Perbedaan Pengucapan Kata Bahasa Inggris Amerika dan Britania yang Perlu Kamu Tahu


Terkadang ketika kita bertanya pada dua orang yang berbeda bagaimanakah cara mengucapkan sebuah kata bahasa Inggris, masing-masing dari mereka yang mengucapkan dari kata bahasa Inggris tersebut tidak sama.

Misalnya, kamu menanyakan bagaimanakah cara mengucapkan can't.  Lalu, orang yang pertama mengucapkan can't dengan ucapan​ /kænt/. Sementara orang yang kedua melafalkan can't dengan ucapan /kɑːnt. Kita yang mendengarnya bisa jadi dibuat bingung dengan pengucapan yang berbeda ini.

Pertanyaannya mungkin adalah  kenapa diucapkan berbeda? Apakah salah satunya salah?

Perbedaan ini terjadi karena kedua orang tersebut mungkin mendengarkan dari sumber yang berbeda.

Tapi yang jelas, perbedaan pengucapan dari sebuah kata yang sama karena pengucapan bahasa Inggris memiliki banyak variasi yang berasal dari berbagai negara-negara berbahasa Inggris di dunia.

Namun, dari sekian banyak variasi, hanya dua variasi pengucapan bahasa Inggris yang kerap diujikan dalam tes kompetensi berbahasa Inggris yang berstandar internasional yaitu bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania,

Perbedaan  Pengucapan Kata Bahasa Inggris Amerika dan Britania
Perbedaan Pengucapan Kata Bahasa Inggris Amerika dan Britania - langitbirukata.com

Bahasa Inggris ala orang Amerika dan bahasa Inggris ala orang Inggris bisa dikatakan lebih banyak persamaannya dibandingkan dengan perbedaannya. Meski demikian, tidak jarang kebanyakan pemula pembelajar bahasa Inggris bahkan pembelajar bahasa Inggris tingkat mahir pun masih memusingkan perbedaan ini.

Lantas, bagaimanakah cara membedakan apa yang kita dengar atau kita baca termasuk bahasa Inggris Amerika atau bahasa Inggris Britania?

Seperti yang saya tuliskan dalam Perbedaan Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania, sobat bisa mencermati:

Perbedaan Ejaan Kata
Perbedaan Penggunaan Kata
Perbedaan Pengucapan Kata
Perbedaan Intonasi Kata
Perbedaan Tata Bahasa

Kali ini kita akan menelusuri lebih dalam hanya pada perbedaan pengucapan kata-kata bahasa Inggris berdasarkan bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania setelah ini.


Perbedaan Pengucapan Kata

Pada umumnya, pengucapan kata-kata bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania mempunyai banyak persamaan. Namun, sebagian kata-kata tersebut terdapat perbedaan pengucapan kata bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania.

Kamu dapat membedakan apakah pengucapan kata-kata bahasa Inggris tersebut termasuk bahasa Inggris Amerika ataukah bahasa Inggris Britania dengan mengamati beberapa ciri-ciri pengucapannya.

Catatan berikut akan menelusuri perbedaan pengucapan antara kata-kata bahasa Inggris Amerika dan kata-kata bahasa Inggris Britania dengan menggunakan Simbol Fonetik.

Dengan /r/ dan Tanpa /r/

Dari beberapa perbedaan antara pengucapan kata-kata bahasa Inggris Amerika dan pengucapan kata-kata ejaan bahasa Inggris Britania, perbedaan yang dirasa paling mencolok adalah pengucapan bunyi /r/ pada huruf r.

Kebanyakan bunyi /r/ pada huruf r di akhir kata-kata bahasa Inggris Britania tidak lafalkan. Sementara pada kata-kata bahasa Inggris Amerika bisanya bunyi /r/ dilafalkan.

Berikut beberapa contoh perbedaan pengucapan kata-kata bahasa Inggris yang terletak pada bunyi dengan /r/ tanpa /r/.
American English
British English
Words
Amerika
Inggris
Kata 
/ɑːrt/
/ɑːt/
Art (Seni)
/kɑːr/
/kɑː/  
Car (Mobil)
/stɑːr/
/stɑː/
Star (Bintang)
/wɔːr/
/wɔː/
War (Perang)

oʊ dan əʊ

Perbedaan cara mengucapkan berikutnya adalah perbedaan pengucapan huruf o pada kata-kata bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris Amerika, huruf o dilafalkan  /oʊ/. Sedangkan pada kata-kata bahasa Inggris Britania huruf o dilafalkan /əʊ/.

Berikut beberapa contoh perbedaan pengucapan huruf o pada kata-kata bahasa Inggris yang dilafalkan dengan bunyi /oʊ/ dan əʊ/.
American English
British English
Words
Amerika
Inggris
Kata
/soʊ/
/səʊ/ 
So (Jadi)
/noʊ/
/nəʊ/ 
No (Tidak)
/hoʊm/
/həʊm/ 
Home (Rumah) 
/loʊ/
/ləʊ/ 
Low (Rendah)

ɑː dan ɒ

Sebelumnya disebutkan bahwa huruf o dilafalkan dengan bunyi /oʊ/ dan əʊ/. Berikut ini, pengucapan kata-kata bahasa Inggris Amerika atau American English memiliki ciri bunyi /ɑː/. Sedangkan pengucapan kata-kata bahasa Inggris Britania atau British English mempunyai ciri bunyi /ɒ/.

Berikut beberapa contoh perbedaan pengucapan kata-kata bahasa Inggris yang dilafalkan dengan bunyi /ɑː/ dan /ɒ/.
American English
British English
Words
Amerika
Inggris
Kata 
/bɑːks/
/bɒks/
Box (Kotak)
/klɑːk/
/klɒk/  
Clock (Jam)
/ɡɑːt/
/ɡɒt/
Got (Dapat)
/wɑːnt/
/wɒnt/
Want (Ingin)

æ dan ɑː

Selanjutnya, perbedaan cara mengucapkannya adalah perbedaan pengucapan huruf a pada kata-kata bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris Amerika, huruf a dilafalkan  /æ/. Sedangkan pada kata-kata bahasa Inggris Britania, huruf a diucapkan /ɑː/.

Berikut beberapa contoh perbedaan pengucapan huruf a pada kata-kata bahasa Inggris yang dilafalkan dengan bunyi /æ/ dan /ɑː/.
American English
British English
Words
Amerika
Inggris
Kata 
/kænt/
/kɑːnt/
Can't (Tidak Bisa)
/ɡræs/
/ɡrɑːs/ 
Grass (Rumput
/læf/
/lɑːf/
Laught (Tertawa)
/tʃæns/
/tʃɑːns/
Chance (Peluang)

uː dan juː

Perbedaan pengucapan berikutnya adalah perbedaan pengucapan huruf u pada kata-kata bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris Amerika, huruf u dilafalkan /uː/. Sedangkan pada kata-kata bahasa Inggris Britania huruf u dilafalkan /juː/

Berikut beberapa contoh perbedaan pengucapan huruf u pada kata-kata bahasa Inggris yang dilafalkan dengan bunyi //uː/ dan /juː/.
American English
British English
Words
Amerika
Inggris
Kata 
/əsuːm/
/əˈsjuːm/
Assume (Asumsi)
/kənˈsuːm/
/kənˈsjuːm/  
Consume (Makan)
/nuːz/
/njuːz/
News (Berita)
/ˈstuː.pɪd/
/ˈstjuː.pɪd/
Stupid (Dungu)


Ragam Pengucapan

Sebelumnya perbedaan cara mengucapkan dapat kamu cermati dari pola pengucapan kata-kata bahasa Inggris. Namun, pada beberapa kata-kata bahasa Inggris lainnya terdapat variasi pengucapan baik itu kata-kata bahasa Inggris Amerika maupun bahasa Inggris Britania yang memang memiliki keunikan dalam mengucapkannya.

Berikut beberapa contoh perbedaan ragam pengucapan huruf o pada kata-kata bahasa Inggris yang dilafalkan dengan bunyi /oʊ/ dan əʊ/.
American English
British English
Words
Amerika
Inggris
Kata 
/æd.vɝːˈtaɪz.mənt/
/ədˈvɜː.tɪs.mənt/
Advertisement 
/æn.taɪ-/
/æn.ti-/  
Anti-
/ˈiː.ðə/
/ˈaɪ.ðə/
Either
/ˈɑːn.və.loʊp/
/ˈen.və.ləʊp/
Envelope
//ɝːb//
//hɜːb/
Herb
/ˈmoʊ·bəl/
/ˈməʊ.baɪl/
Mobile
/ˈmɪs·əl/
/ˈmɪs.aɪl/
Missile
/ˈni·ðər/
/ˈnaɪ.ðər/
Neither
/ɑf·tən/
/ˈɔ·fən/
Often
/ˈpraɪ.və.si/
/ˈprɪv.ə.si/
Privacy
/ˈsem.aɪ/
/ˈsem.i/
Semi
/ˈskedʒ·ul/
/ˈʃedʒ.uːl/
Schedule
/ʃʊər/
/ʃɔːr/
Sure
/raʊt/
/ruːt/
Route
/veɪs/
/vɑːz/
Vase
/ˈvaɪ.t̬ə.mɪn/
/ˈvɪt.ə.mɪn/
Vitamin
/ˈwɑː.t̬ɚr/
/ˈwɔː.tə/
Water

Demikianlah catatan saya mengenai perbedaan fate dan destiny dipandang dari asal kata, persamaan, perbedaan. Kiranya artikel ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan artikel-artikel lainnya.


Referensi:

Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.co.id (accessed 2017-11-13)
How Many People Speak English. https://www.babbel.com/en/ (accessed 2017-11-13)
https://en.oxforddictionaries.com/usage/british-and-american-terms (accessed 2017-11-13)
http://www.onestopenglish.com/.../american-english-vs-british-english (accessed 2017-11-13)


0 Response to "Perbedaan Pengucapan Kata Bahasa Inggris Amerika dan Britania yang Perlu Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel