Jenis - Jenis Cuaca dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kita Ketahui


Salah satu pertimbangan sebagian dari kita ketika merencanakan atau ingin melakukan suatu kegiatan adalah dengan mencermati keadaan cuaca. Terkadang tatkala kita telah merencanakan sesuatu bisa jadi tertunda, atau bahkan dibatalkan lantaran keadaan cuaca yang tidak mendukung. Oleh karena itu, kali kesempatan ini, kita akan mengupas hal yang berkaitan dengan cuaca.

Apa sih cuaca? Mungkin banyak dari kita sudah akrab dengan kata yang satu ini, tapi bagaimana ya kira-kira mengutarakannya dalam bahasa Inggris. Atau apa saja ragam cuaca itu? dan Bagaimana pula menuturkannya dalam bahasa Inggris?

Catatan berikut ini ditinjau tidak hanya dari sisi bahasa Inggrisnya, tapi juga dari sisi ilmu pengetahuan alam, fisika dan geografi, tentunya Klimatologi.

Jenis - Jenis Cuaca dalam Bahasa Inggris
Jenis - Jenis Cuaca dalam Bahasa Inggris - langitbirukata.com


Berbicara mengenai cuaca, kita sepertinya tidak bisa melupakan kata yang satu ini, yaitu kata suhu. Kata suhu di sini bukan suhu ahli beladiri, tapi suhu yang berkaitan dengan cuaca tentunya.

Suhu

Suhu dalam bahasa Inggris adalah temperature, diucapkan /ˈtem.prə.tʃər/. Suhu udara yaitu suatu keadaan udara yang menunjukan seberapa panas atau seberapa dingin udara tersebut yang diwujudkan dalam ukuran derajat atau degree dalam bahasa Inggris. Kata degree diucapkan /dɪˈɡriː/ dan disimbolkan dengan °.

Kadar atau tingkatan panas atau dingin suhu dan kelembaban udara biasanya mencakup:

Hot
Panas

Warm
Hangat

Cool
Sejuk

Chilly
Agak Dingin

Cold
Dingin

Freezing
Membeku

Perlu sobat ketahui, misalnya kita mengatakan cold ketika kita berada di Australia, bisa jadi orang-orang di sana mengatakan warm. Jadi, setiap negara memiliki pengertian yang berbeda untuk kata yang sama.

Bagaimanakan cara menggunakannya dalam konteks bahasa Inggris? Kita cukup mengatakan:

It's hot today.
It's warm today.
It's cool today.
It's chilly today.
It's cold today.
It's freezing today.
It's was hot this morning.
It's was cold this morning.
It's was freezing this morning.
It will be hot tomorrow.
It will be chilly tomorrow.
It will be cold tomorrow.


Setelah ini ini kita akan menelusuri pengertian dari kata cuaca, dan jenis-jenisnya, berikut catatannya:


Cuaca

Cuaca adalah kondisi udara yang terjadi di suatu tempat dalam kurun waktu tertentu. Cuaca biasanya berganti dalam waktu singkat yaitu hanya beberapa jam saja dan ditandai dengan perbedaan kondisi udara antara siang dan malam.

Bagaimanakah mengutarakan kata cuaca dalam bahasa Inggris? Dalam bahasa Inggris, kata cuaca dapat diwakili dengan kata weather. Kata weather diucapkan /ˈweð.ər/.

Cerah

Sunny - Cerah
Sunny - Cerah - langitbirukata.com

Cuaca cerah dalam bahasa Inggris diucapkan sunny, diucapkan /ˈsʌn·i/. Untuk mengutarakan cuaca cerah dalam kalimat bahasa Inggris, kamu cukup mengatakan It's sunny.

Cuaca cerah yaitu ketika matahari bersinar terang dan udara terasa segar atau tidak begitu terasa terik ataupun hujan tidak turun. Sementara angin bertiup sepoi-sepoi. Ketika siang hari, kita melihat awan tipis berwarna putih, seperti kapas. Saat matahari terbit dan tenggelam, tampak berwarna merah dan kuning cerah. Saat malam hari, tampak bintang tersebar di langit.

Cerah Berawan

Partly Cloudy - Cerah Berawan
Partly Cloudy - Cerah Berawan - langitbirukata.com

Cerah berawan dalam bahasa Inggris adalah partly cloudy, diucapkan/pɑrtli ˈklaʊ.di/. Untuk mengutarakan cuaca cerah berawan dalam kalimat bahasa Inggris, kamu cukup mengatakan It's partly cloudy.


Tatkala di siang hari, sinar matahari sebagian ditutupi awan, sinar matahari tidak begitu terasa panas. Kumpulan  awan  berkumpul sehingga akan membentuk awan besar. Awan besar itu sebagian menutupi matahari. Sementara di malam hari,  sinar bulan sebagian tertutupi awan sehingga kita tidak bisa melihat sesuatu di kegelapan malam dengan baik.

Berawan

Cloudy - Berawan
Cloudy - Berawan - langitbirukata.com

Awan dalam bahasa Inggris disebut cloud, diucapkan /ˈklaʊ.d/. Untuk mengutarakan cuaca berawan dalam kalimat bahasa Inggris, kamu cukup mengatakan It's cloudy, diucapkan /ˈklaʊ.di/.


Ketika langit diselimuti kumpulan awan, hingga langit tampak  mendung. Sinar matahari  terasa tidak begitu terasa panas. Kelompok  awan berkumpul membentuk awam besar. Awan besar itu bisa berubah menjadi mendung. Bila suhu mencapai derajat tertentu, mendung dapat berubah menjadi hujan.

Panas

Hot - Panas
Hot - Panas - langitbirukata.com

Cuaca panas dalam bahasa Inggris disebut hot, diucapkan /hɑt/. Untuk mengutarakan cuaca panas dalam kalimat bahasa Inggris, kamu cukup mengatakan It's hot.


Ketika sinar matahari memancar sangat terik tanpa tertutupi ataupun terhalangi oleh awan, maka sinar matahari memancar langsung ke bumi terutama tengah hari. Akibatnya suhu udara meningkat. Tatkala hembusan angin menerpa, kitapun merasakan panas. Kondisi inilah yang menciptakan suhu panas.

Hujan

Rainy - Hujan
Rainy - Hujan - langitbirukata.com

Cuaca hujan dalam bahasa Inggris disebut rainy, diucapkan /ˈreɪ.ni/. Untuk mengutarakan cuaca hujan dalam kalimat bahasa Inggris, kamu cukup mengatakan It's rainy.


Ketika air menguap karena suhu panas dari terik matahari, maka terbentuklah uap air. Uap tersebut, yang mengandung partikel-partikel air, naik ke atas dan  semakin meninggi ke langit. Saat uap air berkumpul dan menjadi padat, lalu terbentuklah awan.

Oleh karena adanya hembusan angin, semakin banyak awan yang terkumpul, semakin bertambah besar awan tersebut dan berwarna kelabu. Semakin kelabu warnanya, partikel-partikel air itu semakin berat. Dan ketika partikel-partikel air tersebut tidak terbendung lagi, partikel-partikel tersebut jatuh ke bumi dan turunlah hujan.

Berangin


Windy - Berangin
Windy - Berangin - langitbirukata.com

Cuaca berangin dalam bahasa Inggris disebut windy, diucapkan /wɪndi/. Untuk mengutarakan cuaca berangin dalam kalimat bahasa Inggris, kamu cukup mengatakan It's windy.


Ketika terdapat perbedaan temperatur dari tempat yang memiliki  tekanan tinggi ke tempat yang memiliki tekanan rendah, atau dari tempat yang bersuhu rendah ke tempat yang bersuhu tinggi, udara mulai bergerak hingga terjadilah angin.

Terkadang angin berhembus lembut, terkadang pula berhembus sedang, bahkan tatkala berhembus kencang dapat menerbangkan benda-benda disekitarnya.

Berkabut

Foggy - Berkabut
Foggy - Berkabut - langitbirukata.com

Cuaca berkabut dalam bahasa Inggris disebut foggy, diucapkan /fɒɡi/. Untuk mengutarakan cuaca berkabut dalam kalimat bahasa Inggris, kamu cukup mengatakan It's foggy.

Ketika air menguap karena suhu panas dari terik matahari, maka terbentuklah uap air. Uap tersebut naik ke atas dan  semakin meninggi ke langit. Saat uap air berkumpul dan menjadi padat, lalu terbentuklah awan. Sementara uap air yang lebih berat jatuh ke permukaan bumi, terutama di daratan tinggi seperti pegunungan, menempel ke pepohonan, tumbuhan, dedaunan dan benda lainnya sehingga terbentuk embun, sedangkan sebagian uap air lainnya yang masih membentuk kabut.

Bersalju

Snowy- Bersalju
Snowy- Bersalju - langitbirukata.com
Salju dalam bahasa Inggris disebut snow, diucapkan /ˈsnoʊ./. Untuk mengutarakan cuaca bersalju dalam kalimat bahasa Inggris, kamu cukup mengatakan It's snowy, diucapkan /ˈsnoʊ.i/.


Proses salju bisa dikatakan sama dengan terjadinya hujan. Dari air yang menguap menjadi uap air, uap air atau partikel air tersebut terkumpul hingga terbentuk awan, awan yang terkumpul hingga partikel-partikel air tersebut tak terbendung, turunlah hujan. Hujan yang turun merupakan partikel-partikel air murni. Namun, ketika partikel-partikel air murni tersebut bercampur dengan partikel-partikel lainnya terjadilah proses nucleator sehingga partikel-partikel air tersebut membeku dan membentuk kristal-kristal es dan jatuh ke permukaan bumi dan turunlah salju.

Hujan Es

Hailing- Hujan Es
Hailing- Hujan Es - langitbirukata.com

Cuaca hujan es dalam bahasa Inggris disebut hail, diucapkan /heɪlɪŋ/. Untuk mengutarakan cuaca hujan es dalam kalimat bahasa Inggris, kamu cukup mengatakan It's hailing.


Hujan es tidak hanya terjadi di negara beriklim subtropis, tapi dapat pula terjadi di negara tropis seperti Indonesia. Hujan es biasanya terjadi pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Hujan es biasanya hanya terjadi beberapa menit saja.

Ketika terbentuk sekumpulan awan, kemudian awan bergerak karena hembusan angin hingga menuju tempat yang bertemperatur dingin. Karena dinginnya temperatur, awan tersebut mencapai titik embun dan mengembun. Karena beratnya, embun tersebut jatuh dan hujan tetesan embun. Tetesan embun tersebut kemudian tertiup ke atas oleh angin thermis, angin yang bergerak vertikal, hingga pada ketinggian yang bertemperatur dibawah titik beku. Proses pembekuan inilah yang membentuk tetesan embun menjadi bola-bola es. Ketika bola-bola es tersebut membesar dan semakin berat. Hingga akhirnya turunlah hujan es.

Badai


Stormy- Badai
Stormy- Badai - langitbirukata.com

Badai dalam bahasa Inggris disebut storm, diucapkan /ˈstɔːr.m/. Untuk mengutarakan cuaca badai dalam kalimat bahasa Inggris, kamu cukup mengatakan It's stormy, diucapkan /ˈstɔːr.mi/


Ketika uap air di udara mengalami proses pengembunan, maka uap air berbentuk gas tersebut melepaskan energi panas. Lama kelamaan, energi panas terkumpul. Selain itu, tingginya temperatur  permukaan air laut, terjadinya gangguan cuaca, dan angin yang berhembus naik membawa udara panas. Bila kesemuanya itu berlangsung cukup lama, maka terjadilah angin kencang, gelombang laut meninggi, hujan deras, dan terjadilah badai.

Pertanyaan yang umum jika kita ingin menanyakan kondisi cuaca antara lain:

What is the weather like, today?
What's it like out(side)?
How's the weather?
What's the temperature?

Beberapa contoh di atas memiliki makna yang sama yang kurang lebih berarti 'bagaimana cuacanya hari ini?'.

Untuk menjawabnya, kamu cukup memilih salah satu kata yang menggambarkan cuaca yang berlangsung,misalnya mengutarakan cuaca cerah, kita tidak perlu menyisipkan kata weather. Kita cukup mengatakan it's sunny.

Contoh lainnya untuk mengutarakan cuaca dalam bahasa Inggris berikut ini:

It's partly cloudy.
Cuacanya cerah berawan.

It's cloudy
Cuacanya berawan
.
It's hot.
Cuacanya panas.

It's rainny
Cuacanya hujan.

It's windy
Cuacanya berangin.

It's foggy
Cuacanya berkabut.

It's snowy
Cuacanya bersalju.

It's hailing.
Cuacanya hujan es.

It's stormy
Cuacanya badai.


Demikianlah sobat catatan singkat mengenai suhu atau temperatur dan cuaca dalam bahasa Inggris. Kiranya artikel ini menjawab semua rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca catatan ini. Sampai bertemu kembali dengan artikel-artikel lainnya.

Referensi:

https://www.tropicalweather.net (accessed 2017-11-12)
https://www.britannica.com/science/climatology (accessed 2017-11-12)


0 Response to "Jenis - Jenis Cuaca dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kita Ketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel