Kata Kerja Penghubung dalam Bahasa Inggris yang Baiknya Kamu Tahu


Salah satu bagian terpenting ketika kita merangkai kata-kata hingga berbuah sebuah kalimat bahasa Inggris adalah kata kerja.

Kendati demikian, para pemula pembelajar bahasa Inggris tidak jarang melupakan hal ini. Bukan lantaran tidak tahu bahwa kata kerja itu penting, tapi mereka pada umumnya belum bisa mengidentifikasi kata kerja, apakah kata ini ataukah kata itu merupakan kata kerja adalah pertanyaan yang biasanya masih sedikit mengusik benak para pemula pembelajar bahasa Inggris.

Tidak seperti Kata Kerja Aksi Bahasa Inggris yang berperan menunjukkan kegiatan atau aktifitas yang dilakukan oleh subjek, kata kerja penghubung menunjukkan adanya keterkaitan antara kata benda sebagai subjek dan kata-kata lainnya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.


Pengertian

Kata kerja penghubung, atau dalam bahasa Inggris disebut linking verb, senada dengan dengan nama kata kerja ini, adalah suatu kata kerja yang mempunyai peran untuk menghubungkan subjek dan kata-kata lainnya serta menyiratkan sebuah keadaan atau kondisi dari suatu subjek dalam sebuah kalimat bahasa Inggris tersebut, misalnya,

I am hungry.
Aku lapar.

Dari sebuah contoh kalimat di atas, kata I dan hungry dihubungkan oleh kata am. Kata am tidak menunjukkan sebuah kegiatan atau aktifitas, tapi mengambarkan suatu keadaan atau dari subjek, I yaitu hungry.

Oleh karena itu, terkadang beberapa yang menyebutkan linking verb juga adalah stative verb. Kata stative sendiri secara harfiah berarti bersifat menggambarkan suatu kondisi atau keadaan.

Kata Kerja Penghubung Linking Verb
Kata Kerja Penghubung Linking Verb - langitbirukata.com


Fungsi

Seperti yang telah disebutkan di awal, kata kerja penghubung, selaras dengan namanya, berperan untuk menghubungkan sebuah subjek dengan kata-kata lainnya yang sepadan dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Misalnya,

Diana is a mother.

Pada kalimat di atas, kata is berperan sebagai kata kerja penghubung (linking verb), yang menghubungkan kata Diana, sebagai subjek, dengan kata-kata lainnya, a mother dalam kalimat tersebut.

Sebuah kalimat bahasa Inggris setidaknya memiliki satu pasangan yang terdiri dari subjek dan predikat. Posisi subjek dalam kalimat bahasa Inggris pada umumnya ditempati oleh jenis kata benda. Sementara posisi predikat dalam kalimat bahasa Inggris kebanyakan ditempati oleh jenis kata kerja.

Singkatnya, sobat harus memastikan bahwa kalimat bahasa Inggris kamu sekurang-kurangnya memiliki satu subjek, ditempati kata benda, dan satu predikat, ditempati kata kerja.

Namun, dalam prakteknya, sebagian besar para pemula pembelajar bahasa Inggris seringkali berpikir dalam bahasa Indonesia. Kemudian, mereka menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris, sehingga kalimat bahasa Inggris mereka pada umumnya dituliskan seperti berikut:

Aku seorang pelajar.
I a student.

Dia di rumah.
She at home.

Aku berasal dari Banjarmasin.
I from Banjamasin.

Aku lapar.
I hungry,

Ayahku marah pada ku.
My father angry with me.

Dari beberapa contoh di atas, dalam terjemahan bahasa Indonesianya, kata-kata ini dapat dikatakan sebuah kalimat, tapi tidak dalam versi bahasa Inggrisnya. Kenapa demikian? Karena dalam versi bahasa Inggrisnya, kumpulan kata-kata bahasa Inggris tersebut, kita tidak mendapati adanya predikat atau kata kerja.

Oleh karena itulah, kita membutuhkan kata kerja penghubung atau linking verb yang berperan sebagai predikat agar kumpulan kata tersebut di atas layak disebut sebuah kalimat bahasa Inggris.

Jadi, pada contoh sekumpulan kata bahasa Inggris di aras, kita seharusnya menyisipkan kata kerja penghubung seperti di bawah ini.

I am a student.
She is at home.
I am from Banjamasin.
I am hungry,
My father is angry with me.


Lalu, apa sajakah kata kerja penghubung itu?
Dalam bahasa Inggris, kata kerja penghubung atau linking verb dapat berupa:

Kata Kerja To be
Kata Kerja Panca Indera (Sense Verbs)
Kata Kerja Keadaan (Stative Verbs)

Mari, kita telusuri satu persatu dari kata kerja tersebut di atas.

Kata Kerja To Be

Berbicara mengenai Seputar To Be Bahasa Inggris mungkin beberapa pembelajar  bahasa Inggris sering dibuat bingung dengan kata yang satu ini.

Salah satu yang menyebabkan kebingungan ketika bersinggungan dengan to be adalah beraneka ragamnya bentuk to be dalam bahasa Inggris.

Lebih jelasnya, kita lihat bentuk-bentuk to be berikut ini.
To Be
English
Indonesian
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
am
adalah
is
adalah
are
adalah
was
adalah
were
adalah
be
adalah
been
adalah
being
sedang
Agar tidak bingung penggunaan to be, perhatikan penggunaan kata kerja penghubung to be yang berubah bentuk sesuai subjek dan tensesnya dalam beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang topiknya sama di bawah ini.

I am serious.
Aku saat ini serius.

I was serious.
Aku tadinya serius.

She is serious.
Dia saat ini serius.

She was serious.
Dia tadinya serius.

They are serious.
Mereka saat ini serius.

They were serious. 
Mereka tadinya serius.

I am being serious.
Aku sedang serius.

He will be serious.
Dia janji akan serius.

We have been serious.
Dari tadi kami sudah serius.

Selain berperan sebagai kata kerja penghubung, to be juga memiliki peran lain yaitu sebagai kata kerja bantu.

Kata Kerja Panca Indera

Sense verb atau verb of sense atau sensation verb atau verb of sensation, kata kerja yang satu ini bertalian dengan panca indera kita seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecap, dan perasa.

Lebih jelasnya, kita amati bentuk-bentuk kata kerja panca indera berikut ini.
Sense Verb
English
Indonesian
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
Appear
Kelihatanya
Look
Terlihat
Look like
Terlihat seperti
Seem
Nampaknya
Smell
Baunya
Smell like
Baunya seperti
Sound
Kedengarannya
Taste
rasanya
Untuk lebih jelas penggunaanya, perhatikan penggunaan kata kerja panca indera yang mencakup penglihatan, peraba, penciuman, pendengaran dan pengecap dalam beberapa contoh kalimat bahasa Inggris di bawah ini.

He probably appears (to be) rather unfriendly.
Dia mungkin terlihat agak kurang bersahabat.

The silk scarf feels smooth.
Syal sutra in terasa lembut.

The new Marvel movie looks interesting.
Film Marvel terbaru kelihatannya menarik.

Your eyes look like your father's.
Mata kamu terlihat seperti mata ayahmu

You seem a little tired.
Kamu nampaknya agak capek.

This cheese smells strange.
Keju ini berbau aneh.

The food smells like a chicken.
Makanan ini baunya seperti ayam.

That music sounds relaxing.
Musik itu terdengar menenanngkan


Kata Kerja Keadaan

Kata Kerja yang satu ini menunjukkan suatu kondisi perubahan keadaan subjek, baik tidak ada perubahan, berubah perlahan, berubah menjadi keadaan lainnya.

Lebih jelasnya, kita tengok beberapa kaa kerja keadaan berikut ini.
Stative Verb
English
Indonesian
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
become
menjadi
get
menjadi
grow
bertumbuh
turn
berubah
stay
masih
remain
tetap
Agar lebih memahami lebih dalam lagi, perhatikan penggunaan kata kerja keadaan dalam beberapa contoh kalimat bahasa Inggris di bawah ini.

Joko Widodo became the president of Indonesia in 2014.
Joko Widodo menjadi presiden Indonesia pada tahun 2014.

My little sister got a cold last week.
Adik (menjadi) pilek minggu lalu.

As time went on he grew more and more impatient.
Seiring waktu berlalu, dia semakin menjadi tidak sabaran.

He never stays angry for long.
Dia tidak pernah (tetap) marah untuk waktu yang lama.

This room remains unchanged.
Kamar in tetap sama, tidak ada yang berubah.


Akhir kata, untuk sekian kalinya, saya menggarisbawahi bahwa sebaiknya sobat jangan terlalu mengusarkan beragam nama-nama kata kerja bahasa Inggris karena hal tersebut bukan hal yang terutama. Namun, baiknya memusatkan perhatiaan bagaimana cara menyematkan sebuah kata kerja dalam kalimat bahasa Inggris.

Demikian catatan singkat mengenai kata kerja penghubung atau linking verb dalam bahasa Inggris. Saya berharap dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Referensi:

https://writingexplained.org/grammar-dictionary/linking-verb  (accessed 2018-10-02)


0 Response to "Kata Kerja Penghubung dalam Bahasa Inggris yang Baiknya Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel