Apakah Kamu Tahu yang Membedakan Did You Know dan Do You Know?


Sepintas, melihat dua pertanyaan ini, kita tidak melihat perbedaannya. Pertanyaan did you know dan do you know apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia terlihat serupa.

Meskipun pertanyaan did you know dalam bahasa Indonesia berarti apakah kamu tahu, demikian pula pertanyaan do you know memiliki arti apakah kamu tahu, tidak berarti kedua pertanyaan ini sama. Dengan kata lain, kendati kedua pertanyaan ini mempunyai arti yang sama, secara kasat mata, kita bisa melihat perbedaan dari kedua pertanyaan tersebut, yaitu terletak pada kata did dan do yang melekat pada kedua pertanyaan tersebut.

Dari dua kata inilah yang membawa perbedaan antara kedua pertanyaan ini. Setelah ini, kita akan menyusuri apa saja yang sebaiknya kita ketahui untuk memahami penggunaan kedua pertanyaan ini.

Kata did pada pertanyaan did you know merujuk pada Past Tense. Hal ini menyiratkan pertanyaan ini mempunyai keterkaitan dengan waktu lampau. Sedangkan, kata do pada pertanyaan do you know menyiratkan pertanyaan ini berhubungan dengan penggunaan Present Tense. Hal ini menyiratkan pertanyaan ini bertalian erat dengan waktu sekarang.

Perbedaan did you know dan do you know
Perbedaan did you know dan do you know - langitbirukata.com

Persamaan

Kedua pertanyaan ini baik itu did you know maupun do you know sama-sama berfungsi mengharapkan jawaban ya atau tidak. Dengan kata lain, kedua pertanyaan ini termasuk pertanyaan interogatif. Disamping itu, kedua pertanyaan ini juga menanyakan apakah lawan bicara mengetahui apa yang ditanyakan si penanya.


Penggunaan

Untuk melihat perbedaan antara kedua pertanyaan ini, sobat perlu mengetahui penggunaannya dan makna apa yang tersirat dalam kedua pertanyaan did you know dan do you know sebagaimana yang dituliskan berikut ini:


Did You Know

Pertanyaan did you know digunakan tatkala kamu sedang menanyakan seseorang apakah dia mengetahui tentang sebuah fakta dan kamu sudah tahu tentang fakta tersebut.

Semisal kamu menanyakan pada teman kamu:

Did you know that the Blenduk church is the oldest Christian church in Central Java?
Apakah kamu tahu bahwa gereja Blenduk adalah gereja kristen tertua di Jawa Tengah?

The Blenduk church is the oldest Christian church in Central Java adalah fakta yang kamu ketahui. Maka jawaban yang sesuai adalah no atau no, I didn't, apabila teman kamu tidak tahu tentang fakta ini sebelum kamu mengajukan pertanyaan tersebut. Dan jawaban yes atau yes I did, jika teman kamu sudah mengetahui fakta tersebut.


Pendeknya, ketika kamu menggunakan pertanyaan did you know, pertanyaan ini menyiratkan bahwa kamu sudah tahu tentang sebuah fakta dan kamu ingin tahu apakah teman kamu juga mengetahui fakta tersebut.

Kamu dapat menggunakan pertanyaan did you know untuk menanyakan apa saja yang bertalian dengan suatu fakta.

Berikut beberapa contoh pertanyaan did you know yang sering diajukan:

Did you know Mr. White used to be a soccer player?
Apakah kamu tahu Pak White dulunya seorang pemain sepakbola?

Did you know Jack's sister just got married?
Apakah kamu tahu adiknya Jack barusan menikah?

Did you know there was a car accident last night?
Apakah kamu tahu ada kecelakaan mobil tadi malam?

Did you know the Wilson's are selling their house?
Apakah kamu tahu keluarga Wilson akan menjual rumah mereka?


Do You Know

Bagaimana dengan pertanyaan do you know? Pertanyaan ini diajukan ketika kamu mencoba mencari tahu sepotong informasi yang tidak kamu ketahui sebelumnya.

Semisal kamu menanyakan pada seseorang:

Do you know Mr. James' phone number?
Apakah kamu tahu nomor teleponnya pak James?

Biasanya, orang yang kamu tanyakan akan memberikan informasi yang kamu dengan mengatakan:

You can call him at 08134534589.
Kamu dapat menghubungi di nomor 08134534589.

Berikut beberapa contoh pertanyaan do you know yang sering diajukan:

Do you know how to fix this printer?
Apakah kamu tahu cara memperbaiki mesin pencetak ini?

Do you know how much a trip to Malaysia?
Apakah kamu tahu  berapa biaya perjalanan ke Malaysia?

Do you know where the nearest ATM is?
Apakah kamu tahu di mana lokasi ATM terdekat?

Do you know if the Smith's are selling their house?
Apakah kamu tahu

Dari beberapa contoh pertanyaan dengan do you know, si penanya sebenarnya ingin mengetahui informasi dan si penanya tersebut berharap lawan bicara dapat memberitahu mengenai sesuatu yang tidak diketahui si penanya tersebut.


Kesimpulan

Singkatnya, perbedaan mendasar antara pertanyaan did you know dan do you know adalah apakah kita sudah atau belum tahu jawaban dari pertanyaan yang kita utarakan pada lawan bicara.

Ketika kita menggunakan did you know bermakna kita sudah tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Sementara, kita menggunakan pertanyaan do you know tatkala kita ingin tahu apa jawaban dari pertanyaan tersebut.


Demikian catatan sekelumit mengenai perbedaan mendasar antara pertanyaan did you know dan do you know. Semoga rasa ingin tahu sobar dapat terpuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk singgah dan membaca artikel ini. Sampai bertemu kembali dengan artikel-artikel lainnya.


0 Response to "Apakah Kamu Tahu yang Membedakan Did You Know dan Do You Know?"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel