3 Sisi Present Future Continuous Tense yang Patut Kamu Tahu


1. Tonight at 8 PM, I will do my homework.
2. Tonight at 8 PM, I will be doing my homework.

Kedua contoh kalimat di atas mungkin mewakili kebingungan para pemula pembelajar bahasa Inggris meskipun mereka mungkin sudah mengetahui tenses dari kedua kalimat tersebut.

Apakah sobat mengalami hal yang sama?
Kira-kira, apa yang membedakan antara kalimat pertama dan kalimat kedua?

Dilihat dari pola penulisannya, kalimat pertama adalah kalimat Present Future Tense, sedangkan kalimat kedua adalah Present Future Continuous,

Dalam kalimat present future tense, waktu spesifik di masa mendatang menunjukkan kapan sebuah kejadian atau kegiatan akan mulai atau berakhir. Sementara dalam kalimat present future continuous waktu spesifik di masa mendatang berperan menyela kegiatan lainnya.

Bagaimana? Apakah masih bingung perbedaannya?

Mari, kita telusuri kedua contoh kalimat di atas dan cermati perbedaan antara kedua kalimat tersebut berikut ini.

Tonight at 8 PM, I will do my homework.
Kalimat di atas bermakna, malam ini pukul 8, aku akan mulai mengerjakan PR ku. Atau dapat pula berarti malam ini pukul 8, aku akan selesai mengerjakan PR ku.

Tonight at 8 PM, I will be doing my homework
Aku akan mulai mengerjakan PR sebelum pukul 8. Dan ketika pukul 8, aku akan masih sedang mengerjakan PR ku.

Kesimpulannya, kalimat pertama menggunakan kalimat Present Future Tense, sedangkan kalimat kedua menggunakan kalimat Present Future Continuous Tense.

Pada kalimat pertama, kita ingin menegaskan kapan mulainya atau berakhirnya suatu kegiatan atau kejadian. Sementara, pada kalimat kedua, kita ingin menegaskan kegiatan tersebut masih berlangsung pada waktu yang disebutkan.

Sebelum kita lanjutkan pembahasannya lebih dalam, mari kita sedikit mengingat kembali mengenai tenses.

Seperti yang sudah ditulis pada catatan saya sebelumnya, ketika kita berbicara mengenai tenses, itu artinya kita berbicara sesuatu yang bertalian erat dengan waktu.

Tenses, seperti yang telah saya kupas dalam Cara Sederhana Memahami Tenses Bahasa Inggris, adalah perubahan bentuk yang terjadi pada sebuah kata kerja (verb), atau kata kerja bantu (auxiliary verb) ataupun kata kerja bantu (modal verb) yang menyesuaikan dengan suatu waktu yang kita maksudkan kepada pembaca atau pendengar.

Secara harfiah, present future continuous tense terdiri dari tiga kata pembentuk. Tense berarti penanda waktu (terlihat pada perubahan bentuk predikatnya) dan present berarti saat ini. Future adalah menunjukkan waktu yang akan datang. Sedangkan, continuous berarti sedang berlangsung dan berkelanjutan.

Present Future Continuous Tense
Present Future Continuous Tense - langitbirukata.com



Dengan kata lain, ketika sobat berkata atapun menuliskan sebuah kalimat menggunakan present future continuous tense, itu artinya kamu ingin memberitahukan pada pendengar atau pembaca kalau suatu kegiatan atau kejadian ujaran tersebut sedang dilakukan dan terjadi di masa yang akan datang.

Meskipun present future continuos tense merujuk pada suatu kegiatan atau kejadian yang dilakukan atau terjadi di waktu akan datang, kalau dilihat dari penggunaannya, tense ini ternyata bukan sekedar menunjukkan pada waktu akan datang, tapi juga terdapat kegunaan dan makna lainnya.

Agar sobat mengerti Present Future Continuous tense secara komprehensif, bukan sekedar hafal rumusnya semata, sebaiknya kita melihat 3 dimensi dari sebuah Present Future Continuous Tense:

1. Bentuk
2. Penggunaan
3. Makna


1. Bentuk (Form)

Kita bisa mengenali dan mengidentifikasi present future continuos tense dari sebuah kalimat dengan melihat bentuk(form) penulisan pola kalimat tersebut. Bentuk (form) dari kalimat present future continuos tense bisa diamati dari predikat dari kalimat tersebut.

Ciri-ciri utama, dan paling umum, dari dari sebuah kalimat dengan present future continuous tense adalah terdapat kata will dan be dan bentuk ing dalam kalimat tersebut. Jadi bila kita mendapati kata will, be dan bentuk -ing dalam sebuah kalimat, maka kita bisa memastikan kalau kalimat tersebut berbentuk present future continuous tense.

Selain dari yang disebutkan sebelumnya, penulisan bentuk kata setelah kata will bergantung jenis predikatnya. Apakah predikatnya dalam bentuk kata kerja, atau bukan kata kerja? Karena hal ini menentukan bagaimana nantinya bentuk cara penulisannya dalam sebuah kalimat present future continuous tense.

Kita mulai catatan ini dengan mengupas kalimat present future continuous tense dengan predikat kata kerja.

Predikat Kata Kerja

Bila kata will berdampingan be dan diikuti bentuk -ing seperti, eating, drinking, reading, coming, writing, sending dan bentuk -ing lainnya,

Hal-hal tersebut di bawah ini tidak boleh dilakukan.

Jangan menambahkan is, am, atau are sebelum will.
Misalnya, I am will be sending the package.
    
Jangan menambahkan awalan -to setelah kata be.
Misalnya, I will be to sending the package.

Jangan menambahkan awalan -to sebelum kata be.
Misalnya, I will to  be sending the package.

Berikutnya kita akan kupas lagi bagaimana bentuk kalimat present future continuous tense berdasarkan:

Kalimat positif
Kalimat negatif
Pertanyaan interogatif

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, semua subjek dalam kalimat present future continuous tense ditandai dengan adanya kata will baik itu dalam kalimat positif, negatif atau interogatif. Penjelasan lebih rinci mengenai ke tiga jenis kalimat tersebut sebagai berikut:


Kalimat Positif

Apabila kalimatnya merupakan kalimat aktif dan positif (+) present future continuous tense dan setelah kata will dan be, kemudian diikuti kata bentuk ing.

Lebih jelas, lihat tabel berikut ini
I
will
be
reading
a book.
You
will
be
reading
a book.
They
will
be
reading
a book.
We
will
be
reading
books.
She
will
be
reading
books.
He
will
be
reading
books.
It
will
be
reading
books.

Kalimat Negatif

Apabila kalimatnya merupakan kalimat aktif dan negatif (-) present future continuous tense dan setelah kata will dan sebelum kata be, tambahkan kata not.

Lebih jelah, lihat tabel dibawah ini.
I
will not
be
reading
a book.
You
will not
be
reading
a book.
They
will not
be
reading
a book.
We
will not
be
reading
books.
She
will not
be
reading
books.
He
will not
be
reading
books.
It
will not
be
reading
books.

Pertanyaan Interogatif

Pertanyaan Interogatif selalu diawali dengan kata will. Apabila pertanyaannya berbentuk kalimat aktif, setelah kata will diikuti dengan subjek, kemudian kata be berdampingan dengan kata bentuk -ing.

Cara mudahnya, kita mengambil dari bentuk kalimat aktif dan positif. Lalu, kita cukup menukarkan posisi subjek dan will. Misalnya kalimat positifnya; She will be reading books. Kita menukarkan posisi she dan will menjadi will dan she.

Untuk lebih jelas, lihat tabel pertanyaan interogatif bentuk aktif di bawah ini.
Will
I
be
reading
a book?
Will
you
be
reading
a book?
Will
they
be
reading
a book?
Will
we
be
reading
books?
Will
she
be
reading
books?
Will
he
be
reading
books?
Will
it
be
reading
books?


2. Penggunaan (use)

Bentuk tenses yang dituliskan diatas hanya membantu kita cara menuliskan kalimat present future continuous tense, tapi tidak untuk penggunaannya.

Kapan waktu dan situasi seperti apa kita bisa menggunakan present future continuous tense dalam ujaran mapun tulisan?

Meskipun sebelumnya saya mengatakan present future continuous tense merujuk pada waktu masa yang akan datang, penggunaan present future tense tidak sekedar berbicara tentang waktu di masa lalu, tapi juga digunakan pada beberapa situasi lainnya.

Beberapa penggunaan present future continuous tense diantaranya seperti terlihat pada beberapa situasi dibawah ini:



1. Tersela Kegiatan di Waktu Akan Datang

Kita dapat menggunakan presenf future continuous ketika kita membicarakan suatu kegiatan atau kejadian yang terjadi cukup lama di waktu yang akan datang, kemudian disela oleh satu kegiatan atau kejadian yang terjadi sesaat di waktu yang akan datang.

Kita menggunakan present future continuous pada kegiatan yang terjadi cukup lama, sedangkan untuk kegiatan yang terjadi sesaat, kita menggunakan Present Tense.

Misalnya,

I will be studying in my room when you arrive tonight.

She will be waiting for you when you come by this afternoon.

I will be staying at home if anything happens and you need to contact me.


2. Tersela Satu Waktu Spesifik di Masa Mendatang

Seperti yang halnya penggunaan sebelumnya, suatu kegiatan atau kejadian yang terjadi cukup lama disela oleh satu kegiatan atau kejadian yang terjadi sesaat. Selain disela kegiatan atau kejadian yang terjadi sesaat, kamu juga dapat menggunakan waktu spesifik di masa mendatang sebagai penyela.

Misalnya,

Tonight at 7 PM, I will be eating dinner.

By midnight tonight, we will still be working on our project.


3. Rangkaian Kegiatan

Kita dapat menggunakan presenf future continuous tatkala kita membicarakan, tidak hanya satu, tapi beberapa kegiatan atau kejadian yang terjadi cukup lama dan terjadi berbarengan. di waktu yang akan datang

Misalnya,

I will be decorating the room, my brother will be blowing the balloons, and my mother will be making some food.

Tonight, we will be eating dinner, discussing our plan, and having a good time.


4. Suasana Di Masa Mendatang

Ketika kita ingin mengatakan suatu keadaan atau suasana di waktu mendatang, kita dapat menggunakan kalimat present future continuous untuk melukiskan suasana di waktu spesifik di masa mendatang.

Misalnya,

When I arrive at home tonight, my little brothers will be sleeping, my parents will be watching TV, and my sister will be listening to her favorite music in her room.



3. Arti atau makna (meaning)

Sebuah tenses dalam kalimat bahasa Inggris tidak hanya terdiri dari susunan kata yang membentuk suatu tenses, tapi di dalam susunan kata tersebut juga memiliki arti dan makna.

Lantas, bagaimana arti dan makna dari sebuah kalimat dengan present future tense? Makna sebuah kalimat present future tense mengikuti situasi atau penggunaan kalimat tersebut.

Seperti yang diketahui banyak pembelajar bahasa Inggris, kata will biasanya diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan kata 'akan'. Sementara be dan bentuk ing bermakna sedang dikerjakan.

Beberapa arti serta makna dari kalimat present future tense berdasarkan situasi seperti dijelaskan dibawah ini:


1. Akan Sedang Dilakukan dan Disela

Pada bagian pertama, kalimat presenf future continuous digunakan untuk membicarakan suatu kegiatan atau kejadian yang terjadi cukup lama di waktu yang akan datang, kemudian disela oleh satu kegiatan atau kejadian yang terjadi sesaat di waktu yang akan datang.

Frasa will berdampingan dengan be serta bentuk -ing dalam kalimat dengan tense ini bermakna akan sedang dalam proses dikerjakan di masa akan datang, tapi disela satu kegiatan lainnya.

Misalnya dalam beberapa kalimat berikut ini.

I will be studying in my room when you arrive tonight.
Ketika kamu datang malam ini aku sedang belajar di kamarku.

Kalimat diatas menyiratkan bahwa kegiatan sedang belajar dikamar di waktu akan datang terhenti sejenak ketika dia datang malam ini.


She will be waiting for you when you come by this afternoon.
Dia sedang menunggu kamu ketika kamu mampir petang ini.

Kalimat diatas bermakna bahwa kegiatan sedang menunggu di waktu akan datang terhenti sejenak ketika dia datang petang ini.


I will be staying at home if anything happens and you need to contact me.
Aku sedang berada di rumah jika ada apa-apa dan kamu butuh menghubungi aku.

Kalimat diatas menyiratkan bahwa kegiatan sedang berada di rumah di waktu akan datang terhenti sejenak ketika kamu menghubungi.


2. Akan Sedang dan Tersela Waktu Spesifik

Bagian kedua, kalimat presenf future continuous digunakan untuk untuk membicarakan suatu kegiatan atau kejadian yang terjadi cukup lama disela oleh satu waktu spesifik di masa mendatang.

Frasa will berdampingan dengan be serta bentuk -ing dalam kalimat dengan tense ini bermakna akan sedang dalam proses dikerjakan di masa akan datang, tapi disela satu waktu spesifik.

Misalnya dalam beberapa kalimat berikut ini.

Tonight at 7 PM, I will be eating dinner.
Malam ini pukul 7, aku akan sedang menyantap makan malam.

Kalimat diatas menyiratkan bahwa kegiatan sedang menyantap makan malam terhenti pada pukul 7 malam.


By midnight tonight, we will still be working on our project.
Menjelang malam nanti, kami akan sedang mengerjakan proyek kami.

Kalimat diatas menyiratkan bahwa kegiatan sedang mengerjakan projek terhenti pada tengah malam.


3. Akan Sedang Bersamaan

Berikutnya, kalimat presenf future continuous digunakan untuk untuk membicarakan suatu kegiatan, tidak hanya satu, tapi beberapa kegiatan atau kejadian yang terjadi cukup lama dan terjadi bersamaan. di waktu yang akan datang

Frasa will berdampingan dengan be serta bentuk -ing dalam kalimat dengan tense ini bermakna akan sedang dalam proses dikerjakan beberapa kegiatan di masa akan datang.

Misalnya dalam beberapa kalimat berikut ini.

I will be decorating the room, my brother will be blowing the baloons, and my mother will be making some food.
Aku akan sedang mendekorasi ruangan, kakakku akan meniup balon, dan ibuku akan menyiapkan makanan.

Kalimat diatas bermakna bahwa beberapa kegiatan mendekor, meniup balon, menyiapkan makanan dikerjakan bersamaan dan sedang dilakukan di waktu mendatang.


Tonight, we will be eating dinner, discussing our plan, and having a good time.
Nanti malam, kami akan menyantap makanan malam, membicarakan rencana dan bersenang-senang.

Kalimat diatas bermakna bahwa beberapa kegiatan seperti menyantap, merencanakan, bersenang-senang dilakukan bersamaan dan sedang dilakukan di waktu mendatang.


4. Suasana Akan Sedang

Terakhir, kalimat presenf future continuous digunakan untuk membicarakan suatu keadaan atau suasana di waktu mendatang.

Frasa will berdampingan dengan be serta bentuk -ing dalam kalimat dengan tense ini bermakna akan sedang dalam proses dikerjakan beberapa kegiatan di masa akan datang.

Misalnya dalam beberapa kalimat berikut ini.

When I arrive at home tonight, my little brothers will be sleeping, my parents will be watching TV, and my sister will be listening to her favorite music in her room.
Ketika aku tiba di rumah malam ini, adikku akan sedang tidur, kedua orang tuaku akan sedan menonton TV, dan kakakku akan sedang mendengarkan musik di kamarnya.

Kalimat diatas bermakna bahwa gambaran beberapa kegiatan yang dilakukan adik, orang tua dan kakak untuk melukiskan suasana yang sedang dilakukan di waktu mendatang.

Demikianlah catatan yang bisa saya bagikan buat sobat, kita telah membahas tentang 3 dimensi bagaimana cara mengenal present future continuous tense. Apabila sobat ada pertanyaan mengenai present future continuous tense, silakan ajukan dan tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar di bawah.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini. Semoga rasa ingin tahu sobat terjawab. Sampai jumpa dengan artikel lainnya.


0 Response to "3 Sisi Present Future Continuous Tense yang Patut Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel