Perbedaan Can dan Could yang Seyogianya Tidak Kamu Abaikan.


Meskipun dua kata can dan could mungkin bukanlah kata yang terdengar asing di telinga para pembelajar bahasa Inggris dan merupakan kata yang sudah teramat sering didengar, dituturkan atau dituliskan dalam bahasa Inggris.

Namun, kedua kata ini masih terasa asing bagi mereka tatkala mereka menggunakan kedua kata ini dalam bentuk lisan maupun tulisan. Alhasil kebingungan sepertinya enggan beranjak dalam benak mereka.


Pada catatan berikut ini, kita akan menelusuri arti, bentuk penulisan, serta situasi dan penggunaan kata can dan could dari sudut pandang fungsinya.

Dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, sebenarnya kata can memiliki beragam fungsi baik itu sebagai benda, sebagai kata kerja utama, dan sebagai kata kerja bantu. Karena kita hanya akan menyoroti perbedaan mendasar antara can dan could, maka kita hanya menelusuri kata can sebagai kata kerja bantu.

Perbedaan Can dan Could Bahasa Inggris
Perbedaan Can dan Could Bahasa Inggris - langitbirukata.com


Secara umum, can, sebagai Kata Kerja Bantu, memiliki dua bentuk dalam penulisan yaitu:

bentuk present
bentuk past.

Bentuk present dari kata can adalah can, sedangkan bentuk past dari kata can adalah could. Jadi sebagai kata kerja bantu, kata can dapat

Lantaran dua bentuk dari kata can ini, yaitu can dan could, banyak para pemula pembelajar bahasa Inggris mengaitkan kata can dengan kata present, berarti sekarang, yang terdapat pada tenses, present tense. Demikian pula dengan kata could yang dihubung dengan kata past, berarti masa lalu, yang tertulis pada tenses, past tense.


Fungsi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, baik itu kata can maupun could, pada umumnya meskipun tidak semuanya, berperan sebagai kata kerja bantu dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Kata kerja bantu dalam bahasa Inggris disebut helping verb atau sering pula disebut modal verb.

Kata kerja bantu, seperti namanya, adalah suatu kata kerja yang berfungsi membantu kata kerja utama untuk membentuk sebuah konstruksi kalimat bahasa Inggris yang senada dengan gagasan atau maksud dari kalimat tersebut.

Gagasan dan maksud inilah yang akan kita telusuri berdasarkan situasi penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris. Berikut ini kita akan memandang beragam situasi penggunaan kata can dan could dalam catatan di bawah ini, usai yang berikut ini.


Kebisaan

Ketika kamu berbicara kebisaan atau kebolehan kamu atau orang lain untuk melakukan sesuatu, entah itu kebisaan dalam mata pelajaran, musik, olahraga, komputer dan lainnya, kamu dapat menggunakan kata can dan could.


Can

Pada konteks yang merujuk pada kebiasaan, kata can berarti bisa atau dapat. Kata can (bisa) di sini dapat bermakna saat ini, bersifat alamiah, ataupun berkelanjutan.

Agar lebih jelas bagaimana penggunaan can dalam konteks kebisaan, kamu dapat mencermati arti dan makna dalam beberapa contoh kalimat di bawah ini.

I can swim very fast.
Aku bisa berenang dengan cepat.

I can speak Javanese.
Aku bisa berbicara bahasa Jawa.

She can play the guitar.
Dia bisa memainkan gitar.

Jack cannot see clearly without his glasses.
Jack tidak bisa melihat dengan jelas tanpa kacamatanya.


Could

Selain kata can, kamu dapat pula menggunakan kata could untuk konteks kebisaan atau kebolehan. Namun, perlu diketahui rujukan waktu dari kata could berbeda dengan kata can. Kata could dalam konteks ini, merujuk kebisaan di waktu lampau.

Agar lebih jelas bagaimana penggunaan could dalam konteks kebisaan, kamu dapat mencermati arti dan makna dalam beberapa contoh kalimat di bawah ini.

I could swim very fast.
Aku dulunya bisa berenang dengan cepat.

I could speak Javanese.
Aku dulunya bisa berbicara bahasa Jawa.

She could play the guitar.
Dia dulunya bisa memainkan gitar.

Jack couldn't see clearly without his glasses.
Jack dulunya tidak bisa melihat dengan jelas tanpa kacamatanya.


Kemungkinan

Ketika kamu ingin mengutarakan suatu kemungkinan yang dapat dilakukan atau terjadi di waktu sekarang atau akan datang, kamu dapat menggunakan kata can atau could.


Can

Dalam konteks kemungkinan, kamu dapat menyematkan kata can dalam kalimat bahasa Inggris kamu tatkala kamu ingin menyatakan sebuah kemungkinan besar dapat dilakukan atau terjadi di waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

Agar lebih memahami bagaimana penggunaan can dalam konteks kemungkinan, kamu dapat mencermati arti dan makna dalam beberapa contoh kalimat di bawah ini.

She can be right about this.
Dia mungkin bisa benar tentang hal ini.

You can get trouble if you don't tell the truth.
Kamu mungkin bisa mendapat masalah jika kamu tidak mengatakan yang sebenarnya.

By joining this group, you can meet many people from different countries.
Dengan bergabung grup ini, kamu mungkin bisa bertemu banyak orang dari berbagai negara.

We can go out together as soon as I finish my homework.
Kita mungkin bisa pergi keluar bareng begitu aku selesai mengerjakan PRku.


Could

Tidak hanya kata can yang dapat digunakan untuk membicarakan tentang kemungkinan, tapi kata could juga dapat digunakan untuk maksud yang sama. Hanya saja, konteks kemungkinan yang dibicarakan bersifat perkiraan. Dengan kata lain, kemungkinan yang diutarakan bisa saja terjadi, bisa pula tidak terjadi.

Agar lebih memahami bagaimana penggunaan could dalam konteks kemungkinan, kamu dapat mencermati arti dan makna dalam beberapa contoh kalimat di bawah ini.

She could be right about this.
Dia bisa saja benar tentang hal ini.

There could be heavy rain out of town.
Cuaca bisa saja hujan deras di luar kota.

Anything could happen in the next a few hours.
Segala kemungkinan bisa saja terjadi dalam beberapa jam ke depan.

Your mother could come in any time now.
Ibu kamu bisa saja datang sewaktu-waktu saat ini.


Pembolehan

Tatkala mengutarakan apakah sesuatu diperbolehkan atau sebaliknya tidak diperbolehkan, kamu dapat menggunakan kata can ataupun could untuk mengungkapkannya.


Can

Berbicara apakah boleh ataupun tidak, kamu dapat menggunakan kata can sewaktu mengutarakan maksud memperkenankan seseorang untuk melakukan sesuatu ataupun sebaliknya.

Agar lebih memahami bagaimana penggunaan can dalam konteks pembolehan, kamu dapat mencermati arti dan makna dalam beberapa contoh kalimat di bawah ini.

You can use my laptop.
Kamu bisa menggunakan laptopku.

You can park your car over there.
Kamu bisa memarkirkan mobilmu di sebelah sana.

Students can use calculators during the exam.
Murid-murid bisa menggunakan kalkulator selama ujian.

We can't talk in the library.
Kita dilarang berbicara dalam perpustakaan.


Could

Selain dengan kata can, kamu dapat menggunakan kata could untuk mengutarakan maksud yang sama. Namun, penggunaan kata could dalam situasi pembolehan menyiratkan situasi formal dan terdengar lebih santun di telinga lawan bicara atau pembaca tulisan kita.

Agar lebih memahami bagaimana penggunaan could dalam konteks pembolehan, kamu dapat mencermati arti dan makna dalam beberapa contoh kalimat di bawah ini.

You could use my laptop.
Kamu bisa menggunakan laptopku.

You could park your car over there.
Kamu bisa memarkirkan mobilmu di sebelah sana.

Students could use calculators during the exam.
Murid-murid bisa menggunakan kalkulator selama ujian.

We couldn't talk in the library.
Kita dilarang berbicara dalam perpustakaan.



Permintaan

Sewaktu sobat ingin memohon atau meminta lawan bicara untuk melakukan sesuatu untuk kamu, kamu dapat menggunakan kata can atau could untuk mengungkapkannya.


Can

Dalam konteks permintaan atau permohonan, kamu dapat menggunakan kata can dalam bentuk pertanyaan untuk meminta lawan bicara untuk menyediakan sesuatu ataupun melakukan sesuatu untuk kamu.

Agar lebih memahami bagaimana penggunaan can dalam konteks permintaan, kamu dapat mencermati arti dan makna dalam beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Can you do me a favor?
Bisakah anda membantu saya?

Can you pass me the salt, please?
Bisakah kamu mengambilkan garam itu?

Can I have a go on your new car?
Bisakah aku mencoba mengemudikan mobil baru kamu?

Can you help me install this software?
Bisakah kamu membantu ku memasang perangkat lunak ini?


Could

Untuk maksud yangsama, kamu dapat menggunakan kata could untuk mengutarakan permintaan atau permohonan pada lawan bicara. Penggunaan could memberikan kesan lebih santun dan sopan dibandingkan dengan kata can. Meski bentuk could merupakan bentuk past, waktu rujukannya dalam situasi ini mengacu pada waktu sekarang.

Agar lebih memahami bagaimana penggunaan could dalam konteks permintaan, kamu dapat mencermati arti dan makna dalam beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Could you do me a favor?
Bisakah anda membantu saya?

Could you pass me the salt, please?
Bisakah kamu mengambilkan garam itu?

Could I have a go on your new car?
Bisakah aku mencoba mengemudikan mobil baru kamu?

Could you help me install this software?
Bisakah kamu membantu ku memasang perangkat lunak ini?


Ketidakmungkinan

Tatkala kamu berbicara sesuatu yang kamu yakini tidak mungkin terjadi atau dilakukan, kamu dapat menggunakan kata can ataupun could yang berdampingan dengan not untuk mengutarakannya.


Can

Kamu dapat menggunakan cannot untuk mengutarakan sesuatu yang kamu percaya kalau hal tersebut tidak mungkin terjadi di waktu sekarang.

Agar lebih memahami bagaimana penggunaan can dalam konteks ketidakmungkinan, kamu dapat mencermati arti dan makna dalam beberapa contoh kalimat di bawah ini.

It can't be rainy outside. It is bright and sunny.
Tidak mungkin hujan di luar. Cuacanya sangat cerah.

She can't be there. She is at school right now.
Dia tidak mungkin di sana. Dia sedang berada di sekolah saat ini.

You can't be hungry. You have just had your dinner.
Kamu tidak mungkin lapar. Kamu baru saja menyantap makan malammu.

He can't do such a horrible thing. He is a nice guy.
Dia tidak mungkin melakukan hal seburuk itu. Dia orangnya baik.


Could

Kamu dapat menggunakan couldn't untuk mengutarakan sesuatu yang kamu percaya kalau hal tersebut tidak mungkin terjadi di waktu lampau.

Agar lebih memahami bagaimana penggunaan can dalam konteks ketidakmungkinan, kamu dapat mencermati arti dan makna dalam beberapa contoh kalimat di bawah ini.

It couldn't be rainy outside. It is bright and sunny.
Tidak mungkin hujan di luar. Cuacanya waktu itu sangat cerah.

She couldn't be there. She was at school at that time.
Dia tidak mungkin di sana. Dia sedang berada di sekolah pada waktu itu.

You couldn't be hungry. You had just had your dinner.
Kamu tidak mungkin lapar. Kamu waktu itu baru saja menyantap makan malammu.

He couldn't do such a horrible thing. He is a nice guy.
Dia tidak mungkin waktu itu melakukan hal seburuk itu. Dia orangnya baik.



Ringkasnya, perbedaan antara kata can dan could bukan dipandang dari bentuknya, yang present dan past, semata tapi juga dilihat dari beragam situasi penggunaannya.

Demikian catatan singkat mengenai perbedaan mendasar antara can dan could ditilik dari pengertian dan pengunaan. Semoga kiranya catatan ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa dengan artikel-artikel lainnya.


0 Response to "Perbedaan Can dan Could yang Seyogianya Tidak Kamu Abaikan."

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel