliki dua fungsi utama tatkala kita menuturkan atau menuliskan sebuah kalimat bahasa Inggris. Have dalam sebuah kalimat bahasa Inggris dapat berfungsi sebagai:

Kata Kerja
Kata Kerja Bantu

Have Sebagai Kata Kerja

Pada umumnya para pemula pembelajar bahasa Inggris sudah cukup mengenal kata have yang memiliki arti 'mempunyai'.

Have yang satu ini berfungsi sebagai kata kerja atau dalam bahasa Inggris disebut verb, atau lebih tepatnya dinamakan kata kerja aksi atau dalam bahasa Inggris disebut action verb.

Sebagai kata kerja, have berperan sebagai predikat dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Dengan kata lain, have yang bertindak sebagai predikat tidak memerlukan to be, misalnya  is, am, are beserta teman-temannya, seperti yang telah saya tuliskan dalam catatan sebelumnya 3 Hal Seputar To Be Bahasa Inggris.

Berikut kita akan menelusuri bagaimanakah fungsi dan penggunaan have dari sudut pandang sebagai kata kerja dan apa saja arti dari kata have sebagai kata kerja.

Have dan Has

Have bentuk present, have dan has, yang berfungsi sebagai kata kerja dapat kita temukan pada kalimat present tense 

Baik kata have maupun has memiliki beragam arti sesuai dengan konteks kalimatnya.

Berikut contoh fungsi have bentuk present sebagai kata kerja pada kalimat present tense yang memiliki variasi arti.


Mempunyai

Seperi yang telah saya utarakan sebelumnya, sebagian besar pemula pembelajar bahasa Inggris mengenal kata have atau has yang memiliki arti 'mempunyai ' atau 'memilik'. Kali ini kita melihat beberapa contoh penggunaan kata have dengan arti 'mempunyai ' atau 'memilik'

Misalnya,

They have a beautiful house.
Mereka mempunyai sebuah rumah indah.

Although he has lots of money, he doesn't feel happy.
Meskipun dia memiliki banyak uang, dia tidak merasa bahagia..

I don't have much time to talk about it.
Aku tidak mempunyai banyak waktu untuk membicarakannya.

I have two cats and one dog.
Aku mempunyai dua kucing dan satu anjing.

Jack doesn't have any idea to tell
Jack tidak memiliki gagasan apapun untuk dikatakan.


Menderita

Selain memiliki arti 'mempunyai', kata have atau has juga dapat berarti 'menderita'. Kata have atau has yang memiliki arti ini biasanya didampingi kata-kata yang berhubungan jenis penyakit. Meskipun terkadang dalam terjemahan bahasa Indonesianya agak aneh ditelinga kita, bentuk susunan kalimat bahasa Inggris seperti ini wajar dan umum bagi penutur asli.

Misalnya,

Emily has a very nasty cough.
Emile menderita batuk cukup berat.

She goes home early because she has a bad headache.
Dia pulang lebih awal karena dia menderita sakit kepala.

My grandmother has diabetes.
Nenekku menderita diabetes.

I have a terrible hangover.
Aku menderita pusing berat.

My grandfather has a heart attack.
Kakekku menderita serangan jantung.


Melakukan

Tidak berbeda dengan sebelumnya, arti have yang satu ini dalam bahasa Indonesia terkadang terdengar aneh dan asing ditelinga kita. Namun,  penggunaan kata have dengan arti ini cukup umum digunakan para penutur asli bahasa Inggris. Arti dari have kali ini adalah 'melakukan' sesuatu yang bertalian dengan suatu kegiatan.

Misalnya,

I have a swim.
Aku melakukan renang (berenang)

We have a short walk after lunch.
Kami (melakukan) jalan kaki sebentar usai makan siang.

They have a try, but they fail.
Mereke melakukan ujicoba. (mencobanya), tapi mereka gagal.
We can have a picnic together if you are available.
Kita bisa melakukan piknik bersama jika kamu senggang.

I have a chat with my boss about a possible salary increase.
Aku melakukan perbincangan (berbincang) dengan bosku mengenai kenaikan gaji.

We have a dance and afterwards we have a serious talk.
Kami melakukan dansa (berdansa) dan kemudian kami melakukan perbicaraan serius.

Beberapa contoh penggunaan kata have pada kalimat di bawah ini merupakan ungkapan bahasa Inggris yang biasanya dituturkan oleh orang Inggris.

She has an afternoon nap.
Dia (melakukan) tidur siang sejenak.

I have a look at your notebook.
Aku melakukan (melihat) catatanmu?

Have a seat here!
Lakukan duduk disini!

My brother has a shower too long. 
Adikku melakukan mandi terlalu lama.

Your mother has a rest after work
Ibumu melakukan istirahat  (beristirahat) seusai kerja.

Bandingkan dengan penutur asli bahasa Inggris Ala orang Amerika. Pada umumnya mereka biasanya menggunakan kata take dari pada kata have dengan konteks kalimat yang sama berikut.

She takes an afternoon nap.
Dia (melakukan) tidur siang sejenak.

take a look at your notebook.
Aku melakukan (melihat) catatanmu.

Take a seat here!
Lakukan duduk disini!

My brother takes a shower too long. 
Adikku melakukan mandi terlalu lama.

Your mother takes a rest after work
Ibumu melakukan istirahat  (beristirahat) seusai kerja.


Makan atau Minum

Arti dari have sebagai kata kerja selanjutnya adalah 'makan' atau 'minum'. Kata have yang berarti makan' atau 'minum' biasanya berdampingan dengan kata yang berhubungan dengan jenis makanan atau minuman.

Misalnya,

I have prawns and rice for lunch.
Aku makan udang dan nasi untuk makan siang.

I have a drink of water after workout
Aku minum air setelah olahraga.

Make sure your hands are clean before you have your dinner.
Pastikan tanganmu bersih sebelum kamu makan santapan malam.

My father always has a biscuit and a cup of tea.
Ayahku selalu makan biskuit dan minum secangkir teh

Let's  have a curry and then go to the movies.
Mari kita makan kareh lalu pergi menonton film.


Mengalami

Have dapat pula memiliki arti mengalami sesuatu baik itu mengalami yang baik mapun mengalami hal yang buruk. Dalam hal ini, kata have memiliki arti 'mengalami'.

We have great time in Semarang.
Kami mengalami waktu yang menyenangkan di Semarang.

We don't have any difficulty learning the local language.
Kami tidak mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa setempat.

Tony doesn't have much luck.
Tony tidak mengalami keberuntungan.

Berikut ini kita akan membandingkan bentuk present dari kata have dan artinya yang dituliskan di atas dengan kata had beserta artinya dalam beberapa contoh kalimat yang sama, tapi berbeda dalam tenses, tentunya.

Had

Have bentuk past, had, yang berfungsi sebagai kata kerja dapat kita temukan pada kalimat past tense 

Dipandang dari sisi artinya have atau has pada kalimat present tense dan arti kata had pada kalimat past tense, bentuk present dan bentuk past dari kata have tidak ada perbedaan arti dalam konteks kalimat. Namun, perbedaannya dapat terlihat pada sisi makna.

Berikutnya contoh fungsi have bentuk past sebagai kata kerja pada kalimat past tense yang mempunyai beragam arti.


Mempunyai

Sebagian besar pemula pembelajar bahasa Inggris telah mengenal kata have atau has yang memiliki arti 'mempunyai ' atau 'memilik'. Namun, mereka masih bingung ketika menjumpai kata had pada kalimat bahasa Inggris. Sebenarnya, kata had pada kalimat past tense memiliki arti yang sama dengan kata have atau has pada kalimat present tense, tapi tentunya, keduanya berbeda dalam hal makna.

Misalnya,

They had a beautiful house.
Mereka mempunyai sebuah rumah indah.

Although he had lots of money, he doesn't feel happy.
Meskipun dia memiliki banyak uang, dia tidak merasa bahagia..

I did't have much time to talk about it.
Aku tidak mempunyai banyak waktu untuk membicarakannya.

I had two cats and one dog.
Aku mempunyai dua kucing dan satu anjing.

Jack didn't 't have any idea to tell
Jack tidak memiliki gagasan apapun untuk dikatakan.


Menderita

Tidak hanya memiliki arti 'mempunyai', kata had juga dapat berarti 'menderita'. Kata had yang memiliki arti ini biasanya didampingi kata-kata yang berhubungan jenis penyakit. Meskipun terkadang dalam terjemahan bahasa Indonesianya agak aneh ditelinga kita, bentuk susunan kalimat bahasa Inggris seperti ini wajar dan umum bagi penutur asli bahasa Inggris.

Misalnya,

Emily had a very nasty cough.
Emile menderita batuk cukup berat.

She went home early because she had a bad headache.
Dia pulang lebih awal karena dia menderita sakit kepala.

My grandmother had diabetes.
Nenekku menderita diabetes.

I had a terrible hangover.
Aku menderita pusing berat.

My grandfather had a heart attack.
Kakekku menderita serangan jantung.


Melakukan

Sama dengan sebelumnya, arti had yang satu ini dalam bahasa Indonesia terkadang terdengar agak aneh ditelinga kita. Namun, penggunaan kata had dengan arti ini cukup umum digunakan para penutur asli bahasa Inggris. Arti dari had kali ini adalah 'melakukan' sesuatu yang berkaitan dengan suatu kegiatan.

Misalnya,

I had a swim.
Aku melakukan renang (berenang)

We had a short walk after lunch.
Kami (melakukan) jalan kaki sebentar usai makan siang.

They had a try, but they failed.
Mereke melakukan ujicoba. (mencobanya), tapi mereka gagal.

We could have a picnic together if you were available.
Kita bisa melakukan piknik bersama jika kamu senggang.

I had a chat with my boss about a possible salary increase.
Aku melakukan perbincangan (berbincang) dengan bosku mengenai kenaikan gaji.

We had a dance and afterwards we had a serious talk.
Kami melakukan dansa (berdansa) dan kemudian kami melakukan perbicaraan serius.

She had an afternoon nap before she ate out with her friends
Dia (melakukan) tidur siang sejenak sebelum dia makan keluar dengan teman-temannya.

I had a look at your notebook.
Aku melakukan (melihat) catatanmu.

My brother had a shower too long. 
Adikku melakukan mandi terlalu lama.

Your mother had a rest after work
Ibumu melakukan istirahat  (beristirahat) seusai kerja.


Makan atau Minum

Arti dari had sebagai kata kerja selanjutnya adalah 'makan' atau 'minum'. Kata have yang berarti makan' atau 'minum' biasanya berdampingan dengan kata yang berhubungan dengan jenis makanan atau minuman.

Misalnya,

I had prawns and rice for lunch.
Aku makan udang dan nasi untuk makan siang.

I had a drink of water after workout.
Aku minum air setelah olahraga.

Andy washed his hands before he had his dinner.Andy mencuci tangannya sebelum dia makan santapan malam.

My father had a biscuit and a cup of tea this morning
Ayahku makan biskuit dan minum secangkir teh pagi ini.

Let's  have a curry and then go to the movies.
Mari kita makan kareh lalu pergi menonton film.


Mengalami

Have dapat pula memiliki arti mengalami sesuatu baik itu mengalami yang baik mapun mengalami hal yang buruk. Dalam hal ini, kata had memiliki arti 'mengalami'.

We had great time in Semarang last month.
Kami mengalami waktu yang menyenangkan di Semarang.

We didn't have any difficulty learning the local language.
Kami tidak mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa setempat.

Tony didn't have much luck.
Tony tidak mengalami keberuntungan.


Kesimpulannya, have dari sudut pandang fungsi dan penggunaan sebagai kata kerja pada umumnya, have dan has, digunakan pada kalimat present tense, sedangkan had biasanya digunakan pada kalimat past tense.


Setelah mengupas kata have sebagai kata kerja, kita akan menuju pada pembahasan mengenai kata have sebagai kata kerja bantu berikut.


Have Sebagai Kata Kerja Bantu

Have dalam bahasa Inggris, selain yang telah disebutkan sebelum ini, dapat pula berfungsi sebagai kata kerja bantu, atau dalam bahasa Inggris disebut helping verb. Sesuai dengan namanya, kata kerja bantu adalah suatu kata kerja yang berfungsi membantu kata kerja utama untuk membentuk sebuah konstruksi kalimat bahasa Inggris yang selaras dengan gagasan atau maksud dari kalimat tersebut.

Setiap kalimat dalam bahasa Inggris pada dasarnya mengandung tenses. Have sebagai kata kerja bantu berdampingan dengan kata kerja utama berperan penting untuk membangun sebuah kalimat tenses.

Have sebagai kata kerja bantu dapat berfungsi membantu konstruksi kalimat perfect tense. Dengan bantuan kata kerja bantu, kita dapat membuat konstruksi kalimat positif, kalimat negatif dan pertanyaan.

Dalam prakteknya seperti yang telah disinggung sebelumnya, kita menggunakan have sebagai kata kerja bantu berdampingan dengan kata kerja utama, biasanya kata kerja aksi, untuk membuat sebuah konstruksi kalimat bahasa Inggris.

Have dan Has

Have bentuk present, have dan has, yang selain berfungsi sebagai kata kerja dapat pula berfungsi sebagai kata kerja bantu ketika kita membuat konstruksi kalimat dengan present perfect tense.

Baik kata have maupun has memiliki beragam arti sesuai dengan konteks kalimatnya.

Berikut contoh fungsi have bentuk present sebagai kata kerja bantu pada kalimat present perfect tense yang memiliki arti yang bervariasi.


Sudah atau Telah

Pada umumnya, kata have atau has yang memiliki arti 'sudah ' atau 'telah' pada kalimat present perfect tense

Misalnya,

Sudah

Diana has already gone.
Diana sudah pergi.

My little brother has eaten twice.
Adikku sudah makan dua kali.

I have visited Semarang many times.
Aku sudah berkunjung ke Semarang beberapa kali.


Pernah

I have heard that story before.

Aku pernah mendengar cerita itu sebelumnya.

I have seen the movie before.
Aku pernah menonton film itu sebelumnya.

That man has helped me.
Pria itu pernah menolong ku.


Belum

Selain memiliki arti sudah atau telah, kata have atau has dan not berdampingan dengan kata kerja aksi untuk membentuk sebuah kontruksi kalimat negatif present perfect tense. Pada konstruksi kalimat ini, baik kata have ataupun has memiliki arti belum.

Misalnya,

My sister hasn't phoned yet.

Kakakku belum menelpon juga.

I haven't visited Semarang before.

Aku belum pernah berkunjung ke Semarang.

I haven't seen Anita lately.
Aku belum melihat Anita akhir-akhir ini.


Sudahkah

Arti dari kata have atau has selain berarti belum, kedua kata ini dapat juga memiliki arti 'sudahkah' ketika kita membuat pertanyaan dengan present perfect tense.

Misalnya,

Has Diana gone?
Sudahkah Diana pergi?

Has my little brother eaten?
Sudahkah adikku makan?

Have you visited Semarang?
Sudahkah kamu berkunjung ke Semarang?


Pernahkah

Berdampingan dengan kata ever, kata have atau has dapat memiliki arti 'pernahkah' ketika kita membuat konstruksi pertanyaan dengan present perfect tense.

Misalnya,

Have you ever heard that story before?
Pernahkah kamu mendengar cerita itu sebelumnya?

Have you ever seen the movie before?
Pernahkah kamu menonton film itu sebelumnya?

Has that man ever helped you?
Pernahkah pria itu menolong kamu?


Had

Tidak jauh berbeda dengan bentuk present dari kata have, have dan has, kata had sebagai kata kerja bantu yang membantu kata kerja utama berperan membentuk sebuah konstruksi kalimat past perfect tense.
Had sebagai kata kerja bantu dapat berfungsi membantu konstruksi kalimat past perfect tense. Dengan bantuan kata kerja bantu, kita dapat membuat konstruksi kalimat dan mengutarakan maksud kita pada lawan bicara atau pembaca yang diwujudkan dengan beragam arti meskipun pola kalimat yang digunakan tetaplah sama.
Berikut contoh fungsi have bentuk past sebagai kata kerja bantu pada kalimat past perfect tense yang memiliki arti yang bervariasi.


Sudah atau Telah

Pada umumnya, kata have atau has yang memiliki arti 'sudah ' atau 'telah' pada kalimat present perfect tense

Misalnya,

Sudah

Diana had already gone when you came.
Diana sudah pergi ketika kamu datang.

My little brother had eaten twice before he went out.
Adikku sudah makan dua kali sebelum dia pergi keluar.

I had visited Semarang many times before 2010.
Aku sudah berkunjung ke Semarang beberapa kali sebelum tahun 2010.


Pernah

I had heard that story before you told me.

Aku pernah mendengar cerita itu sebelumnya.

I had seen the movie before we saw it yesterday.
Aku pernah menonton film itu sebelumnya.

That man had helped me.
Pria itu pernah menolong ku.


Belum

Selain memiliki arti sudah atau telah, kata have atau has dan not berdampingan dengan kata kerja aksi untuk membentuk sebuah kontruksi kalimat negatif present perfect tense. Pada konstruksi kalimat ini, baik kata have ataupun has memiliki arti belum.

Misalnya,

My sister hadn't phoned yet.

Kakakku belum menelpon juga.

I hadn't visited Semarang before.

Aku belum pernah berkunjung ke Semarang.

I hadn't seen Anita lately.
Aku belum melihat Anita akhir-akhir ini.


Sudahkah

Arti dari kata have atau has selain berarti belum, kedua kata ini dapat juga memiliki arti 'sudahkah' ketika kita membuat pertanyaan dengan present perfect tense.

Misalnya,

Had Diana gone when you came?
Sudahkah Diana pergi ketika waktu kamu datang?

Had my little brother eaten before he went out?
Sudahkah adikku makan sebelum dia pergi keluar?

Had you visited Semarang before 2010 ?
Sudahkah kamu berkunjung ke Semarang sebelum tahun 2010?


Pernahkah

Berdampingan dengan kata ever, kata had dapat memiliki arti 'pernahkah' ketika kita membuat konstruksi pertanyaan dengan past perfect tense.

Misalnya,

Had you ever heard that story before then?
Pernahkah kamu mendengar cerita itu sebelum waktu itu?

Had you ever seen the movie before then?
Pernahkah kamu menonton film itu sebelum waktu itu?


Kesimpulannya, have dari sudut pandang fungsi dan penggunaan sebagai kata kerja bantu pada umumnya, have dan has, digunakan pada kalimat present perfect tense, sedangkan had biasanya digunakan pada kalimat past perfect tense.


Setelah mengupas fungsi have sebagai kata kerja dan sebagai kata kerja bantu, kita akan beranjak menyoroti satu fungsi lagi dari have.

Have Sebagai Kata Dasar Tanpa To

Apabila kita mendapati sebuah kalimat bahasa Inggris mengandung kata kerja bantu modal atau modal verb seperti will, would, must, have to, had to, may, might, can, could, shall, should atau kata kerja bantu modal lainnya, maka kita memerlukan have bentuk kata dasar tanpa toatau infinitive without to, untuk melengkapi kalimat tersebut sehingga kalimat tersebut utuh.

Masih ingatkah, sobat? Kalau kata kerja bantu, tidak hanya auxilliary verbs dan lainnya tapi juga modal verbs, berperan membantu kata kerja utama. Hal ini menandakan kata kerja bantu hanya membantu saja. Oleh karena itu, kata kerja bantu tidak dapat berdiri sendiri dalam sebuah kalimat. 

Sebagai ilustrasi, sebuah kalimat ibarat sebuah rumah tangga, kata kerja utama adalah seorang ibu, sedangkan kata kerja bantu adalah seorang pembantu. Sebuah rumah tangga biasanya dijalankan oleh seorang bapak, subjek kalimat, dan seorang ibu. Terkadang dalam menjalankan rumah tangga, seorang ibu dibantu seorang pembantu. Namun, untuk menjalankan rumah tangga, kehadiran seorang ibu tetap diperlukan meskipun ada seorang pembantu.

Dengan kata lain, seorang pembantu tidak bisa menjalankan rumah tangga tanpa adanya seorang ibu. Dalam konteks ini, kata dasar have tanpa to berperan sebagai ibu atau kata kerja utama.

Misalnya dua kalimat seperti di bawah ini tidak tepat meskipun kalau diterjemahan kata perkata dalam bahasa Indonesia benar.

I can English.

I will to school.

Have bentuk dasar tanpa to, have, sebagai kata kerja utama berdampingan dengan kata kerja bantu modal, atau modal verbs, biasanya sering digunakan pada kalimat present tense, kalimat past tense, kalimat present future tense dan kalimat past future tense.


Have

Present Tense

Berikut contoh fungsi kata have bentuk dasar tanpa to sebagai kata kerja utama pada kalimat present tense.

Tony can have a new bicycle if he wins.
Tony bisa memiliki sepeda baru jika dia menang.

She may have my book.
Dia boleh memiliki bukuku.

You must have driving license when you drive a car.
Kamu harus mempunyai SIM ketika kamu mengemudikan mobil.

Students shall have their meal out of the classroom.
Para murid harus makan di luar ruangan kelas.


Past Tense
Berikut contoh fungsi kata have bentuk dasar tanpa to sebagai kata kerja utama pada kalimat past tense. 

Tony could have a new bicycle if he wins.Tony bisa memiliki sepeda baru jika dia menang.

She might have my book.
Dia boleh memiliki bukuku.

You had to have driving license when you drive a car.
Kamu harus mempunyai SIM ketika kamu mengemudikan mobil.

Students should have their meal out of the classroom.
Para murid harus makan di luar ruangan kelas.


Present Future Tense
Berikut contoh fungsi kata have bentuk dasar tanpa to sebagai kata kerja utama pada kalimat past tense.  

Tony will have a new bicycle if he wins.Tony bisa memiliki sepeda baru jika dia menang.

She will have my book.
Dia boleh memiliki bukuku.

You will have driving license when you drive a car.
Kamu harus mempunyai SIM ketika kamu mengemudikan mobil.

Students will have their meal out of the classroom.
Para murid harus makan di luar ruangan kelas.

Past Future Tense

Berikut contoh fungsi kata have bentuk dasar tanpa to sebagai kata kerja utama pada kalimat past tense.  

Tony would have a new bicycle if he wins.
Tony bisa memiliki sepeda baru jika dia menang.

She would have my book.
Dia boleh memiliki bukuku.

You would have driving license when you drive a car.
Kamu harus mempunyai SIM ketika kamu mengemudikan mobil.

Students would have their meal out of the classroom.
Para murid harus makan di luar ruangan kelas.


Kesimpulannya, have dari sudut pandang fungsi dan penggunaan sebagai kata dasar tanpa to pada umumnya, have, digunakan pada kalimat yang mengandung kata kerja bantu modal.

Setelah cukup membahas kata have sebagai kata kerja, kata kerja bantu, dan kata dasar tanpa to, kita akan menengok beberapa fungsi lainnya berikut ini.


Fungsi Lainnya

Sebelumnya telah diutarakan bahwa fungsi umum dari have adalah sebagai kata kerja dan kata kerja bantu. Selain itu, kita dapat menemukan fungsi-fungsi lainnya pada kalimat bahasa Inggris yang akan dikupas berikut ini.

To have

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bentuk dasar have terbagi atas dua bentuk, yaitu have dan to have. Tidak seperti bentuk have lainnya, have yang satu ini tidak berfungsi sebagai kata kerja ataupun sebagai kata kerja bantu. Namun, kata have ini juga memiliki fungsi-fungsi lainnya.

Have yang berbentuk dasar dengan to, yaitu to have, memiliki beberapa fungsi dalam sebuah kalimat bahasa Inggris yang meliputi:

Subjek
Objek Langsung
Pelengkap Subjek
Kata Keterangan

Selanjutnya, kita akan mengupas masing-masing dari kesemua fungsi ini sebagai berikut.


Subjek

Pada umumnya, subjek dari sebuah kalimat bahasa Inggris merupakan kata benda, tapi to have pun dapat pula berfungsi sebagai subjek. Dalam hal ini, to have tidak hanya berdiri sendiri, tapi terkadang bergandengan dengan kata-kata lainnya membentuk sebuah frasa.

Misalnya,

To have a beautiful house is my biggest dream.
Mempunyai sebuah rumah indah adalah impian terbesarku.

Subjek dari kalimat di atas adalah to have a beautiful house.


To have you by my side completes my life.
Memiliki dirimu di sisiku melengkapi hidupku.

Subjek dari kalimat di atas adalah to have you by my side.


Objek Langsung

Sama seperti halnya dengan subjek, objek sering pula berbentuk kata benda dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, tapi to have pun dapat pula berfungsi sebagai objek.

Misalnya,

I want to have my own car.
Aku ingin mempunyai mobil sendiri.

To have my own car merupakan objek dari kata kerja want.


He just needs to have a enough rest.
Dia hanya membutuhkan (melakukan) istirahat yang cukup. 

To have a enough rest. merupakan objek dari kata kerja need.


Pelengkap Subjek

To have yang berfungsi sebagai pelengkap subjek biasanya didahului oleh kata kerja penghubung atau linking verb seperti kata is, am, are, was, were, look, sound, seem, appear dan lainnya.

Misalnya,


He seems to have a lot of problems.

Dia nampaknya mempunyai banyak masalah. 

Pelengkap subjek kalimat di atas adalah to have a lot of problems.


My purpose is to have the best job.

Tujuan saya yaitu memiliki pekerjaan terbaik

Pelengkap subjek kalimat di atas adalah to have the best job.


Kata Keterangan

Sebuah kata keterangan dalam kalimat bahasa Inggris berfungsi menjelaskan kata lainnya selain kata benda. Bahkan kata keterangan dapat menjelaskan sebuah kalimat. To have di sini bukanlah berperan sebagai jenis kata keterangan, tapi berfungsi sebagai layaknya seperti kata keterangan.

Misalnya,

He should forget bad things to have a great day.

Dia seharusnya melupakan hal-hal buruk untuk mengalami hari yang menyenangkan.

To have a great day. berfungsi menjelaskan atau memodifikasi seluruh kalimat.


To have fun, you need to adapt your surrounding.

Untuk mengalami hal yang menyenangkan, kamu perlu menyesuaikan diri dengan sekitarmu.

To have fun berfungsi menjelaskan atau memodifikasi seluruh kalimat.


Having

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bentuk have yang terakhir adalah having. Tidak berbeda jauh dengan to have, kata having memiliki beberapa fungsi dalam kalimat bahasa Inggris.

Have yang berbentuk -ing ini, yaitu having, memiliki lima fungsi dalam sebuah kalimat bahasa Inggris meliputi:

Subjek
Objek Langsung
Objek Kata depan
Predikat
Kata Keterangan

Selanjutnya, kita akan mengupas masing-masing dari kelima fungsi ini sebagai berikut.


Subjek

Pada umumnya, subjek dari sebuah kalimat bahasa Inggris merupakan kata benda, tapi having pun dapat pula berfungsi sebagai subjek. Dalam hal ini, having tidak hanya berdiri sendiri, tapi terkadang bergandengan dengan kata-kata lainnya membentuk sebuah frasa. Kata having yang berfungsi sebagai subjek biasanya dikenal dengan sebutan gerund.

Misalnya,

Having a beautiful house is my biggest dream.
Mempunyai sebuah rumah indah adalah impian terbesarku.

Subjek dari kalimat di atas adalah having a beautiful house.


Having you by my side completes my life.
Memiliki dirimu di sisiku melengkapi hidupku.

Subjek dari kalimat di atas adalah having you by my side.


Objek Langsung

Sama seperti halnya dengan subjek, objek sering pula berbentuk kata benda dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Demikian pula having dapat berfungsi sebagai objek. Kata having yang berfungsi sebagai objek juga dikenal dengan sebutan gerund.

Misalnya,

I can't stand having spicy food.   
Aku membenci makan makanan pedas.
Having spicy food merupakan objek dari kata kerja stand.


She quits having junk food.
Dia berhenti makan makanan 'sampah'.

Having junk food merupakan objek dari kata kerja quit.


Objek Kata Depan  

Having yang berfungsi sebagai objek dari kata depan ketika didahului sebuah kata depan. Having yang berfungsi sebagai objek dari kata depan biasanya disebut dengan gerund.

Misalnya,

Lisa looks forward to having a new bicycle.
Lisa sangat berharap mempunyai sebuah sepeda baru.

Having a new bicycle pada kalimat di atas merupakan objek dari kata depan to.


He is dead of having cancer.
Dia meninggal karena menderita penyakit kanker

Having cancer pada kalimat di atas merupakan objek dari kata depan of.


Predikat 

Karena fungsinya sebagai predikat ketika berdampingan dengan kata-kata lainnya membentuk konstruksi kalimat. Having yang berfungsi sebagai predikat biasanya kita temukan pada kalimat aktif yang mengandung continuous tense. Having yang berfungsi sebagai predikat biasanya dikenal dengan sebutan present participle.

Misalnya,

They are having dinner together.

Kami sedang makan santap malam bersama.

Having berdampingan dengan kata are berfungsi sebagai predikat.


The children were having fun with fireworks.
Anak-anak sedang mengalami hal menyenangkan (bersenang -senang) dengan kembang api.


Having berdampingan dengan kata were berfungsi sebagai predikat.


Kata Keterangan

Sebuah kata keterangan dalam kalimat bahasa Inggris berfungsi menjelaskan kata lainnya selain kata benda. Bahkan kata keterangan dapat menjelaskan sebuah kalimat. Having yang bergandengan dengam kata-kata lainnya di sini bukanlah berperan sebagai jenis kata keterangan, tapi berfungsi sebagai layaknya seperti kata keterangan.

Misalnya,

Having heart attack, his grandfather is hospitalized.
Karena menderita serangan jantung, kakeknya masuk rumah sakit.

Having heart attack berfungsi menjelaskan atau memodifikasi seluruh kalimat.


Having a very expensive diamond, that woman was robbed in the bank.
Karena memiliki berlian mahal, wanita itu dirampok di bank.

Having a very expensive diamond berfungsi menjelaskan atau memodifikasi seluruh kalimat.


Kesimpulannya, have secara umum memiliki dua fungsi utama dalam kalimat yaitu sebagai kata kerja dan kata kerja bantu. Di samping itu pula, have mempunyai fungsi-fungsi lainnya serta penggunaannya berdasarkan konteks.

Setelah mengetahui fungsi dan penggunaan dari have dengan lima bentuknya, bagian terakhir dari catatan ini, kita akan melihat dari sisi arti dan makna dari have berikut ini.


Makna

Have dalam sebuah kalimat bahasa Inggris tidak hanya memiliki arti, tapi juga makna. Have dengan kelima bentuknya secara umum sering diartikan dengan kata mempunyai, atau memiliki. Namun, pada beberapa konteks kalimat, kata have juga memiliki beberapa arti lainnya.


Selain dari pada itu have juga mempunyai makna yang selaras dengan situasi dan tenses pada kalimat tersebut.

Misalnya pada beberapa contoh kalimat berikut.

They have a beautiful house.
Mereka (saat ini) mempunyai sebuah rumah indah.

They had a beautiful house.
Mereka (dulunya) mempunyai sebuah rumah indah.

Meskipun pada dua kalimat diatas, kata have dan kata had memiliki arti yang sama, yaitu 'mempunyai', makna kedua kalimat tersebut, terutama rujukan waktunya, tidak sama, yaitu saat ini dan dulunnya.


Emily has a very nasty cough.
Emile (saat ini) menderita batuk cukup berat.

Emily had a very nasty cough.
Emile (tadinya) menderita batuk cukup berat.

Meskipun pada dua kalimat diatas, kata has dan kata had memiliki arti yang sama, yaitu 'menderita', makna kedua kalimat tersebut, terutama rujukan waktunya, tidak sama, yaitu saat ini dan tadinya.


My brother has a shower too long. 
Adikku (biasanya melakukan) mandi terlalu lama.

My brother had a shower too long. 
Adikkun (tadi melakukan) mandi terlalu lama.

Meskipun pada dua kalimat diatas, kata has dan kata had  memiliki arti yang sama, yaitu 'melakukan', makna kedua kalimat tersebut, terutama rujukan waktunya, tidak sama, yaitu biasanya dan tadinya.


I have a drink of water after workout
Aku (biasanya) minum air setelah olahraga.

I had a drink of water after workout this morning.
Aku (pagi ini) minum air setelah olahraga.

Meskipun pada dua kalimat diatas, kata have dan kata had  memiliki arti yang sama, yaitu 'minum', makna kedua kalimat tersebut, terutama rujukan waktunya, tidak sama, yaitu biasanya dan pagi ini.


My little brother has eaten twice.
Adikku sudah makan dua kali.

My little brother had eaten twice before he went out.
Adikku sudah makan dua kali sebelum dia pergi keluar.

Meskipun pada dua kalimat diatas, kata have dan kata had  memiliki arti yang sama, yaitu 'makan', makna kedua kalimat tersebut, terutama rujukan waktunya, tidak sama, yaitu waktu tak spesifik di masa lalu  dan waktu sebelum dia pergi keluar .


I have heard that story before.
Aku pernah mendengar cerita itu sebelumnya.

I had heard that story before you told me.
Aku pernah mendengar cerita itu sebelum kamu mengetahui.

Meskipun pada dua kalimat diatas, kata have dan kata had  memiliki arti yang sama, yaitu 'pernah', makna kedua kalimat tersebut, terutama rujukan waktunya, tidak sama, yaitu waktu sebelumnya dan waktu sebelum dia diberitahukan .


Kesimpulannya, have dari sudut pandang arti, have acap kali diartikan dengan 'mempunyai'. Namun, sebenarnya kata have juga memiliki arti lainnya. Selain itu, have memiliki makna bergantung dari tenses yang terkandung dalam kalimat tersebut.


Demikialah sobat, catatan saya mengenai seputar have dalam bahasa Inggris yang diamati dari tiga sudut pandang. Terima kasih banyak atas waktu yang sobat luangkan untuk membaca artikel ini.

Sekiranya catatan ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Sekali lagi, saya haturkan terima kasih banyak dan sampai berjumpa kembali dengan artikel-artikel lainnya.



0 Response to "3 Hal Seputar Have Bahasa Inggris yang Patut Kamu Ketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel