Perbedaan Tata Bahasa Ala Bahasa Inggris Amerika dan Britania yang Sepatutnya Kamu Tahu



Pada suatu ketika di dalam kelas, Lisa tanpa sengaja menemukan secarik kertas yang berisi surat dalam bahasa Inggris. Surat itu sepertinya ditulis oleh sahabat dekatnya, Julia.

Tatkala membacanya, dia mendapati ada sesuatu yang janggal dengan penulisan singkatan Mister yang dituliskan tanpa tanda baca titik:


Mr

Lisa pun kemudian menanyakan hal ini pada sahabatnya, Julia. "Singkatan ini seharusnya diberi tanda titik", saran Lisa pada Julia. "Nggak begitu", sahut Julia, singkatan ini seharusnya memang tanpa titik, Lisa."

"Harusnya pakai titik." "Ngga pakai titik." Saling sahut menyahut di antara mereka hingga tak berujung.
 
Cerita di atas merupakan sebuah gambaran perbedaan sudut pandang dari beberapa pembelajar bahasa Inggris mengenai benar atau tidaknya sebuah penulisan kata-kata bahasa Inggris.

Bagaimanakah menurut sobat mana yang benar, Mr. (dengan tanda titik) atau Mr (tanpa tanda titik)?

Jawaban selengkapnya dapat sobat baca pada catatan yang saya tuliskan di bawah ini setelah beberapa kalimat pengantar berikut.

Namun, yang jelas pendapat yang berbeda tersebut di atas dipicu oleh karena adanya perbedaan antara bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania, atau istilah bahasa Inggrisnya adalah American English dan British English.

Perbedaan Tata Bahasa Inggris ala Amerika dan Britania
Perbedaan Tata Bahasa Inggris ala Amerika dan Britania - langitbirukata.com

Bahasa Inggris ala orang Amerika dan bahasa Inggris ala orang Inggris bisa dikatakan lebih banyak persamaannya dibandingkan dengan perbedaannya. Meski demikian, tidak jarang kebanyakan pemula pembelajar bahasa Inggris bahkan pembelajar bahasa Inggris tingkat mahir pun masih memusingkan perbedaan ini.

Lantas, bagaimanakah cara membedakan apa yang kita dengar atau kita baca termasuk bahasa Inggris Amerika atau bahasa Inggris Britania?

Seperti yang saya tuliskan dalam Perbedaan Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania, sobat bisa mencermati:

Perbedaan Ejaan Kata
Perbedaan Penggunaan Kata
Perbedaan Pengucapan Kata
Perbedaan Intonasi Kata
Perbedaan Tata Bahasa

Kali ini kita akan mengupas lebih dalam dan lebih terperinci hanya pada perbedaan tata bahasa antara bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania setelah ini.


Perbedaan Tata Bahasa

Perbedaan terakhir yang di singgung sebelumnya adalah tata bahasa. Meskipun tata bahasa antara bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania pada umumnya mempunyai banyak persamaan, kamu bisa mendapati beberapa perbedaan Tata Bahasa antara Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania. Perbedaan yang tidak banyak inilah yang tidak jarang memicu sedikit perdebatan antar pembelajar bahasa Inggris, termasuk mungkin guru bahasa Inggris kamu.

Untuk dapat mengetahui perbedaannya, sobat perlu mengamati beberapa perbedaan tata bahasa atau gramnar, terutama penggunaannya dalam bahasa Inggris ala orang Amerika dan bahasa Inggris ala orang Inggris berikut ini.


Penggunaan Tanda Baca

Perbedaan tata bahasa antara bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania adalah penggunaan tanda baca titik, terutama beberapa singkatan seperti Mr, Ms, Mrs, Dr dan lainnya.

Pada bahasa Inggris Amerika, tanda baca titik digunakan pada bagian akhir singkatan Mr, Ms, Mrs atau Dr. Sementara dalam bahasa Inggris Britania, kita tidak menggunakan tanda baca titik pada bagian akhir singkatan tersebut.

Berikut beberapa contoh penggunaan tanda baca titik pada beberapa singkatan.
American English
British English
Words
Amerika
Inggris
Kata 
Mr.
Mr
Pak
Ms.
Ms  
Nona
Mrs.
Mrs
Nyonya
Dr.
Dr
Doktor


Penggunaan Kata Depan

Perbedaan tata bahasa berkutnya adalah Penggunaan Kata Depan atau preposition pada keterangan waktu, nomor telepon, rentang hari, nama jalan serta pasangan kata tertentu berdasarkan bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania.

Weekend

Pada bahasa Inggris Amerika, kata depan on digunakan sebelum kata weekend. Sementara dalam bahasa Inggris Britania, kita menggunakan kata depan at sebelum kata weekend.


Nomor Telepon

Pada bahasa Inggris Amerika, kata depan at digunakan sebelum nomor telepon. Sedangkan dalam bahasa Inggris Britania, kita menggunakan kata depan on sebelum nomor telepon.


Rentang Waktu

Pada bahasa Inggris Amerika, kita menggunakan kata through untuk kata sampai pada ungkapan Senin sampai Jumat, Sedangkan,  dalam bahasa Inggris Britania,  kita menggunakan kata to untuk kata sampai.


Dimulai

Pada bahasa Inggris Amerika, kata depan on digunakan setelah kata start. Sementara dalam bahasa Inggris Britania, kita menggunakan kata depan from setelah kata start untuk menunjukkan di mulai hari, dari suatu kegiatan.


Nama Jalan

Pada bahasa Inggris Amerika, kata depan on digunakan sebelum nama jalan. Sementara dalam bahasa Inggris Britania, kita menggunakan kata depan in sebelum nama jalan.


Berbeda Dengan

Untuk mengutarakan frasa berbeda dengan, pada bahasa Inggris Amerika, kata depan from atau kata than digunakan setelah kata different. Sedangkan dalam bahasa Inggris Britania, kita menggunakan kata depan from atau to setelah kata different.

Berikut beberapa contoh penggunaan kata depan dalam kalimat bahasa Inggris Amerika dan Britania.
American English
British English
Amerika
Inggris
We go out on the weekend.
We go out at the weekend.
You can call me at 081230450.
You can call me on 081230450.
Monday through Friday.
Monday to Friday.
The class starts on Tuesday.
The class starts from Tuesday.
I live on Majapahit Street.
I live in Majapahit Street.
It’s different from/than the others.
It’s different from/to the others.


Penggunaan Tenses

Beranjak ke perbedaan selanjutnya adalah penggunaan tenses, terutama Past Tense dan Present Perfect Tense.

Sobat tentunya sudah tahu bahwa kedua tenses ini sama-sama merujuk pada waktu lalu. Secara singkat, perbedaan kedua tenses ini terletak pada rujukan waktu lalu apakah waktu tersebut spesifik ataupun tidak.

Ketika membicarakan suatu kejadian atau kegiatan yang berlangsung baru-baru saja, orang Amerika memiliki kecenderungan untuk menggunakan kalimat past tense. Sedangkan, orang Inggris lebih menyukai menggunakan kalimat present perfect untuk mengutarakannya.

Berikut beberapa contoh penggunaan tenses berdasarkan bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania.
American English
British English
Amerika
Inggris
I lost my key..
I've lost my key.
I ate too much.
I've eaten too much.
We just had lunch.
We've just had lunch.
Did you see Jack?
Have you seen Jack?
Did you do your homework?
Have you done your homework?


Penggunaan Take dan Have

Berikutnya perbedaan bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania terletak pada penggunaan kata take dan have.

Ketika kita menggunakan kata-kata seperti a bath, a shower, a rest, a vacation, a holiday atau a nap, dalam bahasa Inggris Amerika, kata take lebih disukai orang Amerika. Sedangkan, orang Inggris lebih cenderung menggunakan kata have untuk maksud yang sama.

Berikut beberapa contoh penggunaan take dan have berdasarkan bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania.
American English
British English
Amerika
Inggris
I take a bath after work.
I have a bath after work.
I take a shower.
I have a shower.
We want to take a rest.
We want to have a rest..
We will take a vacation. 
We will have a holiday. 
The child takes a nap.
The child has a nap.


Penuturan Mempunyai

Mungkin banyak dari kita, pembelajar bahasa Inggris,  yang sudah mengetahui bahwa untuk mengutarakan kata 'mempunyai' dalam bahasa Inggris adalah have. Apakah memang demikian?

Orang Amerika dan orang Inggris memiliki pilihan kata yang berbeda tatkala menuturkan mempunyai dalam kalimat bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris Amerika, kata have digunakan untuk mengutarakan kata mempunyai. Sedangkan, dalam bahasa Inggris Britania, frasa have got digunakan untuk menyatakan kata mempunyai.

Berikut beberapa contoh mengutarakan mempunyai berdasarkan bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania.
American English
British English
Amerika
Inggris
Do you have a car?
Have you got a car?
She has beautiful hair.
She has got beautiful hair.
He doesn't have any friends.
He hasn't got any friends.
Does Jack have the note ?
Has Jack got the note ?
They have a lot of  books.
They've got a lot of  books.

Demikianlah catatan saya mengenai segelintir perbedaan tata bahasa antara bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania.  Kiranya artikel ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih sobat telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan artikel-artikel lainnya.


Referensi:

Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.co.id (accessed 2017-11-13)
https://en.oxforddictionaries.com/usage/british-and-american-terms (accessed 2017-11-13)
http://www.onestopenglish.com/.../american-english-vs-british-english (accessed 2017-11-13)


0 Response to "Perbedaan Tata Bahasa Ala Bahasa Inggris Amerika dan Britania yang Sepatutnya Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel