Seputar Tes TOEIC yang Perlu Kamu Ketahui


Selain tes IELTS, ujian kompetensi berbahasa Inggris yang juga masih merupakan sahabat karibnya TOEFL yaitu TOEIC. Apa sih tes TOEIC itu? Materi apa saja yang diujikan? Bagaimanakah kriteria penilaiannya? Apa saja syarat dan kapan serta bagaimanakah cara mendaftar dan mengikuti tes TOEIC?

Jika sobat mempunyai pertanyaan yang sama seperti yang dituliskan di atas, silakan simak dan baca catatan saya berikut ini.

Apa Itu TOEIC?

TOEIC adalah singkatan dari Test of English for International Communication atau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti tes bahasa Inggris sebagai komunikasi internasional.

TOEIC merupakan sebuah ujian kompetensi berbahasa Inggris yang berstandar internasional. Ujian ini dimulai sejak tahun 1970 an. Pada waktu itu, menteri perdagangan dan industri negara Jepang meminta pihak ETSatau Educational Testing Service untuk mengembangkan sebuah tes bahasa Inggris untuk keperluan perusahaan. Mereka ingin mengetahui apakah bukan penutur bahasa Inggris dapat menjalankan bisnis dalam bahasa Inggris.

Seputar Ujian TOEIC yang Perlu Kamu Ketahui
Seputar Ujian TOEIC yang Perlu Kamu Ketahui - langitbirukata.com


Dikelola oleh ETS, tes ini didesain secara khusus untuk menguji  keterampilan penerapan dan kemampuan berbahasa Inggris para peserta ujian sebagai bekal di kemudian hari tatkala mereka terjun dalam kancah internasional, terutama dalam dunia kerja, bisnis, organisasi dan industri.

Dibandingkan dengan tes TOEFL, yang juga dikelola oleh ETS, menguji kompetensi bahasa Inggris untuk tujuan akademik, TOEIC diperuntukkan bagi kalangan profesional di dunia kerja atau bisnis.

Materi Ujian TOEIC

Materi ujian TOEIC berbasis kertas atau disebut juga paper based terdiri dari dua kategori yaitu:

Ujian Listening dan Reading
Ujian Speaking dan Writing


Ujian Listening dan Reading

Sesi Listening

Pada sesi listening peserta ujian mendengarkan beragam pertanyaan dan sejumlah percakapan pendek. Kemudian, materi ujian pada sesi ini terdiri dari 100 soal pilihan ganda yang meliputi:

Bagian 1 Kalimat deskripsi dengan gambarnya.
Bagian 2 Respon sesuai dengan pertanyaan.
Bagian 3 Percakapan
Bagian 4 Pidato atau ceramah

Sesi Reading

Pada sesi reading, peserta ujian membaca beragam materi dan sejumlah percakapan pendek. Materi ujian pada sesi ini terdiri dari 100 soal pilihan ganda yang meliputi:

Bagian 5 Kalimat tidak lengkap.
Bagian 6 Analisa kesalahan atau kelengkapan teks
Bagian 7 Pemahaman teks

Seperti yang diutarakan sebelumnya, kedua sesi ujian ini, sesi listening dan sesi reading, masing-masing terdiri dari 100 soal pilihan berganda. Total nilai untuk masing-masing sesi adalah 495 sehingga nilai keseluruhan yaitu 990. Sertifikat TOEIC diberikan berdasarkan nilai yang diperoleh seusai mengerjakan tes.

Warna Sertifikat TOEIC

Sertifikat TOEIC yang diperoleh peserta ujian memiliki aneka warna yang menunjukkan kisaran perolehan nilai hasil ujian. Warna sertifikat TOEIC yang diberikan beragam berdasarkan nilai keseluruhan yang diperoleh dari tes seperti berikut ini:

Warna oranye diberikan untuk perolehan nilai antara 10 hingga 215.
Warna coklat diberikan untuk perolehan nilai antara 220 hingga 465.
Warna hijau diberikan untuk perolehan nilai antara 470 hingga 725.
Warna biru diberikan untuk perolehan nilai antara 730 hingga 850.
Warna emas diberikan untuk perolehan nilai antara 855 hingga 990.


Ujian Speaking dan Writing

Diperkenalkan sejak tahun 2006 oleh ETS, ujian TOEIC kategori speaking dan writing merupakan ujian yang bersifat pilihan. Dengan kata lain, kita dapat memilih apakah kita menginginkan ujian untuk kedua sesi tersebut yaitu speaking dan writing atau hanya menginginkan sesi speaking, tapi tidak mengikuti sesi writing.

Hasil penilaian untuk kedua sesi baik itu speaking ataupun writing diberikan secara terpisah.

Ujian TOEIC sesi speaking menguji pengucapan, tata bahasa, kosakata dan kelancaran kita dalam berbahasa Inggris. Sementara sesi writing menguji kosakata, tata bahasa, kepaduan (coherense) dan organisasi teks.

Kedua tes baik speaking maupun writing maing-masing memiliki maksimal nilai 200 dimana peserta ujian dibagi dalam 8 kelompok tingkat kompetensi berbahasa Inggris. Tes speaking setidaknya berdurasi selama 20 menit. Sementara, tes writing berdurasi selama 60 menit.

Selain ujian yang disebutkan sebelumnya, institusi dan industri swasta dapat membeli hak royalti untuk menyelenggarakan ujian internal. Jenis tes ini yang dinamakan tes TOEIC institusional.

Revisi Materi Tes

Pasca tahun 2006, pola dasar ujian listening dan reading mengalami beberapa revisi sebagai berikut:

Jumlah pertanyaan pada bagian 1 dikurangi dan gambar deskripsi ditambahkan. Sesi listening didesain lebih baik, dengan menyempatkan beragam aksen bahasa Inggris dari berbagai negara di dunia. Pada bagian 6 analisa kesalahan diganti dengan mengisi bagian kosong untuk melengkapi kalimat. Pada bagian 7 pertanyaan dikemas 2 pertanyaan bacaan berdampingan dengan 1 pertanyaan bacaan sehingga menambah tingkat kesulitan baru.

Di samping itu pula, pihak ETC menyediakan sebuah pilihan ujian TOEIC Bridge yang diperuntukkan bagi peserta ujian bahasa Inggris pemula dan menengah yang terdiri dari 100 soal pilihan berganda.

TOEIC merupakan ujian penting jika kamu berencana melamar pekerjaan apapun di belahan dunia. Banyak perusahaan mewajibkan para karyawannya untuk mengikuti ujian TOEIC dengan mensyaratkan nilai tertentu. Lebih dari itu, sebuah sertifikat TOEIC memberikan nilai tambah serta 'nilai jual' pada resume atau daftar riwayat hidup seseorang tatkala melamar sebuah pekerjaan. 


Prosedur dan Persyaratan

Untuk mengikuti sebuah ujian TOEIC, kita tidak disyaratkan harus mengantongi tingkat pendidikan tertentu serta tidak ada batasan usia, siapa saja dapat mengikuti ujian ini. Berbeda dengan ujian kompetensi bahasa Inggris lainnya yang hanya dapat diikuti satu kali, ujian TOEIC dapat kamu ikuti berulang kali sepanjang kamu mungkin ingin meningkatkan nilai TOEIC kamu.

Prosedur untuk mengikuti ujian TOEIC cukup mudah dan sederhana. Pertama kunjungi situs resmi ets.org. Lalu pilih dan tentukan tanggal dan tempat ujian dari daftar yang disediakan. Kemudian, daftarkan diri setidaknya 7 hari sebelum tanggal tes dan melakukan pembayaran selama waktu pendaftaran. Pada waktu tes, bawa serta bukti dua tanda pengenal identitas serta tiket pendafaran. Di samping itu, jangan lupa membawa 2 buah pencil dan sebuah penghapus di dalam ruang ujian.

Biaya ujian TOEIC beragam berdasarkan di negara mana tes tersebut dilaksanakan. Biaya ini dibayarkan sewaktu melakukan pendafratan. Namun, tes TOEIC yang dilaksanakan oleh perusahaan di tempat kita bekerja, harga ditentukan oleh perusahaan tersebut. Jika karena alasan tertentu, kamu harus melakukan pembatalan, kamu perlu menghubungi kantor ETC setempat. Meskipun kamu telah membatalkan ujian TOEIC, biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Akhir kata, sobat tidak perlu mengambil khursus khusus untuk mengikuti ujian TOEIC, kamu cukup melatih dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu.


Referensi:

The TOEIC Test, https://www.ets.org/toeic (accessed 2017-10-12)

0 Response to "Seputar Tes TOEIC yang Perlu Kamu Ketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel