Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Pertimbangkan


Tatkala sobat sedang jalan-jalan ke suatu tempat, kemudian mungkin secara tak sengaja kamu mendapati satu atau dua kata bahasa Inggris yang tidak kamu ketahui. Mungkin ada rasa penasaran sekedar ingin tahu apa sih maksud dari kata-kata tersebut.


Di saat-saat seperti inilah, kamu membutuhkan seorang sahabat setia pembelajar bahasa Inggris yaitu sebuah kamus.

Sebuah kamus yang berkualitas dan bagus bukan dipandang dari mahalnya harga ataupun indahnya desain sampul sebuah kamus, atau juga lengkapnya kamus tersebut tapi sebuah kamus yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris yang Baik
Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris yang Baik - langitbirukata.com


Jika sobat saat ini masing bingung atau bimbang dalam memilih sebuah kamus bahasa Inggris, mungkin beberapa kiat berikut ini dapat memberikan pencerahan.

Berikut beberapa kiat dalam memilih sebuah kamus yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Beberapa hal berikut sebaiknya kamu pertimbangkan dan tentukan sebelum kamu memilihnya dan akhirnya memutuskan untuk membelinya.

Bahasa

Jika sobat adalah benar-benar seorang pemula pembelajar bahasa Inggris yang belum tahu atau hafal satu katapun bahasa Inggris, kamus dua bahasa baik itu Indonesia-Inggris ataupun sebaliknya Inggris-Indonesia bisa menjadi pilihan kamu.

Namun, apabila kamu sudah mengetahui beberapa kata bahasa Inggris meskipun belum terlalu banyak, kamus satu bahasa seharusnya menjadi prioritas pilihan kamu. Dengan menggunakan kamus satu bahasa, kamu akan terkondisi untuk membiasakan diri dengan situasi berbahasa Inggris.


Ukuran

Apabila kamu termasuk orang yang aktif dan suka bergerak atau tidak bisa diam di satu tempat dalam waktu yang lama, mungkin sebuah kamus seukuran saku bisa menjadi pilihan buat kamu. Kemanapun kamu melangkah dan kapanpun kamu membutuhkan kamus, kamu selalu dapat mengandalkannya.

Atau kamu bisa memilih sebuah kamus sebesar buku tulis jika kamu lebih suka meletakkannya di rak buku atau di meja belajar kamu. Dan kamu merupakan tipe orang yang lebih suka menghabiskan waktu kamu di dalam kamar.


Lingkup

Berikutnya tanyakan pada dirimu, apakah kamu hanya membutuhkan kosakata atau frasa bahasa Inggris yang digunakan oleh kebanyakan orang? Maka kamus yang berisi bahasa Inggris umum bisa menjadi pilihan kamu.

Akan tetapi apabila kamu berkecimpung di satu bidang khusus, maka ada baiknya kamu membutuhkan kamus yang berisi ilmu bidang tertentu, misalnya, istilah hukum, ekonomi, teknik atau istilah bidang lainnya.

Penyajian

Dan tidak kalah pentingnya adalah bagaimana kamus tersebut tersaji. Apakah kamus tersebut hanya menyajikan beberapa bagian saja ataukah penyajiannya lengkap?

Sebuah kamus yang hanya menyajikan beberapa bagian saja seperti padanan dari kata-kata antara bahasa Indonesia ke dalam kata-kata bahasa Inggris atau sebaliknya tentunya kamus tersebut lebih tipis dibandingkan sebuah kamus yang menyajikan hanya padanan kata-kata bahasa Indonesia ke dalam kata-kata bahasa Inggris.

Sebuah kamus yang lengkap biasanya menyajikan definisi kata, jenis kata, piilihan ejaan kata, pengucapan kata, dan contoh kalimat bahasa Inggris dari penggunaan kalimat tersebut.


Media

Selanjutnya, tentukan bentuk media kamus yang akan kamu gunakan, apakah dalam bentuk cetak ataukah dalam bentuk elektronik. Masing-masing media kamus tersebut baik itu bentuk cetak atau elektronik memiliki kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, sobat sebaiknya mempertimbangkan apakah kamus bentuk cetak ataukah bentuk elektronik yang benar-benar kamu butuhkan?

Harga

Pertimbangan yang terakhir adalah tentu saja harga. Pastikan anggaran untuk membeli kamus bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan kamu yang berdasarkan beberapa pertimbangan sebelumnya yang telah kamu tentukan sewaktu akan memutuskan untuk membeli sebuah kamus.

Memilih kamus yang berharga murah tapi dalam penggunaannya untuk kepeluan kajian keilmuan atau kebutuhan jangka panjang bukanlah pilihan tepat. Atau memilih kamus lantaran berharga mahal tapi dalam penggunaannya untuk keperluan sehari-hari atau kebutuhan jangka pendek bukanlah pilihan bijak.

Jadi, sesuaikan antara anggaran kamu untuk membeli kamus selaras dengan kebutuhan kamu.

Demikianlah catatan mengenai kiat memilih sebuah kamus bahasa Inggris. Semoga kiranya catatan ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih telah meluangkan waktu sobat untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan catatan lainnya.


0 Response to "Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Pertimbangkan"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel