Kata Kerja Transitif Bahasa Inggris yang Sebaiknya Kamu Tahu

Berbeda dengan Kata Kerja Intransitif , yang membentuk kalimat bahasa Inggris yang hanya terdiri dari subjek dan predikat, sebuah kalimat bahasa Inggris dengan kata kerja transitif yang terbentuk terdiri dari subjek, predikat dan objek.

Dalam sebuah kalimat bahasa Inggris yang terdiri dari subjek, predikat dan objek ini, kalimat ini biasanya menggunakan kata kerja transitif.

Sebelumnya tentunya, sobat sudah mengenai baik kata kerja atau dalam bahasa Inggris disebut verb. Dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, kata kerja menempati posisi predikat.

Berdampingan dengan subjek, predikat membuat kalimat bahasa inggris menjadi utuh. Lantas, kenapa terdapat kata yang disebut kata kerja transitif? Apa peran kata kerja transitif dalam membentuk sebuah kalimat bahasa Inggris?

Kata Kerja Transitif Bahasa Inggris
Kata Kerja Transitif Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Pengertian

Kata transitif, atau transitive, merupakan bentukan kata dari kata transit, dan akhiran -ive. Kata transit berarti proses memindahkan, sedangkan akhiran -ive artinya mempunyai sifat.

Jadi, kata kerja transitif, atau dalam bahasa Inggris dikenal transitive verb, adalah sebuah kata kerja yang mengandung arti memindahkan kegiatan atau aksi dari subjek ke objek.

Dengan kata lain, subjek melakukan kegiatan pada seseorang atau sesuatu yang lainnya dengan menggunakan kata kerja transitif.

Masih bingung? Apa sih maksudnya?

Pendeknya, kata kerja transitif adalah sebuah kata kerja yang memerlukan sebuah objek.

Misalnya,

She is writing an email.
Dia sedang menulis email.

Seperti yang kamu amati pada kalimat di atas, dia (she) melakukan kegiatan sedang menulis (is writing) pada email.

Bagaimana? Apakah sudah mengerti?


Identfikasi

Untuk mengidentifikasi apakah sebuah kata kerja adalah kata kerja transitif atau bukan, kamu dapat menguji kata kerja tersebut dengan mengajukan pertanyaan 'pada apa?' atau 'pada siapa?', misalnya,

We speak javanese.
Kami berbicara bahasa jawa.

Pada kalimat di atas, kamu coba menguji kata 'berbicara (speak)' dengan pertanyaan ' kami berbicara apa?'

Apabila kamu bisa menjawabnya, misalnya kami berbicara bahasa jawa, maka kata kerja tersebut termasuk kata kerja transitif.

Namun, jika sebaliknya, maka kata kerja tersebut adalah bukan kata kerja transitif, misalnya,

We arrive...
Kami tiba...

Pada kalimat di atas, kamu coba menguji kata 'tiba (arrive)' dengan pertanyaan 'kami tiba siapa atau pada kami tiba apa?' Karena pertanyaan tersebut tidak bisa dijawab, maka kata arrive adalah bukan kata kerja transitif.

Namun, jika kamu masih kesulitan menentukan apakah kata tersebut merupakan kata kerja transitif atau bukan, cara yang paling mudah dan lebih pasti untuk mengetahui apakah sebuah kata kerja termasuk kata kerja transitif atau bukan adalah dengan melihat kata tersebut dalam kamus, terutama satu bahasa.

Coba sobat amati kata find pada gambar di bawah ini.

Identfikasi kata kerja transitif pada kamus

Seperti terlihat pada gambar di atas, kata find, yang ditunjukan dengan panah merah, tertulis [T], termasuk kata kerja transitif.


Fungsi

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, kata kerja transitif berperan sebagai predikat. Dalam penggunaannya, kata kerja transitif selalu membutuhkan objek untuk membentuk sebuah kalimat bahasa Inggris yang utuh dan bermakna. Tanpa adanya objek, kalimat dengan kata kerja transitif belumlah utuh dan lengkap, misalnya,

She brings...
Dia membawa...

Seperti terlihat di atas, dua kata she (dia) brings (membawa) belum membentuk sebuah kalimat utuh karena kita masih bertanya-tanya dia membawa apa. Oleh karena itulah, kata bring membutuhkan objek.


Penggunaan

Agar penggunaan kata kerja transitif dalam sebuah kalimat bahasa Inggris tepat, kamu sebaiknya memastikan apakah kata kerja yang digunakan tersebut merupakan kata kerja transitif atau bukan. Kemudian, jangan lupa menempatkan objek, baik itu berupa kata benda (nomina), frasa nomina, atau klausa nomina.

Misalnya,

They need your help.
Mereka membutuhkan bantuan kamu.

My father takes the medicine three times a day.
Ayahku minum obat tiga kali sehari.

Andy buys a new camera.
Andy membeli kamera baru.

The little boys wants that toy so much.
Bocah itu sangat menginginkan mainan itu.

My mother makes pancakes for us.
Ibuku membuat panekuk untuk kami.

Over two hundred people attended the funeral.
Lebih dari dua ratus orang menghadiri pemakaman.


Demikianlah catatan singkat mengenai kata kerja transitif dipandang dari pengertian, identifikasi, fungsi dan penggunaannya. Kiranya artikel ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih atas waktu yang sobat luangkan untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan catatan lainnya.


0 Response to "Kata Kerja Transitif Bahasa Inggris yang Sebaiknya Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar