Seputar Kata Depan Bahasa Inggris yang Sebaiknya Kamu Ketahui


Untuk, seperti, dari, di, ke, dalam, antara, tentang, kepada, bagi, dengan, sejak, sekitar, dan beberapa kata yang sejenis lainnya adalah beberapa contoh kata bahasa Indonesia yang dinamakan kata depan.


Nah, pertanyaannya adalah bagaimanakah mengatakannya dalam bahasa Inggris? Di manakah kita menuliskannya dalam kalimat? Apa fungsi kata depan dalam kalimat bahasa Inggris? Dan, bagaimanakah cara menggunakan kata depan dalam sebuah kalimat bahasa Inggris?

Silakan simak catatan saya berikut ini untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas.


Letak

Kata depan, dalam bahasa Inggris disebut preposition, merupakan salah satu dari jenis kata dalam bahasa Inggris, atau disebut part of speech. Jenis kata yang satu ini dinamakan kata depan mungkin lantaran letak kata ini biasanya dituliskan atau dituturkan di depan kata benda, kata ganti, gerund, atau terkadang pula di depan frasa nomina, misalnya

Can you give this notebook to Jack?
Bisakah kamj berikan buku catatan ini pada Jack?

Pada contoh kalimat di atas, kata depan to terletak di depan kata benda, Jack.


We have been waiting for her for almost one hour.
Kami menunggunya selama hampir satu jam.

Pada contoh kalimat di atas, kata depan for terletak di depan kata ganti, her.


Thank you for helping us.
Terima kasih sudah membantu kami.

Pada contoh kalimat di atas, kata depan for terletak di depan gerund, helping.


He failed the exam because she got fiifteen of the questions wrong.
Dia gagal ujian tersebut karena dia salah lima belas soal.

Pada contoh kalimat di atas, kata depan of terletak di depan frasa nomina, the questions.

Jadi, seperti terlihat pada beberapa contoh kalimat di atas, kata depan biasanya dituliskan atau diujarkan di depan kata benda, kata ganti, gerund, ataupun frasa nomina (noun phrase).


Fungsi

Kata depan berperan untuk menunjukkan hubungan antara kata benda dengan kata-kata lainnya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Misalnya

That little boy is looking for his mother.
Bocah kecil itu sedang mencari ibunya,

Pada contoh kalimat di atas, kata depan for menunjukkan hubungan antara kata benda, his mother dan kata-kata lainnya dalam kalimat tersebut.


Kata Depan Bahasa Inggris
Kata Depan Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Pergertian

Berdasarkan catatan di atas, kita dapat simpulkan bahwa kata depan adalah sebuah jenis kata dalam bahasa Inggris yang letaknya di depan kata benda atau kata sejenis lainnya yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara kata benda dengan kata-kata lainnya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, ada terdapat lebih dari 100 kata depan. Kata depan yang paling sering digunakan di antaranya: about, beside, near, to, above, between, of, towards, across, beyond, off, under, after, by, on, underneath, against, despite, onto, unlike, along, down, opposite, until, among, during, out, up, around, except, outside, upon, as, for, over, via, at, from, past, with, before, in, round, within, behind, inside, since, without, below, into,  dan than.

Dibandingkan dengan jenis-jenis kata lainnya, mempelajari sebuah kata depan dalam sebuah kalimat bahasa Inggris bagi kebanyakan pemula pembelajar bahasa Inggris bisa dikatakan paling membingungkan.

Bagaimana tidak, seperti yang terlihat deretan kata depan tersebut di atas, jumlah kata depan lumayan banyak.

Bagaimanakah cara menggunakan kata depan bahasa Inggris?


Penggunaan

Agar sobat tidak bingung dan tepat menggunakan kata depan dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, ada dua hal yang dapat sobat lakukan yaitu:

Dengan mencermati.
Dengan menghafalkan.


Dengan Mencermati

Pertama, kita akan mempelajari kata depan dengan mencermati beberapa kondisi dan situasi  penggunaan kata dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Dengan mencermatinya, sobat tidak perlu menghafalkan pasangan kata depan dengan jenis kata lainnya.


Kata Depan Penunjuk Waktu

Apabila kamu berbicara sesuatu yang merujuk pada waktu, ada beberapa kata depan yang dapat kamu gunakan seperti at, on, in.

Untuk memilah kata depan mana yang digunakan dalam kalimat bahasa Inggris kamu, kamu seyogyanya mencermati beberapa kondisi berikut.


Pukul

Tatkala kamu ingin Mengutarakan Waktu dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada pukul berapa suatu kegiatan atau kejadian terjadi, kamu dapat menggunakan kata depan at dalam kalimat bahasa Inggris kamu, misalnya,

Diana usually wakes up at 5:00 .
Diana biasanya bangun pukul 5:00.

I go to bed at 9:00.
Saya beranjak tidur pukul 9:00.


Hari

Tatkala kamu ingin Mengutarakan Nama-Nama Hari dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada hari apa suatu kegiatan atau kejadian terjadi, kamu dapat menggunakan kata depan on dalam kalimat bahasa Inggris kamu, misalnya,

Jack usually goes to the public library on Saturday.
Jack biasa pergi ke perpustakaan umum pada hari Sabtu.

I start my new job on Monday
Saya mulai kerja pada hari Senin.


Tanggal

Apabila kamu ingin Mengutarakan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada hari apa suatu kegiatan atau kejadian terjadi, kamu dapat menggunakan kata depan on dalam kalimat bahasa Inggris kamu, misalnya,

Jack usually goes to the public library on Saturday.
Jack biasa pergi ke perpustakaan umum pada hari Sabtu.

I start my new job on Monday
Saya mulai kerja pada hari Senin.


Bulan

Jika kamu ingin Mengutarakan Bulan dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada hari apa suatu kegiatan atau kejadian terjadi, kamu dapat menggunakan kata depan on dalam kalimat bahasa Inggris kamu, misalnya,

Jack usually goes to the public library on Saturday.
Jack biasa pergi ke perpustakaan umum pada hari Sabtu.

I start my new job on Monday
Saya mulai kerja pada hari Senin.


Tahun

Sementara, jika kamu ingin Mengutarakan Tahun dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada hari apa suatu kegiatan atau kejadian terjadi, kamu dapat menggunakan kata depan in dalam kalimat bahasa Inggris kamu, misalnya,

Jack went to University of  Oxford in 2010.
Jack kuliah di universitas Oxford pada tahun 2010.

I started my new job in 2008
Saya mulai kerja pada tahun 2008.



Kata Depan Penunjuk Lokasi

Apabila kamu berbicara sesuatu yang merujuk pada waktu, ada beberapa kata depan yang dapat kamu gunakan seperti at, on, in.

Untuk memilah kata depan mana yang digunakan dalam kalimat bahasa Inggris kamu, kamu seyogyanya mencermati beberapa kondisi berikut.


Alamat atau Tempat

Tatkala kamu ingin Mengutarakan Alamat atau Tempat dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada pukul berapa suatu kegiatan atau kejadian terjadi, kamu dapat menggunakan kata depan at dalam kalimat bahasa Inggris kamu, misalnya,

The meeting will be at Hotel.
Pertemuannya akan diadakan di Hotel.

His favorite bookstore is on Pandaran Street.
Toko buku kesayangannya  terletak di jalan Pandaran.


Letak atau Posisi

Tatkala kamu ingin Mengutarakan Letak atau Posisi dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada letak suatu benda, bangunan atau posisi seseorang, kamu dapat menggunakan kata depan at dalam kalimat bahasa Inggris kamu, misalnya,

My sister studies in her room.
Kakakku belajar di dalam kamarnya.

Your shoes are under the bed.
Sepatu kamu berada di bawah tempat tidur.


Dengan Menghafalkan

Setelah mempelajari cara menentukan kata depan dengan cara mencermati beberapa situasi dan kondisi, berikutnya tidak ada cara yang lebih baik dari pada menghafalkannya karena memang pasangan kata depan ini tidak memiliki pola tertentu.

Beberapa kata kerja, kata sifat dan kata benda biasanya memiliki pasangan kata depan tertentu bergantung dari makna dan situasinya. Kamu bisa menelusuri catatan saya berikut ini.

Kata Kerja dan Kata Depan

Tatkala kamu ingin mengutarakan suatu kejadian atau kegiatan yang menggunakan kalimat yang mengandung Pasangan Kata Kerja dan Kata Depan dalam Bahasa Inggris, kamu dapat menggunakan kata depan for, through, over dan lainnya dalam kalimat bahasa Inggris kamu, misalnya,

We all pay for our mistakes in some way at some time.
Kita semua akan membayar atas kesalahan-kesalahan kita entah bagaimana caranya entah kapan.

I don't know how he goes through all this.
Aku tak tahu bagaimana dia melewati semua ini.

I never completely got over what she said.
Aku tak bisa benar-benar melupakan apa yang dia katakan.

Kata Sifat dan Kata Depan

Sementara apabila kamu ingin menuturkan suatu kejadian atau kegiatan yang menggunakan kalimat yang mengandung Pasangan Kata Sifat dan Kata Depan dalam Bahasa Inggris, kamu dapat menggunakan kata depan seperti of, at, with dan lainnya dalam kalimat bahasa Inggris kamu, misalnya,

Are you afraid of the dark?
Apakah kamu takut kegelapan?

He is really angry at me for my carelessness.
Dia sangat marah pada ku karena kecerobohanku.

The man is busy with a client.
Pria itu sibuk dengan seorang kliennya.

Kata Benda dan Kata Depan

Terakhir, ketika kamu ingin mengujarkan suatu kejadian atau kegiatan yang menggunakan kalimat yang mengandung Pasangan Kata Benda dan Kata Depan dalam Bahasa Inggris, kamu dapat menggunakan kata depan seperti to, of, in dan lainnya dalam kalimat bahasa Inggris kamu, misalnya,

The damage to his reputation was considerable.
Keterpurukan reputasinya cukup memprihatinkan.

He denied all knowledge of the incidents.
Dia menyangkal semua yang dia ketahui tentang kejadian tersebut.

There appears to have been a delay in processing your payment.
Tampaknya ada penundaan dalam memproses pembayaran kamu.


Demikianlah sekelumit catatan mengenai seputar kata depan dalam bahasa Inggris. Semoga kiranya menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih sobat telah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa lagi dengan artikel lainnya.


0 Response to "Seputar Kata Depan Bahasa Inggris yang Sebaiknya Kamu Ketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel