Kata Kerja Intransitif Bahasa Inggris yang Baiknya Kamu Tahu

Seperti yang sobat ketahui, tidak jauh berbeda dengan kalimat bahasa Indonesia, sebuah kalimat bahasa Inggris dapat terdiri dari subjek, predikat dan objek, tapi tidak semua kalimat bahasa Inggris terbentuk dengan susunan seperti ini, ada pula sebuah kalimat bahasa Inggris yang hanya terdiri dari subjek dan predikat.

Pada kalimat bahasa Inggris yang hanya terdiri dari subjek dan predikat inilah, kamu biasanya menggunakan kata kerja intransitif.


Sebelumnya tentunya, sobat sudah mengenai baik kata kerja atau dalam bahasa Inggris disebut verb. Dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, kata kerja menempati posisi predikat. Berdampingan dengan subjek, predikat membuat kalimat bahasa inggris menjadi utuh.

Lantas, pertanyaannya yang mungkin terbersit adalah kenapa ada yang namanya kata kerja intransitif? Apa peran kata kerja intransitif dalam membentuk sebuah kalimat bahasa Inggris?

Kata Kerja Intransitif Bahasa Inggris
Kata Kerja Intransitif Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Apa itu kata kerja intransitif? Berikut catatannya.


Pengertian

Kata intransitif, atau intransitive, merupakan bentukan kata dari awalan in-, kata transit, dan akhiran -ive. Kata transit berarti proses memindahkan. Sementara awalan in- berarti tidak atau bukan, sedangkan akhiran -ive artinya mempunyai sifat.

Jadi, kata kerja intransitif, atau dalam bahasa Inggris dikenal intransitive verb, adalah sebuah kata kerja yang tidak memindahkan kegiatan, aksi dari subjek ke objek.

Dengan kata lain, kata kerja intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek untuk membentuk sebuah kalimat bahasa Inggris yang utuh.


Identifikasi 

Untuk mengidentifikasi apakah sebuah kata kerja adalah kata kerja intransitif atau bukan, kamu dapat menguji kata kerja tersebut dengan mengajukan pertanyaan '... apa?' atau '... siapa?', Dan apabila kamu tidak dapat menjawabnya, maka kata tersebut dapat dikatakan kata kerja intransitif, misalnya,

Misalnya, kata kerja sleep. Kamu coba uji dengan pertanyaan sleep ( tidur) apa?

Lantaran tidak ada jawabannya, maka kata tersebut adalah kata kerja intransitif. Dengan kata lain, kata sleep yang berdampingan dengan subjek dapat membentuk sebuah kalimat yang utuh dan bermakna tanpa perlu menambahkan objek, seperti dalam kalimat berikut.

The baby sleeps.
Bayi itu tidur.

Meletakkan objek setelah kata kerja intransitif dapat mengakibatkan kalimat bahasa Inggris kamu menjadi salah, misalnya,

The baby sleeps bed.
Bayi itu tidur tempat tidur.

Seperti yang kamu amati pada kalimat di atas, kata kerja sleep diikuti bed, sebagai objek dari kata kerja sleep, yang membuat kalimat tersebut menjadi salah.

Kendati demikian, satu kata atau beberapa kata lainnya seperti kata keterangan atau frasa preposisi dapat diletakkan setelah kata kerja intransitif.

Misalnya,

The baby sleeps very soundly.
Bayi itu tidur dengan nyenyaknya.

Pada kalimat di atas, kata kerja sleep diikuti kata keterangan, very dan soundly.


The baby sleeps in her mother's arm.
Bayi itu tidur dalam dekapan ibunya.

Pada kalimat tertulis di atas, kata kerja sleep diikuti  frasa preposisi yaitu, in her mother's arm.

Jadi, apabila suatu kata kerja tidak memerlukan objek untuk membentuk sebuah kalimat bahasa Inggris yang utuh dan bermakna, maka kata tersebut adalah kata kerja intransitif.

Tapi, kebalikannya, apabila kata tersebut memerlukan objek, maka kata tersebut merupakan Kata Kerja Transitif.

Namun, jika kamu masih kesulitan menentukan apakah kata tersebut merupakan kata kerja intransitif atau bukan, cara yang termudah dan tentunya lebih pasti untuk mengetahui apakah sebuah kata kerja termasuk kata kerja intransitif atau bukan adalah dengan menelusuri kata tersebut dalam kamus, terutama satu bahasa Inggris-Inggris.

Coba sobat amati kata come pada gambar di bawah ini.

Identifikasi Kata kerja Intransitif pada Kamus

Seperti terlihat pada gambar di atas, kata come, yang ditunjukan dengan panah merah, tertulis [I], termasuk kata kerja intransitif.


Fungsi

Seperti yang telah saya utarakan sebelumnya, dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, kata kerja intransitif berperan sebagai predikat. Dalam penerapannya, kata kerja intransitif tidak membutuhkan objek untuk membentuk sebuah kalimat bahasa Inggris yang utuh dan bermakna.

Namun, dengan menambahkan objek, kalimat dengan kata kerja intransitif tersebut menjadi tidak tepat dan salah, misalnya,

My friends from UK arrived at my office in Semarang.
Teman-temanku dari Inggris tiba di kantor di Semarang.

Kata arrive pada kalimat di atas diikuti frasa keterangan tempat. Meskipun tanpa objek, kalimat bahasa Inggris di atas tetap utuh dan bermakna karena kata arrive merupakan kata kerja intransitif.

Tapi, apabila kamu menambahkan objek, misalnya,

My friends from UK arrived Semarang.
Teman-temanku dari Inggris tiba Semarang.

Maka kalimat bahasa Inggris di atas menjadi salah dan tidak tepat.


Penggunaan

Agar penggunaan kata kerja intransitif dalam sebuah kalimat bahasa Inggris tepat, kamu sepatutnya memastikan apakah kata kerja yang digunakan tersebut merupakan kata kerja intransitif atau bukan. Kemudian, jangan menambahkan objek setelah kata kerja intransitif, kecuali. kata keterangan, frasa preposisi dan lainnya.

Misalnya,

He always comes late.
Dia selalu datang terlambat.

We live in Semarang.
Kami tinggal di Semarang.

My aunt works at the hospital.
Bibiku bekerja di rumah sakit.

Inflation is rising at 10 percent a month.
Inflasi meningkat 10 persen dalam sebulan.

He suddenly appeared in the doorway.
Dia tiba-tiba muncul di ambang pintu.

Anything could happen in a few minutes.
Apapun bisa saja terjadi dalam beberapa menit.


Demikianlah catatan singkat mengenai kata kerja intransitif dipandang dari pengertian, identifikasi, fungsi dan penggunaannya. Kiranya artikel ini dapat memuaskan rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih atas waktu yang sobat luangkan untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan catatan lainnya.


0 Response to "Kata Kerja Intransitif Bahasa Inggris yang Baiknya Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar