Perbedaan Take a Bath dan Take a Shower yang Mungkin Kamu Cari


Salah satu kegiatan yang biasanya kita lakukan sebelum beraktifitas setiap harinya adalah mandi. Kebanyakan orang Indonesia pada umunya melakukan aktifitas mandi kurang lebih dua kali sehari. Tapi tahukah sobat? Ternyata umumnya, orang-orang, dari beberapa negara seperti Jepang, Amerika, dan Inggris, setidaknya mandi satu kali sehari. Kebanyakan mereka hanya membersihkan wajah dan menggosok gigi sebelum berangkat kerja atau aktifitas lainnya. Dan mereka baru mandi setelah melakukan aktifitas sehari penuh.


Bayangkan saja, kalau kita berangkat sekolah atau kuliah atau juga kerja di pagi hari tanpa mandi?

Berdasarkan survei mengenai aktifitas mandi yang diselenggarakan oleh Euromonitor beberapa tahun silam menanyakan sebanyak 6600 responden yang berasal dari berbagai negara seperti Australia, Brazil, Cina, Kolumbia, Perancis, Jerman, India, Jepang, Meksiko, Rusia, Spanyol, Turki, Timur Tengah, Inggris, and Amerika, termasuk Indonesia, menunjukkan bahwa orang Asia, termasuk Indonesia, lebih sering mandi dalam kurun waktu satu hari dibandingkan orang-orang Amerika dan orang-orang Eropa.

Dari hal tersebut di atas, kita mengetahui dan mempelajari bahwa kebiasaan mandi yang dilakukan orang-orang yang berlatar belakang negara berbeda memiliki kebiasaan yang berbeda dengan kita, orang Indonesia.

Yang jelas pertanyaannya bukanlah seberapa sering orang-orang di negara berbahasa Inggris mandi, tapi pertanyaannya yang mungkin mengusik rasa ingin tahu kita adalah bagaimanakah mengutarakan kata mandi ke dalam bahasa Inggris?

Kata mandi mungkin hal yang sepele, tapi ada beberapa hal yang kita cermati sebelum menggunakan padanan kata bahasa Inggris untuk kata mandi. Simak catatan saya berikut ini.

Persamaan

Apabila sobat menilik kamus dua bahasa, bahasa Indonesia - bahasa Inggris, kamu akan mendapati kata-kata seperti shower atau take a shower, bathe atau take a bath untuk mewakili kata mandi dalam bahasa Indonesia. Dengan kata lain, shower atau take a shower berarti mandi. Demikian pula bathe atau take a bath berarti mandi.

Kedua frasa ini sama-sama berperan sebagai predikat dalam kalimat bahasa Inggris. Dengan demikian, kita harus memastikan keduanya terletak setelah subjek dalam kalimat tersebut.

Kebanyakan pemula pembelajar bahasa Inggris cenderung menggunakan frasa seperti take a bath dibandingkan take a shower untuk mengungkapkan kata mandi. Padahal frasa take a bath tidak bisa dikatakan sama dengan cara orang Indonesia mandi pada umumnya.

Namun, satu hal yang tidak boleh dilupakan bahwa tatkala kita mempelajari suatu bahasa, kita artinya juga perlu mengetahui kebiasaan atau budaya bagaimana bahasa tersebut dituturkan sehingga pesan yang ingin kita utarakan pada lawan bicara tersampaikan.

Perbedaan Take a Bath dan Take a Shower
Perbedaan Take a Bath dan Take a Shower - langitbirukata.com

Seperti halnya dengan perbedaan kebiasaan mandi orang-orang di berbagai negara lainnya, penggunaan kata mandi dalam bahasa Indonesia dengan frasa seperti take a bath dan take a shower memiliki perbedaan. Lantas, perbedaannya terletak di mana? Berikut catatan saya yang kiranya menjawab rasa ingin tahu sobat:


Perbedaan

Perlu kita ketahui cara kita orang Indonesia pada umumnya mandi dengan cara orang Amerika dan Inggris berbeda sehingga definisi mandi menurut kita dengan mereka pada gilirannya berbeda.

Pada umumnya tentu saja tidak semuanya, orang Indonesia mandi atau membersihkan badan dengan alat bantu yang disebut gayung. Lalu apakah yang membedakan antara take a bath dan take a shower? Bagaimanakah cara orang Amerika atau orang Inggris melakukan aktifitas mandi Mereka? Apakah mereka menggunakan gayung?


Take a Bath

take a bath

Frasa take a bath adalah sebuah kegiatan membersihkan badan dengan cara merendam sebagian badan ke dalam air. Seperti terlihat pada gambar di atas kegiatan mandi ini dilakukan dengan menggunakan bak air yang cukup menampung satu orang, bahkan ada yang lebih dari itu. Kegiatan mandi yang satu ini biasanya dilakukan dengan duduk ataupun berbaring dalam bak air (bath tub) yang berisi air hangat.

Misalnya,

She usually takes a long bath every evening.
Dia biasanya mandi lama setiap petang.

Taking a bath in warm water might release your stress.
Mandi dengan air hangat dapat menurunkan tingkat stress kamu.



Take a Shower

take a shower

Frasa take a shower adalah sebuah kegiatan membersihkan badan dengan cara mengguyur badan dengan guyuran air. Seperti yang terlihat pada gambar di atas kegiatan membersihkan badan ini dibantu dengan alat penyemprot air yang mengucurkan air dari beberapa lubang kecil. Kegiatan mandi yang satu ini biasanya dilakukan dengan berdiri di bawah kucuran air hangat.

Misalnya,

After getting up in the morning, I usually take a shower.
Setelah bangun tidur di pagi hari, saya biasanya mandi.

You need to take a shower after work.
Kamu perlu mandi seusai pulang kerja.

Seperti yang dituliskan pada catatan di atas, apabila kamu menggunakan frasa take a bath, maka kesan yang ditangkap oleh lawan bicara kamu adalah kamu memiliki banyak uang untuk membeli bak air mandi (bathtub). Demikian pula apabila kamu menggunakan frasa take a shower, kesan yang ditangkap lawan oleh bicara kamu tidak jauh berbeda.

Lalu, frasa yang manakah sebaiknya yang kita gunakan untuk mengungkapkan kata mandi dalam bahasa Indonesia?

Terserah sobat apakah ingin menggunakan frasa take a bath atau take a shower ataupun juga kamu dapat menggunakan bentuk kata kerjanya; yaitu bathe atau shower untuk mengungkapkan kata mandi. Namun, tentu saja, kamu harus mempertimbangkan maksud yang ingin kamu sampaikan pada lawan bicara kamu.

Kesimpulan

Untuk melihat secara detil persamaan ataupun perbedaan antara take a bath dan take a shower, kamu dapat melihatnya pada tabel berikut ini.

Penjelasan
Take a Bath
Take a Shower
Definisi
Membersihkan badan dengan merendam badan ke dalam air.
Membersihkan badan dengan berdiri di bawah guyuran air dari atas kepala.
Penggunaan
Umumnya menggunakan bak air yang dapat menampung satu orang.
Umunya menggunakan sebuah pancuran air yang mengucur.
Tujuan
Membersihkan badan
Membersihkan badan
Posisi
Biasanya dilakukan dengan duduk atau berbaring sebagian di dalam air
Biasanya dilakukan berdiri
Durasi Waktu
Biasanya memakan waktu lebih lama.
Biasanya memakan waktu lebih singkat dibandingkan take a bath
Kenyamanan
Dianggap lebih nyaman karena badan dalam posisi duduk atau berbaring
Dianggap kurang nyaman karena dilakukan dengan posisi berdiri
Kosumsi Air
Memerlukan banyak air
Memerlukan sedikit air
Catatan:
Pada umumnya, orang-orang yang berasal dari negara seperti Amerika, Inggris, dan juga Jepang serta di negara-negara beriklim dingin lainnya biasanya melakukan aktifitas mandi seusai sekolah bekerja di malam hari. Mereka memulainya dengan take a bath. Setelah itu, untuk membersihkan badan dari sisa-sisa sabun, mereka kemudian take a shower.

Orang Amerika biasanya menggunakan ungkapan kata take untuk mengatakan take a bath atau take a shower. Sementara orang Inggris lebih cenderung menggunakan kata have untuk menuturkan have a bath atau have a shower.


Demikian catatan sekelumit mengenai perbedaan take a bath dan take a shower yang di pandang dari berbagai sisi. Sekiranya catatan ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktu membaca artikel ini. Sampai berjumpa dengan artikel lainnya.


Referensi:

https://www.treehugger.com (accessed 2017-10-16)
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/shower (accessed 2017-10-16)
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/bath (accessed 2017-10-16)


0 Response to "Perbedaan Take a Bath dan Take a Shower yang Mungkin Kamu Cari"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel