Cara Memaksimalkan Penggunaan Kamus Bahasa Inggris yang Perlu Dicermati


Perlukah saya menggunakan dan membuka kamus untuk menguasai bahasa Inggris? Bila itu adalah pertanyaan kamu, maka jawabannya bisa ya, bisa pula tidak.

Membuka kamus setiap kali kita mendapati kata-kata baru atau kata-kata sulit bukanlah pilihan bijak. Karena apabila kita senantiasa membuka kamus sepanjang waktu, kita tentunya akan cepat letih dan merasa jenuh.

Di samping itu pula, kebiasaan membuka kamus yang terus menerus dilakukan dapat mengakibatkan kemampuan kita untuk berpikir kritis dan logis atau istilahnya bahasa Inggrisnya disebut cognitive takkan pernah terasah.

Apakah mungkin saya bisa mengetahui arti kata bahasa Inggris tanpa membuka kamus?

Tentunya sangat mungkin. Sobat bisa mencoba beberapa kiat Bagaimana Mengetahui Kata-Kata Sukar Tanpa Harus Membuka Kamus dengan syarat kamu sudah menguasai beberapa kata dasar bahasa Inggris.

5 Kamus Online Bahasa Inggris Terbaik
Memaksimalkan Penggunaan Kamus Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Bagaimana kalau saya benar-benar pemula pembelajar bahasa Inggris dan tak satu kata bahasa Inggris pun yang saya tahu artinya? Apakah mungkin saya bisa mengetahui arti kata bahasa Inggris tanpa membuka kamus?

Tentu saja hal tersebut mustahil untuk diwujudkan. Sangat tidak memungkinkan kamu dapat menebak arti suatu kata tanpa satu kata bahasa Inggris pun yang kamu tahu artinya. Untuk situasi seperti ini, kamu ada baiknya menggunakan kamus dua bahasa lebih dahulu. Kuasailah kata-kata yang sering digunakan sehari-hari.

Biasanya kebanyakan para pemula pembelajar bahasa Inggris ketika mereka membuka kamus, kata yang dicari adalah padanan kata bahasa Inggris tersebut dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya apakah padanan kata bahasa Indonesia dalam bahasa Inggris.

Dengan kata lain, mereka menggunakan kamus dua bahasa: Inggris dan Indonesia atau Indonesia dan Inggris untuk mencari tahu arti dari sebuah kata. Padahal arti satu kata dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris tersebut belum tentu sesuai dengan situasi dan kondisi kapan dan di mana kata-kata tersebut digunakan.

Apakah kamu hanya menggunakan kamus sekedar untuk mencari arti kata tersebut? Jika ya. Itu artinya kamu belum memaksimalkan fungsi dari sebuah kamus. Ibarat sebuah ponsel pintar, kita menggunakan ponsel tersebut hanya untuk menelpon dan mengirim sms.

Berikut beberapa fitur yang perlu sobat ketahui agar kamus yang kamu miliki bukan sekedar pencari arti dari sebuah kata, tapi lebih dari itu, kamu dapat memaksimalkan penggunaan dari kamus tersebut sehingga kamu dapat memetik banyak manfaat dari sebuah kamus bahasa Inggris.


Definisi Kata

Satu kata dalam bahasa Inggris seperti kata have tidak hanya berarti mempunyai, tapi juga berarti makan, minum, telah, sudah, pernah atau bahkan tidak diartikan sama sekali. Dengan kata lain, satu kata bahasa Inggris bisa memiliki arti lebih dari satu.

Definisi Kata Bahasa Inggris
 

Oleh karena itu, kita sebaiknya mencari tahu definisi dari kata tersebut. Sehingga ketika kamu akan menggunakan kata-kata bahasa Inggris tersebut, kamu dapat memilah dan memilih menggunakan kata mana yang akan kamu gunakan.


Ejaan Kata

Setelah mengetahui suatu definisi dari kata-kata yang kamu cari, langkah berikutnya adalah mengenal dan membiasakan bagaimana sebuah kata bahasa Inggris dituliskan. Seperti yang sobat kiat ketahui kebanyakan Kata-Kata Bahasa Inggris Tidak Diucapkan Seperti Ejaannya. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui penulisan atau ejaaan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Ejaan Kata Bahasa Inggris


Secara umum, ejaan kata-kata bahasa Inggris ala orang Amerika dan ala orang Inggris memiliki keseragaman dalam penulisannya. Namun, pada beberapa kata terdapat perbedaan ejaan kata antara bahasa Inggris ala orang Amerika dan ejaan kata bahasa Inggris ala orang Inggris, misalnya kata centre dan center. Dengan mengenal perbedaan ejaan kata bahasa Inggris ala orang Amerika dan ala orang Inggris, kamu tidak dibuat bingung lagi ketika mendapati ejaan kata-kata bahasa Inggris yang berbeda.


Jenis Kata

Beberapa jenis kata seperti kata benda, kata kerja, kata sifat, kata sandang dan jenis-jenis kata lainnya dalam bahasa Inggris berperan penting ketika kamu akan menuliskan atau menuturkannya dalam kalimat bahasa Inggris.

Jenis Kata Bahasa Inggris


Kenapa kita perlu mengetahui jenis suatu kata?

Jenis kata menentukan letak kata tersebut dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, apakah kata tersebut menduduki sebagai subjek, objek, predikat atau diletakkan sebelum atau sesudah kata tertentu serta menentukan arti dari kata tersebut berdasarkan jenis kata tersebut, misalnya, kata work. Kata work termasuk kata benda, bisa termasuk Kata Benda yang Dapat Dihitung, atau bisa pula termasuk Kata Benda yang Tidak Dapat Dihitung, Pada gilirannya, penggunaan kedua tersebut dalam kalimat bahasa Inggris pun akan berbeda, misalnya,

She works very hard.
Dia bekerja sangat keras.

She has alot of work to do.
Dia banyak pekerjaan yang harus dikerjakan.

The museum has many works by Leonardo.
Musium itu memuat banyak hasil kerja (karya) Leonardo.


Pengucapan Kata

Setelah mengetahui definisi kata bahasa Inggris dan bagaimana ejaannya, langkah berikutnya adalah mengetahui bagaimana cara mengucapkan kata tersebut. Tentunya, akan sangat berguna tidak hanya mengetahui definisi kata, tapi juga cara melafalkan kata tersebut. Biasanya cara mengetahui pengucapan kata dengan mendengarkannya melalui audio yang ditandai dengan ikon pengeras suara atau dengan membaca Simbol Fonetik dari kata tersebut.

Pengucapan Kata Bahasa Inggris


Pengucapan kata-kata bahasa Inggris pada umumnya memiliki kesamaan. Namun, pada sebagian kata aksen ala Amerika atau aksen ala Inggris agak sedikit berbeda. Pengucapan kata bahasa Inggris ini sangat berguna ketika kamu ingin melafalkan kata tersebut dan ketika kamu mendengarkan kata-kata bahasa Inggris yang dituturkan orang lain, terutama penutur asli bahasa Inggris, entah itu orang Inggris ataupun orang Amerika.


Persamaan Kata

Kenapa kamu perlu mengetahui persamaan kata? Agar tulisan atau ujaran kamu lebih berwarna dan beragam dan tidak menjemukan, kamu seyogyanya tidak hanya mengandalkan satu kata bahasa Inggris untuk mengungkapkan satu arti kata, tapi juga menggunakan kata-kata lainnya yang memiliki arti yang sama.

Persamaan Kata Bahasa Inggris

Misalkan, kamu sering menggunakan kata sambung but untuk menghubungkan dua klausa yang bertentangan. Agar lebih beragam, kamu dapat mengantikan kata but dengan menggunakan persamaan katanya, misalnya,

My brother loves chocolate, but I hate it.
My brother loves chocolate. On the other hand I hate it.
My brother loves chocolate, while I hate it.

Dengan memanfaatkan fitur persamaan kata (thesaurus) pada sebuah kamus, bahasa Inggris kamu akan lebih beragam dan berwarna, dan tentunya tidak akan membosankan. Dan ke depannya kamu akan lebih percaya diri ketika menggunakan bahasa Inggris kamu.


Contoh Kalimat

Salah satu yang terpenting setelah kamu membuka kamus dan menemukan arti dan definisi kata tersebut adalah kamu dapat menggunakan kata-kata tersebut dalam tulisan dan ujaran bahasa Inggris kamu. Tanpa mengerti bagaimana menerapkan kata-kata bahasa Inggris tersebut dalam kalimat,  perbendaharaan kosata kamu hanya menjadi timbunan di ingatan kamu.

Dengan mengamati contoh penggunaan kata atau frasa tersebut dalam konteks kalimat, kamu tahu apa yang harus kamu lakukan dengan kata tersebut.

Persamaan Kata Bahasa Inggris


Dengan mencermati penggunaannya dalam beberapa contoh kalimat, kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik dengan kata-kata bahasa Inggris yang baru kamu pelajari dibandingkan jika kamu hanya mengetahui arti dari kata-kata yang kamu cari.

Misalnya kamu mencari tahu arti dari kata instead yang mempunyai arti 'sebagai gantinya'. Maka, dengan melihat contoh penggunaannya dalam kalimat, kamu tahu bahwa kata instead lebih sering diletakkan pada akhir kalimat.

Singkatnya, sebuah kamus tidak hanya berperan untuk mencari sebuah arti kata. Namun, lebih jauh, kamus bahasa Inggris menyajikan banyak fitur, yang sayang sekali bila kamu abaikan. Dengan memaksimalkan penggunaan dari kamus bahasa Inggris kelak nantinya kamu dapat memetik banyak manfaat sehingga kamu lebih percaya diri dalam menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris.


Demikianlah catatan saya bagaimana cara memaksimalkan penggunaan kamus bahasa Inggris. Kiranya dengan artikel ini menjawab rasa ingin tahu dan semakin memberi semangat untuk tetap mempelajari bahasa Inggris.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk sekedar membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan artikel lainnya.


0 Response to "Cara Memaksimalkan Penggunaan Kamus Bahasa Inggris yang Perlu Dicermati "

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel