Kata Kerja Utama Bahasa Inggris yang Sebaiknya Kamu Ketahui


Sebuah kalimat bahasa Inggris itu ibarat sebuah rumah tangga. Untuk menjalankan sebuah rumah tangga, setidaknya diperlukan seorang;

Bapak dan Ibu.

Seorang bapak berperan sebagai kepala rumah tangga, sedangkan seorang ibu berperan mengelola rumah tangga. Dalam mengelola rumah tangga, terkadang seorang ibu rumah tangga dibantu oleh seorang pembantu rumah tangga. Kendati demikian, seorang pembantu tidak selalu diperlukan keberadaannya. Jadi, setidaknya terdapat seorang bapak dan seorang ibu dalam sebuah rumah tangga.

Bagaimana peran bapak dan ibu serta pembantu dalam sebuah kalimat bahasa Inggris?


Bapak adalah mewakili subjek dari sebuah kalimat, sementara Ibu dan pembantu mewakili predikat dalam sebuah kalimat. Sebuah subjek kalimat setidaknya ditempati oleh sebuah kata benda, sedangkan predikat ditempati oleh sebuah kata kerja. Pendeknya, sebuah kalimat bahasa Inggris setidaknya terdiri dari subjek dan predikat.

Kata Kerja Utama Bahasa Inggris
Kata Kerja Utama Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Lalu pertanyaannya adalah apa itu kata kerja utama?

Seperti gambaran di atas, kata kerja utama atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan main verb, ibarat seorang ibu. Dari sini, kamu dapat membayangkan apa peran kata kerja utama dan seberapa pentingnya keberadaan kata kerja utama dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Lantas, bagaimana dengan pembantu rumah tangga dalam sebuah kalimat?

Seperti yang telah saya gambarkan di atas, seorang pembantu mewakili sebuah Kata Kerja Bantu atau dalam bahasa Inggris disebut helping verb. Dari sini, kamu dapat membayangkan apa peran kata kerja bantu dan bagaimanakah hubungannya dengan kata kerja utama.


Agar memahami apa itu kata kerja utama dan apa peran dari kata kerja utama dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, kita akan mengamati lebih dekat dari sudut pengertian, fungsi dan penggunaannya.


Pengertian

Kata kerja utama dalam bahasa Inggris disebut main verb atau lexical verb atau juga dikenal principal verb. Kata kerja utama, seperti yang digambarkan pada ilustrasi di atas, adalah sebuah kata kerja yang memegang peran utama dan penting dalam membentuk sebuah kalimat bahasa Inggris.


Fungsi

Sebagaimana yang dilukiskan dalam gambaran sebuah rumah tangga, peran kata kerja utama ibarat seorang ibu yang mengelola rumah tangga. Tanpa seorang ibu, maka sebuah rumah tangga tidaklah lengkap.

Dengan kata lain, kata kerja utama berperan penting ketika kamu ingin mengungkapkan sesuatu dalam sebuah kalimat atau ujaran bahasa Inggris. Tanpa adanya kata kerja utama, sebuah kalimat bahasa Inggris tidak akan terbentuk.


Penggunaan

Dalam praktiknya, kata kerja utama dapat terwujud beragam bentuk tatkala kamu menuangkannya ke dalam sebuah kalimat atau ujaran bahasa Inggris. Apa saja bentuk kata kerja utama dalam sebuah kalimat bahasa Inggris?

Sebelum kita melangkah lebih lanjut, mari kita perhatikan beberapa kalimat bahasa Inggris berikut.

1. She has many books.
2. She does her homework by herself.
3. She falls asleep.
4. She lies in bed.
5. She is excited.
6. She is at home.
7. She looks excited.
8. She sounds disappointed.
9. She had many comic books.
10. She did the right thing.
11. She looked excited..
12. She worked very hard. 

Kata-kata yang bercetak tebal pada beberapa kalimat tersebut di atas mewakili beragam bentuk kata kerja utama dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Setelah ini, kita akan mencermati keberagaman bentuk kata kerja utama berdasarkan beberapa contoh kalimat di atas.

Kata Kerja Transitif
1. She has many books.
Dia mempunyai banyak buku.

2. She does her homework by herself.
Dia mengerjakan PRnya sendiri.

Kata has dan does yang disisipkan dalam kalimat nomor 1 dan kalimat nomor 2 merupakan kata kerja transitif. Kata Kerja yang satu ini dalam kalimat bahasa Inggris senantiasa memerlukan objek.

Singkatnya, tanpa objek, kumpulan kata tersebut di atas bukanlah sebuah kalimat bahasa Inggris yang utuh dan bermakna.


Kata Kerja Intransitif

3. She falls asleep.
4. She lies in bed.

Kebalikan dari sebelumnya, kata falls dan lies yang disisipkan dalam kalimat nomor 3 dan kalimat nomor 4 merupakan kata kerja intransitif. Kata Kerja yang ini dalam kalimat bahasa Inggris biasanya tidak memerlukan objek.

Ringkasnya, dengan menambahkan objek, kumpulan kata tersebut bisa dikatakan tidak benar dari sudut pandang tata bahasa.


Kata Kerja Penghubung

5. She is excited.
6. She is at home.

Kata is yang diselipkan dalam kalimat nomor 5 dan kalimat nomor 6 merupakan kata kerja penghubung, atau dalam bahasa Inggris dikenal linking verb. Kata Kerja yang ini, dalam kalimat bahasa Inggris berfungsi menghubungkan subjek dengan kata sesudahnya secara makna.

Pendeknya, tanpa menambahkan kata kerja penghubung, kumpulan kata tersebut tidak bisa dikatakan menjadi satu rangkaian kalimat lengkap dan bermakna.


Kata Kerja Panca Indera

7. She looks excited.
8. She sounds disappointed.

Bisa dikatakan masih satu keluarga dengan sebelumnya, kata look dan sound yang disisipkan dalam kalimat nomor 7 dan kalimat nomor 8 merupakan kata kerja panca indera. Kata Kerja yang ini, sering pula dinamakan sensing verb lantaran kata ini melibatkan panca Indera. Dalam kalimat bahasa Inggris, kata kerja ini pada umumnya diikuti kata sifat.

Secara singkat, dengan menambahkan objek, kumpulan kata tersebut bisa dikatakan tidak benar dari sudut pandang tata bahasa.


Kata Kerja Tak Beraturan

9. She had many comic books.
10. She didthe right thing.

Kata had dan did yang disisipkan dalam kalimat nomor 9 dan kalimat nomor 10 merupakan kata kerja kerja tak beraturan. Kata Kerja yang ini dinamakan tak beraturan atau dalam bahasa Inggris irregular verb karena perubahan bentuk tenses dari bentuk present, bentuk past dan bentuk past participle terjadi tidak beraturan. Sehingga kamu perlu menghafalkan perubahannya. Dalam kalimat bahasa Inggris, kata kerja ini biasanya digunakan dalam kalimat past dan kalimat perfect.

Ringkasnya, kata kerja tak beraturan dapat dikatakan termasuk dalam keluarga kata kerja utama. Dalam penerapannya, kamu perlu menghafalkannya.


Kata Kerja Beraturan

11. She looked excited..
12. She worked very hard.

Kebalikan dari sebelumnya, kata looked dan worked yang disisipkan dalam kalimat nomor 11 dan kalimat nomor 12 merupakan kata kerja kerja beraturan. Kata Kerja yang ini dinamakan beraturan atau dalam bahasa Inggris regular verb karena perubahan bentuk tenses dari bentuk present, bentuk past dan bentuk past participle terjadi beraturan, pada umumnya dengan akhiran -ed.  Sama halnya dengan kata kerja tak beraturan, penggunaan kerja beraturan ini biasanya diterapkan dalam kalimat past dan kalimat perfect.

Pendek kata, kata kerja beraturan dapat dikatakan termasuk dalam keluarga kata kerja utama. Dalam penerapannya, kamu tidak perlu menghafalkannya.


Kesimpulan

Dari segi keutamaan, kata kerja utama memainkan peranan penting dalam membentuk sebuah kalimat bahasa Inggris yang utuh. Dalam penggunaannya, kata kerja utama dapat berwujud dalam beragam bentuk penulisan. Tanpa kata kerja utama, kumpulan kata-kata bukanlah sebuah kalimat bahasa Inggris yang utuh. Jadi, pastikan kalimat bahasa Inggris kamu mengandung kata kerja utama.


Demikianlah catatan singkat mengenai kata kerja utama dipandang dari pengertian, fungsi dan penggunaannya. Kiranya artikel ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih atas waktu yang sobat luangkan untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan catatan lainnya


0 Response to "Kata Kerja Utama Bahasa Inggris yang Sebaiknya Kamu Ketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel