Tahukah Kamu Perbedaan How Are You, How Are You Doing dan How Do you Do?


How are you? atau how are you doing? ataukah how do you do? yang sebaiknya kita ucapkan ketika bertemu seseorang? Ketiga pertanyaan ini tidak jarang membuat sebagian para pemula pembelajar bahasa Inggris geleng-geleng kepala lantaran bingung bagaimana cara meresponnya. Atau bahkan masih bingung kapan mengucapkannya, atau dalam situasi seperti apa kita dapat mengujarkannya.

Mungkin beberapa pertanyaan di atas juga menjadi pertanyaan sobat kali ini? Jika memang demikian, kamu tidak salah dan dapat meneruskan membaca artikel ini.


Sebagai langkah awal, dan gambaran untuk mengamati perbedaan ketiga pertanyaan bahasa Inggris di atas, kamu dapat mencermati tiga pertanyaan dalam bahasa Indonesia berikut ini.

Bagaimana kabar Anda?,
Bagaimana keadaan kamu?
Gimana keadaan kamu?

Apakah sobat dapat membedakan ketiga pertanyaan bahasa Indonesia di atas? Apa perbedaan antara tiga pertanyaan tersebut? Jika kamu dapat menjawabnya dengan mudah, maka saya bisa memastikan kamu pun dapat dengan mudah membedakan tiga pertanyaan dalam bahasa Inggrisnya.

Ketiga pertanyaan bahasa Indonesia tersebut merupakan padanan untuk ketiga pertanyaan; how are you? atau how are you doing? ataukah how do you do? yang biasanya kita tuturkan untuk menanyakan kondisi atau keadaan seseorang yang kita temui. Lantas, apa yang membedakan antara ketiga pertanyaan tersebut? Ya, mungkin ini juga merupakan pertanyaan sobat.

Berikut ini kita akan menelusuri persamaan dan perbedaan ketiga pertanyaan ini dalam catatan di bawah ini.

Perbedaan How Are You, How are You Doing dan How Do You Do
Perbedaan How Are You, How are You Doing dan How Do You Do - langitbirukata.com



How are you? atau how are you doing? ataukah how do you do? merupakan salah tiga dari beberapa Pelbagai Sapaan dalam Bahasa Inggris yang biasanya digunakan dalam sebuah percakapan bahasa Inggris. Ketiga pertanyaan ini oleh para ahli bahasa dikategorikan sebagai ujaran basa basi, sebagai bagian dari sopan santun dalam berbicara. Bergantung pada konteks dan dengan siapa kita berbicara, pada umumnya, ketiganya dituturkan ketika bertemu dengan seseorang, teman, atau mungkin sahabat. Jadi ketiga pertanyaan ini pada dasarnya mempunyai peran yang sama yaitu berperan sebagai sapaan dan tidak memiliki perbedaan arti.


How Are You?

Pertanyaan ini mungkin merupakan bentuk sapaan yang paling umum dan telah dikenal oleh kebanyakan pembelajar bahasa Inggris. Biasanya sapaan yang satu ini, tentu saja bergantung dari maksud dan konteks dari si penanya, menanyakan perihal keadaan atau kondisi kesehatan, biasanya merujuk pada kondisi fisik, tidak hanya mencakup keadaan fisik, tapi juga termasuk kondisi mental, dari lawan bicara. Singkatnya, pertanyaan ini dapat diartikan:

How are you?
Bagaimana kabar kamu?

Dalam berbagai situasi, pertanyaan ini dituturkan tatkala kita ingin membuka sebuah obrolan untuk mencairkan suasana yang mungkin saja pada awalnya sedikit agak kaku ataupun untuk mengawali sebuah perkenalan dengan orang yang baru dikenal.

Dalam situasi formal, seseorang yang menuturkan ujaran ini sebenarnya tidak ingin tahu secara rinci mengenai kondisi keadaan kita seperti halnya catatan kesehatan kita. Dengan kata lain, dia hanya ingin bersikap santun. Jawaban yang umum digunakan untuk merespon pertanyaan ini biasanya adalah:

Oh, I'm fine, thanks. And you?
Saya baik saja. Terima kasih. Dan bagaimana dengan kamu?

Namun, tentu saja, kamu sebaiknya tidak meresponnya dengan dengan jawaban I'm fine apabila yang bertanya adalah sahabat dekat kamu atau dokter kamu.


How Are You Doing?

I am reading a book atau diterjemahkan saya sedang membaca buku. Begitulah kira-kira jawaban dari kebanyakan pemula pembelajar bahasa Inggris tatkala diajukan pertanyaan how are you doing? Apakah memang demikian?

Pertanyaan yang satu ini acap kali disamakan dengan pertanyaan what are you doing? Sehingga pertanyaan how are you doing? sering ditanggapi dengan jawaban yang mengutarakan tentang kegiatan yang dilakukan sekarang. Mungkin lantaran terdapat kata doing dalam pertanyaan tersebut. Padahal, pertanyaan ini tidak menanyakan kegiatan yang sedang kita kerjakan saat ini.

How are you doing? sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pertanyaan how are you? Hanya saja situasi penggunaannya yang berbeda. Kita menuturkan how are you doing? tatkala kita berada dalam situasi percakapan tidak terlalu formal, akrab dan santai. Singkatnya, pertanyaan ini dapat memiliki arti:

How are you doing?
Gimana keadaan kamu?

Pertanyaan ini seperti disebutkan sebelumnya untuk mengawali sebuah obrolan dengan orang yang sudah cukup kita kenal. Jadi, ujaran ini tidak cocok digunakan dalam situasi formal misalnya pertemuan bisnis.

Pertanyaan how are you doing? ini sangat kental berbau bahasa Inggris ala Amerika lantaran sering digunakan oleh penutur bahasa Inggris di Amerika Serikat. Dan pertanyaan ini semakin dikenal dan menjadi populer oleh serial TV Amerika yang berjudul Friends sehingga hingga saat ini pertanyaan ini cukup sering digunakan oleh kalangan umum, terutama kalangan muda.

Biasanya pertanyaan how are you doing ini direspon dengan jawaban:, atau

I'm doing fine.
Keadaanku baik aja.

Atau jawaban singkatnya, good, Atau juga I'm good. Dan bisa juga diikuti pertanyaan, and how are you doing?


How Do You Do?

Pertanyaan yang satu ini merupakan bentuk ujaran yang paling formal dibanding dengan kedua sapaan sebelumnya. Kita menggunakan how do you do untuk menyapa seseorang atau mengawali sebuah pembicaraan. Saat ini, pertanyaan atau ujaran ini sudah sangat jarang dituturkan di antara teman, sahabat dan anggota keluarga, mungkin lantaran ujaran ini terkesan formal jika digunakan di antara orang-orang terdekat.

Sapaan how do you do? terasa sekali kesannya berbau bahasa Inggris ala orang Inggris. Sehingga tepat sekali jika kita menuturkannya ketika kita diperkenalkan dengan ratu Inggris atau anggota keluarga kerajaan Inggris. Yang kita rasakan ketika ujaran ini dituturkan membawa kesan keren, terhormat ataupun berkelas. Singkatnya sapaan ini dapat kamu artikan:

How do you do?
Bagaimana kabar anda?

Dan untuk menanggapi pertanyaan ini, kamu dapat menggunakan ungkapan yang sama:

How do you do?
Bagaimana kabar anda?

Atau dalam situasi tertentu lainnya, kamu dapat menanggapinya dengan:

I'm very well, thank you.
Saya baik saja, terima kasih.

Di Amerika Serikat, dalam bahasa Inggris Amerika moderen, ujaran ini merupakan cara sangat formal untuk menyapa seseorang ketika bertemu seseorang kali pertama meskipun sapaan ini mulai jarang terdengar dalam keseharian penutur asli di Amerika.

Biasanya pada situasi formal, si penutur how do you do? hanya ingin bersikap hormat atau santun, tidak mengharapkan jawaban dari kita sehingga sering kali direspon dengan ujaran yang sama, how do you do.

Sapaan how do you do? pada konteks ini lebih merupakan sebuah ungkapan etika bersopan santun dibandingkan sebuah pertanyaan ketika kita berkenalan dengan seseorang saat kali pertama. Ujaran ini sepadan dengan ungkapan nice to meet you. Singkatnya, sapaan ini dapat memiliki arti:

How do you do?
Senang bertemu dengan Anda.

Dan untuk menanggapi sapaan ini, kamu dapat menggunakan ungkapan yang sama:

How do you do?
Senang bertemu dengan Anda.

Ataupun jika kita ingin menjawabnya dengan kata-kata very well. Dan mungkin kita dapat melanjutkannya dengan pertanyaan serupa, how do you do?


Kesimpulan

Pendek kata, untuk memilih pertanyaan manakah yang kita gunakan ketika kita bertemu seseorang, kita perlu mencermati dengan siapa kita berbicara, apakah dengan teman, apakah dengan anggota keluarga, dengan sahabat ataukah dengan rekan bisnis, ataukah dengan orang kalangan bangsawan. Di samping itu pula, kita sebaiknya mengetahui situasi seperti apa ketika kita mengujarkan ketiga sapaan tersebut, apakah situasi formal, semi formal atau situasi tidak formal.

Demikianlah, catatan seputar perbedaan penggunaan pertanyaan how are you?, how are you doing dan how do you do? Sekiranya artikel ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu sobat untuk membaca artikel ini. Sampai bertemu kembali dengan artikel lainnya.


Referensi:

https://ell.stackexchange.com/questions/46464/ (accessed 2017-10-09)
https://english.stackexchange.com/questions/16312/do-you-really-answer-how-do-you-do-with-how-do-you-do (accessed 2017-10-09)


0 Response to "Tahukah Kamu Perbedaan How Are You, How Are You Doing dan How Do you Do?"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel