Cara Menentukan Tenses Dalam Kalimat Bahasa Inggris yang Kamu Perlu Tahu


Sebagian besar para pemula pembelajar bahasa Inggris lebih cenderung berusaha menghafalkan semua rumus tenses agar bisa memahami tenses bahasa Inggris. Untuk memahami bentuk tenses, sebenarnya sobat tidak perlu menghafalkan rumus tenses, kamu cukup mengetahui Cara Sederhana Memahami Tenses Bahasa Inggris tanpa harus menghafalkan satu tense pun.

Setelah memahami pola 16 rumus tenses, hal yang mungkin merisaukan kebanyakan pemula pembelajar bahasa Inggris adalah bagaimana menentukan tenses mana yang akan digunakan.


Seperti yang telah saya singgung sebelumnya dalam Penyebab Kebingungan Pembelajar Bahasa Inggris dalam Memahami Tenses, ada beberapa hal yang menyumbang kebingungan dan kebimbangan para pemula pembelajar bahasa Inggris yaitu ketika mereka disodorkan dengan penjelasan tenses yang mengatakan:

  • Membagi tenses berdasarkan waktu.
  • Berkonsentrasi menghafalkan tenses.
  • Mendasarkan pada keterangan waktu.

Lalu, bagaimanakah cara menentukan tenses yang harus digunakan ketika kita ingin menulis atau menuturkannya?

Cara Menentukan Tenses Bahasa Inggris
Cara Menentukan Tenses Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Agar sobat tidak mengalami kebingungan dalam menentukan tenses mana yang akan digunakan dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris kamu, sobat sebaiknya mencermati beberapa hal berikut:

Nama Tenses Bukanlah Cerminan

Pertama dan terutama, yang harus diketahui bahwa nama-nama tenses bukanlah cerminan dari fungsi atau kegunaan dari nama-nama tenses tersebut. Apa maksudnya, sih? Masih bingung? Silakan simak ilustrasi berikut.

Sebagai ilustrasi, ada seorang gadis bernama Bulan. Hanya karena seseorang bernama Bulan, bukan berarti dia adalah bulan (yang berada di langit). Bulan hanyalah sekedar nama. Nama Bulan digunakan sebagai pembeda dengan orang lain.

Dengan kata lain, hanya karena tensenya bernama present tenses (berarti sekarang) bukan berarti selalu digunakan untuk waktu sekarang. Kita dapat pula menggunakan present tense untuk penggunaan lainnya selain merujuk waktu sekarang.

Atau lantaran tensenya bernama past tenses (berarti waktu lampau) bukan berarti digunakan untuk waktu lampau. Kita juga dapat menerapkan  past tense untuk penggunaan lainnya selain merujuk waktu lampau.

Atau juga karena tensenya bernama future tenses (berarti waktu akan datang) bukan berarti digunakan untuk waktu akan datang. Kita dapat pula menggunakan future tense untuk penggunaan lainnya selain merujuk waktu yang akan datang.

Singkatnya, nama-nama tenses seperti present tense, past tense dan tenses lainnya hanya berfungsi sebagai pembeda antara satu pola kalimat dengan pola kalimat-kalimat lainnya.

Jadi, saran terbaik saya adalah sebaiknya jangan menentukan tenses yang akan digunakan berdasarkan nama tenses tersebut.

Lebih tepatnya, ketahuilah dan pelajarilah penggunaan masing-masing tenses, misalnya ketika kamu mempelajari present tense, maka kamu sebaiknya mencari tahu present tense digunakan untuk situasi apa saja.


Jangan Berfokus Pada Rumus Tenses

Kedua, sebaiknya jangan berkonsentrasi hanya pada rumus tenses. Rumus tenses merupakan hasil dari yang sobat pikirkan di dalam benak kamu yang kamu utarakan pada lawan bicara atau pembaca tulisan kamu. Dengan kata lain, tenses merupakan perwujudan dari apa yang ingin sobat katakan atau tuliskan.

Seperti yang saya singgung sebelumnya, apabila sobat berfokus pada rumus tenses, maka kamu kecenderungannya akan berkata atau menuliskan maksud kamu berdasarkan nama tenses. Padahal nama tenses bukanlah cerminan dari fungsi atau kegunaanya.

Setiap orang, termasuk saya sendiri tidak hafal rumus tenses, memiliki cara tersendiri untuk memahami bentuk pola kalimat meskipun tidak hafal tenses.

Untuk memahami tenses secara komprehensif, sobat tidak bisa hanya memandangnya dari satu sisi, atau dari bentuk kalimatnya saja atau dikenal banyak orang rumus tensesnya.

Tapi dari dua sisi lainnya yaitu: penggunaan dan makna dari nama-nama tenses tersebut sehingga kamu dapat menentukan tenses yang sesuai dan selaras dengan apa yang maksudkan pada pembaca ataupun lawan bicara kamu.


Jangan Mendasarkan pada Kata Keterangan

Ketiga, sebaiknya jangan menentukan tenses berdasarkan kata-kata keterangan waktu. Kenapa demikian?

Perlu sobat ketahui bahwa kalimat bahasa Inggris tidak seperti kalimat bahasa Indonesia yang biasanya membutuhkan keterangan waktu untuk menerangkan waktu terjadinya kegiatan atau kejadian.

Kalimat tenses dalam bahasa Inggris sudah memiliki makna waktu sehingga kamu akan lebih sering mendapati kalimat-kalimat bahasa Inggris tanpa didampingi keterangan waktu.

Misalnya,
Lisa
:
I saw your brother playing in the game center.
Andi
:
Did you?
Lisa
:
I did
Seperti yang sobat amati pada potongan dialog di atas, kamu tidak mendapati satupun keterangan waktu.

Pada potongan dialog di atas, Lisa menceritakan pada Andi kalau dia 'melihat' adiknya Andi bermain di game center. Meskipun Lisa tidak menyebutkan keterangan waktu, Andi pastinya tahu waktu kejadian itu terjadi di waktu lampau dari kata saw yang diselipkan pada kalimat yang diucapkan Lisa.

Apakah kita bisa menambahkan kata keterangan waktu pada kalimat kita? Tentu saja bisa.

Lantas, apa fungsinya kata keterangan waktu, kalau begitu?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita lihat kembali potongan di atas untuk mencermatinya lebih dekat.
Lisa
:
I saw your brother playing in the game center.
Andi
:
Did you?
Lisa
:
I did
Setelah Lisa berkata 'Aku melihat adikmu bermain di game center.' Andi menanggapinya dengan rasa tidak percaya kalau Lisa (telah) melihat adiknya bermain di game center dengan bertanya 'Did you?'. Pada bagian ini pula, Andi tahu kejadiannya berlansung di waktu lampau, seperti yang saya singgung sebelumnya. Lalu Lisa mengiyakan dengan jawaban 'I did'. Karena mungkin Andi merasa penasaran kapan waktu tepatnya adiknya bermain di game center tersebut. Kemudian, dialog ini berlanjut.
Andi
:
When did you see him?.
Lisa
:
I saw him playing in the center yesterday.
Jadi, kamu terkadang tidak perlu menambahkan kata keterangan waktu karena waktunya sudah terlihat dan diketahui dengan penggunaan tenses pada kalimat tersebut. Namun, apabila kamu ingin menegaskan atau diperlukan, kamu dapat menambahkannya dalam kalimat bahasa Inggris kamu.

Kata yesterday berfungsi menegaskan dan memberikan informasi kapan kejadian tersebut tepatnya berlangsung.


Sekarang, kembali dengan pertanyaan awal, bagaimanakah cara menentukan tenses dalam bahasa Inggris?

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ambil dalam menentukan tenses mana yang akan kamu gunakan dalam kalimat bahasa Inggris kamu.


Utarakan Maksud Kamu

Pertama, berkonsentrasilah pada maksud atau makna yang ingin kamu sampaikan, entah itu kegiatan ataupun kejadian, bukan berkonsentrasi pada rumus tenses. Misalnya, kamu mengatakan:

Saya mengambil uang tunai di ATM.


Setelah itu tanyakan pada dirimu kapan atau berapa lama kegiatan atau kejadian tersebut terjadi, Apakah sekarang, waktu lampau ataukah waktu yang akan datang?


Wujudkan dalam Kata-Kata

Seusai menetapkan apa yang diutarakan dan kapan, langkah berikutnya, kamu mewujudkannya dalam beragam pilihan kalimat tenses. Selaraskan pilihan kalimat dengan maksud yang kamu ingin sampaikan. Berikut pilihan kalimat tenses yang berdasarkan waktu berlangsungnya kejadian atau kegiatan tersebut,

Apabila kamu bermaksud mengatakan kegiatan atau kejadian yang merujuk pada waktu sekarang, kamu dapat memilih salah satu tenses dalam Cara Mengutarakan Waktu Sekatang.

Misalkan waktunya sekarang, setiap akhir pekan.

I withdraw some cash in the ATM on weekends.

Atau apabila kamu bermaksud mengatakan kegiatan atau kejadian yang merujuk pada waktu lampau, kamu dapat memilih salah satu tenses dalam Cara Mengutarakan Waktu Lampau.

Misalkan waktunya di waktu lampau, sebelum kamu datang.

I had withdrawn some cash before you came.

Atau apabila kamu bermaksud mengatakan kegiatan atau kejadian yang merujuk pada waktu akan datang, kamu dapat memilih salah satu tenses dalam Cara Mengutarakan Waktu Akan Datang.

Misalkan waktunya nanti.

I want to withdraw some cash in the ATM this afternoon.

Kesimpulan dari catatan kali ini yaitu pertama pikirkan apa yang ingin diutarakan, pikirkan pula kapan waktu dan berselang berapa lama, tentukan maksud kamu dan terakhir pilihlah cara mengutarakannya sesuai dengan yang kamu maksudkan.

Demikianlah, sobat langit biru, catatan saya mengenai cara menentukan tenses dalam bahasa Inggris. Kiranya kamu akan semakin piawai menggunakan tenses dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris kamu.

Terima kasih telah meluangkan waktu kamu untuk membaca artikel ini. Sampai bertemu kembali dengan artikel lainnya.


0 Response to "Cara Menentukan Tenses Dalam Kalimat Bahasa Inggris yang Kamu Perlu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel