5 Kamus Bahasa Inggris Terbaik yang Saya Rekomendasikan Buat Kamu


Salah satu sahabat setia para pembelajar bahasa Inggris yang senantiasa mendampingi kemana pun melangkah adalah sebuah kamus. Kamus sepertinya merupakan sesuatu yang wajib dimiliki oleh setiap pembelajar bahasa Inggris, tidak hanya bagi pemula, tapi bahkan bagi pembelajar tingkat mahir sekalipun.


Kalau memilih seorang sahabat terbaik dalam dunia pertemanan bisa jadi susah-susah gampang, hal ini juga tidak jauh berbeda tatkala kamu harus memilih sebuah kamus.

Dalam memilih kamus bahasa Inggris, sobat sebaiknya tidak memandang dari harganya yang mahal, atau dari tampilan yang begitu menawan, atau mungkin dari tebalnya kamus tersebut, tapi kamu sebaiknya memilih sebuah kamus berdasarkan kebutuhan kamu.

Kalau jaman dahulu, para pembelajar bahasa Inggris sangat bangga menenteng kamus bahasa Inggris yang tebal kemana-mana. Namun, sekarang membawa kamus yang tebal bisa jadi dianggap kurang praktis.

Namun, kita tidak perlu terlalu merisaukan hal tersebut karena sekarang kita memiliki perangkat canggih yang selalu kamu bawa ke mana pun. Iya, perangkat canggih ini dinamakan ponsel pintar.

5 Kamus Online Bahasa Inggris Terbaik
5 Kamus Online Bahasa Inggris Terbaik - langitbirukata.com

Dengan adanya ponsel pintar, kamu dapat melakukan apapun termasuk mengunjungi dan mengakses situs-situs kamus daring (online) di manapun dan kapanpun. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tatkala sewaktu-waktu kamu mendapati kata atau frasa atau mungkin ungkapan bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti, sobat selalu dapat mengandalkan kamus bahasa Inggris online.

Nah, apabila saat ini sobat masih dihinggapi keraguan dan mungkin masih bingung dalam Memilih Kamus Bahasa Inggris mana yang kamu butuhkan dan sesuai dengan selera dan gaya kamu, kamu bisa membaca beberapa rekomendasi kamus bahasa Inggris yang sering saya gunakan sebagai rujukan.


Berikut beberapa kamus daring (online) yang saya rekomendasikan untuk sobat-sobat langit biru, dan kamu juga bisa membeli versi cetaknya, yang bisa menemani kamu kapan saja ketika kamu membutuhkan seorang sahabat untuk berkonsultasi mengenai kesulitan kamu seputar masalah kosakata atau frasa dalam bahasa Inggris.


Cambridge Dictionary

Cambridge Dictionary
Cambridge Dictionary - langitbirukata.com
Cambridge English Dictionary (atau Cambridge Dictionary, yang disingkat CALD) kali pertama diterbitkan pada tahun 1995 yang diperuntukkan bagi para pembelajar bahasa Inggris di seluruh dunia dengan sebutan Cambridge International Dictionary of English, dipublikasikan oleh the Cambridge University Press.

Kelebihan

Selain memiliki fitur pengucapan kata, kamus online ini juga memiliki transkrip Simbol Fonetik sehingga kamu tidak hanya mendengar pengucapan kata yang benar tapi kamu juga bisa melihat bagaimana cara mengucapkan kata tersebut dengan benar dan lebih tepat. Jadi, kamu tidak hanya tahu penulisannya, tapi kamu juga dapat melatih pengucapan kata-kata bahasa Inggris yang kamu cari.

Kekurangan

Meskipun contoh penggunaan kata yang kamu cari diberikan cukup memadai dalam sejumlah contoh yang tersaji dalam beberapa kalimat bahasa Inggris, hanya saja contoh kalimat tersebut pada umumnya disajikan pada kata dasarnya saja. Sementara untuk jenis-jenis kata lainnya, contoh penggunaan dalam kalimat hanya disajikan dalam bentuk definisi atau dalam bentuk frasa, atau bahkan lebih sering tidak ada contoh penggunaannya.


Macmillan Dictionary

Macmillan Dictionary
Macmillan Dictionary - langitbirukata.com
Macmillan Dictionary kali pertama diterbitkan pada tahun 2002. Kamus ini disusun oleh para tim ahli leksikografi yang berasal dari Inggris dan Amerika Serikat. Jadi, kamu disuguhkan dalam bahasa Inggris ala orang Inggris dan bahasa Inggris ala orang Amerika. Sehingga kamu dapat memahami lebih baik Perbedaan Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania.

Kelebihan

Seperti fitur yang terdapat pada Cambridge Dictionary, Macmillan Dictionary memiliki fitur pengucapan kata, kamus online ini juga memiliki transkrip simbol fonetik. Salah satu fitur unggulan kamus yang satu ini adalah penyajian definisi kata yang disuguhkan lebih sederhana, lebih mudah, dan yang lebih penting adalah lebih gampang kamu terapkan dalam kalimat bahasa Inggris kamu sehingga kamu mengerti dan tahu bagaimana dan kapan kamu mengunakan kata-kata yang kamu cari.

Kekurangan

Meskipun Macmillan Dictionary memiliki cukup banyak fitur, seperti kemudahan dalam pilihan kata, yang ditawarkan, penyajian contoh kalimat untuk setiap definisi kata diberikan hanya beberapa; dalam dua atau tiga contoh kalimat bahasa Inggris, terkadang lebih sering diberikan hanya satu contoh kalimat untuk masing-masing definisi kata atau frasa bahasa Inggris.


Longman Dictionary

Longman Dictionary
Longman Dictionary - langitbirukata.com
Longman Dictionary of Contemporary English (LDOCE) kali pertama kali diterbitkan oleh Longman pada tahun 1978. Kamus ini diperuntukkan untuk pembelajar bahasa Inggris tingkat lanjut. Dalam penyajian definisi kata-kata menggunakan kata-kata yang mudah dipahami sehingga membantu para pembelajar yang bukan penutur bahasa Inggris asli untuk menerapkan kata-kata yang kamu cari.

Kelebihan

Ketika kamu mencari definisi suatu kata, maka kamu tidak hanya disuguhkan definisinya dan bagaimana cara mengucapkan kata tersebut serta jenis kata tersebut, tapi juga pengucapan beberapa contoh penggunaan dalam kalimat. Nah, ini dia fitur unggulannya yang tidak kamu temukan pada kamus-kamus lainnya adalah kamu tidak hanya dapat melihat dan membaca contoh kalimatnya, tapi kamu juga dapat mendengar bagaimana contoh kalimat tersebut diucapkan.

Kekurangan

Meskipun kamus yang satu ini menawarkan keunggulan tidak hanya pengucapan kata-kata, tapi juga pengucapan dalam contoh kalimat, seperti halnya pada Cambridge Dictionary dan Macmillan Dictionary, penyajian contoh kalimat untuk setiap definisi kata disediakan hanya beberapa; dalam dua atau tiga contoh kalimat bahasa Inggris, terkadang lebih sering diberikan hanya satu contoh kalimat untuk masing-masing definisi kata atau frasa bahasa Inggris.


Oxford Dictionary

Oxford Dictionary
Oxford Dictionary - langitbirukata.com
Oxford Dictionary of English (ODE) adalah kamus bahasa Inggris yang dipublikasikan oleh Oxford University Press, pada tahun 1998 yang dinamakan The New Oxford Dictionary of English (NODE). Kata New dihapus dari judul kamus pada Edisi Kedua tahun 2003. Karena diterbitkan oleh Oxford University Press, kamu bisa menebaknya kalau kamus ini akan didominasi ejaan ala orang Inggris.

Kelebihan

Salah satu fitur yang saya sukai dari kamus ini adalah kelengkapan contoh penggunaan kata, tidak hanya kata dasarnya saja, tapi juga jenis kata lainnya, dalam konteks kalimat bahasa Inggris yang cukup memadai sehingga kamu mendapat gambaran yang cukup ketika harus menggunakan kata-kata bahasa Inggris. Selain itu kamu juga disajikan asal muasal kata tersebut. Jadi, kamu bisa tahu sejarah kata yang kamu cari.

Kekurangan

Meskipun memiliki fitur kelengkapan contoh penggunaan kata, kamus online ini hanya menyajikan transkrip simbol fonetik ala orang Inggris sehingga kamu tidak bisa membandingkan cara pengucapan orang Amerika. Selain itu apabila kamu mengetikkan kata dengan ejaan Amerika misalnya kata neighbor, maka kamu akan diarahkan pada hasil ejaan bahasa Inggris ala orang Inggris.


Webster Thesaurus & Dictionary

Webster Thesaurus & Dictionary
Webster Thesaurus & Dictionary - langitbirukata.com
Kamus yang satu ini mungkin salah satu kamus yang tertua di antara kamus-kamus lainnya. Karena edisi pertama dari kamus ini diproduksi sejak tahun 1828. Kamus Webster Thesaurus & Dictionary sangat lekat dengan penulisnya Noah Webster yang berkebangsaan Amerika. Oleh karena itulah, kata-kata pada kamus ini didominasi dengan ejaan dan pengucapan bahasa Inggris ala orang Amerika.

Kelebihan

Ketika mencari dan memilah sejumlah kata dari kata yang akan kamu gunakan, kamu akan dimanjakan dengan beragamnya pilihan dan definisi kata yang merupakan fitur unggulan kamus online yang satu ini. Penyajian definisi kata dari kamus yang satu ini cukup lengkap sehingga kamu bisa menelusuri setiap kata dengan beragam definisi.

Kekurangan

Karena didominasi ejaan ala orang Amerika, maka apabila kamu mencari definisi kata dengan ejaan ala orang Inggris, kamu akan diarahkan pada ejaan Amerika. Di samping itu pula, kamus ini mungkin lebih peruntukkan bagi pembelajar bahasa Inggris tingkat mahir. Oleh sebab itu, contoh kalimat dari kata-kata yang kamu cari tidak cukup memadai bagi pemula pembelajar bahasa Inggris.

Akhir kata, sobat tidak harus memiliki semua kamus bahasa Inggris yang saya rekomendasikan di atas. Kamu cukup memilih satu kamus atau beberapa, yang benar-benar sesuai kebutuhan kamu. Hal yang terutama dan yang terpenting seusai memilih sebuah kamus bahasa Inggris adalah Memaksimalkan Penggunaan Kamus Bahasa Inggris.

Demikianlah catatan singkat mengenai beberapa kamus bahasa Inggris yang mungkin bisa menemami kamu mempelajari bahasa tatkala kamu mendapati kesulitan dalam kata-kata atau frasa bahasa Inggris. Semoga kiranya dapat memuaskan rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa kembali dengan artikel-artikel lainnya.


0 Response to "5 Kamus Bahasa Inggris Terbaik yang Saya Rekomendasikan Buat Kamu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel