Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris Tanpa Kamu Harus Kursus



"Saya merasa kesulitan ketika mempelajari bahasa Inggris," ujar salah satu murid. Bagi sebagian besar pemula pembelajar bahasa Inggris beranggapan bahwa mempelajari bahasa Inggris itu tidak mudah, sukar, rumit, dan sepertinya mustahil untuk dipelajari. Mereka terkadang berputus asa tatkala mereka berhadapan dengan bahasa Inggris. Terkadang, ada pula yang akhirnya memutuskan berhenti mempelajarinya.
Pertanyaannya yang mungkin muncul di benak kita diantaranya:

Kenapa banyak dari kita, para pembelajar bahasa Inggris, mengalami kesulitan mempelajari bahasa Inggris?


Untuk menjawab pertanyaan ini cukup sederhana, kita tidak perlu kiat-kiat khusus, apalagi mengeluarkan jurus jurus pamungkas. Jawabannya adalah 'jangan mempelajarinya'. Mungkin sobat bertanya dalam hati apa maksud jawaban saya;

Seperti yang telah saya singgung dalam Dua Metode dalam Menguasai Bahasa Inggris, ada dua cara menguasai bahasa Inggris yang mencakup:

Mempelajari bahasa Inggris.
Memperoleh bahasa Inggris.

Apabila kamu ingin menguasai bahasa Inggris dengan cara mempelajarinya, maka kamu sebaiknya bersiap-siaplah mengalami berbagai kendala dan permasalahan seputar tata bahasa Inggris.

Namun, apabila kamu ingin menguasai bahasa Inggris dengan memperolehnya, kamu tidak perlu merisaukan ataupun memusingkan masalah seputar tata bahasa Inggris.

Agar sobat dapat memahami maksud saya, saya berikan sebuah ilustrasi seseorang yang ingin menguasai bahasa Indonesia, Semisal,

Apabila ada seorang bule ingin mempelajari bagaimanakah cara menanyakan asal negara seseorang dalam bahasa Indonesia, maka dia kecenderungannya akan mempelajari macam-macam kata tanya dalam bahasa Indonesia seperti ke mana, di mana, dari mana. Kemudian, dia mungkin akan mempelajari perbedaan dan penggunaan dari ketiga kata tanya tersebut. Setelah itu, dia akan mempelajari bagaimana cara mengucapkan ketiga pertanyaan tersebut. Lalu, dia akan mempelajari bagaimana cara merangkainya dengan kata-kata lainnya.

Sedangkan apabila bule tersebut ingin memperoleh bagaimanakah cara menanyakan asal negara seseorang, maka dia cukup mendengarkan bagaimana cara menanyakan asal negara, misalnya si bule mendengar pertanyaan dari sebuah film berbahasa Indonesia ' anda dari negara mana?' Si bule cukup mendengarnya berkali-kali, kemudian menirukannya dengan mengucapkannya. Dalam waktu singkat, dia sudah bisa bertanya dengan pertanyaan ini tanpa memusingkan tata bahasanya seperti ilustrasi sebelumnya.

Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris
Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris - langibirukata.com

Lantas, bagaimanakah cara cepat menguasai bahasa Inggris?

Langkah Awal

Agar kamu cepat menguasai bahasa Inggris, sebelumnya kamu seyogyanya mencermati dan melakukan beberapa hal seperti yang telah saya utarakan dalam 3 Prinsip dalam Menguasai Bahasa Inggris, ada 3 hal utama yang perlu dilakukan dalam Menguasai bahasa Inggris yaitu:

Tujuan dan motivasi
Investasi waktu, serta
Ketekunan.

Berikut ini, saya akan berikan gambaran tiga prinsip dalam Menguasai bahasa Inggris.

Tatkala seseorang ditanya, 'mas, mau kemana?', Kemudian dia menjawab, 'cuman cari angin', maka bisa ditebak bisa jadi orang tersebut hanya akan berputar-putar mengitari jalan, tanpa tahu hendak ke mana. Atau mungkin dia menjawab 'mau ke toko buku'. Maka, kemungkinan dia akan pergi ke semua toko buku yang ada di kotanya. Tapi akan berbeda apabila dia menjawab 'Aku ingin pergi ke toko buku langgananku untuk membeli novel karangan Raditya Dika.

Inilah gambaran bagaimana tujuan dan motivasi seseorang memainkan peranan seberapa cepat atau lambatnya seseorang untuk segera menguasai bahasa Inggris.

Tatkala seseorang ditanya, 'kapan ingin mulai latihannya?' Lalu, dia menjawab, 'Entar aja. Aku lagi banyak tugas sekolah.' Atau mungkin dia menjawab 'Aku sedang banyak kerjaan dari kantor,' maka bisa ditebak hari demi hari berlalu, hari berganti bulan, dan tak terasa bulan berganti tahun, Tapi akan berbeda apabila dia menjawab 'Malam ini.

Gambaran di atas mengilustrasikan bagaimana ketersedian waktu seseorang memainkan peranan seberapa cepat atau lambatnya seseorang untuk segera menguasai bahasa Inggris.

Tatkala seseorang ditanya, 'Ayo latihan bareng aku ?' Lalu, dia menjawab, 'Ini lagi seru main gamenya.' Atau mungkin dia menjawab 'Aku lagi males soalnya lagi banyak masalah,' maka bisa ditebak tidak sampai satu minggu berhenti untuk seterusnya, Tapi akan berbeda apabila dia menjawab 'Aku siap.'

Itulah gambaran bagaimana ketekunan seseorang memainkan peranan seberapa cepat atau lambatnya seseorang untuk segera menguasai bahasa Inggris.


Kembali lagi pada pertanyaan awal. Bagaimanakah cara cepat menguasai bahasa Inggris?

Konsep Sederhana

Untuk menguasai bahasa Inggris yang mudah dan cepat, kamu cermati logika sederhana berikut

Apabila sobat ingin minum air, maka kamu tidak mungkin mendapatkannya dari sebuah teko kosong, tapi kamu perlu mengisinya teko tersebut dengan air.

Sama halnya, apabila sobat ingin mahir berbicara bahasa Inggris, maka kamu tidak mungkin bisa bicara dalam bahasa Inggris tanpa tahu apa yang akan dikatakan, tapi kamu perlu mendengarkan kata-kata bahasa Inggris. Semakin sering mendengar, semakin cepat pula kamu bisa berbicara bahasa Inggris.

Demikianlah pula, apabila sobat ingin piawai menulis bahasa Inggris, maka kamu tidak mungkin bisa menulis kata-kata bahasa Inggris tanpa tahu apa yang akan dituliskan, tapi kamu perlu membaca kata-kata bahasa Inggris. Semakin sering membaca, semakin cepat pula kamu bisa menulis bahasa Inggris.

Singkatnya, jika kamu ingin bisa berbicara bahasa Inggris, seringlah mendengarkan kata-kata bahasa Inggris. Sedangkan, jika kamu ingin bisa menulis dalam bahasa Inggris, seringlah membaca kata-kata bahasa Inggris.

Kesimpulannya, seberapa sering paparan bahasa Inggris kamu terima baik itu dengan mendengarkan dan membaca, semakin cepat pula kamu dapat menguasai bahasa Inggris.

Singkatnya, apabila kamu ingin menguasai kemampuan berbicara bahasa Inggris, seringlah mendengarkan kata-kata bahasa Inggris. Demikian pula, apabila kamu ingin menguasai kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, seringlah membaca kata-kata bahasa Inggris .


Lagi-lagi, kita kembali pada pertanyaan awal, bagaimanakah cara cepat menguasai bahasa Inggris?

Langkah Sederhana

Berdasarkan catatan yang saya tuliskan sebelumnya, berikut saran terbaik saya agar sobat cepat menguasai bahasa Inggris:

Pertama, pastikan sobat telah melakukan 3 prinsip menguasai bahasa Inggris lebih dahulu. Menetapkan tujuan dan motivasi yang lebih spesifik agar kamu tahu pasti apa yang harus dilakukan. Semakin spesifik dan jelas tujuan dan motivasi kamu, semakin cepat pula kamu menguasai bahasa Inggris. Selanjutnya, sediakan waktu, tidak harus dalam rentang waktu yang lama, tapi frekuensi waktu yang kamu luangkan untuk menguasai bahasa Inggris. Semakin sering menyediakan waktu, semakin cepat pula kamu dapat menguasai bahasa Inggris. Terakhir lakukan dengan konsisten dan berkelanjutan. Jangan hanya bersemangat di awal, tapi selang beberapa waktu kemudian semangat meredup dan akhirnya padam. Jadi, teruslah berupaya meski kamu belum melihat hasilnya.

Kedua, jangan mempelajari bahasa Inggris. Karena ketika kamu mempelajari bahasa Inggris, waktu kamu akan tersita untuk mencari tahu beragam jenis kata dan penggunaannya. Belum lagi, mempelajari ejaan atau penulisan serta bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa Inggris tersebut. Lalu, merangkai kata-kata tersebut menjadi kalimat bahasa Inggris. Maka, kemungkinan kamu akan berputar-putar memusingkan masalah tata bahasa Inggris. Sebagai gantinya, berusahalah memperoleh bahasa Inggris.

Ketiga, membiasakan diri dengan paparan bahasa Inggris, dengan cara pergi ke negara berbahasa Inggris seperti negara Amerika, Inggris, Australia dan negara-negara berbahasa Inggris lainnya. Dalam kurun waktu beberapa bulan, bahkan beberapa hari, kamu sudah bisa menguasai bahasa Inggris.

Bagaimana kalau saya belum berkesempatan pergi keluar negeri berbahasa Inggris?

Kamu dapat menciptakan atmosfir bahasa Inggris seperti seolah-olah kamu sedang berada di luar negeri dengan menciptakan ataupun membiasakan diri dengan beberapa kondisi berikut:

Kamu dapat mengubah gaya keseharian kamu dalam bahasa Inggris, misalnya, menyetel ponsel kamu dalam bahasa Inggris, mengubah semua label atau nama pada benda-benda di dalam kamar kamu ke dalam bahasa Inggris, menyetel semua perangkat lunak pada laptop kamu ke dalam bahasa Inggris, menggunakan setelan bahasa Inggris ketika bertransaksi di ATM, bahkan kamu dapat mencoba berdo'a dalam bahasa Inggris. Kesemuanya ini dilakukan agar kamu terbiasa dengan atmosfir bahasa Inggris dalam keseharian kamu.

Kemudian setelah mengubah gaya keseharian kamu, kamu dapat membiasakan diri dengan paparan bahasa Inggris sesuai denngan tujuan dan motivasi kamu.

Apabila kamu ingin segera cepat menguasai berbicara dalam bahasa Inggris, kamu dapat membiasakan diri mendengarkan paparan kata-kata bahasa Inggris dengan Cara Menguasai Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris atau dengan Cara Menguasai Bahasa Inggris Melalui Film Bahasa Inggris.

Apabila kamu ingin segera cepat menguasai menulis dalam bahasa Inggris, kamu dapat membiasakan diri membaca paparan kata-kata bahasa Inggris dengan Cara Menguasai Bahasa Inggris Melalui Bacaan Bahasa Inggris.

Semakin banyak dan seringnya kamu terpapar dengan bahasa Inggris, Semakin cepat pula kamu dapat menguasai bahasa Inggris.

Sekarang, pertanyaan untuk sobat adalah seberapa banyak dan seringnya kamu terpapar bahasa Inggris?

Jawaban sobat menentukan seberapa cepat kamu dapat menguasai bahasa Inggris.

Demikianlah sobat langit biru, kiat-kiat yang bisa kamu praktekkan agar kamu cepat menguasai bahasa Inggris. Sekiranya dapat memuaskan rasa ingin tahu kamu.

Terima kasih telah meluangkan waktu berharga kamu untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa kembali dengan catatan-catatan saya lainnya.


0 Response to "Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris Tanpa Kamu Harus Kursus"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel