Perbedaan What do you do dan What Are You Doing yang Mungkin Kamu Cari


Pertanyaan what do you dan what are you doing sepintas terlihat serupa. Hal inilah yang tidak jarang membuat kebanyakan pemula pembelajar bahasa Inggris bingung. Salah satunya dapat kamu baca seperti dalam cerita berikut.


Suatu ketika saya dan beberapa teman mengunjungi candi Borobudur. Setelah berkeliling dan mengagumi keindahan candi Borobudur, kami beristirahat sejenak di sebuah warung makan.

Sembari menyeruput segelas es kelapa muda, saya mengamati dua gadis yang malu-malu sedang berusaha berbicara bahasa Inggris dengan dua pria bule. Akhirnya, salah satu dari mereka memberanikan diri menyapa kedua bule tersebut.

Seusai saling berkenalan, salah satu bule itu bertanya pada gadis itu 'What do you do?' Sesaat gadis itu terlihat mengaruk-garuk kepalanya, entah apa yang ada di benaknya. Namun, akhirnya gadis itu menjawab "I'm practicing my English". Sejenak, si bule terlihat tertegun mendengarnya.



Apakah sobat pernah mengalami hal yang sama?
Apakah kamu juga bingung antara kedua pertanyaan ini?

Jika jawaban sobat adalah ya, mungkin catatan yang saya tuliskan berikut ini dapat memberikan sedikit kelegaan akan dahaga rasa ingin tahu kamu mengenai kedua pertanyaan bahasa Inggris ini.

Bedanya What do you do dan What are you doing
Bedanya What do you do dan What are you doing - langitbirukata.com

Sebelum kita melangkah lebih lanjut, sobat perlu mengetahui bahwa setiap kalimat bahasa Inggris mengandung tenses. Tenses Bahasa Inggris, berperan penting untuk memberi makna waktu dan makna lainnya senada dengan konteks penggunaannya.

Kita sering diajarkan bahwa salah satu penggunaan tenses ditentukan oleh adanya kata atau frasa penanda waktu yang melekat pada kalimat bahasa Inggris tersebut, sebagai contoh,

Present tense yang menggunakan penanda waktu every day, misalnya,

I read English books every day.

Present continuous tense yang menggunakan penanda waktu now, misalnya,

I am reading English books now.


Tapi, pada praktiknya, kalimat tenses lebih sering diterapkan tanpa menyematkan kata atau frasa penanda waktu. Oleh karena itulah, kamu perlu memahami bahwa meskipun sebuah kalimat tanpa kata atau frasa penanda waktu, kalimat bahasa Inggris tersebut sudah mengandung makna waktu.

Baiklah, kita kembali pada pertanyaan awal: apa sih perbedaan what do you dan what are you doing?

Berikut perbedaan mendasar antara what do you do dan what are you doing dipandang dari berbagai sudut.


What Do You Do?

Ditilik dari penggunaan tenses, pertanyaan ini menyematkan bentuk present, do, dalam penulisan bentuk pertanyaannya. Karena itu, pertanyaan ini bertalian erat dengan fungsi yang melekat pada Present Tense.

Pertanyaan what do you do biasanya digunakan oleh penutur asli, terutama orang Amerika, untuk menanyakan perihal pekerjaan seseorang. Dengan kata lain, tatkala seseorang mengajukan pertanyaan what do you do, itu artinya dia ingin mengetahui apa pekerjaan kamu saat ini, bukan apa yang sedang kamu kerjakan sekarang.

Dalam bahasa Indonesia, kamu dapat memadankan pertanyaan what do you do dengan pertanyaan 'apa pekerjaan kamu'.

Misalnya,

What do you do?
Apa pekerjaan kamu?

Maka, kamu bisa menjawabnya:

I am a student.
Saya seorang pelajar.


What Are You Doing?

Diamati dari penggunaan tenses, pertanyaan ini menyematkan are dan kata kerja bentuk -ing dalam penulisan bentuk kalimatnya. Karena itu, pertanyaan ini senada dengan fungsi yang melekat pada Present Continuous Tense.

Pertanyaan what are you doing biasanya digunakan oleh penutur asli bahasa Inggris untuk menanyakan perihal kegiatan yang sedang dikerjakan seseorang saat ini atau saat pertanyaan ini diucapkan.

Misalnya,

What are you doing?
Apa yang sedang kamu kerjakan?

Maka, kamu bisa menjawabnya:

I am learning English.
Saya sedang belajar bahasa Inggris.


Selain hal yang telah saya utarakan sebelumnya, ada beberapa yang menambah porsi kebingungan para pemula pembelajar bahasa Inggris adalah ketika kedua pertanyaan tersebut bersanding dengan kata-kata lainnya, misalnya,

What do you do in the morning?
What are you doing in the morning?

What do you do at the weekend?
What are you doing at the weekend?

Selanjutnya, agar tidak bertambah bingung, kita akan menelusuri masing-masing dari keempat pertanyaan tersebut di atas dalam catatan berikut ini.


What Do You Do in the Morning?

Dilihat dari penggunaan tenses, seperti yang telah saya singgung di atas, pertanyaan ini menggunakan present tense, terlihat kata do sebelum kata you.

Meskipun pertanyaan ini diawali dengan what do you do, hal ini tidak berarti menanyakan apa pekerjaan kamu di pagi hari, tapi pertanyaan ini berarti apa yang (biasanya) kamu kerjakan di pagi hari.

Misalnya,

What do you do in the morning?
Apa yang (biasanya) kamu kerjakan di pagi hari?

Maka, kamu bisa menjawabnya:

I feed my chickens before breakfast.
Aku (biasanya) memberi makan ayamku sebelum sarapan pagi.

Demikian pula dengan pertanyaan senada berikut:

What do you do at the weekend?
Apa yang (biasanya) kamu kerjakan di akhir pekan?

Maka, kamu bisa menjawabnya:

I go seeing a movie with my friends at the weekend.
Aku (biasanya) pergi menonton film bareng teman-teman ku setiap akhir pekan.


What Are You Doing in the Morning?

Dilihat dari penggunaan tenses, seperti di atas, pertanyaan ini menggunakan present continuous tense, terlihat kata are dan kata bentuk ing yang melekat pada pertanyaan ini.

Meskipun pertanyaan ini diawali dengan what are you doing seperti di atas, hal ini tidak berarti menanyakan apa yang sedang kamu kerjakan di pagi hari dan meskipun present continuous biasanya merujuk waktu sekarang, tapi dalam konteks pertanyaan ini, dengan penanda waktu in the morning, merujuk waktu yang akan datang.

Dengan kata lain, pertanyaan ini berarti apa yang (akan) kamu kerjakan di pagi besok.

Misalnya,

What are you doing in the morning?
Apa yang akan kamu kerjakan besok pagi?

Maka, kamu bisa menjawabnya:

I am working on school project with my classmate.
Aku akan mengerjakan projek sekolah bareng dengan temanku.

Demikian pula dengan pertanyaan senada berikut:

What are you doing at the weekend?
Apa yang akan kamu kerjakan di akhir pekan?

Maka, kamu bisa menjawabnya:

I am visting my grandmother in the village.
Aku akan mengunjungi nenek ku di desa.


Demikian catatan singkat mengenai perbedaan what do you do dan what are you doing berdasarkan, tenses, makna, dan penggunaannya. Kiranya catatan ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih atas waktu yang sobat luangkan untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan catatan lainnya.


0 Response to "Perbedaan What do you do dan What Are You Doing yang Mungkin Kamu Cari"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel