Perbedaan Bahasa Inggris Amerika dan Britania yang Perlu Kamu Tahu


Dari dua kata berikut penulisan kata yang manakah menurut sobat yang benar? Center ataukah Centre?

Ya, benar sekali tebakan sobat. Penulisan atau ejaan kedua kata tersebut di atas benar. Keduanya benar karena penulisan kedua kata tersebut merupakan beraneka ragamnya bahasa Inggris. Ini yang kita sebut variasi bahasa Inggris.

Tidak berbeda dengan bahasa Inggris, bahasa Indonesia pun memiliki beragam variasi seperti bahasa Indonesia ala orang Jawa, bahasa Indonesia ala orang Medan, bahasa Indonesia ala orang sunda, bahasa Indonesia ala orang Maluku dan yang lainnya.

Dari 195 negara di dunia, 67 negara menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Belum lagi, terdapat 27 negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Oleh karena itulah, bahasa Inggris memiliki banyak variasi.

Namun, hanya dua variasi bahasa Inggris yang kerap diujikan dalam tes kompetensi berbahasa Inggris yang berstandar internasional yaitu bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania, atau istilah bahasa Inggrisnya adalah American English dan British English.

Perbedaan Bahasa Inggris Amerika dan Britania
Perbedaan Bahasa Inggris Amerika dan Britania - langitbirukata.com

Bahasa Inggris ala orang Amerika dan bahasa Inggris ala orang Inggris bisa dikatakan lebih banyak persamaannya dibandingkan dengan perbedaannya. Kendati demikian, tidak jarang kebanyakan pemula pembelajar bahasa Inggris bahkan pembelajar bahasa Inggris tingkat mahir pun masih memusingkan perbedaan ini.

Berikut beberapa perbedaan yang dapat sobat temukan pada bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania.

Perbedaan Ejaan Kata
Perbedaan Penggunaan Kata
Perbedaan Pengucapan Kata
Perbedaan Intonasi Kata
Perbedaan Tata Bahasa

Mari kita telusuri satu persatu keempat perbedaan ini berdasarkan bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania.


Perbedaan Ejaan Kata

Pertama, hal yang membedakan pada bahasa Inggris orang Amerika dan bahasa bahasa Inggris orang Inggris terletak pada ejaan atau penulisan kata. Perbedaan Ejaan Kata Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania tersebut pada umumnya dapat kamu amati pada bagian akhir kata-kata bahasa Inggris. Namun, tentu saja perbedaan tidak selalu terjadi pada bagian akhir kata-kata tersebut.

Untuk dapat mengetahui perbedaannya, sobat perlu mengamati beberapa ciri-ciri perbedaan penulisan kata-kata bahasa Inggris  ala orang Amerika dan bahasa Inggris ala orang Inggris berikut ini.

Akhiran Tertentu

Beberapa kata-kata ejaan bahasa Inggris Amerika atau American English memiliki ciri dua huruf -or pada akhir kata. Sedangkan kata-kata ejaan bahasa Inggris Britania atau British English mempunyai ciri tiga huruf our pada akhir kata.
American English
British English
Meaning
Amerika
Inggris
Artinya
Behavior
Behaviour
Kelakuan
Color
Colour
Warna
Paralyze
Paralyse
Melumpuhkan
Recognize
Recognise
Mengenali
Fiber
Fibre
Serat
Meter
Metre
Meter
Defense
Defence
Pertahanan


Sederhana dan Kompleks

Selain bentuk penulisan atau ejaan yang dapat kita amati pada beberapa contoh sebelumnya yang terpola bentuk penulisannya, sebagian kata-kata bahasa Inggris lainnya mempunyai keberagaman dan keunikan sendiri bagaimana ejaaan atau penulisan kata-kata tersebut.

Keberagaman dan keunikan sebagian kata-kata bahasa Inggris tersebut terlihat pada kata-kata bahasa Inggris Amerika yang nampak lebih sederhana, mudah dan pendek dibandingkan dengan ejaan kata-kata bahasa Inggris Britania yang lebih kompleks, lebih sulit dan lebih panjang.

Berikut beberapa contoh kata-kata bahasa Inggris yang ejaannya terlihat sederhana dan kompleks.
American English
British English
Meaning
Amerika
Inggris
Artinya
Aluminum
Aluminium 
Alumunium
Artifact
Artefact
Artifak
Airplane
Aeroplane
Pesawat
Tire
Tyre
Ban


Perbedaan Penggunaan Kata

Dalam menggunakan kata-kata bahasa Inggris, orang Amerika dan orang Inggris memiliki banyak persamaan kata ketika mereka berbicara bahasa Inggris karena memang kedua negara ini mempunyai keterikatan sejarah di masa lampau.

Kendati demikian, terkadang, tatkala orang Amerika dan orang Inggris mengutarakan satu maksud yang sama, mereka tidak jarang menggunakan kata-kata yang berbeda. Dengan kata lain, pilihan kata-kata yang digunakan mereka berbeda untuk mengutarakan sesuatu yang sama.

Meskipun terdapat Perbedaan Penggunaan Kata Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania, orang-orang dari kedua negara ini tidak memiliki kendala yang berarti ketika mereka berkomunikasi satu sama lain.

Dari pilihan kata-kata inilah, kamu dapat mencermati apakah kata tersebut termasuk bahasa Inggris Amerika atau bahasa Inggris Britania.

Berikut beberapa contoh perbedaan penggunaan kata untuk satu maksud yang  sama.
American English
British English
Meaning
Amerika
Inggris
Artinya
Apartment
Flat
Apartemen
Bar
Pub
Bar
Can
Tin
Kaleng
Candy
Sweet
Permen
Cellphone
Mobile Phone
Ponsel
Soccer
Football
Sepak Bola


Perbedaan Pengucapan

Pada umumnya, pengucapan kata-kata bahasa Inggris Amerika  bahasa Inggris Britania atau British English mempunyai banyak kesamaan. Namun, sebagian kata-kata tersebut terdapat Perbedaan Pengucapan Kata Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania,

Pengucapan kata-kata bahasa Inggris tidak hanya mencakup bagaimana cara sebuah kata dituturkan, tapi juga bagaimana naik turunnya intonasi pengucapan pada kata tersebut.

Catatan berikut akan menelusuri perbedaan pengucapan dan intonasi antara kata-kata bahasa Inggris Amerika dan kata-kata bahasa Inggris Britania dengan menggunakan Simbol Fonetik.


Perbedaan cara mengucapkan berikutnya adalah perbedaan pengucapan huruf o pada kata-kata bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris Amerika, huruf o dilafalkan  /oʊ/. Sedangkan pada kata-kata bahasa Inggris Britania huruf o dilafalkan /əʊ/.

Berikut beberapa contoh perbedaan pengucapan huruf o pada kata-kata bahasa Inggris yang dilafalkan dengan bunyi /oʊ/ dan əʊ/.
American English
British English
Words
Amerika
Inggris
Kata
/soʊ/
/səʊ/ 
So (Jadi)
/bɑːks/
/bɒks/ 
Box (Kotak)
/ɡræs/
/ɡrɑːs/ 
Grass (Rumput) 
/ˈstuː.pɪd/
/ˈstjuː.pɪd/ 
Stupid (Dungu)

Ragam Pengucapan

Sebelumnya perbedaan cara mengucapkan dapat kamu cermati dari pola pengucapan kata-kata bahasa Inggris. Namun, pada beberapa kata-kata bahasa Inggris lainnya terdapat variasi pengucapan baik itu kata-kata bahasa Inggris Amerika maupun bahasa Inggris Britania yang memang memiliki keunikan dalam mengucapkannya.

Berikut beberapa contoh perbedaan ragam pengucapan huruf o pada kata-kata bahasa Inggris yang dilafalkan dengan bunyi /oʊ/ dan əʊ/.
American English
British English
Words
Amerika
Inggris
Kata 
/æd.vɝːˈtaɪz.mənt/
/ədˈvɜː.tɪs.mənt/
Advertisement 
/æn.taɪ-/
/æn.ti-/  
Anti-
/ˈiː.ðə/
/ˈaɪ.ðə/
Either
/ˈwɑː.t̬ɚr/
/ˈwɔː.tə/
Water


Perbedaan Intonasi

Tidak seperti pada bahasa Indonesia, pengucapan bahasa Inggris tidak hanya berbicara bagaimana sebuah kata dihasilkan dengan artikulasi yang benar, tapi juga penekanan atau intonasi pengucapan kata bahasa Inggris tersebut.

Pada umumnya intonasi pengucapan kata-kata bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania tidak mempunyai banyak persamaan. Meski demikian, kamu mendapati Perbedaan Intonasi Pengucapan Kata Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania,

Seperti yang telah saya tuliskan dalam Penyebab Kata-Kata Bahasa Inggris Dibaca Tidak Seperti Ejaannya, banyak terdapat kata-kata bahasa Inggris yang diserap dari bahasa Perancis. Perbedaan intonasi pengucapan terlihat terutama pada kata-kata serapan ini. Dalam

Berikut beberapa contoh perbedaan intonasi pengucapan.
American English
British English
Meaning
Amerika
Inggris
Arti 
Adult
Adult
Dewasa
Brochure
Brochure
Brosur
Garage
Garage
Garasi
Advertisement 
Advertisement
Pariwara


Perbedaan Tata Bahasa

Perbedaan yang terakhir adalah tata bahasa. Meskipun tata bahasa antara bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania pada umumnya mempunyai banyak persamaan, kamu bisa mendapati beberapa mendapati Perbedaan Tata Bahasa antara Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania seperti perbedaan tanda baca, penggunaan kata depan, penggunaan tenses, dan lainnya pada beberapa contoh berikut ini.

Penggunaan Tanda Baca

American English
British English
Words
Amerika
Inggris
Kata 
Mr.
Mr
Pak
Dr.
Dr
Doktor

Penggunaan Kata Depan

American English
British English
Amerika
Inggris
We go out on the weekend.
We go out at the weekend.
It’s different from/than the others.
It’s different from/to the others.

Penggunaan Tenses

American English
British English
Amerika
Inggris
I lost my key..
I've lost my key.
Did you do your homework?
Have you done your homework?

Penggunaan Take dan Have

American English
British English
Amerika
Inggris
I take a bath after work.
I have a bath after work.
The child takes a nap.
The child has a nap.

Penuturan Mempunyai

American English
British English
Amerika
Inggris
Do you have a car?
Have you got a car?
Did you do your homework yet?
Have you done your homework yet?


Demikianlah catatan saya mengenai perbedaan antara bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania. Kiranya artikel ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan artikel-artikel lainnya.


Referensi:

Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.co.id (accessed 2017-11-13)
How Many People Speak English. https://www.babbel.com/en/ (accessed 2017-11-13)
https://en.oxforddictionaries.com/usage/british-and-american-terms (accessed 2017-11-13)
http://www.onestopenglish.com/.../american-english-vs-british-english (accessed 2017-11-13)


0 Response to "Perbedaan Bahasa Inggris Amerika dan Britania yang Perlu Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel