Perbedaan Mendasar antara Fate dan Destiny yang Perlu Kamu Ketahui


Dalam bahasa Indonesia saja, kata takdir dan kata nasib tidak jarang membuat bingung bagi penutur bahasa Indonesia itu sendiri. Meskipun banyak orang tahu kalau kedua kata ini tidak sama, toh dalam penggunaannya, kata takdir dan nasib sering digunakan untuk maksud dan pengertian yang sama.


Tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia, kata fate dan destiny, yang merupakan padanan kata-kata bahasa Inggris dari kata takdir dan nasib, kerap pula membingungkan sebagian para pemula pembelajar bahasa Inggris, tidak terkecuali saya sendiri.

Apakah sobat juga mempunyai masalah dalam membedakan kata fate dan destiny? Kalau memang demikian, silakan simak catatan saya berikut ini.

Perbedaan Fate dan Destiny bahasa Inggris
Perbedaan Fate dan Destiny bahasa Inggris - langitbirukata.com

Kita awali dengan menengok pengertian kedua kata takdir dan nasib dengan membuka kamus bahasa Indonesia.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata takdir memiliki pengertian ketetapan dan ketentuan Tuhan, sedangkan kata nasib berarti sesuatu yang sudah ditentukan oleh Tuhan atas diri seseorang.

Dari kamus bahasa Indonesia, mungkin perbedaannya tidak begitu terlihat, sehingga kita masih merasa kesulitan untuk membedakan antara kedua kata ini. Berikut ini kita akan meniliknya dari asal katanya.


Asal Kata

Kata fate berasal dari kata, fatum, bahasa latin, yang berarti sesuatu yang telah ditetapkan. Sementara kata destiny juga berasal dari kata bahasa latin, destinare, yang memiliki arti, berupaya atau mewujudkan. Jadi, bisa kita katakan kata fate merupakan sesuatu ketetapan dari Yang di Atas, sementara destiny mengandung upaya yang dilakukan oleh manusia.


Persamaan

Kedua kata fate dan destiny termasuk jenis kata benda. Dengan kata lain, kamu dapat menggunakan kedua kata ini sebagai subjek ataupun predikat dalam kalimat bahasa Inggris. Selain itu kedua kata ini sama-sama merujuk pada masa depan seseorang.

Berikut kita amati beberapa pengertian dari kata fate dan destiny dipandang dari jenis kata benda yang dapat dihitung dan kata benda yang tidak dapat dihitung yang saya catat menurut kamus satu bahasa: Inggris-Inggris.


Perbedaan

Kendati kata fate dan destiny memiliki beberapa persamaan seperti yang telah disinggung sebelumnya, kedua kata ini mempunyai beberapa perbedaan pengertian. Masing-masing pengertian kata dari kata fate dan destiny menentukan apakah kata benda tersebut termasuk Kata Benda yang Dapat Dihitung, ataukah termasuk Kata Benda yang Tidak Dapat Dihitung, Pada gilirannya, penggunaan kedua tersebut dalam kalimat bahasa Inggris pun akan berbeda.

Pertama-tama, kita akan telusuri apakah kata fate termasuk kata benda yang dapat dihitung atau kata benda yang tidak dapat dihitung berdasarkan pengertiannya di bawah ini.


Fate

Secara singkat, kata fate bisa dialih bahasakan dapat berarti takdir. Namun, agar menggunakan kata fate dengan tepat, sobat perlu memperhatikan beberapa pengertian dari kata fate dalam catatan berikut.

Kata Benda Dapat Dihitung

Kata fate dianggap sebagai kata benda dapat dihitung apabila kata tersebut memiliki definisi berikut ini:

Fate adalah sesuatu yang terjadi pada seseorang atau sesuatu, terutama yang bersifat final atau negatif, misalnya, kematian atau kekalahan.

Kata fate dengan definisi di atas berperan sebagai kata benda yang dapat dihitung. Dengan kata lain, kata fate dengan definisi ini memiliki bentuk jamak. Namun, dalam penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris, kata fate dengan definisi ini biasanya berbentuk tunggal.

Misalnya,

We want to decide our own fate.
Kami ingin mengubah takdir kami sendiri.

His fate is now in the hands of the jury.
Takdirnya sekarang berada di tangan para juri.


Kata Benda Tidak Dapat Dihitung

Kata fate dianggap sebagai kata benda yang tidak dapat dihitung apabila memiliki definisi berikut ini.

Kata fate adalah suatu kekuatan, yang percaya oleh banyak orang, menyebabkan atau mengendalikan semua kejadian, sehingga kita tidak bisa mengubah atau mengendalikan sesuatu yang terjadi.

Misalnya,

When we met again by chance in Semarang, I felt it must be fate.
Ketika kita bertemu secara tak sengaja di Semarang, aku merasa ini pasti takdir.

Fate has brought us together.
Takdir telah menyatukan kita.

Sebagai kata benda yang tidak dapat dihitung,  kata fate hanya mempunyai bentuk tunggal, destiny.

Sekarang, kita bandingkan beberapa pengertian kata fate dengan pengertian kata destiny berikut ini.


Destiny

Secara singkat, kata destiny bisa dialih bahasakan dapat berarti nasib. Namun, agar menggunakan kata destiny dengan tepat, sobat perlu mencermati beberapa pengertian dari kata destiny di bawah ini.


Kata Benda Dapat Dihitung

Kata destiny dianggap sebagai kata benda dapat dihitung apabila kata ini memiliki definisi yang disebutkan berikut ini.

Destiny adalah sesuatu yang akan terjadi di waktu mendatang.

Misalnya,

The destiny of our nation depends on our votes.
Nasib bangsa kita bergantung pada pilihan kita.

People want to take charge of their own destinies.
Orang-orang ingin menentukan nasib mereka sendiri.

Sebagai kata benda yang dapat dihitung, kata destiny dengan pengertian ini memiliki bentuk tunggal, destiny dan bentuk jamak, destinies.


Kata Benda Tidak Dapat Dihitung

Kata destiny dianggap sebagai kata benda yang tidak dapat dihitung apabila kata ini memiliki definisi berikut ini.

Destiny adalah suatu kekuatan yang menurut orang mengendalikan apa yang akan terjadi dan diluar kendali manusia.

Misalnya,

You can't fight destiny.
Kamu tidak bisa melawan nasib.

He is a tragic victim of destiny.
Dia adalah korban tragis oleh karena nasib.

Sebagai kata benda yang tidak dapat dihitung, kata destiny dengan pengertian ini hanya memiliki bentuk tunggal, yaitu destiny.


Kesimpulan

Baik kata fate dan destiny merupakan kata benda, baik itu yang dapat dihitung maupun yang tidak, dan keduanya sama-sama merujuk pada masa depan seseorang.

Kata fate dalam bahasa Indonesia diartikan takdir, sedangkan kata destiny diterjemahkan dengan kata nasib. Fate dipandang sebagai rencana dari Yang di Atas, sedangkan destiny dapat dipengaruhi oleh perbuatan manusia. Namun, dalam penggunaannya, kita harus memperhatikan beberapa pengertian dari kata fate dan destiny itu sendiri. Jika tidak, kemungkinan kita akan salah menempatkan kedua kata ini dalam konteks kalimat bahasa Inggris.

Catatan Tambahan

Sebelumnya disebutkan bahwa kita dapat menggunakan kata destiny, sebagai kata benda yang berfungsi sebagai subjek atau objek, yang berarti takdir dalam bahasa Indonesia. Lalu, bagaimanakah kita mengungkapkan kata 'ditakdirkan', sebagai predikat dalam kalimat bahasa Inggris? Kita dapat menggunakan frasa seperti be meant to be atau be destined,  misalnya,

We are meant to be together. 
Kita ditakdirkan untuk bersama.

We are destined to be together. 
Kita ditakdirkan untuk bersama.

Beberapa contoh kalimat di atas biasanya dituturkan pada pasangan kala bertemu kali pertama.

Demikianlah catatan saya mengenai perbedaan fate dan destiny dipandang dari asal kata, persamaan, perbedaan. Kiranya artikel ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan artikel-artikel lainnya.


Referensi:

Kamus Besar Bahasa Indonesia https://kbbi.co.id (accessed 2017-11-13)
Fate, https://dictionary.cambridge.org/ (accessed 2017-11-13)
Destiny, https://dictionary.cambridge.org/ (accessed 2017-11-13)

0 Response to "Perbedaan Mendasar antara Fate dan Destiny yang Perlu Kamu Ketahui "

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel