Perbedaan Ejaan Kata Bahasa Inggris Amerika dan Britania yang Perlu Kamu Ketahui


Salah satu kendala bagi kebanyakan pembelajar bahasa Inggris dalam menguasai bahasa Inggris adalah memahami kosakata bahasa Inggris.

Kata-Kata Bahasa Inggris yang Dibaca Tidak Seperti Ejaannya, berkontribusi membuat kesulitan dan kebingungan bagi pembelajar bahasa Inggris untuk memahami kosakata bahasa Inggris.

Selain itu, kita mungkin mendapati sebuah kata bahasa Inggris dituliskan secara berbeda meski sebenarnya merujuk kata yang sama, misalnya mommy dan mummy. Penulisan dua kata yang sebenarnya satu kata ini karena dituliskan dari dua negara berbahasa Inggris yang berbeda, yaitu negara Amerika dan negara Inggris. Meski kedua negara ini sama-sama menggunakan bahasa Inggris, sebagian kata-kata tersebut dieja atau dituliskan secara berbeda.

Kenapa kata-kata bahasa Inggris Amerika berbeda ejaan dengan bahasa Inggris Britania?

Noah Webster, penulis pertama kamus Webster yang terkenal, menyakini bahwa Amerika Serikat, sebagai sebuah negara baru harus memerdekakan diri secara budaya dari negara Inggris melalui bahasa.

Dia telah menulis buku-buku yang berisi ejaan kata bahasa Inggris Amerika, tata bahasa Amerika, buku-buku bacaan sekolah dan kamus bahasa Inggris Amerika untuk kali pertama. Dia juga penggagas reformasi ejaan bahwa kata-kata bahasa Inggris seharusnya dieja lebih mendekati pengucapannya.

Perbedaan Ejaan Bahasa Inggris Amerika dan Britania
Perbedaan Ejaan Bahasa Inggris Amerika dan Britania - langitbirukata.com

Pada dasarnya, bahasa Inggris ala orang Amerika dan bahasa Inggris ala orang Inggris bisa dikatakan lebih banyak persamaannya dibandingkan dengan perbedaannya. Meski demikian, tidak jarang kebanyakan pemula pembelajar bahasa Inggris bahkan pembelajar bahasa Inggris tingkat mahir pun masih memusingkan perbedaan ini.

Lantas, bagaimanakah cara membedakan apa yang kita dengar atau kita baca termasuk bahasa Inggris Amerika atau bahasa Inggris Britania?

Seperti yang saya tuliskan dalam Perbedaan Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania, sobat bisa mencermati:

Perbedaan Ejaan Kata
Perbedaan Penggunaan Kata
Perbedaan Pengucapan Kata
Perbedaan Intonasi Kata
Perbedaan Tata Bahasa

Kali ini kita akan menelusuri lebih dalam hanya pada perbedaan ejaan kata-kata bahasa Inggris berdasarkan bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania setelah ini.


Perbedaan Ejaan Kata

Salah satu yang membedakan pada bahasa Inggris orang Amerika dan bahasa bahasa Inggris orang Inggris dari yang disebutkan di atas terletak pada ejaan atau penulisan kata.

Perbedaan Ejaan Kata Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania tersebut pada umumnya dapat kamu amati pada bagian akhir kata-kata bahasa Inggris. Namun, tentu saja perbedaan tidak selalu terjadi pada bagian akhir kata-kata tersebut.

Untuk dapat mengetahui perbedaannya, sobat perlu mengamati beberapa ciri-ciri perbedaan penulisan kata-kata bahasa Inggris  ala orang Amerika dan bahasa Inggris ala orang Inggris berikut ini.

-or dan -our

Pertama, beberapa kata-kata ejaan bahasa Inggris Amerika atau American English memiliki ciri dua huruf -or pada akhir kata. Sedangkan kata-kata ejaan bahasa Inggris Britania atau British English mempunyai ciri tiga huruf our pada akhir kata.

Berikut beberapa contoh kata-kata akhiran -or dan -our.
American English
British English
Meaning
Amerika
Inggris
Artinya
Behavior
Behaviour
Kelakuan
Color
Colour
Warna
Flavor
Flavour
Cita Rasa
Honor
Honour
Kehormatan
Humor
Humour
Candaan
Labor
Labour
Buruh
Neighbor
Neighbour
Tetangga


-ze dan -se

Selain yang disebutkan di atas, kata-kata ejaan bahasa Inggris Amerika atau American English memiliki ciri dua huruf -ze pada akhir kata. Sementara kata-kata ejaan bahasa Inggris Britania atau British English mempunyai ciri dua huruf se pada akhir kata.

Berikut beberapa contoh kata-kata akhiran -ze dan -se.
American English
British English
Meaning
Amerika
Inggris
Artinya
Analyze
Analyse
Menganalisa
Catalyze
Catalyse
Mengkatalisis
Paralyze
Paralyse
Melumpuhkan
Authorize
Authorise
Mengesahkan
Characterize
Characterise
Mencirikan
Legalize
Legalise
Melegalkan
Recognize
Recognise
Mengenali

-er dan -re

Berikutnya, kata-kata ejaan bahasa Inggris Amerika atau American English memiliki ciri dua huruf -er pada akhir kata. Sementara kata-kata ejaan bahasa Inggris Britania atau British English mempunyai ciri dua huruf -re pada akhir kata.

Berikut beberapa contoh kata-kata akhiran -er dan -re
American English
British English
Meaning
Amerika
Inggris
Artinya
Center
Centre
Pusat, Tengah
Fiber
Fibre
Serat
Liter
Litre
Liter
Meter
Metre
Meter
Scepter
Sceptre
Tongkat Kerajaan
Specter
Spectre
Ide Buruk
Theater
Theatre
Teater

-ense dan -ence

Selanjutnya, sebagian kata-kata bahasa Inggris lainnya, ejaan kata-kata bahasa Inggris Amerika atau American English memiliki ciri akhiran -ense. Sementara kata-kata ejaan bahasa Inggris Britania atau British English mempunyai ciri akhiran -ence.

Berikut beberapa contoh kata-kata akhiran -ense dan -ence.
American English
British English
Meaning
Amerika
Inggris
Artinya
Defense
Defence
Pertahanan
Lincense
Lincence
Izin
Offense
Offence
Pelanggaran 
Pretense
Pretence
Pura-pura

Sederhana dan Kompleks

Selain bentuk penulisan atau ejaan yang dapat kita amati pada beberapa contoh sebelumnya yang terpola bentuk penulisannya, sebagian kata-kata bahasa Inggris lainnya mempunyai keberagaman dan keunikan sendiri bagaimana ejaaan atau penulisan kata-kata tersebut.

Keberagaman dan keunikan sebagian kata-kata bahasa Inggris tersebut terlihat pada kata-kata bahasa Inggris Amerika yang nampak lebih sederhana, mudah dan pendek dibandingkan dengan ejaan kata-kata bahasa Inggris Britania yang lebih kompleks, lebih sulit dan lebih panjang.

Berikut beberapa contoh kata-kata bahasa Inggris yang ejaannya terlihat sederhana dan kompleks.
American English
British English
Meaning
Amerika
Inggris
Artinya
Aluminum
Aluminium 
Alumunium
Artifact
Artefact
Artifak
Airplane
Aeroplane
Pesawat
Check
Cheque
Cek
Gray
Grey
Abu-Abu
Skeptic
Sceptic
Skeptis
Mommy
Mummy
Ibu
Pajamas
Pyjamas
Piyama
Program
Programme
Program
Tire
Tyre
Ban


Demikianlah catatan saya mengenai perbedaan ejaan kata bahasa Inggris Amerika dan Britania. Kiranya artikel ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan artikel-artikel lainnya.


Referensi:

Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.co.id (accessed 2017-11-13)
https://en.oxforddictionaries.com/usage/british-and-american-terms (accessed 2017-11-13)
http://www.onestopenglish.com/.../american-english-vs-british-english (accessed 2017-11-13)


0 Response to "Perbedaan Ejaan Kata Bahasa Inggris Amerika dan Britania yang Perlu Kamu Ketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel