3 Sisi Present Future Perfect Tense yang Perlu Kamu Cermati


Apabila sobat mendengar tiga kata ini, present future perfect apa yang ada di benak kamu? Apakah waktu tense ini merujuk pada waktu sekarang atau masa depan? Apakah kata perfect membuat kamu bingung? Kenapa nama tense ini mengandung kata present sekaligus future?

Seperti yang sudah saya singgung dalam 3 Sudut Pandang Belajar Tata Bahasa Inggris, ketika kita mempelajari tata bahasa kita seyogyanya memandang dari 3 sudut pandang. Salah satunya adalah form atau bentuk penulisan. Form yang saya maksud di sini hanya mengacu pada penulisan nama saja, tidak lebih. Penulisan nama tense hanya dapat kita wujudkan dalam bentuk pola penulisan kalimat.

Mengaitkan nama tense dengan fungsi tense justru akan menambah kebingungan kita dalam memahami tense ini.

Sebelum kita lanjutkan catatan kali ini lebih dalam, mari kita sedikit menyegarkan ingatan kita kembali mengenai tenses.

Seperti yang sudah ditulis pada catatan saya sebelumnya, ketika kita berbicara mengenai tenses, itu artinya kita berbicara sesuatu yang bertalian erat dengan waktu.

Tenses, seperti yang telah saya kupas dalam Cara Sederhana Memahami Tenses Bahasa Inggris, adalah perubahan bentuk yang terjadi pada sebuah kata kerja (verb), atau kata kerja bantu (auxiliary verb) ataupun kata kerja bantu (modal verb) yang menyesuaikan dengan suatu waktu yang kita maksudkan kepada pembaca atau pendengar.

Ditilik dari namanya present future per fect mempunyai makna penanda waktu yang merujuk pada waktu yang akan datang dan menunjukkan suatu kegiatan atau kejadian yang telah dilakukan atau terjadi meskipun tense ini mengandung kata present.

Secara harfiah, present future perfect tense terdiri dari tiga kata pembentuk. Tense berarti penanda waktu (terlihat pada perubahan bentuk predikatnya) dan present berarti saat ini, terlihat dari kata will yang berbentuk present. Perfect adalah sebuah kegiatan atau peristiwa yang telah usai atau selesai dilakukan.

Present Future Perfect Tense
Present Future Perfect Tense - langitbirukata.com
Dengan kata lain, ketika sobat berkata atapun menuliskan sebuah kalimat menggunakan present future perfect tense, itu artinya kamu ingin memberitahukan pada pendengar atau pembaca kalau suatu kegiatan atau kejadian ujaran tersebut dilakukan atau terjadi di masa depan yang telah usai dilakukan atau terjadi.

Meskipun present future perfect tense merujuk pada suatu kegiatan atau kejadian yang dilakukan atau terjadi di waktu yang akan datang, kalau dipandang dari penggunaannya, tense ini ternyata tidak hanya menunjukkan satu fungsi saja, tapi juga terdapat kegunaan lainnya.

Agar sobat mengerti Present future Perfect tense secara komprehensif, bukan sekedar menghafalkan rumusnya semata, sebaiknya kita melihat 3 dimensi dari sebuah Present Perfect Tense:

1. Bentuk
2. Penggunaan
3. Makna


1. Bentuk (Form)

Kita bisa mengetahui dan mengidentifikasi present future perfect tense dari sebuah kalimat dengan melihat bentuk(form) penulisan pola kalimat tersebut. Bentuk (form) dari kalimat present future perfect tense bisa diamati dari predikat dari kalimat tersebut.

Ciri-ciri utama, dan paling umum, dari dari sebuah kalimat dengan present future perfect tense adalah terdapat kata will dan have diikuti bentuk past participle atau lebih dikenal dengan verb 3 dalam kalimat tersebut. Jadi bila kita mendapati ciri-ciri ini dalam sebuah kalimat, maka kita bisa memastikan kalau kalimat tersebut berbentuk present future perfect tense.

Selain dari yang disebutkan sebelumnya, penulisan bentuk kata setelah kata will dan have bergantung jenis predikatnya. Apakah predikatnya dalam bentuk kata kerja, atau bukan kata kerja? Karena hal ini menentukan bagaimana nantinya bentuk cara penulisannya dalam sebuah kalimat present future perfect tense .

Berikutnya kita akan kupas lagi bagaimana bentuk kalimat present future perfect tense berdasarkan:

Kalimat positif
Kalimat negatif
Pertanyaan interogatif

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, semua subjek dalam kalimat present future perfect tense ditandai dengan adanya kata  will dan have baik itu dalam kalimat positif, negatif atau interogatif. Penjelasan lebih rinci mengenai ke tiga jenis kalimat tersebut sebagai berikut:


Kalimat Positif

Apabila kalimatnya merupakan kalimat aktif dan positif  (+) present future perfect tense dan setelah kata will dan have, kemudian diikuti kata past participle.

Lebih jelas, lihat tabel berikut ini
I
will
have
written
a thesis.
You
will
have
written
a thesis.
They
will
have
written
a thesis.
We
will
have
written
a thesis.
She
will
have
written
a thesis.
He
will
have
written
a thesis.
It
will
have
written
a thesis.

Kalimat Negatif

Apabila kalimatnya merupakan kalimat aktif dan negatif (-) present future perfect tense dan setelah kata will, tambahkan kata not sebelum kata have.

Lebih jelas, lihat tabel berikut ini
I
will not
have
written
a thesis.
You
will not
have
written
a thesis.
They
will not
have
written
a thesis.
We
will not
have
written
a thesis.
She
will not
have
written
a thesis.
He
will not
have
written
a thesis.
It
will not
have
written
a thesis.

Pertanyaan Interogatif

Pertanyaan Interogatif selalu diawali dengan kata will. Apabila pertanyaannya berbentuk kalimat aktif, setelah kata will diikuti dengan subjek, kemudian kata have berdampingan dengan kata kata kerja past participle atau sering disebut verb 3.

Cara mudahnya, kita mengambil dari bentuk kalimat aktif dan positif. Lalu, kita cukup menukarkan posisi subjek dan will. Misalnya kalimat positifnya; She will have written a thesis. Kita menukarkan posisi she dan will menjadi will dan she.

Lebih jelas, lihat tabel berikut ini
Will
I
have
written
a thesis?
Will
You
have
written
a thesis?
Will
They
have
written
a thesis?
Will
We
have
written
a thesis?
Will
She
have
written
a thesis?
Will
He
have
written
a thesis?
Will
It
have
written
a thesis?


2. Penggunaan (use)

Bentuk kalimat tenses diatas hanya memberikan panduan cara kita menuliskan kalimat present future perfect tense, tapi tidak untuk penggunaannya.

Kapan waktu dan situasi seperti apa kita bisa menggunakan present future perfect tense dalam ujaran mapun tulisan?

Meskipun sebelumnya saya mengatakan present future perfect tense merujuk pada waktu masa yang akan datang, penggunaan present future perfect tense tidak hanya bicara tentang satu waktu di masa depan, tapi juga digunakan pada beberapa situasi lainnya.

Beberapa penggunaan present future perfect tense diantaranya seperti terlihat pada beberapa situasi dibawah ini:

1. Selesai Sebelum Sesuatu Terjadi Di Masa Datang

Ketika kita ingin mengungkapkan bahwa sesuatu akan terjadi atau dilakukan di waktu mendatang, atau di waktu spesifik di masa mendatang, kita dapat menggunakan present future perfect.

Dengan kata lain, dengan tense ini, kita memberitahukan pada lawan bicara atau pembaca kalau di waktu mendatang kita akan sudah selesai atau belum usai melakukan sesuatu sebelum suatu kejadian terjadi atau kegiatan dilakukan di waktu spesifik di masa mendatang,

Contoh penggunaannya seperti dalam beberapa kalimat berikut:

By next July, I will have had my own house.

By the time our parents gets home, she will have cleaned the entire house.

I will not have finished this English exam by 10 o'clock.

My brother will have learned enough Chinese to communicate before he moves to Beijing.

They will probaby have gone by the time we arrive there this afternoon.

2. Dalam Kurun Waktu Sebelum Sesuatu Terjadi Di Masa Datang

Ketika kita ingin mengungkapkan bahwa sesuatu akan terjadi atau dilakukan selama kurun waktu terjadi di waktu mendatang, kita dapat menggunakan present future perfect.

Dengan kata lain, dengan tense ini, kita memberitahukan pada lawan bicara atau pembaca kalau di waktu mendatang kita akan telah melakukan sesuatu selama kurun waktu ke depan sebelum suatu kejadian terjadi atau kegiatan dilakukan di waktu spesifik di masa mendatang.

Contoh penggunaannya seperti dalam beberapa kalimat berikut:


I will have been in Semarang for six months by the time I leave.

By Monday, Lisa will have borrowed my book for a week.

We will have rehearsed for one month by the time we perform live on Television.

By next month, our supervisor will have monitored our work for 3 months.

By the time our parents go home, my brother and I will have stayed home for a whole day. 


3. Arti atau makna (meaning)

Sebuah tenses dalam kalimat bahasa Inggris tidak hanya terangkai dari susunan kata yang membentuk suatu tenses, tapi di dalam susunan kata tersebut juga memiliki arti dan makna.

Lantas, bagaimana arti dan makna dari sebuah kalimat dengan present future perfect tense? Makna sebuah kalimat present future perfect tense mengikuti situasi atau penggunaan kalimat tersebut.


Beberapa arti serta makna dari kalimat present future tense berdasarkan situasi seperti dijelaskan dibawah ini:



1. Sudah Akan

Pada bagian pertama, penggunaan present future perfect tense disebutkan berguna untuk mengutarakan sesuatu akan terjadi atau dilakukan di waktu mendatang, atau di waktu spesifik di masa mendatang.

Frasa will have past participle dalam kalimat dengan tense ini bermakna telah atau sudah dilakukan yang terjadi pada suatu waktu di masa depan dan ditandai dengan satu kejadian atau kegiatan lainnya di masa depan.

Misalnya dalam beberapa kalimat berikut ini.

By next July, I will have had my own house.
Menjelang bulan Juli mendatang, aku sudah akan memiliki rumah sendiri.

Kalimat di atas bermakna nantinya sebelum  bulan Juli, rumah sendiri sudah akan dimiliki.


By the time our parents gets home, she will have cleaned the entire house.
Sebelum orang tua kami pulang, dia sudah akan (selesai) membersihkan seluruh rumah.

Kalimat di atas bermakna seluruh rumah sudah akan bersih sebelum orang tua kami tiba di rumah.


will not have finished this English exam by 10 o'clock.
Aku belum akan menyelesaikan ujian bahasa Inggris sebelum pukul 10.

Kalimat di atas bermakna hingga pukul 10 nanti, ujian bahasa Inggris masih belum akan selesai.


My brother will have learned enough Chinese to communicate before he moves to Beijing.
Kakakku sudah akan cukup menguasai bahasa Cina sebelum dia bertolak ke Beijing.

Kalimat di atas bermakna bahasa Cina akan sudah cukup dikuasai sebelum dia bertolak ke Beijing.


They will probaby have gone by the time we arrive there this afternoon.
Mereka mungkin akan sudah pergi sebelum kita tiba di sana petang ini.

Kalimat di atas bermakna petang ini kemungkinan mereka sudah  tidak (akan) ada setibanya kami di sana.


2. Selama Beberapa Waktu Akan

Pada bagian berikutnya, penggunaan present future perfect tense disebutkan bertujuan sesuatu akan terjadi atau dilakukan selama kurun waktu terjadi di waktu mendatang.

Frasa will have dalam kalimat dengan tense ini bermakna selama kurun  tertentu sudah dilakukan pada waktu yang akan datang..

Misalnya dalam beberapa kalimat berikut ini.

will have been in Semarang for six months by the time I leave.
Aku akan berada di Semarang selama 6 bulan sebelum aku pergi.

Kalimat di atas bermakna nanti selama 6 bulan, aku akan berada di Semarang, tapi setelahnya aku sudah tidak lagi berada di Semarang.


By Monday, Lisa will have borrowed my book for a week.
Sebelum hari senin, Lisa akan meminjam bukuku selama satu minggu.

Kalimat di atas bermakna nanti selama satu minggu bajuku akan dipinjam oleh Lisa, tapi pada hari senin berikutnya bukuku sudah kembali lagi.


We will have rehearsed for one month by the time we perform live on Television.
Kami akan latihan selama sebulan menjelang kami tampil secara langsung di TV.

Kalimat di atas bermakna nanti selama sebulan kami latihan, tapi setelah itu kami akan tampil di televisi. 


By next month, our supervisor will have monitored our work for 3 months.
Sebelum bulan depan, penyelia kami akan mengawasi pekerjaan kami selama tiga bulan.

Kalimat di atas bermakna nanti selama 3 bulan penyelia kami mengawasi pekerjaan kami, tapi setelah itu  tidak lagi.


By the time our parents go home, my brother and I will have stayed home for a whole day. 
Sebelum orang tua kami pulang,  aku dan kakakku akan tinggal di rumah selama seharian.

Kalimat di atas bermakna nanti selama seharian diam di rumah sebelum akhirnya orangtua kami datang.



Demikianlah catatan yang bisa saya bagikan buat sobat, kita telah membahas tentang 3 dimensi bagaimana cara mengenal present future perfect tense. Apabila sobat ada pertanyaan mengenai present future perfect tense, silakan ajukan dan tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar di bawah.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini. Semoga rasa ingin tahu sobat terjawab. Sampai jumpa dengan artikel lainnya.


0 Response to "3 Sisi Present Future Perfect Tense yang Perlu Kamu Cermati"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel