Perbedaan Street dan Road yang Sebaiknya Kita Cermati


'Jalan Pemuda nomor 5' begitulah biasanya kita menuliskan sebuah alamat dalam bahasa Indonesia. Acapkali bila kita menuliskan alamat di wilayah negara Indonesia ke dalam bahasa Inggris, kita sering menggunakan kata street untuk menggantikan kata jalan.


Namun, tahukah sobat bahwa di negara berbahasa Inggris seperti Amerika tidak hanya menggunakan kata street saja?

Selain kata street digunakan untuk merujuk pada kata jalan, ada pula beberapa kata lainnya yang merujuk pada kata jalan seperti road, avenue, drive dan lainnya.

Salah satu yang menjadikan kebingungan kita ketika membaca nama jalan dan menemukan dua kata street dan road. Padahal, jika kita membuka kamus kedua kata ini diartikan dengan kata yang sama yaitu jalan. Lantas, apa sih yang membedakan antara street dan road? Silakan simak catatan saya berikut ini:


Perbedaan Street dan Road

Sekarang ini, mungkin kita cukup sering mendengar para penutur asli dalam situasi tidak formal menggunakan kata road sama seperti menggunakan kata street. Dengan kata lain, mereka menuturkan kedua kata tersebut sama dalam penggunaannya. Hal ini tidak terlalu menjadi masalah lantaran lawan bicara masih bisa mengerti apa yang dimaksudkan.

Beda Street dan Road
Beda Street dan Road - langitibrukata.com

Street pada umumnya sudah berpaving atau beraspal sehingga apabila kita melewati street, kita akan lebih bisa menikmati perjalanan.

Biasanya, street, pada bagian kedua sisi jalan, dapat kita temukan toko-toko atau rumah-rumah yang berjejer di sepanjang jalan sehingga terjadinya interaksi antar pengguna jalan tersebut.

Sementara, road pada umumnya, belum berpaving atau beraspal meskipun pada beberapa road, kita bisa melihatnya sudah berpaving atau beraspal. Pada road, kita dapat pula mendapati beberapa bangunan di kedua sisi jalan (road) ini. Namun, fungsi utama dari road yaitu menghubungkan antara dua tempat yang berjauhan misalnya, antar dua kota.

Pendeknya, kita akan menemukan road di luar kota, sementara street diketemukan di dalam kota.


Catatan

Selain beberapa yang disebutkan sebelumnya, kata road cenderung kita gunakan apabila merujuk pada bahan material untuk pembangunan atau perbaikan jalan. Pekerjaan jalan tersebut dalam bahasa Inggris sering disebut road work, bukannya street work.


Tambahan

Meskipun disebutkan sebelumnya, kata road digunakan pada nama jalan di luar kota sedangkan kata street digunakan pada nama jalan di dalam kota, kenyataannya  hal tersebut tidak selalu demikian.

Seiringnya berjalannya waktu, baik itu kota kecil maupun besar lambat laun akan bertumbuh dan berkembang. Hal inilah yang terjadi pada beberapa kota atau pedesaan yang dulu kecil menjadi kota besar. Namun nama-nama jalan tidak berubah dan tetap menggunakan kata road.

Selain kata street dan road, kita akan menemukan beberapa kata yang memiliki keterkaitan dengan kedua kata ini. Berikut kita akan menelusuri beberapa kata tersebut.


Avenue

Avenue adalah sebuah jalan lurus yang pada bagian kedua sisinya dipenuhi dengan pepohonan. Jalan ini pada umumnya  lebih lebar dari pada street dan terkadang terdapat beberapa jalur.

Di beberapa kota di Amerika Serikat berdasarkan sistem grid, kata street dan avenue tidak memiliki perbedaan.

Perbedaannya terletak pada arus lalu lintas. Street biasanya arah lalu lintas nya dari arah barat menurut ke arah timur. Sementara, avenue arus lalu lintas dari arah utara menuju ke arah selatan.

Perlu diketahui bahwa kota-kota lainnya di Amerika Serikat, arah lalu lintas mungkin sebaliknya. Street arus lalu lintas dari arah utara menuju ke arah selatan. Sementara, avenue arah lalu lintas nya dari arah barat menurut ke arah timur. Oleh karena itu, kita hampir tidak mendapati dua avenue yang saling bersimpangan di pusat kota.


Boulevard

Boulevard adalah suatu jalan lebar, yang mirip seperti avenue, dimana pada bagian tepian jalan dipenuhi dan berjejer pepohonan ataupun rerumputan.


Highway

Highway adalah jalan lebar yang digunakan untuk umum, yang biasanya berfungsi menghubungkan antara kota-kota kecil dan kota-kota besar.


Expressway

Expressway adalah jalur khusus kecepatan tinggi yang merupakan bagian dari jalan lebar (highway)


Freeway

Freeway adalah jalan yang dirancang untuk lalu lintas berkecepatan tinggi dengan menghilangkan persimpangan pada tingkat kecepatan yang sama.


Toll road

Kata toll dapat berarti biaya atau bea. Jadi, bisa kita katakan toll road, atau dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan dengan jalan tol, merupakan jalan yang dapat kita gunakan apabila kita membayarnya.


Drive

Drive selain artinya mengemudi juga memiliki arti yang merujuk pada nama jalan. Drive adalah jalan yang berada dalam kawasan perumahan atau driveway, biasanya dalam bahasa Inggris ala orang Inggris, merupakan jalan milik pribadi yang berawal dari garasi mobil menuju jalan umum.


Downtown

Downtown adalah sebuah kawasan pusat kota atau yang terletak di jantung kota. Biasanya tempat ini adalah tempat di mana warga kota berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan di akhir pekan.


Alley

Alley adalah sebuah jalan sempit yang biasanya kita dapati diantara dua bangunan atau gedung. Biasanya, jalan ini hanya dapat dilewati satu mobil atau terkadang pula tidak boleh dilewati kendaraan dan hanya untuk pejalan kaki.


Lane

Lane adalah sebuah jalan sempit yang biasanya tanpa trotoar atau jalan untuk pejalan kaki.


Path

Path adalah sebuah jalan setapak yang umumnya tidak dipaving atau diaspal yang digunakan untuk para pejalan kaki.


Pedestrian Street

Pedestrian terkadang disalah artikan sebagai jalan untuk pejalan kaki. Padahal, kata ini merujuk kepada orangnya, atau pejalan kaki.

Pedestrian Street adalah sebuah jalan yang tertutup bagi kendaraan bermotor dan  Jalan ini biasanya dipaving yang diperuntukkan bagi pejalan kaki.


Sidewalk

Sidewalk adalah sebuah jalan yang terletak di sisi samping jalan raya yang diperuntukkan bagi para pejalan kaki.


Court

Court adalah sebuah jalan pendek yang pada bagian ujung jalan terdapat cul-de-sac.


Cul-de-sac

Cul-de-sac adalah sebuah jalan yang pada ujungnya buntu. Biasanya pada penghujung jalan terdapat lahan luas yang beraspal atau berpaving sehingga kendaraan dapat memutar balik. Lahan luas ini apabila kita lihat dari atas akan terlihat seperti bola lampu pijar.


Route

Route, dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan kata rute, yaitu sebuah arah yang menghubungkan antara satu tempat menuju tempat lainnya.

Demikianlah catatan singkat mengenai seputar perbedaan street dan road serta beberapa kata yang terkait dengan keduanya. Kiranya rasa ingin tahu sobat dapat terjawab.

Terima kasih atas waktu yang sobat luangkan untuk membaca artikel ini. Sampai bertemu kembali dengan artikel lainnya.

Referensi:

https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/street (Accessed 2017-10-14)

0 Response to "Perbedaan Street dan Road yang Sebaiknya Kita Cermati"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel