Jenis - Jenis Musim dalam Bahasa Inggris yang Sebaiknya Diketahui


Ketika para petani atau para nelayan berencana akan memulai pekerjaan mereka, mereka harus memperhatikan beberapa hal penting. Salah satu pertimbangan para petani dan nelayan adalah mencermati keadaan musim.

Karena apabila mereka salah memperhitungkan faktor musim, kegagalan panen siap datang menghampiri para petani, atau pun mala petaka bisa saja merenggut jiwa para nelayan. Jadi musim sangat berperan penting bagi mereka dan mungkin bagi mereka yang juga menggantungkan pekerjaan mereka pada keadaan iklim.

Kalau sebelumnya kita telah mengupas mengenai cuaca dan jeni-jenis cuaca dalam bahasa Inggris, pada kali kesempatan ini, kita akan mengupas hal yang berkaitan dengan musim. Catatan ini tidak menyoroti dari sudut bahasa Inggrisnya semata, tapi juga sedikit bersinggungan dengan ilmu pengetahuan alam, fisika, dan tentunya klimatologi,


Jenis - Jenis Musim dalam Bahasa Inggris
Jenis - Jenis Musim dalam Bahasa Inggris - langitbirukata.com
Kita awal dengan menapaki apa itu musim, apakah memiliki kesamaan dengan cuaca ataukah berbeda?


Musim

Musim terjadi dalam rentan waktu yang lebih lama dibandingkan cuaca dan pengamatannya dalam kurun waktu beberapa bulan.

Bagaimanakah mengatakan musim dalam bahasa Inggris?

Dalam bahasa Inggris, kata musim diwakili dengan kata season. Kata season diucapkan /ˈsi·zən/.

Bagaimanakah musim di negara Indonesia?
Dan Bagaimanakah  juga musim di negara Amerika dan Inggris?

Salah satu penyebab kenapa terjadinya perbedaan musim antara negara Indonesia dan Amerika Serikat atau Inggris dan negara-negara lainnya adalah garis khatulistiwa atau bahasa Inggrisnya equator.

Dalam geografi, garis khatulistiwa merupakan sebuah garis imajinasi (bahasa Inggrisnya imaginary line) yang ditarik lurus di tengah bumi di antara dua kutub dan satu garis terhadap poros rotasi bumi.

Garis khatulistiwa ini membagi Bumi menjadi dua bagian yaitu:

Belahan bumi utara (northern hemisphere) dan
Belahan bumi selatan (southern hemisphere)

Garis lintang ekuator adalah 0°. Panjang garis khatulistiwa Bumi yaitu sekitar 40.070 km.

Setelah ini, kita beranjak menilik musim apa saja yang terjadi di Indonesia.

Terletak di antara dua benua, Asia dan Australia, diapit dua samudera, yaitu samudra Pasifik dan Indian, serta berada tepat di bawah garis khatulistiwa, Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Hal ini dikarenakan  Indonesia memiliki hanya dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Di mana kedua musim tersebut berlangsung masing-masing dalam rentang waktu 6 bulan.

Bagaimanakah mengatakan musim kemarau dan musim penghujan dalam bahasa Inggris? Simak catatan berikut ini.

Musim Kemarau

Musim Kemarau
Dry season adalah frasa yang dapat mewakili musim kemarau dalam bahasa Indonesia. Frasa dry season diucapkan /draɪ/ /ˈsi·zən/.

Di negara Indonesia, musim kemarau biasanya terjadi mulai dari bulan Mei hingga Oktober. Pada masa musim kemarau, hujan hampir tidak ada. Namun, sesekali turun hujan.

Contoh penggunaan dry season dalam kalimat berikut ini:

During the dry seasons plant life and animal life suffers.
Selama masa kemarau keberadaan tumbuhan dan hewan terancam.

Musim Penghujan

Musim Penghujan
Bahasa Inggrisnya untuk mengutarakan musim penghujan adalah rainy season atau wet season. Frasa rainy season diucapkan /ˈreɪ.ni ˈsi·zən/.

Di Indonesia, musim penghujan biasanya terjadi mulai dari bulan Nopember hingga April. Di musim ini, hujan turun hampir setiap hari. Sering kali hujan turun dengan curah yang tinggi di sebagian besar wilayah.

Contoh penggunaan rainy season dalam kalimat berikut ini:

It is very important to stay in a good shape in rainy seasons.
Penting sekali untuk menjaga stamina tubuh tetap fit di masa penghujan.

Singkatnya, bahasa Inggrisnya musim kemarau adalah dry season, sedangkan bahasa Inggrisnya musim penghujan adalah rainy atau wet season.


Sementara, di belahan bumi bagian utara dan belahan bumi bagian selatan seperti negara Amerika Serikat dan negara Inggris mengalami empat musim dalam setahun, sehingga masing-masing musim terjadi selama rentang 3 bulan

Negara Amerika Serikat dan negara  Inggris, merupakan beriklim sub tropis. Oleh karena itu, negara ini mengalami 4 musim. Ke empat musim tersebut neliputi:

Musim Semi

Musim Semi
Untuk mengutarakan musim semi dalam bahasa Inggris, kita cukup menggunakan kata spring, tidak perlu menambahkan kata season. Kata spring diucapkan /sprɪŋ/.

Spring atau musim semi di belahan bumi utara biasanya terjadi mulai dari 21 Maret hingga 21 Juni. Sementara di belahan bumi selatan terjadi mulai 23 September hingga 21 Desember.

Contoh penggunaan spring dalam kalimat berikut ini:

Various flowers bloom in the spring.
Beragam bunga bermekaran di musim semi.

Musim Panas

Musim Panas
Kita dapat menggunakan kata summer, tanpa perlu menambahkan kata season, untuk menuturkan musim panas. Kata summer diucapkan /ˈsʌm·ər/.

Summer atau musim panas di belahan bumi utara biasanya terjadi mulai dari 21 Juni hingga 23 September. Sementara di belahan bumi selatan terjadi mulai 21 Desember hingga 21 Maret.

Contoh penggunaan summer dalam kalimat berikut ini:

Every summer thousands of people flock to the beach.
Setiap musim panas ribuan orang pergi ke pantai.

Musim Gugur

Musim Gugur
Untuk menuturkan musim gugur dalam bahasa Inggris, kita cukup menggunakan kata autum atau fall, tidak perlu menambahkan kata season. Kata autum diucapkan /ˈɔ·t̬əm/ dan kata fall diucapkan /fɑːl/.

Kata autum biasanya dituturkan oleh orang Inggris, dan kata fall diujarkan oleh orang Amerika. Autum atau Fall atau musim gugur di belahan bumi utara terjadi mulai dari bulan 23 September hingga 21 Desember. Sementara di belahan bumi selatan terjadi mulai 21 Maret hingga 21 Juni.

Contoh penggunaan autum atau fall dalam kalimat berikut ini:

In early autum, leaves of trees turn yellow.
Di away musim gugur, dedaunan berubah menjadi warna kuning.

Musim Dingin

Musim Dingin
Untuk mengutarakan musim dingin dalam bahasa Inggris, kita cukup menggunakan kata winter, tidak perlu menambahkan kata season. Kata winter diucapkan /ˈwɪn·tər/.

Winter atau musim dingin di belahan bumi utara terjadi mulai dari 21 Desember hingga 21 Maret. Sementara di belahan bumi selatan terjadi mulai 21 Juni hingga 23 September.

Contoh penggunaan winter dalam kalimat berikut ini:

We need to conserve our supplies so we can get through the winter.
Kami perlu menyimpan cukup suplai makanan sehingga kita bisa melewati musim dingin.


Demikianlah sobat catatan singkat mengenai musim dan jenis-jenis musim dalam bahasa Inggris. Kiranya artikel ini menjawab semua rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca catatan ini. Sampai bertemu kembali dengan artikel-artikel lainnya.

Referensi:

https://www.livescience.com/25202-seasons.html (accessed 2017-11-12)
https://www.britannica.com/science/climatology (accessed 2017-11-12)


0 Response to "Jenis - Jenis Musim dalam Bahasa Inggris yang Sebaiknya Diketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel