Jenis - Jenis Iklim dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kita Tahu


Apabila sobat berencana bepergian keluar negeri, faktor iklim merupakan salah satu pertimbangan sebelum memutuskan negara mana yang akan dituju. Dengan mengetahui iklim negara yang akan kita kunjungi, kita dapat mempersiapkan apa yang sebaiknya dilakukan.

Misalnya, kamu tentunya akan mempersiapkan obat-obatan, mengenakan pakaian tebal, sepatu kulit, jaket tebal,, sarung tangan tebal berbahan kulit, penutup kepala, penutup telinga dan syal apabila kita melancong ke negara beriklim dingin. Bayangkan saja kalau sobat pergi ke negara beriklim dingin dengan hanya berbekal kaus oblong, kacamata, jins dan sandal jepit.

Oleh karena itulah, kali kesempatan ini, kita menilik iklim dan jenis-jenisnya dipandang dari sudut ilmu pengetahuan alam,, fisika, dan  klimatologi, serta tentu saja dari sisi bahasa Inggrisnya, berikut catatannya.

Jenis-Jenis Iklim Bahasa Inggris
Jenis-Jenis Iklim Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Kita awali dengan menengok pengertian iklim berikut ini.


Iklim

Kata iklim dalam bahasa Inggris disebut climate. Cara mengucapkan kata climate yaitu /ˈklaɪ.mət/.

Iklim terjadi dalam rentan waktu yang jauh lebih lama dibandingkan cuaca dan musim. Iklim merupakan rata-rata kondisi cuaca di suatu wilayah yang cakupannya lebih luas dan diamati dalam kurun waktu tahunan, dari kurun 10 hingga 30 tahun. Iklim suatu wilayah diketahui dari data rata-rata cuaca tahunan seperti kelembaban udara, suhu, pola angin dan curah hujan.

Setiap wilayah yang terdapat di permukaan bumi berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Perbedaan wilayah tersebut berdasarkan garis lintang, fisiografi, lingkungan, atau kondisi atmosfernya. Pada gilirannya, hal ini menyebabkan beragamnya iklim yang berbeda antar wilayah di seluruh permukaan bumi.


Jenis-Jenis Iklim

Jenis-jenis iklim di seluruh dunia diterapkan berdasarkan klasifikasi iklim. Berikut beberapa klasifikasi iklim meliputi:

Klasifikasi iklim Fisis
Klasifikasi iklim Junghuhn
Klasifikasi iklim Schmidt dan Ferguson
Klasifikasi iklim Köppen
Klasifikasi iklim Umum

Berdasarkan klasifikasi iklim matahari, seperti yang diutarakan sebelumnya, Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Sedangkan negara Amerika Serikat dan Inggris beriklim sub tropis. Selanjutnya kita hanya membahas dua klasifikasi iklim,

Klasifikasi Iklim Umum

Klasifikasi ini berdasarkan tingkat intensitas sinar matahari yang diterima oleh permukaan Bumi. Secara umum iklim meliputi:

Iklim Tropis

Iklim Tropis atau Tropical Climate
Iklim Tropis atau Tropical Climate - langitbirukata.com

Iklim tropis dalam bahasa Inggris disebut tropical climate, diucapkan /ˈtrɑp·ɪ·kəl ˈklaɪ.mət/.

Iklim ini didasarkan pada posisi matahari yang berada di atas garis khatulistiwa atau equatorial belt dalam kurun satu tahun.

Oleh karena itu wilayah beriklim tropis ini mengalami temperatur udara yang panas. Rata-rata suhu di wilayah ini adalah berkisar lebih dari 20º C, sedangkan suhu terdingin hanyalah sekitar 18º C. Sehingga di kawasan ini  tidak pernah terjadi musim dingin dan hanya mengalami dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau.


Iklim Sub-Tropis

Iklim Sub Tropis atau Subtropical Climate
Iklim Sub Tropis atau Subtropical Climate - langitbirukata.com

Iklim subtropis dalam bahasa Inggris disebut subtropical climate, diucapkan /sʌbˈtrɑp·ɪ·kəl ˈklaɪ.mət/.

Wilayah beriklim subtropis ini berada di bagian utara dan selatan dari garis khatulistiwa. Sehingga, wilayah beriklim subtropis memiliki empat musim, yaitu musim salju, semi, panas, dingin di sepanjang tahunnya. Lantaran wilayah ini memiliki empat musim yang berbeda maka wilayah ini memiliki suhu dan kelembaban terendah dan tertinggi.


Iklim Sedang

Iklim Sedang atau Temperate Climate
Iklim Sedang atau Temperate Climate - langitbirukata.com

Iklim sedang dalam bahasa Inggris disebut moderate atau temperate climate, dilafalkan /ˈmɑd·ər·ɪt atau /ˈtem·pər·ət ˈklaɪ.mət/.

Seperti namanya, iklim adalah iklim yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Perubahan di daerah ini antara musim panas dan musim dingin biasa sejuk, daripada terlalu panas atau dingin. Di belahan dunia seperti benua Asia dan bagian tengah Amerika Utara, perbedaan antara musim panas dan musim dingin cukup ekstrim lantaran wilayah ini berlokasi cukup jauh dari laut.


Iklim Kutub

Iklim Kutub atau Polar Climate
Iklim Kutub atau Polar Climate - langitbirukata.com

Iklim kutub dalam bahasa Inggris disebut polar climate, diucapkan /ˈpoʊ·lər 'klaɪ.mət/.

Iklim kutub merupakan iklim terdingin yang bisa kita temukan di wilayah kutub. Di wilayah tersebut, musim dingin berlangsung cukup lama, sementara musim panas, meskipun masih terasa sejuk, hanya berlangsung singkat. Tatkala musim dingin melanda, seluruh daratan tertutupi es hingga sepanjang tahun. Tumbuh-tumbuhan yang bisa kita temukan berupa lumut-lumutan dan semak-semak. Wilayah beriklim kutub terdapat di belahan bumi utara seperti Amerika Utara, Greenland, dan pantai utara Siberia, sedangkan di belahan bumi selatan yaitu Antartika.

Selanjutnya, kita akan menyusuri Klasifikasi iklim menurut Köppen berikut ini.

Klasifikasi Iklim Köppen

Klasifikasi iklim menurut Köppen adalah sistem klasifikasi iklim yang paling banyak digunakan di dunia. Sistem klasifikasi iklim ini diperkenalkan oleh pakar iklim asal negara Jerman, Wladimir Köppen pada tahun 1900. Köppen membagi permukaan bumi ke dalam beberapa wilayah iklim secara umum sesuai dengan pola vegetasi, atau distribusi tanaman, dan daratan.

Sistem Köppen membagi lima jenis iklim utama berdasarkan rata-rata suhu dan curah hujan per bulan dan pertahun. Setiap jenis iklim utama diwujudkan dengan huruf besar.

A, Iklim hujan tropis, atau bahasa Inggrisnya moist tropical climates atau bisa juga disebut tropical rainy climate, adalah iklim yang terjadi pada wilayah yang bertemperatur tinggi dan tingginya curah hujan sepanjang tahun.

B, Iklim kering, atau bahasa Inggrisnya dry climates, adalah yang terjadi pada wilayah yang besarnya rentang temperatur dan rendahnya curah hujan .

C, Iklim sedang, atau istilah bahasa Inggrisnya humid middle latitude climates, atau bisa juga disebut mild, humid (mesothermal) climates, adalah iklim yang terjadi pada wilayah di mana perbedaan daratan dan lautan berpengaruh besar.

D, Iklim dingin, atau bahasa Inggrisnya continental climates atau bisa juga disebut snowy forests (microthermal) climates adalah yang terjadi pada wilayah daratannya sangat luas. Tingkat curah hujan tidak tinggi dan temperatur cuaca bervariasi.

E, Iklim kutub, atau bahasa Inggrisnya cold atau polar climates, adalah yang terjadi pada wilayah yang permukaan daratannya ditutupi oleh es dan tundra.


Penggunaan

Pertanyaan yang umum jika kita ingin menanyakan kondisi iklim yang terdapat pada seuatu negara, kamu dapat menggunakan pertanyaan berikut:

What is the climate like in you country?
Bagaimana iklim di negara kamu?


Untuk menjawabnya, kamu cukup memilih salah satu kata yang menggambarkan iklim di suatu negara, misalnya mengutarakan cuaca cerah, kita tidak harus menyisipkan kata climate. Kita dapat mengatakan seperti berikut ini:

It's tropical.
It's subtropical.
It's temperate.

atau kalau sobat ingin mengatakan yang lebih panjang dan lebih detil, kamu dapat mengatakan seperti berikutt ini:

Indonesia is tropical country.
Indonesia beriklim tropis.

Indonesi has tropical climate.
Indeosia memiliki iklim tropis.


Demikianlah sobat catatan singkat mengenai musim dan jenis-jenis musim dalam bahasa Inggris. Kiranya artikel ini menjawab semua rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca catatan ini. Sampai bertemu kembali dengan artikel-artikel lainnya.


Referensi:

https://www.britannica.com/science/Koppen-climate-classification (Accessed 2017-11-20)
http://thebritishgeographer.weebly.com/the-climate-of-tropical-regions.html (Accessed 2017-11-20)
http://content.meteoblue.com/en/meteoscool/general-climate-zones (Accessed 2017-11-20)
https://www.reference.com/science/moderate-climate (Accessed 2017-11-20)
http://www.enviropedia.org.uk (Accessed 2017-11-20)


0 Response to "Jenis - Jenis Iklim dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kita Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel