8 Kiat Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris yang Tepat untuk Kamu


Apakah ingin belajar bahasa Inggris secara mandiri ataukah belajar bahasa Inggris di tempat kursus mungkin adalah pertanyaan yang sedikit banyak mengusik benak para pembelajar bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris secara mandiri, atau otodidak, memang memiliki sejumlah kelebihan. Meskipun demikian, salah satu kekurangan dalam belajar bahasa Inggris secara mandiri adalah menumbuhkan dorongan dalam diri sendiri untuk terus belajar dan belajar.

Hal ini bahkan semakin sulit apabila berbenturan dengan kesibukan sehari-hari sehingga semangat belajar kamu terkuras oleh rasa enggan. Apabila kamu termasuk orang yang kesulitan untuk senantiasa menyalakan api semangat untuk terus belajar, maka belajar bahasa Inggris dengan mengikuti kursus merupakan pilihan tepat.


Memilih sebuah kursus bahasa Inggris yang bagus bisa saja menjadi pekerjaan yang paling menyita tenaga dan terkadang mungkin membuat frustasi, tapi begitu kamu tahu di mana dan kenapa kamu harus memilih tempat kursus bahasa Inggris tersebut, segalanya terasa lebih mudah.

Banyaknya kursus bahasa Inggris dengan keunggulan dan fasilitas yang ditawarkan tentunya memberikan banyak pilihan. Tapi, terkadang tidak jarang malah justru membuat bingung.

Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris yang Tepat
Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris yang Tepat - langitbirukata.com


Apabila saat ini kebingungan sedang menghampiri sobat langit biru untuk memilih sebuah tempat kursus bahasa Inggris yang satu harmoni dengan kebutuhan bahasa Inggris kamu, mungkin catatan ini bisa sedikit memberi pencerahan.

Apa saja sih yang perlu diketahui untuk memilih tempat kursus bahasa Inggris yang sesuai dan tepat buat kamu?

Berikut beberapa kiat memilih sebuah tempat kursus bahasa Inggris yang sesuai untuk kamu.


1. Mendengarkan Ulasan Siswa

ulasan siswa tentang kursus bahasa inggris

Pertama, yang sepatutnya masuk dalam pertimbangan kamu, kiat untuk memilih sebuah kursus bahasa Inggris yang bagus adalah dengan memperhatikan dan mendengarkan ulasan para siswa.

Setiap kursus bahasa Inggris biasanya menyematkan testimoni dari beberapa siswa pilihan dan terbaik pada situs mereka. Hal ini memang setidaknya dapat membantu kamu untuk memberi gambaran tentang kursus bahasa Inggris tersebut, tapi biasanya komentar yang publikasikan hanya hal positif mengenai kursus bahasa Inggris tersebut.

Apabila sobat ingin tahu seperti apa sebenarnya kualitas sebuah kursus bahasa Inggris, cara terbaik adalah dengan menanyakan perihal kelebihan dan kekurangan dari kursus tersebut dengan para siswa yang pernah atau sedang belajar di sana.

Kamu dapat mencoba menemukan berbagai sumber ulasan yang independen mengenai kursus bahasa Inggris tersebut, baik itu di forum atau komunitas, di mana para siswa dapat mengutarakan secara terbuka dan apa adanya tentang kesan dan pengalaman mereka selama belajar bahasa Inggris di tempat kursus tersebut.

Atau kamu dapat pula menanyakannya pada teman-teman sejawat kamu atau tetangga kamu yang mungkin kebetulan pernah belajar bahasa Inggris di tempat kursus tersebut.

Dari rekomendasi para siswa yang sedang atau telah belajar di tempat kursus bahasa Inggris tersebut, kamu akan mendapatkan gambaran kira-kira tempat kursus mana yang akan kamu tuju. Kemudian, kamu dapat menindaklanjutinya dengan:


2. Mencermati Biaya Kursus

Mencermati Biaya Kursus Bahasa Inggris

Kebanyakan dari kita mungkin berpendapat bahwa mahal berarti berkualitas, sedangkan murah berarti tidak berkualitas. Apakah memang demikian?

Sebuah kursus bahasa Inggris yang bagus bukan dipandang dari biayanya yang mahal. Demikian pula, biaya kursus yang murah bukan berati tidak berkualitas. Lalu bagaimana kursus yang berkualitas itu?

Oleh karena itu, kiat selanjutnya yang penting buat kamu untuk memilih sebuah kursus bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan kamu adalah mengetahui dan mencermati dengan seksama, apakah harga kursus yang ditawarkan sebuah kursus bahasa Inggris mencakup:

Hanya biaya kursus.
Biaya kursus dan buku teks.
Biaya kursus, buku teks, dan ujian.
Biaya kursus, buku teks, ujian dan sertifikat.
Biaya kursus, buku teks, ujian, sertifikat dan fasilitas pendukung.

Dengan memperhatikan apa saja yang kamu dapatkan tatkala kamu akan mendaftar kursus bahasa Inggris, kamu dapat menentukan apakah biaya kursus dari sebuah kursus bahasa Inggris tersebut tepat dan layak serta senada dengan apa yang ditawarkan.

Misalnya, apabila kamu disodorkan biaya kursus yang murah, tapi hanya mencakup biaya kursus. Sementara, kamu harus merogoh saku celana lagi untuk membayar buku teks, ujian, sertifikat dan lainnya. Maka, bisa dikatakan biaya kursusnya tidak murah.

Namun, apabila biaya kursus terkesan mahal, tapi dengan biaya tersebut, kamu sudah mendapatkan fasilitas yang kamu perlukan seperti biaya kursus, buku teks, ujian, sertifikat dan penunjang lainnya. Maka, bisa dikatakan biaya kursusnya pantas.

Akan tetapi, tentu saja yang tidak boleh dilupakan adalah apakah biaya kursus tersebut sesuai dengan isi kantong kamu.

Selain beberapa hal yang menentukan mahal atau murah biaya kursus bahasa Inggris sebelumnya, beberapa hal berikut juga perlu diperhatikan:


3. Memilih Program

Memilih Program

Agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan bahasa Inggris kamu, kiat untuk  selanjutnya yaitu ada baiknya kamu juga memperhatikan program apa saja yang ditawarkan. Dan lalu selaraskan dengan tujuan dan kebutuhan bahasa Inggris kamu.

Jadi, tentukan terlebih dahulu tujuan dan kebutuhan bahasa Inggris kamu sebelum kamu nantinya memutuskan untuk belajar bahasa Inggris di satu tempat kursus.

Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membantu kamu untuk mengetahui tujuan dan kebutuhan bahasa Inggris kamu.

Apakah kamu ingin mempelajari bahasa Inggris secara umum dengan memperdalam beberapa keterampilan berbahasa Inggris seperti mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis?

Jika jawaban kamu ya, maka, program bahasa Inggris umum bisa menjadi pilihan kamu.

Apakah kamu ingin mempelajari bahasa Inggris sesuai dengan bidang keahlian kamu, perkantoran, perhotelan, hukum, perbankan dan lainnya?

Apabila jawaban kamu ya, maka, program bahasa Inggris tujuan khusus bisa menjadi pilihan kamu.

Apakah kamu ingin menitikberatkan pada kemampuan atau keterampilan dalam percakapan bahasa Inggris?

Jika jawaban kamu adalah ya, maka, program percakapan bahasa Inggris bisa menjadi pilihan kamu.

Apakah kamu ingin mempersiapkan dan meningkatkan nilai ujian bahasa Inggris berstandar internasional seperti TOEFL, TOEIC, atau IELTS?

Apabila jawaban kamu ya, maka program pembekalan persiapan ujjan bahasa Inggris bisa menjadi pilihan kamu.

Setelah kamu mengantongi program apa yang akan kamu pilih, selanjutnya, kamu memperhatikan ada tidak:


4. Memastikan Adanya Tes Penempatan

Tes Pempatan

Sebelum kamu mengikuti kursus bahasa Inggris, kamu akan diuji dengan sebuah tes, yang dinamakan tes penempatan, ada yang menyebutnya entrance test, ada pula yang menamakan placement test.  Tes ini diperlukan untuk mengukur seberapa tingkat kemampuan bahasa Inggris kamu sehingga nantinya kamu akan ditempatkan sesuai tingkat kemampuan bahasa Inggris kamu.

Tanpa adanya tes penempatan, kamu mungkin akan ditempatkan di kelas, di mana kamu mungkin merasa cepat bosan dan rasanya ingin beranjak pergi kerena materi bahasa Inggrisnya terlalu mudah buat kamu. Atau mungkin juga kamu akan merasa pusing tujuh keliling karena materi bahasa Inggris yang diajarkan terlalu sukar buat kamu.

Oleh sebab itu, kiat berikut ini adalah memastikan bahwa tempat kursus tersebut memberikan sebuah tes penempatan sebelum nantinya kamu belajar bahasa Inggris di tempat kursus tersebut. Supaya, hal-hal yang telah saya utarakan di atas tidak terjadi.

Berikutnya, bagaimana dengan pengajar bahasa Inggris kamu?


5. Mengetahui Kualifikasi Pengajar

Mengetahui Kualitas Pengajar Bahasa Inggris

Tidak kalah pentingnya dengan yang telah disebutkan sebelumnya, kiat berikut ini adalah mengetahui kualifikasi dan kualitas para pengajar bahasa Inggris di tempat kursus tersebut.

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak kalangan pembelajar bahasa Inggris, termasuk para orang tua, berpandangan kalau pengajar penutur asli bahasa Inggris lebih disukai dan ideal dibandingkan pengajar bukan penutur asli bahasa Inggris. Mungkin lantaran penutur asli dipandang dapat berbicara bahasa Inggris  fasih dan lancar.

Namun, sebelum sobat memutuskan dan memilih pengajar bahasa Inggris kamu, sebaiknya kamu mencermati dan mempertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan Pengajar Penutur Asli dan Bukan Penutur Asli bahasa Inggris. Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, kamu dapat menentukan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan bahasa Inggris kamu. Apakah pengajar penutur asli? Ataukah pengajar bukan penutur asli?

Tanpa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari pengajar, kamu mungkin akan merasa asing dan tidak percaya diri karena kamu tidak mengerti satu kata pun yang dikatakan oleh pengajar penutur asli bahasa Inggris. Atau pun kamu merasa tidak mendapatkan model pengucapan seperti penutur asli ketika kamu dibimbing oleh pengajar bukan penutur asli bahasa Inggris.

Terlepas dari penutur asli atau bukan, hal yang harus terngiang dalam benak kamu adalah seorang pengajar bahasa Inggris seyogyanya memiliki kemampuan dan kualifikasi yang memadai untuk mengajarkan bahasa Inggris.

Seorang pengajar bahasa Inggris yang cakap dan terampil biasanya telah menempuh serangkaian pelatihan bersertifikat mengenai bagaimana mempersiapkan rencana pengajaran dan menerapkannya pada kelas bahasa Inggris mereka.

Selain itu, pengajar tersebut juga harus mengetahui strategi dan beragam metode pengajaran serta harus memahami kebutuhan siswa-siswinya, permasalahan mereka, dan latar belakang budaya mereka.

Maka, kiat yang satu itu adalah pastikan kamu mengetahui kualitas dan kualifikasi pengajar bahasa Inggris kamu dengan menanyakannya pada pihak kursus. Ataupun mendengar ulasan para siswa yang telah belajar di sana mengenai pengajar di tempat kursus tersebut.


6. Menentukan Metode Pengajaran

Menentukan Metode Pengajaran

Ada beragam Metode Pengajaran Bahasa Inggris dan salah satu yang paling sering digunakan di banyak tempat kursus bahasa Inggris adalah metode Callan.

Metode pengajaran yang satu ini merupakan bentuk pembelajaran langsung yang menitikberatkan pada kemampuan berbicara bahasa Inggris. Meskipun metode ini telah cukup berhasil untuk beberapa pembelajar, sementara beberapa pembelajar lainnya mungkin lebih menyukai materi pembelajaran yang menekankan pada membaca dan menulis bahasa Inggris.

Beberapa tempat kursus bahasa Inggris biasanya memberikan uji coba satu pertemuan secara gratis. Dengan memanfaatkan tawaran ini, kamu dapat mengamati dan menganalisa apakah metode yang disajikan selaras dengan kebutuhan bahasa Inggris kamu. Dengan kata lain, kalau kamu merasa nyaman dan cocok dengan metode pengajarannya, bisa jadi tempat kursus tersebut menjadi pilihan kamu,

Jadi, kiat yang satu ini yaitu menentukan metode pengajaran yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kamu.


7. Mengetahui Lamanya Belajar

Mengetahui Lamanya Belajar Bahasa Inggris

Berapa lama jangka waktu belajar bahasa Inggris yang harus ditempuh? Satu bulankah? Dua bulan? Atau tiga bulan? Berapa kali pertemuan dalam satu minggu? Satu kali? Dua kali? Tiga kali? Ataukah setiap hari? Berapa lama kah durasi satu pertemuan? Apakah 60 menit? 90 menit? 120 menit?

Tentu saja, hal ini bergantung dengan program bahasa Inggris yang kamu pilih, tempat kursus yang kamu pilih, dan berapa lama kamu berencana belajar bahasa Inggris.

Terkadang untuk menyelesaikan satu tingkat bahasa Inggris, antara satu tempat kursus dan tempat kursus lainnya bisa berbeda dan beragam.

Sebuah kursus bahasa Inggris mungkin menawarkan kurun waktu tiga bulan, seminggu dua pertemuan dengan durasi 120 menit.

Sementara kursus lainnya mungkin menawarkan kurun waktu yang sama, tiga bulan, dua pertemuan seminggu, tapi durasi lebih pendek, 90 menit.

Semakin lama sebuah program bahasa Inggris berlangsung, semakin bagus tingkat kemampuan bahasa Inggris yang akan kamu peroleh nantinya.

Maka, kiat berikut ini adalah bersikaplah cermat mengenai lamanya belajar bahasa Inggris karena hal ini juga bertalian dengan biaya kursus.

Kursus bahasa Inggris yang menawarkan kurun waktu, pertemuan dan durasi lebih singkat, tentunya biaya kursusnya lebih murah dibandingkan yang lebih lama.


8. Mengetahui Jumlah Siswa

Mengetahui Jumlah Siswa

Kiat selanjutnya adalah kamu sebaiknya mengetahui jumlah siswa dalam satu kelas dengan menanyakannya pada pihak kursus.

Antara satu tempat kursus dengan tempat kursus lainnya memiliki perbedaan mengenai kapasitas jumlah siswa dalam satu kelas.

Mungkin satu kursus menampung 20 hingga 30 siswa dalam satu kelas. Sementara kursus lainnya mungkin menawarkan dengan jumlah siswa antara 5 hingga 20.

Daya tampung jumlah siswa yang besar dalam satu kelas dapat memberikan harga kursus yang jauh lebih murah dibandingkan yang kelas berjumlah kecil.

Tapi, semakin sedikit jumlah siswa dalam satu kelas, maka semakin banyak waktu dan perhatian pengajar yang tercurah untuk masing-masing siswa. Dan tentunya, hal ini menguntungkan kamu tatkala nantinya kamu belajar bahasa Inggris di tempat kursus tersebut.

Cara tercepat belajar bahasa Inggris adalah satu pengajar dan satu siswa, tapi tentu saja biaya kursus yang harus dibayarkan jauh lebih mahal dibandingkan kelas umum biasa.


Kesimpulan

Singkatnya, meskipun sebuah kursus menawarkan begitu banyak  keunggulan, fasilitas, dan biaya kursus yang terjangkau, pilihlah kursus bahasa Inggris yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan bahasa Inggris kamu.


Demikianlah catatan singkat mengenai tips memilih tempat kursus bahasa Inggris yang terbaik buat kamu. Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan catatan lainnya.


Referensi:

Callan Method. https://www.callan.co.uk/the-callan-method/for-teachers/ (accessed 2018-02-12)
5 English Teaching Method. https://blog.udemy.com/english-teaching-methods/ (accessed 2018-02-12)


0 Response to "8 Kiat Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris yang Tepat untuk Kamu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel